Pages

Tentang Berhijab

Thursday, January 3, 2019

Udah beberapa bulan lamanya mama gue 'mempengaruhi' gue untuk berhijab. Apalagi waktu gue mau lahiran Fluna, yang mana momentnya pas banget dengan hari ulang tahun gue. Menurutnya, pas banget kalau moment indah itu -ulang tahun dan lahiran- disempurnain dengan berhijabnya gue. Entah kenapa, mungkin karena gue ngerasa ada unsur 'dorongan' di situ, gue malah kesel ngedengernya. Secara mama gue aja baru beberapa tahun belakangan ini berhijab. Kok ini udah ngeburu-buru gue untuk berhijab?

Berhijab menurut gue adalah suatu hal yang sangat religius sekaligus personal. Sama seperti solat dan ibadah lainnya. Itu urusan antara kita dan Yang Di Atas. Menurut gue kurang 'ngena' kalau kita berhijab karena dorongan orang lain. Walaupun itu suami atau orang tua kita sekalipun.

Pembelaan gue saat itu adalah, walaupun gue belum berhijab, toh gue berusaha melakukan ibadah lain sebaik mungkin. Solat wajib Insya Allah ngga pernah bolong. Solat sunah Insya Allah semaksimal mungkin gue usahakan. Mengaji juga Insya Allah gue coba lakukan sesering mungkin.

Tapi gue belum mau berhijab.

Alasan pertama, gue belum siap. Walaupun sebenernya gue ngga tau pasti apanya sih yang belum siap. Secara kalo mau kudungan mah tinggal ke Thamrin City aja, beli kudung, pake deh. Gue juga bukan yang menganut paham 'jilbabin dulu hatinya, baru kepalanya'. Karena gue tau, jilbabin hati itu proses seumur hidup, sedangkan jilbabin kepala itu semudah nyarungin kain ke kepala.

Alasan kedua, gue takut kalo abis pake, terus gue copot lagi. Soalnya emang ada beberapa temen gue yang pake-copot-pake-copot jilbab gitu. Gue pikir, mantepin hati dulu deh, biar ngga labil kaya gitu. Ngga enak juga diliat orang kan?

Alasan ketiga, gue merasa gue masih muda. Masih pengen eksperimen rambut dimacem-macemin. Masih pengen dandan pake baju yang ngga ketutup. Masih pengen eksis lah, pada intinya.

Alasan keempat, alasan yang rada ngga penting, gue bingung outfit gue kaya gimana nantinya. Huahahaha. Kalo ke kantor atau jalan-jalan sih, kebayang yaa kurang lebihnya. Tapi, kalo kondangan? Berenang? Ke pantai?

Alasan kelima, toh laki gue belom nyuruh. Abisnya, beberapa temen gue pake jilbab emang karena disuruh suaminya. Suami gue bahkan bilang, pake jilbabnya nanti-nanti aja kalau anak-anak udah gede. Sedikit banyak, karena omongan dia ini, gue merasa takut kalau gue pake jilbab malah jadi 'pressure' buat dia.

Semua seolah jadi pembenaran gue untuk menunda berhijab. Sampai ketika gue rutin mengikuti kajian.

No, kajiannya bukan yang berat, serius, dan Islami banget. Kajiannya tipe yang masih bisa diterima oleh kuping pembangkang macem gue. Kalo ngga, mana mungkin 'ngena' di gue, kan?

Di kajian itu gue diterangkan kalau dosa seorang perempuan itu akan ditanggung oleh tiga orang: ayahnya, suaminya, dan anak laki-lakinya. Even without further explanation, pernyataan itu udah 'nampol' banget di hati gue.

Gue ngga tahan kalau papa gue harus menanggung dosa-dosa gue lebih jauh dan lebih lama lagi. Papa gue, orang yang bersedia kepala-jadi-kaki-kaki-jadi-kepala buat gue. Yang udah membuat hidup gue, alhamdulillah, nyaris ngga pernah kekurangan apapun. Apa harus menanggung dosa karena aurat gue lagi?

Gue ngga tahan kalau suami gue harus menanggung dosa-dosa gue juga. Secara, dosa dia sendiri pasti udah banyak. Apa harus ditambah dengan gunungan dosaku??? Huahahaha, durhaka banget ya gue jadi bini?

Gue lebih-lebih ngga tahan kalau anak laki-laki gue juga harus ikutan menanggung dosa-dosa gue. Plissss, dia masih piyik. Masih ngga berdosa. Apa nanti saat dia balig nanti harus langsung menanggung dosa karena aurat ibunya masih ke mana-mana? Gue mungkin bukan ibu yang sempurna, tapi gue ngga mau anak-anak gue menanggung sesuatu karena kesalahan atau kurangnya gue.

Tapi terus gue berpikir lagi. Masa gue jilbaban sekarang? Gue masih muda. I'm not even 30. Kalau nanti gue masih mau bergaya macem-macem gimana? Bisalaaah, gue pake jilbabnya nanti-nanti aja. Umur 35 kek, 40 kek, apa 50 kek kaya mama gue.

Kemudian pikiran gue sendiri dari belahan otak gue yang lain kembali menampar gue: Iya kalo umur gue nyampe 35, 40, atau 50. Kalo ngga? Gue ngga mau mati dalam kondisi ngga berhijab.

Terusss, ada lagi materi dari kajian itu yang udah ngantri mau menampar gue: Allah itu pencemburu. Cemburu kalau kita lebih sayang mahluk ciptaan-Nya dibanding diri-Nya.

Gue langsung tertohok. Gue sangat cinta suami dan anak-anak gue. Rasanya lebih dari apapun di dunia ini. Gue takut kalau Allah cemburu karena rasa cinta gue (yang sepertinya) berlebih ini. Gue takut kalau karena ini, amit-amit, mereka jadi kenapa-kenapa.

Padahal Allah ngga minta yang susah dari kita. Beribadah, dan jaga auratmu, untuk perempuan. Kenapa sesusah itu buat gue memenuhi perintah pencipta gue?

Keinginan berhijab semakin kenceng di hati gue. Gue mau, tapi gue takut. Takut gimana memulainya. Takut gimana kalau nanti pengen ngelepas. Takut kalau dengan hijab gue, akan ada banyak tuntutan buat gue. Harus dijaga omongannya lah, ngga boleh gosipan lah, harus lebih santunlah, blablabla.

Gue mencoba untuk menata hati pelan-pelan. Gue mencoba mulai mengkoleksi aneka hijab. Mulai menonton tutorial hijab di Youtube. Mulai follow akun-akun hijabers di Instagram, biar dapet inspirasi ceritanyaaaa. Btw, hijabers jaman sekarang cantik-cantik banget yaaa. Ngga kalah deh, dari selebgram yang pada hits ituh!

Suatu hari, gue bilang ke suami gue kalau gue mau coba pakai jilbab. Ngga dipakai ke kantor dulu deh, kalo pergi ke tempat lain aja. Gue takut kalau gue berhijab di kantor itu kaya udah sesuatu yang 'fix' gitu. Kalau ngga dipake ke kantor, kan masih bisa copot kalo gue ngga sreg, batin gue.

Gue mulailah berhijab di luar kantor. Waktu ke mall, restoran, rumah sakit, bahkan waktu kumpul sama temen-temen suami gue. Ke manapun asal bukan ke kantor. Perlahan gue mulai membiasakan diri dan hati dengan jilbab gue. Yang gue kaget adalah, ternyata berhijab ngga sesusah itu. Malah kalo keluar rumah ngga berhijab, gue merasa ada yang hilang. Suami gue juga jadi kaya udah kebiasa melihat gue versi berhijab. Pernah suatu hari gue keluar rumah tanpa jilbab, eeh dia malah negor dong!

Suatu Senin, gue akhirnya memberanikan diri berhijab ke kantor. Gue deg-degan sepanjang jalan, apa ya, reaksi orang-orang di kantor? Cocok ngga ya gue berhijab? Betah ngga ya? Panas ngga ya berhijab sambil kerja seharian? Alhamdulillah, ternyata respon mereka cukup baik. Paling ngga gue ngga disorakin lah. Bisa pulang sambil mewek gue, hahahaha. Gue juga merasa nyaman dengan hijab gue di kantor. Paling riweuhnya kalo lagi wudhu aja mesti copot terus dipake lagi.

Hari ini mungkin belum ada sebulan gue memutuskan berhijab. Gue masih mencoba style jilbab yang cucok di hati, dan tentunya di kantong, hahaha. Karena ternyata harga jilbab dan baju-baju hijabers ngga mureeeeh, kakaaak. Aku harus mengais rekening dan mengemis ke suami. Oh, Elana, mengapa hijabmu semahal ituuuu?

*brb mengemis di kaki suami*

Walaupun gue berhijab, gue juga masih jauuuuh banget dari sempurna. Omongan masih sama somplaknya kaya sebelumnya. Masih demen bergosip. Masih sering ngedumel. Tapi sengganya gue yakin, ada sedikit yang membaik di diri gue dibanding sebelumnya. Misalnya kalo dulu gue belom berhijab dan hobi bergosip itu nilainya 50, sekarang gue udah berhijab tapi masih hobi bergosip itu nilainya 70. Hehehe. Dosa gue juga Insya Allah lebih enteng kan?

Satu lagi yang gue syukurin adalah respon dari keluarga gue itu sangaaaat baik. Suami gue pastinya senenglah, mungkin dia merasa dosa-dosanya jadi sedikit berkurang hahaha. Mama dan papa gue jangan ditanya, mereka bangga banget sama gue. Kebanggaan mereka untungnya juga ditunjukkan dengan membelikan gue berbagai outfit dan jilbab, huahahaha. Matreee ujung-ujungnye, nyahahaha.

*pak direktur, keluarin bonus dooong*

Berhijab masih jadi hal yang sangat religius dan personal untuk gue. Kita ngga bisa memaksakan berhijab atau tidaknya seseorang, karena untuk berhijab butuh hidayah. Butuh ada sesuatu yang 'menampar' kita, dan itu bisa banget sangat berbeda di setiap orang. Jadi dengan berhijab ini, gue ngga merasa lebih baik dari orang lain yang belum berhijab. Gue cuma merasa lebih baik dari gue yang dulu. Itu aja harusnya udah cukup kan?

Sekian cerita gue masalah hijab. Mungkin gue ngga bakal sering nulis hal yang religius macem begini. Mungkin post ini adalah satu-satunya postingan religius di blog gue. Who knows? Lagian model gue mana cocok nulis yang religius dan serius?

Sekian dan terima diskonan atau endorsan jilbab dan tunik.

Wassalam.


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS