Pages

Si Anak Sotoy-ku!

Monday, May 6, 2019

Hari pertama puasa gue merasa bosan kerja. Udah ada di meja kerja dari jam setengah delapan nih, jadi udah berasa lamaaaaa banget kerjanya. Padahal sih baru tiga jam, huhuhu. Walaupun lagi ngga puasa, tapi masa gue ngemil di meja? Yaudin. Nulis aja yha...

Waktu Mas Echo umurnya dua tahunan dan ada di fase terrible two, gue berpikir bahwa itu adalah jaman kegelapan masa-masa terparah di fase balita. Masih inget banget deh gue, gimana susahnya dia kalo disuruh makan, yang mana sejam bisa jadi cuma masuk lima suap. Belum lagi susah disuruh tidur dan kalo tidur malem suka kebangun-bangun. Kan gue ngantuk ya kakaaak, secara paginya harus kerja lagi. Apalagi, saat dia ada di fase terrible two, gue juga lagi hamidun., jadi makin tepar setepar-teparnya.



Terrible two, menantang, tapi masih manisss!



Tetapi ternyata, gue terlalu naif, sodara-sodara. Ada fase yang lebih menantang dari fase terrible two. Namanya adalah fase threenager, dan itu terjadi..... sekarang!

Eh, btw-btw, gue pernah nulis tentang terrible two lho duluuu. Dibaca yaaaa! #promosi


Kalau dulu si bocah 'hanya' susah makan dalam artian susah buka mulut, sekarang dia susah buka mulut, susah ngunyah, dan susah nelen. Mengemut makanan sekarang jadi hobbynya, terutama ngemut yang di rahang depan itu lho. Resenya, kalo ngemut makanan kan lama-lama bisa jadi enek yaa. Jadi deh, ujung-ujungnya sering mun-mun. Pernah dalam seminggu, setiap makan si bocah tuh mun-mun terus. Sedih akutu, udah lama nyuapinnya, eeeh... keluar lagi. Padahal yang nyuapin cus, bukan gue, hihihi.

Selain makan, si bocah juga jadi makin sotoy. Sebenernya gue seneng sih, soalnya sekarang dia jadi lebih berani. Kalo dulu kan jago kandang banget yes. Tapi ya kalo kebablasan kan gue rada ngeri juga. Misalnya nih, waktu kita lagi berenang, karena merasa udah pake pelampung di lengan kanan dan kiri, si bocah jadi sotoy berenang aja sampe ke tengah, padahal gue dan bapaknya masih di pinggir kolam. Emang udah pake pelampung sih, cuman kan yaaa, tetep merinding disko aku melihatnyaa!

Selain itu, dia juga jadi doyan 'nasehatin' semua orang. Misalnya nihh, waktu itu gue lagi mager baru pulang kantor. Posisinya, gue udah lepas celana dan cuma pake baju atasan aja, eh, dia bilang gini dong...

"Mama kok ngga pake celana, sih? Pake dong celananya. Malu ih! Nanti Mas Echo ngga mau beliin mama celana lagi, lho!"

Tuhan. Siapa yang emak, siapa yang anak iniiii??

Bapaknya juga pernah kena semprotan. Ceritanya, waktu itu laki gue lagi cuti dan mau jemput si bocah yang baru pulang field trip. Sambil nunggu waktu jemput, laki gue belanja dulu di ACE Hardware. Ndilalah, ternyata jalanan hari itu lagi kurang bersahabat dan akhirnya laki gue telat jemput si bocah. Eeeh, disemprot aja dong...

"Papa dari mana aja sih, kok telat jemputnya? Papa kelamaan belanja ya? Liat dong, itu temen-temen Mas Echo udah pada ngga ada. Mas Echo sendirian iniiii..."

Errr... mamam tuh! Gantian, masa mamak mulu yang disemprot ya ngga?

Emang ya, katanya kalau bocah lagi di fase threenager, kelakuannya ya emang jadi bak remaja. Dia jadi merasa punya 'kekuasaan' atas dirinya sendiri, dan kadang-kadang, kekuasaan atas orang lain juga. Jadi ya gitu deh, dia jadi susah diatur, susah disuruh, dan apa yang dikerjain ya tergantung maunya dia aja ngerjain apa. Kalo dia ngga mau? Ya ngelawan atau malah kabooorrrr...

Bisa kabur? Tentu bisaaaa. Udah tau mau disuapin, si bocah kabur dari mbaknya. Pas dipaksa disuapin, eeh, dia ngancem mau kabur ke rumah Iyang. Nyeh.


Sungguh kurindu saat dia hanya bisa tergolek di stroller seperti ini...



Banyak psikolog anak yang berpendapat inilah fase di mana anak ingin menunjukkan kalau dia bisa. Bisa melakukan apa-apa sendiri, bisa menentukan maunya sendiri, dan mungkin bisa 'melawan' orang tuanya. Mereka merasa maunya lebih penting untuk didengarkan. Benar atau tidak, tepat atau tidak, itu bukan urusan mereka.

Sudah pernah baca buku The Whole Brain Child? Di buku itu tertulis bahwa fungsi-fungsi dari otak anak belum sepenuhnya matang dan menyatu. Bagian otak anak yang mengatur emosi masih lebih dominan dibanding bagian-bagian lainnya. Inilah yang membuat anak seolah selalu mengalami 'luapan emosi'. Jadi jangan heran, kalau hal-hal kecil aja bisa membuatnya emosi dan tantrum.

Yang lebih bikin kzl nih, ternyata anak umur tiga tahunan itu kan ngomongnya udah pinter banget ya.? Jadi kalo dia ngelawan, ngga cuma ngeluarin kata 'ngga mau' aja. Tapi bisa pake alasan yang seenak udelnya. Misalnya nih, dulu pas menolak makan, si bocah cuma bilang 'ngga mau' aja. Sekarang bisa panjang bererot begini...

"Mas Echo belum mau makan sekarang, Mama. Sekarang maunya nonton dulu di hape. Abis itu main di hape, sepuluh menit. Abis itu masih belum laper juga, jadi belum mau makan."

KOK JADI DIA YANG NGATUR GUEEE... GRRRR!

Kalau emosi gue udah di ubun-ubun, biasanya gue akan mengeluarkan senjata pamungkas: gadget. Gue tau itu ngga baek. Tapi excuse gue adalah dibanding gue tetep tak menyerah menghadapi bocah dan malah membuat gue makin emosi terus melakukan hal-hal yang seharusnya tak gue lakukan, jadi mending gue chill dulu dan dia dialihkan dulu pikirannya dari kekeras hatiannya tadi. Siapatau beneran, abis main hape dia mau makan? Huhuhu, berharap akutuuuu...

Apakah itu solusi terbaek?

Tentu tydac, Ferguso. Malahan, gadget katanya justru bisa membuat sifat keras si bocah itu menjadi-jadi. Gadget hanya mengalihkan emosi si bocah saat itu saja, bukan membuatnya bisa mengatur emosinya. Kalau seperti ini terus, lama-lama si bocah akan selalu menggunakan gadget sebagai pelarian. Lama kelamaan, kalau emosinya tetap tidak bisa 'dewasa', dia akan jadi orang yang selalu 'melarikan diri' dari masalah.

Kok serem ya? Jadi, harusnya ngapain dong?

Hadirin, 1001 tips menghadapi threenager bisa anda temukan dengan mudah di Google. Hahahaha. Gue sendiri sih, belum pede untuk ngasih tips karena gue sendiri masih sering terbakar emosi saat menghadapi si threenager. Manalah itu segala saran untuk tetap tenang, memeluk anak, dan mengelus anak kok kaga berfungsi di gue. Ya itu mungkin berfungsi kalo emaknya lagi kalem. Kalo lagi senep juga, terus anak tantrum, terus gue peluk, terus perut gue disleding, ya masa aku harus kalem teyuuuss???

Jadi, postingan ini apa faedahnya kalau ngga nulis solusi menghadapi threenager?

TYDAC ADA. HAHAHAHA.

Gue cuman mau curcol dan kebetulan lagi gabut di kantor, hihihi. Eh, ada ding, gue ingin menyampaikan kalau kalian -para buibu yang punya anak threenager dan merasa selalu emosi menghadapinya- tidak sendirian! YOU ARE NOT ALONE!


Biar adem, liat dulu nih foto si bocah saat baru bisa ngeces doang, hihi!



BHAY. 😘




No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS