Pages

Tentang Beranak Dua...

Wednesday, August 29, 2018

Siapa bilang, masa-masa awal setelah persalinan adalah masa yang susah buat sempet ngeblog? Kok gue malah susah ngeblognya sekarang ya? Beberapa minggu setelah lahiran? Rasanya, gue lebih mending molor dibanding ketak-ketik, hihihi. Yasud, sekarang ngeblog dulu deh, tapi berbau curcol boleh, yaaa. You've been warned!

Yang dulu gue takutin saat mau beranak dua adalah: ngga bisa adil.

Takutnya lebih sayang anak satunya dibanding yang satu lagi. Atau ngga seimbang pembagian waktunya antara kedua anak gue. Makanya, gue udah banyak banget searching selama hamil kemarin. Sebagian besar info yang gue dapet adalah: jangan sampai mengesampingkan si kakak. Transisi dari anak tunggal menjadi anak pertama itu ngga gampang, apalagi buat balita. Suster di RSPI pun bilang, "adek bayi kan butuh mamanya untuk nenen aja, jadi selain nenen, mama harus sama si kakak yaa biar kakaknya ngga iri.".

Oke, sip. Gue bakal ngutamain si Mas Echo. Bahkan gue udah woro-woro laki gue, kapanpun Mas Echo mau sama gue, dia harus siap handle Fluna, karena gue akan cusss langsung handle Mas Echo.

Itu teorinya. Kenyataannya gimana?

Bayi itu kan ngga bisa yaa diatur jam berapa harus nenen, jam berapa ngga boleh nenen. Dia mau nenen kapan aja, ya sesuka doi, bok! Akhirnya ada saat-saat di mana gue terpaksa menolak ajakan Mas Echo untuk main karena adeknya udah nangis minta nenen. Ada juga saat-saat di mana tadinya Mas Echo selon, eeeh, pas gue nenenin adeknya, dia tiba-tiba minta main sama gue. Masa iya, nenennya mau gue copot saat itu juga? Bisa emosi ini si bayi!

Gambar terkait


Walaupun secara umum Mas Echo bisa menerima adeknya dengan baik, tapi tetep laaah ada jealous-nya. Paling sering nih, kalo adeknya butuh nenen, dia bilang: ADEEEEK JANGAN NENEN TERUS SAMA MAMA.

Lha piye, nak. Adekmu kan gentong susunya di mamaaaa!

Yang mana, ofkors, mana dese ngerti. Dia ngertinya, kok adek bisa nempel terus sama mama. Mau mimik aja nempel mama. Mau bobo nempel mama. Kapan aku sama mama, kalo gitu?

Sering juga nih ya, yang bikin emosi gue memuncak, Mas Echo sering berisik saat gue bilang dia jangan berisik. Misalnya, adeknya lagi mau tidur. Udah gue nenenin sampe tete keplek-keplek, udah gue timang-timang sampe tangan kaku, tinggal meremnya aja. Tinggal merem! Eeeeh, Mas Echo tiba-tiba mukul-mukul meja, kasur, laptop, atau apapun deh yang bisa jadi berisik.... kemudian adeknya ngga jadi bobo. Tuhaaaaan!!


Hasil gambar untuk oh godgif


Di sisi lain, adeknya kan udah mau 7 minggu. Udah mulai 'sadar' akan dunia nih keknya. Bukan lagi newborn yang aktivitasnya cuman nenen-bobo-pup. On repeat. Fluna udah butuh distimulasi, gue ngemeng kek, nyanyi kek, atau apalah yang penting jangan biarkan dia diem uget-uget doang di kasur. Ttttapiiii, aku kan lelaaah. Abis nenenin, ngga bisa yaa anak langsung merem azaaa?

Dari semua itu, gue pun jadi capek. Lelah. Ledes. Lahir batin.

Udah lah ya gue begadang buat nyusuin Fluna. Eeeh, si masnya kok ya bangunnya pagi. Ngga ngasih gue spare time, untuk merem bentaaaarrrr aja. Mana bapaknya kalo malem itu susah buat disuruh nemenin begadang. Ingin ku slepet beha. Tapi nanti aku ngga dikasih uang jajan.

Sehari-hari pun gitu terus. Masnya bobo, adeknya bangun. Adeknya bobo, masnya bangun. On repeat, sampe tiba-tiba udah sore dan malem. Emak belom istirahat dan recharge energi, udah harus menghadapi sesi begadang berikutnya.


Hasil gambar untuk sparta gif


Dari situ aja gue udah belajar kalo kenyataan itu sangat ngga seindah teori. Gue boleh merasa sangat well prepared dalam memasuki gerbang ibu beranak dua ini. Tapi kenyataan berkata sebaliknya. Gue masih harus sangat belajar banyak. Mamam tuh teori!

Gue harus belajar kalo Mas Echo adalah anak kecil yang bahkan tiga tahun aja belom. Masa gue berharap dia sama sekali ngga jealous sama sekali ke adeknya? Langsung bersikap welcome dan manis sama adeknya? Ngga ngeganggu adeknya sama sekali? I must be so freaking kidding!

Gue harus belajar kalo Fluna, yang meskipun bayi cimit, adalah mahluk yang ngga cuma butuh nenen gue aja. Oke, nenen itu kebutuhan utamanya dese. Sekitar 90% lah ya. Tapi dia butuh distimulasi, diajak ngobrol, ditimang-timang, dinyanyiin. Bukan sekedar nenen-taroh di kasur-tidur.

Gue harus pinter-pinter bagi waktu, gimana caranya, supaya Mas Echo ngga terabaikan dengan keberadaan adeknya. Di sisi lain, gimana caranya, supaya Fluna dapat treatment yang ngga kalah dari Mas Echo waktu bayi dulu. Secara waktu itu kan Mas Echo anak tunggal, seluruh daya dan upayaku bener-bener kukerahkan untuknya, all-eyes-on-him lah! Sementara, Fluna si anak kedua, tentunya harus rela berbagi gue dengan kakaknya.

And those, babies, are MY problem. Urusan gue, bukan urusan anak-anak gue. Masalah gue, bukan masalah anak-anak gue. Yang harus mikirin ya gue, bukan anak-anak gue. Pusing? Mamam, tuh, pusing!

Hasil gambar untuk deal with it gif


Ngga ada yang bilang jadi orang tua itu gampang. Apalagi orang tua yang anaknya lebih dari satu. Mungkin itu kenapa ngga semua orang dipercaya untuk jadi orang tua. Karena berat. Karena ngga gampang. Karena ada ego, keinginan, dan kebutuhan kita yang harus direlain jadi nomer sekian demi well being mereka.

So, I let them be baby and toddler. Mau nenen abis itu ditimang-timang, mama siyaap. Mau main sama mama abis adek bobo, mama siyaaap. Mau banyak nanya ke mama sampe mama pening, mama siyaaaap. Gue emang cape, banget. Kadang udah menjurus ke mau gila stress. Tapi gue ngga mau rasa cape gue menghalangi anak-anak gue mendapatkan mamanya. They deserve the best version of their mom.

Jadi yang gue lakuin sekarang adalah....terima dan nikmatin aja masa-masa ini. Bocah-bocah bentar banget kok jadi anak-anak. Bentar lagi mereka akan punya kehidupan di luar rumah. Mungkin akan lebih lengket sama temen-temennya dibanding sama orang tuanya. Makdarit, nikmatin aja waktu di mana kita masih digelendotin mereka.

Hasil gambar untuk mom life gif


Selain itu, gue kembali memecut diri untuk banyak-banyak bersyukur. Bersyukur karena sudah dititipi anak-anak yang sehat dan cerdas. Di saat Mas Echo aktif bener macem kitiran dan ngga bisa diem....alhamdulillaaah, anak gue sehat dan aktif. Di saat Fluna maunya 'diajak ngobrol' dan bukan langsung merem abis nenen....alhamdulillaaah, anak gue responsif dan berkembang sesuai umurnya.

Capek sih masih ya. Banget, giling! Jadi mari kita berdoa, semoga anak-anak gue bisa tidur barengan. Kemudian mamak bisa kabur bentar ke tempat refleksi depan komplek. AMIN!

After all, seperti kata emak gue: emangnya ngebesarin anak-anak yang cerdas dan baik itu gampang?

Sabi, mom! I'll fight this battle~




No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS