Pages

Tentang Mas T dan Mbak S

Thursday, January 25, 2018

Kemaren udah nulis panjang-panjang ternyata lupa kesimpen dan jadi ilang, huhuhu. Kan aku mau ngeluarin unek-unek abis baca beritanya Salma sama Taqy yang seliweran di IG. Abis aku takut mau komen di IG gosip. Nanti aku dibully hahaha. #cemen

Dulu sih ya respek benerrr sama Taqy. Secara dia keliatan banget dari keluarga yang baik-baik, alim, agamanya bagus, plus dia jadi hafidz. Semua itu plus dia masih keliatan asik dan aktif di medsos. Denger video dia ngaji dengan merdunya di IG bikin gue dan suami (yang juga hobby stalking) pengen masukin Ales di sekolah hafidz hahaha.
#parentsjamannow

Terus dia nikah sama Salma. Kemudian mereka LDR (Jakarta-Kairo) hanya berapa hari setelah nikah. Ngga lama Salma sering pasang status galau di IG. Lalu hanya dalam 3 bulan setelah nikah Salma ngumumin kalau mereka akan berpisah dan Taqy udah nalak dia via telepon.

I'm like: WHAT? In a freaking 3 months??

Alasan nalaknya:
1. Salma susah dididik dan ngelawan kalo mau dibimbing
2. Salma sering ngumbar aib alias cerita masalah rumah tangga di sosmed
3. Masa lalu Salma

Kita bahas satu-satu yaaa dari sudut pandang tante-tante ini...

Kabarnya, puncak dari alasan nomer 1 adalah Salma pake celana waktu mau naik gunung di Swiss. Di sana dia liburan sama orangtua dan adeknya. Karena mau naik gunung dan ribet kalo pake rok, dia pake celana. Kemudian Taqy telepon dan nyuruh dia pake rok aja. Salma bilang kalo susah terus excuse kalau Islam itu sangat fleksibel. Babi aja boleh dimakan kalau emang ngga ada makanan lain dan dalam kondisi sangat terpaksa. Taqy bilang kalau dia hafidz dan lebih tau tentang agama, jadi Salma jangan banyak alasan dan nurut aja.

I'm like: hey, is that even a reason?

Menurut gue, Salma adalah bocah yang baru belajar agama. Sebelumnya dia temennya Awkarin, remember? Dengan segala gaya hidupnya dan usianya yang masih muda, gue cukup kagum dia mau memutuskan untuk hijrah. Tapi keputusan hijrah kan cuma langkah pertama. Langkah-langkah selanjutnya buat hijrah sepenuhnya masih panjang banget dan dia memutuskan menikahi Taqy dengan harapan dibimbing buat jadi lebih baik.

Jadi mbok ya dibimbing maz sesuai janjinya...

Gue aja yang udah 20+++ ngga akan bisa menerima alasan: gue hafidz, lebih tau agama, lo nurut aja. Cmon, cewe-cewe jaman sekarang bisa berpikir kritis. Masa mesti nerima alasan kaya gitu? Akan lebih intelek kalau dia bisa ngasih argumen dan penjelasan ke istrinya kenapa dia harus tetep pakai rok. Atau nawarin solusi misalnya pake celana tapi di luar celana pake rok lagi kek.

Lagian jaman sekarang gue rasa istri yang 'ngga nurut' sama suami bukan cuma Salma aja. Gue pun sering 'ngga nurut'. Tapi apa suami gue bilang: aku suami, aku imam keluarga, kamu harus nurut aku?? Dia bakal kasih excuse dari larangannya ke gue. Kita bakal adu argumen, mungkin berantem, its ok. Tapi pada akhirnya kita jadi lebih tau sudut pandang masing-masing. Gue paham alasan kenapa dia ngelarang dan dia paham alasan kenapa gue ngga terima larangan dia. Ngga langsung dicerei kalo ngga nurut. Pliz kalo gue jadi bininya Taqy gue rasa gue dicerei 3 hari setelah nikah.

Alasan kedua sih gue setuju 100%. Salma dan lingkungannya, bahkan ortunya emang aktif banget main medsos. Tipe yang apa-apa langsung cerita di medsos. Plis liat bapaknya dengan semua IG storynya. Jangan lupa hestek #pengacarakaya .

But who doesn't do that now?

Apalagi si eneng masih 19 taun ya? Masih waktunya labil banget. Yang udah jauh lebih tua aja juga suka umbar masalah rumah tangga di sosmed. Samlekum Mpok Nina alias Mpok Alfa. Udah diajak belanja sama suami?

Alasan ketiga....masa lalu.

Terutama setelah sidang perdana kemaren ya yang kabarnya berikutnya pengacara Taqy bakal membuka aib masa lalu Salma yang juga menjadi alasan kenapa Taqy mau berpisah dari Salma.

Plis. Plis. Plis.

Siapa sih yang aktif IG dan nggatau sepak terjangnya Salma? Gosip-gosip tentang dia udah bertebaran banget. Tentang gaya pacarannya (sebelum hijrah) sampe gosip dia pernah aborsi. Bahkan di akun 'temennya Taqy' yang keindahanindonesia atau apalah itu pernah nulis dengan gamblang kalau Salma udah ngga perawan, dll.

Yang gue bingung adalah, Mas Taqy kan juga aktif di medsos kan? Dia kenalan sama Salma juga lewat IG. Mutusin mau kenal lebih jauh, mau deket, dan mau nikahin. Masa ngga tau cewe macem apa si Salma???

Oke, kalian ta'aruf. Cuma kenal 2 minggu ya sebelom nikah? Ngga bisa apa 2 minggu itu caritau dulu siapa cewe yang bakal lo nikahin? Ngga harus pacaran. Cuma buat persiapan menghadapi orang yang bakal lo lamar. Buat lo mutusin siap apa ngga menerima dia dan segala masa lalunya. Buat mutusin siap apa ngga lo ngebimbing orang macem begitu.

Menurut gue, dengan kita menikah kita harus siap nerima masa lalu orang itu. Kalau merasa masa lalunya terlalu berat untuk kita terima: jangan nikahin dia, nanti banyak sakit hatinya. Rawan buat kita ngungkit-ngungkit itu dan pastinya bakal sering berantem karena itu. Terima masa lalu seseorang sebatas kesanggupan kalian. Ahsek.

Mbak Salma juga emang daridulu tipe yang ada apa-apa ditulis di sosmed. Bukan sejak nikah baru begitu. Mas Taqy harusnya udah tau. Salma tipe yang ngeliat IG-nya aja kita bisa berasa kenal bener sama dia. Jadi kalo kehidupan kalian 'diekspos' sama Salma, well, seharusnya itu bukan sesuatu yang mengherankan yekan?

Kaya kalo punya istri blogger, pasti kehidupan kalian bakal sering diceritain di blog si istri. Punya pacar selebgram, tiap pacaran, anniversary, liburan, ya bakal diupload di instagram.

Intinya, mbak dan mas baru nikah 3 bulan. Apa yang kalian hadapi ini baru awal lho. Coba liat emaknya Salma tahan ngehadepin bapaknya Salma yang ....... (isi sendiri).

Terus lagi, permasalahan kalian ini bukan yang seharusnya jadi 'kejutan' buat kalian. Harusnya hal-hal ini sudah kalian tau sebelum mutusin nikah. Jadi kenapa mutusin menikah kalau ternyata ngga bisa nerima itu?

Seandainya kalian bertahan, mungkin kalian bisa dikasih kesempatan menikmati masalah lebih seru di rumah tangga. Misalnya bayar cicilan KPR, cari sekolah anak, nabung biaya pendidikan anak, suami yang main game mulu kalo di rumah, istri yang sering lupa beli token listrik dan bikin rumah mati listrik, drama baby sitter dan pembantu, ribetnya liburan bawa anak....

Ah sudahlah, kenapa gue jadi curcol? Bhay.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS