Pages

Fluna Diopname! -Part 1-

Wednesday, May 15, 2019

Kamis pagi minggu lalu, gue berangkat kantor dalam kondisi biasa. Bocah-bocah udah bangun dan seperti biasa, mengantar gue berangkat ke kantor dengan lumayan bete. Si bayi juga udah bisa merasa bete, mungkin udah mulai bisa ngerasa ngga suka kalau ditinggal induknya. Ya monmaap ya dek yaaa. Mama masih harus mengais rejeki nih!

Ngga lama setelah nyampe kantor, gue di-whatsapp sama Cus. Katanya Fluna kayanya anget, suhunya 37.5°C. Oke, lumayan naik, tapi masih ngga begitu tinggi. Begitu pikir gue. Setelah menginstruksikan Cus untuk ngasih tempra drop ke Fluna dengan dosis sekian, gue kembali melanjutkan kerjaan gue.

Hari itu berlangsung biasa dan gue bekerja dengan biasa sampai jam 3 sore. Kok sampe jam 3 doang? Kan kantor gue selama bulan puasa masuknya jam 07.30 - 15.00! Hihi, sirik ngga?

Sebagai penganut tenggo garis keras, jam 3 lebih sedikit gue langsung ngesot menuju mesin absensi, ke parkiran mobil, dan langsung cussss pulang. Perjalanan hari itu so-so. Lumayan macet sejak masuk tol, tapi masih gerak, dan itu ngebuat gue lumayan ngantuk. Sampai tiba-tiba Cus telpon ke hape gue dengan nada suara yang panik...

"Bu, Fluna kayanya kejang deh!"

JELEGERRRR!
Gue rasanya langsung lemes. Tangan yang megang setir rasanya tiba-tiba jadi nutrijell.

"Kejangnya gimana, Cus?"
"Flunanya bengong, Bu. Matanya kaya ngeliat ke atas gitu. Bibirnya biru. Tangannya kaku."
"Yaudah, minta tolong Mba Rina ke satpam sekarang, Cus! Langsung bawa Fluna ke rumah sakit. Sekarang ya!!!"

Gue langsung ada di kondisi yang kaya ngawang-ngawang. Antara mau berhenti dulu untuk nenangin diri dan nelpon suami, atau langsung ngebut aja nyusul ke RS. Eh, tapi tiba-tiba indikator bensin berubah jadi kuning. Shit! Kenapa di saat-saat gini malah bensinnya kritis sih?? Terpaksa gue mampir dulu ke rest area Cibubur untuk isi bensin. 

Setelah selesai isi bensin, gue langsung nelpon Cus lagi. Ngga diangkat. Nelpon Mba Rina. Ngga diangkat juga. Nelpon hapenya Mas Echo. Sarua keneh, teu diangkat. Berkali-kali gue ulang telpon-telpon-telpon, sambil nyetir bak kesurupan. Sama, ngga diangkat. Gue panik, tapi masih mencoba berpikiran positif: mungkin mereka lagi hectic jadi ngga ngeh sama hape-hapenya.

Gue pun mencoba nelpon suami. Biar dia yang nelpon orang-orang rumah gitu, dan gue bisa nyetir dengan konsen. Shit! Ngga diangkat! Mungkin dia lagi di jalan, di gojek, atau di kereta. Tapi kan ini gawaaaat, angkat atuh plissss!

Setelah nelpon suami berkali-kali ngga diangkat, gue telpon mama dan papa gue. Sami mawon. Ngga diangkat. Ada apa sih, dengan orang-orang ini? Lagi urgent gini kok ya pada kaga liat hapeee. Untungnya, ngga lama kemudian papaku nelpon balik. Gue cerita kalau Fluna kejang dan minta tolong supaya ngehubungin orang-orang rumah gue, biar gue bisa kembali nyetir dengan tenang ngebut. Papaku pun langsung ikutan panik, zzz. Tapi dia bilang oke akan ngehubungin orang-orang rumah sampe bisa ada kabar.

Emang bener ya, kalau lagi panik, semenit bisa berasa sejam. Karena masih panik dan ngga ada yang ngehubungin gue, gue pun mencoba lagi telpon Cus dan untungnya diangkat. Waktu diangkat ternyata Cus juga lagi ngangkat telpon dari papaku. Jadi kaya telecon ala-ala gitu deh kita, hihi.

Cus bilang, mereka udah siap berangkat ke RS. Waktu Mba Rina ke satpam minta tolong dianterin ke RS, Cus bawa Fluna ke tetangga sebelah untuk minta pertolongan pertama. Untungnya, tetanggaku yang namanya Bu Lolly itu bisa totok kesehatan. Dipijet-pijet sedikit punggungnya Fluna sambil dibacain doa. Alhamdulillah, Flunanya langsung sadar!

Gue pengen sujud sukur, tapi kan lagi nyetir, jadi ngga bisa dong. Walaupun udah sadar, tetep gue minta Fluna untuk dibawa ke RS Bunda Margonda dan gue akan langsung nyusul ke sana. Karena bayiku udah sadar, gue bisa nyetir dengan sedikit lebih tenang.

Sesampainya di RS, gue langsung nemuin Fluna dll di lobby RS. Mereka dianter ke RS sama Pak Syafei, security di komplek. Untungnya, Pak Syafei dan para security itu cekatan banget. Tau kalau jalanan sore itu bakal macet, mereka langsung ngehubungin polisi untuk minta dibukain jalan. I couldn't be more grateful to them!

Cus pun cerita, Fluna udah diperiksa dokter IGD. Karena itu kejang pertamanya, dari dokter merekomendasikan Fluna diopname untuk diobservasi, walaupun kondisi umumnya Fluna saat ini udah baik. Okelah, gue ke pendaftaran untuk urus-urus administrasi. Setelah selesai administrasi, gue gotong Fluna ke IGD lagi. Di situ Cus kembali ditanya-tanya tentang kronologis sebelum, selama, dan setelah kejang gimana. Gue lantas kaget dong, begitu Cus bilang kalau sebelum kejang, suhu badan Fluna 'hanya' 37an°C!!!

Ngga salah tulis kok gue. TIGA PULUH TUJUHAN DERAJAT CELCIUS!!! Ngga nyampe 38, kok bisa kejang???

Walaupun masih bertanya-tanya, tapi prosedur persiapan opname tetap jalan. Yang pertama, Fluna akan diambil darah untuk tes lab. Okelah. Prosedur ambil darahnya sudah tentu membuat hatiku retak. Tangan bayiku yang kecil itu ditusuk berkali-kali buat diambil darahnya. Gue udah kzl banget sebenernya ini kok kaya ngga ada suster yang bisa ambil darah bayi sih? Okelah, pembuluh darah bayi emang kecil. Tapi ini kok kayanya nyiksa banget. Udah dimasukin jarumnya, ditarik maju-mundur gitu di dalem pembuluh darah atau di bawah kulit. Udah gitu dikeluarin lagi jarumnya karena ngga nemu pembuluh darah yang pas. On repeat, di tangan kanan dan kiri!

Singkat cerita, prosedur ambil darah yang menyakitkan pun selesai. Terus sekarang katany Fluna mau dipasang infus! What??! Kenapa?? Anaknya kondisi umumnya baik, ngga ada dehidrasi, masih mau nyusu (banget!), dan masih banyak pipisnya. Katanya sih alasannya adalah biar kalau kejang lagi, udah ada jalur IV untuk masukin obatnya. Gue tanya, kenapa ngga pake obat supposituria (lewat dubur) aja sih? Katanya, kalau bisa lewat IV, kenapa harus lewat dubur?

Sesungguhnya, pertanyaan itu pengen gue balik: kalau bisa lewat dubur, kenapa ngana harus coblos tangan anak beta???

Akhirnya gue pun memutuskan untuk menunda pemasangan infus dulu. Sampai hasil tes darah rutin datang dan ternyata leukosit Fluna sampai ke angka 33.000 dari normalnya di bawah 18.000! Wadaw, tinggi beut! Dengan angka neutrofil segmen dan trombosit yang juga naik, fix, ini Fluna kena infeksi bakteri yang (sepertinya) sudah lumayan lama terjadi dan membutuhkan antibiotik. Karena leukosit yang tinggi inilah antibiotiknya direkomendasiin dimasukkan via infus. Yasud, gue terpaksa menyetujui prosedur pemasangan infus.

Apakah drama? Tentu saja. Apalagi, sepertinya suster-susternya juga kurang piawai memasang infus di bayi. Coblas-coblos berulang kali. Bayiku sampe histeris banget nangisnya. Gue rasanya juga pengen ikut histeris, tapi ngga bakal ngebantu juga kan? Untung akhirnya infus berhasil terpasang, dan Fluna bisa masuk ke kamar rawat inap.

Di kamar, anaknya rewel. Mungkin campuran antara badan yang ngga enak dan ada benda asing (infus, maksudnya) yang ngebikin dia risih. Langsung gue susuin, supaya dia bisa bobo aja. Untung ngga lama kemudian, Fluna bisa bobo.

Ngga lama kemudian, ada suster yang masuk ke kamar. Katanya, Fluna harus diambil darah LAGI untuk kultur darah. Gue tanya, apa pentingnya kultur darah ini. Katanya sih, untuk menentukan jenis bakterinya apa, supaya bisa menentukan antibiotik apa yang mau dimasukkin. Lha, seinget gue ya, kultur darah itu jadinya bisa semingguan lho. Apa ini berarti anak gue harus diopname seminggu dan baru dikasih antibiotik seminggu lagi? Katanya ngga, tetep masuk antibiotik sekarang, tapi harus kultur darah dulu.

Berbi jadi pusing, tapi yasud berbi iyain aja karena berbi belum bisa berpikir jernih-jernih banget. Nah, masalahnya, drama proses pengambilan darah berarti harus terulang lagi kan? Apalagi anak gue baruuu aja tidur setelah nangis-nangis daritadi. Tapi apabolebuat, dibangunin lagi lah si bayi. Ofkorsss, nangis lagi maliiih. Apalagi setelah proses pengambilan darah yang ternyata para suster ini juga sama kurang piawainya dengan sebelumnya. Abislah anakku ditujles-tujles. Mana setelah ditujles-tujles katanya tetep ngga bisa dan mereka menawarkan apa mau diambil darah di arteri aja. Jangan berharap, Marimar. Ambil darah di arteri itu sakit banget. Tak akan kubiarkan bayiku diambil darah di arteri! Plis, cari suster atau dokter yang bisa ambil darah di vena bayi aja!!!

Para suster itu pun pergi dan nanti katanya bakal balik lagi untuk ambil darah lagi (you wish!). Eh, ngga lama balik lagi. Katanya, antibiotik dimasukkin dulu deh, kultur darahnya besok aja. Lha, kepriben sonnn??? Tapi yasud, masuklah itu sekantong Ceftriaxon ke tubuh bayiku. Terus juga Fluna katanya butuh diperiksa urinenya, karena khawatirnya itu ISK. Okelah, langsung dipakein urine collector yang ada perekatnya di sekitar area vulva. Pas gue mau pakein pampersnya lagi, kata suster ngga usah, takutnya urine collector-nya kegeser-geser dan copot. Yasuddddd, ngga dipampersin anak gue. Bobonya ditutupin selimut sajoo.

Setelah semua ritual selesai, gue kembali mencoba menyusui Fluna supaya dia kembali bobo. Tentunya dia gelisah syekaliiii, karena badan ngga enak dan masih terganggu sama infus dan urine collector-nya. Maaf ya sayaaang, demi kebaikan kamu iniiii 😭😭😭

Gue sempet ketiduran dan kebangun karena ngerasa ada yang basah. Masa iya gue ngompol? Oh bukaaan, ternyata urine collector Fluna bergeser dan sebagian urinenya tumpah! Untung masih ada sedikit yang bisa diperiksa. Langsung gue panggil suster lagi untuk mengambil sisa urine dan ganti seprei yang udah banjir bandang.

Semaleman itu gue tidur di kasur pasien bersama Fluna, sementara papanya di sofa-bed di sebelahnya. Gue tidur bener-bener ngga tenang. Sebentar-sebentar cek Fluna, takut anget atau kaku lagi. Jam 2 pagi, gue tiba-tiba merasa kok Fluna anget. Eh, bukan anget lagi ini! Udah panas! Langsung gue panggil suster untuk cek suhu. 39.4°C bokk!! Langsunglah masuk tempra, diazepam, dan dexamethason. Untungnya, ngga lama suhunya kembali normal dan Fluna bisa kembali bobo tenang sampai pagi...


(bersambung yah, udah kepanjangan, hihi)

1 comment:

  1. Live Dealer | Baccarat, Craps & Live Dealer Casino
    Play Live Dealer online at our Live Dealer online casino! Our extensive selection of 바카라사이트 Live 온카지노 Casino & 제왕 카지노 Slots, Table Games, Live Poker, Texas Hold'em,

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS