Pages

Sakit Perdana Fluna

Monday, November 5, 2018

Gue ngga mau memulai minggu ini dengan cerita sedih. Tapi gimana lagi dong, gue lagi patah hati.

Fluna, bayi gue yang berumur 3.5 bulan itu akhirnya pecah telor harus minum obat. Batuk pilek nih, yang jadi biang keroknya. Jadi, Fluna itu ketularan batuk pilek dari Mas Echo, yang mana ketularan juga dari temen di sekolahnya atau di komplek lah aku tak tau pasti. Padahal, Mas Echo juga baru aja seminggu bebas dari batuk pilek lho. Kok ndilalah udah harus kena lagi. Hikssss...


Hasil gambar untuk why me gif


Awal Fluna batuk, gue masih coba oles-oles YLEO yang RC aja di dada, punggung, dan telapak kakinya. Tapi kok, makin lama batuknya makin liar ya? Apalagi kalo malem, batuknya sering banget. Bahkan beberapa kali Fluna muntah ASI campur dahak. Tidurnya dia jadi keganggu, sering kebangun karena batuk yang berujung muntah. Minum ASIP pun jadi makin sedikit. Sedih bangeeettt rasanya. 😭

Kayanya, udah waktunya kemasukan obat nih...

*mbrebessss* 😭😭😭

Akhirnya, Sabtu kemarin gue memboyong bocah-bocah ke RSPI menyambangi dr. Yovita. Yang bikin tambah patah hati, Fluna beratnya cuma naik 20 gram dong dari minggu lalu!!! 20 gram!!! Ya emang sih, gara-gara batuk ini jadi sering muntah. Cuma kok ya segininyaaa cuma naik 20 gram, huhuhu. Untungnya, panjang badan dan lingkar kepalanya naik lumayan banyak. Jadi masih tumbuh lah yaaa bayiku.

Dari dr. Yovita, Fluna dapet obat lumayan banyak, karena emang banyak banget lendir di paru-paru dan saluran napasnya. Yang pertama ada spray hidung Sterrimar supaya mampetnya bisa hilang. Ada juga Transpulmin Baby, balsem buat dioles-oles ke dada dan punggung supaya anget. Selain itu, ada juga obat batuk yang diminum dan kapsul dekongestan semacem minyak ikan yang isinya dioles ke bantal dan sapu tangan buat dihirup. Dua obat yang terakhir gue lupa nih namanya. Nanti ya, gue update lagi kalo inget.

Selain obat-obatan yang dibawa pulang, Fluna juga harus terapi inhalasi di RSPI. Seharusnya sih jadwal terapinya tiga kali. Hari Sabtu, Minggu, dan Senin. Tapi karena appointment di hari Senin udah full, jadinya terapi inhalasi cuma dua hari kemarin deh. Nanti malem terapi sendiri sama mamiyo ya naaakkk...

Btw, terapi inhalasi di RSPI lucu deh. Biasanya kan terapi inhalasi itu cuma diuap dan dipuk-puk ya dada dan punggungnya. Di RSPI itu, sebelum mulai penguapan, Fluna disinar dulu dada dan punggungnya. Yang mana pasti sinarnya ringan banget dosisnya. Secara gue yang megangin dia aja ngga berasa ada rasa anget atau kena sinar. Tapi si bocah pas disinar lumayan keringetan sih. Jadi mungkin emang dosis yang pas buat bayi ya?

Setelah disinar dada dan punggungnya, baru deh mulai penguapan selama 12 menit. Setelah itu, masuk deh ke tahap puk-puk dada dan punggung. Yang manaa, ternyata selain dilakuin pake tangan, dilakuin juga pake alat semacam vibrator. Bentuknya sih macem setrika gitu ya, tapi bisa geter-geter, hehehe.

Proses terapi inhalasi ini seluruhnya selesai dalam waktu 30 menit. Untuk biayanya, sekitar 400ribuan. Tapi thank God, ada asuransi kantor. Kalo ngga kan lumejen benerrr, huhuhuhu.

*kekepin dompet*

Ohya, Mas Echo juga dapet obat dari dr. Yovita. Yang pertama Rhinos Junior untuk pileknya, dan ada obat batuk yang gue lupa namanya. Sejauh ini sih, Mas Echo udah membaik batuk dan pileknya. Semoga cepet sembuh dan ngga ketularan lagi ya!

Kalau Fluna, sayangnya masih lumayan banget batuknya. Masih muntah beberapa kali semalem. Sempet bangun juga semalem dan ngga mau tidur lagi. Untungnya masih mau nenen banyak sampe mamiyo tiris. Ngga apa nak. Yang penting kamu sembuh ya!

Ohya, ini ada beberapa tips untuk menghadapi bocah yang lagi batuk pilek:

- AC adalah musuh bagi anak saat lagi batuk pilek. MUSUH!!! Jadi atur AC di suhu sepanas mungkin, atau matikan saja AC-nya. Pungut lagi kipas anginmu...

- Kata dr. Yovita, suhu kamar jangan dingin-dingin ya, minimal 23˚ C!

- Selalu sedia anget-anget buat dioles di dada, punggung, dan kaki si bocah. Kalo gue sih biasanya pake YLEO yang RC atau Transpulmin Baby. Sebenernya banyak yang nyaranin pake minyak kutus-kutus, dan gue juga punya itu. Tapi Fluna kulitnya ngga tahan sama minyak kutus-kutus, jadi merah, kering, terus kaya mbrudul gitu deh?

- Kalau anak udah mulai makan, kasih minum air putih anget yang banyak, tapi minumnya jangan sekaligus. Disesep pelan-pelan sambil dihirup aja...

- Kalau anak belum mulai makan, pastikan ASI tetep bisa masuk sebanyak mungkin. Kalau direct breastfeeding, nenenin anak sesering dan sebanyak mungkin. Jangan sampe dehidrasi. Setelah minum, jangan lupa disendawain.

- Kalau anak muntah, nenenin atau minumkan susu lagi minimal 30 menit setelah muntah. Jangan langsung dijejelin lagi, yaa...

- Kalau batuk pilek sudah berlangsung lebih dari tiga hari dan tidak membaik, gue saranin sih dibawa ke dokter. Kalaupun ngga minum obat, bisa terapi inhalasi. Karena kalau dibiarin kasian, tidurnya keganggu, makan dan minumnya juga pasti keganggu.

- Kalau punya duit berlebih, bolehlah beli alat inhalasi sendiri. Karena gue emang bakat alergian dan sering batuk pilek, gue udah punya alat ini, hihihi.

- Kalau ada demam, pastikan kamu punya termometer dan obat anti-piretik seperti paracetamol atau ibuprofen di rumah. Begitu suhu badan melewati 38˚ C, langsung berikan obat. Kalau anakmu ada riwayat kejang demam, ngga usah tunggu 38˚ C ya untuk memberi obat.

- Waspada risiko SIDS! Pastikan anak tidur dengan bantal dari kepala sampai dada. Jangan cuma mengganjal kepala aja, terus lehernya nekuk ya!

- Jangan terlalu percaya pada saran atau informasi yang bilang harus tunggu sekian hari sebelum membawa anak ke dokter. Kamu ibunya, kamu yang tau kondisi anakmu, kamu yang harus memutuskan kapan membawa anakmu ke dokter. Lagian, DSA jaman sekarang udah banyak kok yang RUM. Ngga sembarang ngeresepin obat macem-macem.

Apalagi ya? Ada ide?

Btw, siang ini gue masih dalam situasi patah hati karena dikabarin cus kalau Fluna baru minum 160 cc saja. Rasanya pengen cepet pulang. Ngga ada ya, yang mau ngasih pintu ke mana aja? Aku mau pulaaaanggggg!!!

Ternyata, kalo anak-anak sakit itu rasanya begini banget ya. Pengen rasanya ngambil penyakit dari badan bocah-bocah terus gue buang. Kalo ngga bisa, pindahin ke gue aja deh, relaaaa ku relaaaaaaa.

Yasud deh, mau kerja lagi, abis itu pumping, terus meluncurrrrr ke pelukan anak-anak.


Hasil gambar untuk i'm coming gif


Doakan anak-anakku segera sembuh dan ngga ketularan penyakit lagi ya! 🙏



No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS