Pages

Napak Tilas MCU: Doctor Strange

Thursday, May 3, 2018

Alohaaa, sesuai dengan yang pernah gue bilang di sini, gue dan suami punya rencana mau menonton ulang Avengers: Infinity War lagi, SETELAH kita menonton ulang film-film dari Marvel Cinematic Universe (MCU) yang keluar sebelumnya. Yes, buat yang udah nonton Infinity War, pasti tau kalo 95% superheroes MCU keluar di film ini. Nah, gue ini kan rada-rada bolot dan pikun, yang mana sering lupa jalan cerita film segera setelah gue keluar dari studio bioskop, huahaha. Jadi, dengan memanfaatkan indoxxi (JANGAN DITIRU!), gue akan memulai perjalanan napak tilas MCU gue. Dimulai dengan superhero yang berperan cukup penting di Infinity War tapi baru punya satu film di MCU, Doctor Strange.


Film Marvel yang keluar di tahun 2016 ini dimulai ketika seorang penyihir jahat bernama Kaecilius masuk ke bekas tempat perguruannya dulu yang bernama Kamar-Taj. No, doi bukan mau dateng ke reuni atau mau sungkeman sama bekas gurunya dulu. Doi ke situ dalam rangka mau mencuri kitab mistis dari perpustakaan di Kamar-Taj. Ralat, bukan nyolong kitab ding. Tapi cuma nyolong SELEMBAR mantra dari kitab mistis itu. Di sini gue mendeteksi kedodolan si Kaecilius yang ternyata nantinya berakibat fatal: kenapa doi cuma nyolong selembar bukannya sebuku-bukunya sekalian??

Hasil gambar untuk kaecilius

Mas Kaecilius, salah satu contoh gagal dari penggunaan eyeshadow berlebih.


Lembar yang dirobek dan dicolong Kaecilius adalah lembar yang menuliskan ritual yang konon katanya berbahaya dan jahat. Mungkin lebih jahat dari pelakor jaman now #eh . Setelah memenggal kepala si penjaga perpus, si Kaecilius langsung mau cabut. Tapi, mantan gurunya sempet nyegat dia dan berusaha mencegah dia. Setelah pertarungan dengan efek yang ciamik, Kaecilius dan temen-temennya berhasil kabur.

Adegan langsung lompat ke rumah sakit di mana Stephen Strange praktek sebagai neurosurgeon (dokter bedah syaraf). Dia di sini tipe yang jenius tapi songong, macem Doctor House kalo kalian pernah nonton. Tipe yang I-could-do-the-impossible-thing-that-impossible-by-others-to-do gitu deh. Di situ juga disorot seorang perempewi bernama Christine Palmer, yang juga jadi dokter di rumah sakit itu, sekaligus semacem TTM-nya Strange.

Hasil gambar untuk christine palmer

Aku punya temaaaan...teman sepekerjaan...ah..ah..aaaah... di mana ada dia selaluuu ada akuuuu...


Seorang neurosurgeon yang sukses plus tajir melintir ngga mungkin banting setir jadi penyihir kalo ngga ada sesuatu. Emangnya gueee, susah-susah lulus kedokteran malah kerja di sini, huahahaha #curcol. Jadi, Strange mengalami musibah ketika suatu malam dia mau dateng ke penghargaan apaa gitu. Malam itu dia nyetir sendiri mobil sportnya. Ini orang emang sotoy, udah tau lagi nyetir di medan yang pinggirannya jurang, ujan-ujan, eeh, doi main hape aja dong. Bukan main Mobile Legend atau Hay Day sihh, tapi doi telponan sama temennya buat nyari kasus bedah apa yang menarik buat dia tanganin. 

I'm lykeeee...YAOLOH, PENTING BANGET SIH KERJA WAKTU LAGI NYETIR.

Bener aza dong. Pas lagi liat CT scan yang dikirim temennya via hape, mobil doi pun kecelakaan, jatoh ke jurang, dan nyungsep di laut. Makanya gays, jangan kebanyakan kerja, ngga baek buat keselamatan dan kesehatan. Mending pulang tenggo terus leha-leha di rumah. Camkan itu!

Hasil gambar untuk over work gif

Strange berhasil dievakuasi dan dilarikan ke rumah sakit tempatnya kerja. Nyawanya berhasil diselamatkan, tapi sayangnya, kedua tangannya mengalami cedera berat. Udah operasi berkali-kali, plus ngejalanin pengobatan eksperimental macem-macem sampe ngehabisin seluruh hartanya juga tangannya masih tremor. So, boro-boro bisa berkarir jadi dokter bedah lagi. Nulis namanya aja mencong-mencong.

Waktu lagi fisioterapi, doi disemangatin sama fisioterapisnya yang cerita kalau ada orang bernama Pangborn (kalo ngga salah) yang pernah ngalamin cedera yang jauuuh lebih parah dari doi tapi bisa sembuh. Cedera Pangborn itu melibatkan tulang belakang, yang mana seharusnya dia udah ngga bisa jalan lagi. Semangat Strange pun timbul lagi dan dia memutuskan untuk mencoba nemuin Pangborn. Bener aja dong, pas Strange dateng, si Pangborn lagi main basket. Strange bertanya ke Pangborn apa resepnya bisa pulih, dan Pangborn cerita kalau dia berguru di sebuah perguruan bernama Kamar-Taj di Kathmandu, Nepal. Menghabiskan uang terakhirnya, Strange akhirnya memutuskan buat mencoba peruntungan ke Kathmandu.

Di Kathmandu, Strange sempet dikepung segerombolan tukang palak. Karena dia ngga punya uang, dia disuruh ngelepas jam tangannya. Ngga mau dong doi, katanya hartanya ya tinggal itu satu-satunya. Plus ternyata jam itu hadiah dari Christine Palmer. Dia pun dengan nekat mencoba ngelawan. Eeh, masss...kaga inget ya tangan situ tremor-tremor? Untung aja saat itu ada yang dateng ngebantu dan nyelamatin dia.

Orang yang nolong dia bernama Mordo, yang mana sempet denger kalau Strange tanya-tanya ke orang-orang sekitar tentang Kamar-Taj. Kebetulan, si Mordo ini salah satu penyihir di Kamar-Taj. Dibawalah si Strange ke sana.

Hasil gambar untuk mordo

Mordo, BUKAN orang Wakanda.


Di Kamar-Taj, Strange dipertemukan sama Ancient One, yang ternyata kepala perguruan yang pernah berantem sama Kaecilius itu. Si Ancient One ini perempuan, tapi botak licin. Mengingatkan gue sama big boss gue. Untungnya si Ancient One ini putih, coba kalo item pasti udah direkrut jadi tentara Wakanda, hehehe. Oleh Ancient One, si Strange ditunjukin hal-hal yang belum dia tau dan di luar nalarnya. Strange pun akhirnya berminat untuk mempelajari ilmu di perguruan ini.

Hasil gambar untuk ancient one

Rasa ingin kubelai kepala yang semulus lampu taman...


Dasar orang jenis ya, ngga perlu waktu lama, Strange udah menghabiskan seluruh buku-buku standard yang dikasih Wong untuk dia pelajarin. FYI, Wong ini penjaga perpus yang baru. Inget kan, kalo penjaga perpus sebelumnya udah dipenggal Kaecilius? 

Hasil gambar untuk wong

Wong, penjaga perpus, BUKAN penjaga Tio Ciu.


Strange akhirnya tertarik menjajaki tahap perbukuan yang lebih lanjut, yang mana adalah koleksi pribadi dari Ancient One. Salah satu dari buku itu ternyata adalah buku yang lembarannya pernah dicolong Kaecilius. Dia pun mencoba salah satu mantra, di mana untuk membaca mantra itu dia perlu pake sebuah kalung yang ada permata hijau di dalamnya. Dipakelah kalung itu sambil dia baca mantra dan menggeser tangannya ke satu arah. Ternyata mantra itu adalah mantra untuk memutar balikan waktu. Apel yang tadinya udah setengah dia makan, bisa utuh lagi. Pas dia geser tangannya ke arah berlawanan, apelnya jadi abis dan kisut lagi.

Gambar terkait

Beginilah kira-kira maksud dari kalimat gue di atas.


Strange pun penasaran, kalau apel bisa dia utuh-abis-utuh-abisin, mungkin dia bisa memunculkan kembali lembaran yang udah Kaecilius colong. Dicobalah si mantra itu ke kitab, dan ternyata bener aja dong, lembaran itu muncul lagi. Pas dia lagi mau membaca si lembaran, tiba-tiba dateng Mordo dan Wong yang ngehentikan dia. Mereka bilang kalau mantra itu untuk ritual berbahaya yang melibatkan dunia kegelapan. Karena si Kaecilius cuma nyolong selembar aja, dia pasti ngga baca ada peringatan di lembar lain kitab itu. Lembar yang mana ngga ikut dia colong. Dodol kan? Mestinya nyolong kitabnya aja semua.

Di tengah omelan Mordo dan Wong, tiba-tiba Kamar-Taj mengalami goncangan. Bergoncang beneran, kaya gempa bumi, bukan goncangan mental atau batin. Ternyata, Kaecilius dan Zaelots alias geng jahatnya telah berhasil merebut Sanctum di London dan akan menuju ke Sanctum di New York, target mereka selanjutnya.

Berbekal kenekatan, Strange menyusul Kaecilius dan Zaelots ke Sanctum New York. Di sana, dia melawan geng penjahat itu. Ajaibnya, Strange yang itungannya masih penyihir ingusan berhasil menyingkirkan Zaelots. Sisanya jadi tinggal Kaecilius nih, yang mana level sihirnya jauuuh di atas Strange, yekan? Setelah pertarungan sengit, secara ajaib, Strange berhasil 'mengurung' Kaecilius di semacem baju perang. Di situlah Kaecilius bilang kalau Ancient One orang yang pathetic. Dia mencegah orang-orang mempelajari ritual terlarang itu, yang ternyata adalah ritual untuk menarik kekuatan dari Dark Dimension, tapi pada kenyataannya, selama ini Ancient One justru  memanfaatkan kekuatan Dark Dimension untuk bisa panjang umur. 

Hasil gambar untuk ancient one dark dimension

Noh, di jidat ada tanda Dark Dimension!


Di saat masih terkaget-kaget menerima info itu, tiba-tiba Strange diserang oleh salah satu Zaelots. Mereka berantem, kemudian Strange tertusuk di dadanya dan hampir kalah. Untung saat itu dia diselametin sama sebuah jubah ajaib. Strange kabur ke rumah sakit tempatnya dulu kerja dan minta bantuan sama Christine Palmer untuk nyelametin dia yang ternyata ngalamin cardiac tamponade.

Errr...maap sebelumnya. Ngana kan penyihir dan bisa baca mantra pembalik waktu. Ngga bisa ya pake mantra itu aja ngebalikin waktu ke saat di mana dia belom luka??? Dasar laki, paling modus doang biar bisa mampir ke Palmer.

Hasil gambar untuk strange hospital astral

Roh-nya Strange, alias astral body


Di rumah sakit, sempet roh Strange keluar dan berantem sama roh si Zaelots. Si Zaelots pun kalah gegara dia megang Strange yang lagi dikasih defibrilator sama Palmer. Err, okey, absurd sih. Tapi okelah atur aza, mas sutradara.

Setelah mengucapkan perpisahan yang manis, Strange pun kembali ke Sanctum New York dan menemukan kalau Kaecilius sudah berhasil kabur dari jeratan baju perang. Sebagai gantinya, ada si Mordo dan Ancient One. Ke mane aje lu berdua daritadi? Starbucks??!

Strange langsung cerita 'tuduhan' Kaecilius tentang Ancient One yang menarik kekuatan dari Dark Dimension supaya panjang umur. Belum sempet ada klarifikasi dari Ancient One, Kaecilius dan Zaelots udah muncul lagi dan mereka harus berantem lagi. Saat berantem inilah, Kaecilius berhasil membuat Ancient One jatuh dari gedung dan terluka parah. Sementara Strange melarikan Ancient One ke rumah sakit, Kaecilius dan Zaelots kabur ke Sanctum di Hong Kong.

Di sini gue kembali bingung, napa ngga dipake aja sih itu kalung sama mantra pembalik waktu??? Ngana kan penyihir, harus ya ke rumah sakit muluuuu? Ini pelm penyihir apa Greys Anatomy sih?

Saat Ancient One sekarat, rohnya sempet memberi petuah ke Strange. Ancient One bilang kalau dia terpaksa untuk menarik kekuatan dari Dark Dimension untuk melindungi bumi. Ancient One juga bilang, nanti ada saatnya Strange harus melanggar peraturan dan hukum alam demi kebaikan yang lebih besar. Setelah berpetuah, Ancient One akhirnya meninggal. 

Hasil gambar untuk strange hospital astral

Kedua roh saling bercengkrama...

Strange segera kembali ke Kamar-Taj dan mengabarkan ke Mordo kalau Ancient One sudah meninggal. Mereka sedih, tapi ngga sempet lama-lama bersedih karena harus segera menyusul Kaecilius ke Hong Kong untuk mencegah Kaecilius dan Zaelots menghancurkan Sanctum Hong Kong.

Sesampainya mereka di Sanctum Hong Kong, ternyata Sanctum Hong Kong sudah hancur dan jatuh. Termasuk si Wong, yang ditugaskan untuk melindungi Sanctum Hong Kong, udah tertimbun reruntuhan bangunan. Berbekal kenekatan, walaupun ditentang oleh Mordo, Strange mengucap mantra pembalik waktu sehingga si Sanctum berangsur-angsur pulih. 

Di tengah proses pemulihan Sanctum, Strange dan Mordo berantem sama Kaecilius dan Zaelots. Adegan berantemnya seperti biasa menarik dan ciamik. Namanya juga berantemnya penyihir ya bok, efek CGI-nya ndak pelit. Tapi di saat berantem dan proses pemulihan Sanctum, Dark Dimension masih terlihat di langit. Strange pun mencoba memasuki Dark Dimension, di mana di situ dia bertemu dengan Dormammu, semacem iblis dedengkotnya Dark Dimension gitu deh. 

Hasil gambar untuk dormammu

Ini yang namanya Dormammu...


Untung Strange pinter, jadi sebelum ngobrol-ngobrol sama Dormammu, dia menggunakan mantra pembalik waktu. Jadi walaupun Dormammu berulang kali membunuh dia, dia bisa hidup lagi, lagi, dan lagi. Dormammu akhirnya capek dimainin dan menyerah mau ngasih apa yang diminta Strange, yaitu pergi dari bumi dan membawa Kaecilius plus Zaelots. Bumi pun aman sejahtera kembali.

Apa semuanya happy ending? Belum, kakak. Sanctum Hong Kong memang bisa kembali pulih. Dormammu, Dark Dimension, Kaecilius, dan Zaelots sudah gone. Tapi ternyata si Mordo kuciwa sama Strange karena dia melanggar hukum alam dengan menggunakan mantra pembalik waktu. Mordo pun pergi meninggalkan Strange dan Wong. Katanya mau berjalan di jalan yang dianggepnya bener.

Cerita ditutup dengan Strange yang udah beralih profesi secara total, dari neurosurgeon ke penyihir penunggu Sanctum New York. Di situ dia ditemenin sama Wong si penjaga perpus. Dia mau mendalami dulu ilmu-ilmu untuk bisa melindungi bumi. END.

Jadi, apa aja sih kaitannya film Doctor Strange sama Avengers: Infinity War atau film MCU lainnya??

Pertama, Doctor Strange merupakan salah satu tokoh yang kemunculannya penting di Infinity War karena dia merupakan pemegang salah satu Infinity Stones. Yes, sodara-sodara. Permata hijau yang ada di kalung yang Strange pake ternyata merupakan Infinity Stones yang emang punya kekuatan memutarbalikkan waktu. Oke, oke, ngerti akyu.

Hasil gambar untuk strange infinity stone

Permata ijo yang ini nih..


Kedua, Wong si penjaga perpus, nanti juga muncul di Infinity War. Cuma di awal aja sih dan ngga banyak adegannya.

Ketiga, after credit pertama dari film ini, menampilkan adegan di film Thor: Ragnarok. Yaitu adegan waktu Thor lagi mengunjungi bumi mencari si Odin.

Hasil gambar untuk after credit strange thor

Adegan yang ini, lho...


Ohya, ada after credit  kedua nih, yaitu adegan Mordo yang mendatangi Pangborn dan bilang kalau selama ini Pangborn memanfaatkan sihir untuk bisa berjalan dan beraktifitas. Mordo pun mengambil sihir dari tubuh Pangborn dengan alasan sudah terlalu banyak orang yang bisa sihir di bumi.

Kalau yang gue baca di internet sih, nantinya si Mordo ini berubah jadi tokoh jahat dan memusuhi Strange. Semoga itu isyarat kalau bakal ada sekuel dari Doctor Strange yaa. Amin!

Apalagi yhaaa. Kayanya cuma itu sih. Coba nanti kalo otak gue lagi encer dan nemu sesuatu, gue update lagi, hihi. 

Yuks ah, kita cabut ke film selanjutnya. Nonton apalagi yhaaaa....


4 comments:

  1. Wkt film ini pwrtama kluar aku memang ga nonton blasss krn banyak yg bilang aneh, ga ngerti jln ceritanya. Trnyata setelah ditulisin begini, kyknya aku malah bisa nangkep walo blm nonton :p. Bisa ga siiiih di film slnjutnya, semua yg jadi abu kmrn balik lg, pake batu wktu iniiii. Blm rela banyak jagoanku yg mati :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaah, kayanya kita harus liat pada teken kontrak lagi ngga sama marvel. kalo iya mungkin bisa berharap begitu. atau mesti tanya dr. strange yang katanya udah liat 14 juta kemungkinan ending infinity war :D

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS