Pages

Drama di Kantor...

Thursday, April 11, 2019

Rasanya udah lamaaa banget gue ngga curcol di blog ini. Gue pun menulis tulisan ini sebenernya maju-mundur-cantik. Apa kira-kira bakal sampai di orang-orang yang tau kisahnya? Apa nanti bakal dicap kalo gue ember curcol di blog segala. Sampai akhirnya, gue menyadari....

1. Ini kan blog gue. Apapun yang mau gue tulis ya suka-suka gue. Ngga suka ya ngga usah baca.
2. Blog ini kan blog pribadi gue yang 70% diperuntukan untuk curcol, 20% buat sharing, 10% buat ngeluh 😝
3. Siapa eluuuu, yas! Berasa ada yang baca aja blognya, hahaha.

Oke deh, lanjuuut!

Jadi, gue punya seorang temen yang lumayan deket di kantor. Bahkan, untuk ukuran gue yang ngga mau overly-attached sama circle perkantoran, temen ini bener-bener bisa dianggap salah satu temen deket gue di kantor. Kita satu bagian kerja, so, emang sehari-hari pasti ketemu. Karena udah cukup deket, gue sering cerita-cerita ke dia, dan dia pun sering cerita-cerita ke gue.


Everything went fine, sampai suatu hari si pacarnya temen gue ini curhat ke gue dan beberapa temen gue. Intinya, si pacar ini merasa udah ngga sejalan sama temen gue. Ibaratnya, temen gue ini udah targetnya nikah, si pacar ini masih ngerasa nikah belum jadi prioritasnya. Belum lagi ada beberapa sifat, karakter, dan family values yang sayangnya menambah perbedaan di antara mereka. 

Hasil gambar untuk kapan nikah




Singkat cerita, si pacar ini cerita-cerita ke kita-kita (gue dan beberapa temen gue) dan 'meminta saran dan bantuan' supaya bisa mengakhiri cerita mereka tanpa temen gue ini jadi sakit. Yang mana, ofkors, ndak mungkin. Yang namanya putus cinta itu pasti sakit, ya ngga?


Singkat cerita lagi, gue dan beberapa temen gue ini kemudian membuat grup whatsapp yang emang diperuntukkan untuk sharing cerita tentang hubungan temen gue dan pacarnya ini. Grup whatsapp ini bertahan dari sejak si pacar ini cerita, mereka gonjang-ganjing, mereka putus, dan sampe.... sekarang.

Kesalahan grup ini adalah, selain ngomongin hubungan dua sejoli ini, kita juga ngomongin temen kita ini. Sebenernya tujuannya baik sih, karena kita lagi mencari cara ngomong ke temen kita supaya dia bisa introspeksi diri. Karena kebetulan, saat itu juga sedang ada beberapa pihak yang merasa kalau udah waktunya dia untuk introspeksi dan memperbaiki diri. Yaah, beberapa karena alasan pekerjaan, beberapa lainnya alasan pribadi. Kita sebagai 'temen deket', merasa kalau kita yang 'harus' ngomong ke temen kita itu. Tapi caranya gimana, masih bingung. Jadi ya emang masih didiskusiin dulu.

Bingung ya? Gue yang nulis juga bingung kok, hehe.

Hasil gambar untuk confuse gif


Gue ngga mengatakan kalau kita yang membuat grup yang dedicated untuk ngomongin temen kita itu ngga salah. Ngomongin orang di belakang aja udah salah. Apalagi ngomongin temen sendiri. Untuk hal ini, gue mengaku kita salah karena ngomongin dia.

Yang ngga gue sangka-sangka adalah suatu hari temen kita itu minjem hape gue. Alasannya dia mau liat Instagram gue. Karena gue ngga merasa menyimpan rahasia di Instagram, yaudahlah gue kasih. Tapi kok yang gue heran dia sampe segitu detailnya liat Instagram gue. Sampe ngeliatin following gue nge-like dan nge-follow siapa aja. Gue aja ngga pernah merhatiin bagian itu! Hahahaha.

Nah, hari itu berlalu dan besoknya temen kita itu tetiba dateng ke ruangan dan ngomong pake bahasa Inggris, dengan lumayan kenceng, bilang kalau dia udah tau kita punya grup yang ngomongin dia. Dia bilang kalau kita ngga suka dia cerita-cerita ke kita, seharusnya kita bilang aja langsung ke dia. Saat itu kita langsung silent mode. Mungkin campuran antara shock, bingung, dan ngga tau mau ngomong apa. Gue sih lebih ke bingung ya, dia tau dari mana ada grup itu? Mana katanya dia udah baca semua chat kita. Pegimana caranya???

Hasil gambar untuk how gif


Kecurigaan terbesar kita adalah temen kita itu buka whatsapp gue saat dia minjem hape gue kemarin, kemudian temen kita itu meng-archive chat kita dan mengirimnya ke hape dia. Kenapa hape gue, karena dia ngga pernah buka hape temen-temen gue yang lain. Tapi, masa sih segitunya dia penasaran pengen cari tau kita ngomongin apa aja tentang dia? Sampe harus buka hape dan melanggar privacy orang? Gue pribadi sih, ngga pernah terpikir buat buka-buka hape orang terus liat chatnya. Buka hape laki sendiri aja ngga, apalagi hape orang laen???

Tapi ternyata, beberapa hari kemudian, temen kita itu cerita ke salah satu temen gue yang lain, yang ngga ada di grup itu. Di situ dia mengakui kalau dia emang ambil chatnya dari hape gue. Gue kaget, tapi yang gue lebih kaget adalah menurut temen gue yang diceritain ini, temen kita itu ngga merasa tindakannya 'mencuri' chat dari hape gue itu salah lho! Malah dia yang ngerasa kita-kita lah orang jahatnya.

Di sini, gue bener-bener merasa marah.

Hasil gambar untuk very angry gif


Perasaan bersalah gue karena telah ngomongin dia di belakang gue pun langsung sirna. Gini ya, ibaratnya kita-kita anak buah sering ngomongin bos di grup whatsapp karyawan cecunguk. Kaga pernah kan, ada ceritanya si bos diem-diem buka hape kita, terus 'nyolong' chat dari grup kita buat dikirim ke hape dia? Kenapa sih, temen kita itu segitunya merasa dia harus tau tentang chat orang lain? Maaf-maaf, tapi gue merasa ini udah pelanggaran privacy. Terkecuali gue adalah terduga teroris, gembong narkoba, atau yang membahayakan rahasia kantor, gue ngga merasa kalau hape gue yang mana adalah privacy gue, berhak untuk diobrak-abrik siapapun.

Gue pribadi juga tipe orang yang ngga peduli kalo diomongin orang. Gue kan sering diomongin karena ngga pernah lembur, ngga pernah nongkrong bareng after office, atau selalu pake alesan anak/suami untuk ngga bisa terlibat event kantor. Reaksi gue? Bodo amet. Ngomongin gue di belakang gue? Silahkan. Di depan gue? Silahkan juga. Paling kalo melenceng langsung gue benerin di muka orang itu. Secara ya, diomongin itu ngga bakal bikin gue miskin, yaudah sok atuh omongin akooh.

Hasil gambar untuk please do gif


Gue kemudian cerita ke suami gue, dan seperti dugaan gue, dia sangat marah dan nyuruh gue untuk lapor ke HRD atau direksi. Gue jujur kaget karena ngga berniat memblow up kejadian ini seperti itu. Gue pikir, cukuplah gue tau orang seperti apa dia dan ngga usah berinteraksi dengan dia lagi kecuali ada urusan kerjaan. Tapi menurut laki gue, itu adalah pelanggaran privacy yang berat di lingkungan kantor, dan itu bisa dibawa ke ranah hukum.

Singkat cerita (LAGI???!!!), gue sampai saat ini belum memutuskan tindakan apa yang bakal gue lakuin. Gue sih selama ini tidak membuat ada interaksi dengan dia, kecuali diperlukan, misalnya urusan kerjaan. Emang sih, suasana jadi ngga bisa secair dulu di antara kita-kita. Tapi, buat gue yang introvert, hal kaya gini jadi ada bagusnya juga kok. Kerjaan bisa cepet kelar dan ngga perlu berinteraksi tentang hal yang kaga perlu-perlu banget. Hahaha.

Ohya, gue kan juga diremove dari follower dia di Instagram, tapi dia masih ngefollow gue. Yang mana, gue biarin aja. Paling gue bebersih aja daftar close friends gue karena di situ lah gue biasa posting yang rada-rada nyerempet maut. Hihihi.

Meanwhile, gue si cancer sensitip ini merasa kalau dia pasti cerita-cerita ke circlenya, secara beberapa dari mereka kalau ketemu itu sikapnya beda sama gue. Ada masalah? Tentu tydac. Karena saya mah tujuan ngantornya hanya untuk cari duit. Cari temen itu bukan prioritas, apalagi temen yang bisa bongkar-bongkar hape gue tanpa merasa bersalah.

That might sound harsh, but that's true! 😛


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS