Pages

Hijab Outfit-Ku (Part 1)

Monday, July 22, 2019

Sebelum gue berhijab, gue banyak berpikir, nanti kalau gue berhijab pake hijabnya yang model gimana ya? Terus, nanti outfit gue jadi gimana ya gayanya? Kalo gue ngantor, apakah gue akan mempertahankan gaya slebor gue dengan tetep bercelana panjang? Ataukah gue akan pake rok plisket yang lagi ngetrend? Atau pake kulot, sebagai jalan tengah antara celana dan rok? Terus, gimana kalo kondangan? Apakah gue akan berkebaya dan kain seperti emak gue? Ataukah gue pake kaftan atau tunik yang simpel yang bisa juga dipake ngemol? Soalnya kan, tamu kondangan jaman sekarang gahar-gahar. Gue sering ngga kebagian makanan dan berujung hijrah ke mall abis dari kondangan.

Btw, ternyata gue galau berhijab bukan karena hatinya belum mantep. Tapi karena gue galau mau pake hijab sama baju kaya apa nantinya... 😑

BECANDA DING!

Baca: Tentang Berhijab

Tapi sejujurnya, segalau-galaunya, gue merasa bersyukur berhijab di jaman di mana selebgram berhijab bertaburan di Instagram. Kan akoh jadi bisa nyontek stylenya walaupun kaga mirip tetepan. Terus lapak kerudung dan outfit berhijab juga udah menjamur di offline dan online store. Harganya juga relatif terjangkau buat kantong emak beranak dua macem gue.


Hasil gambar untuk save money gif


Semakin lama gue berhijab, gue semakin mengenal gue cocoknya pake hijab dan outfit macem gimana. Walaupun dalam hati ingin bergaya seperti Mega Iskanti, tapi gue tau gue ngga akan tahan pake outfit berlapis-lapis. Likeeee... pake outer waktu travelling ke antah-berantah? BUKAN GUA BANGET. Ada juga anak-anak gue pada kesandung sama outer gue, kan ya? Selain itu, outfitnya Mega Iskanti mihil-mihil, kakaaaak. Sayang akutu sama uang-uangku. Itu sih, alesan utamanya... *kekepin duit di beha*


Hasil gambar untuk mega iskanti outer pantai

Manalah tahan aku ke kolam renang pake dress bak gorden begindang...



Asal tau aja, dulu di awal-awal berhijab, gue setiap hari mantengin Shopee, Tokopedia, plus Instagram buat belanja hijab ANEKA JENIS DAN ANEKA BAHAN. Setiap hari pasti ada paket buat gue. SETIAP HARI. Rekeningku, maafkan akuuu! Setiap weekend, gue menyeret suami gue ke Thamrin City buat tawaf dan beli hijab plus pernak-perniknya (inner, peniti, dll). Tanpa gue tau sebenernya gue cocoknya pake hijab model dan bahan apa. Jadinya boros banget kan, hiks...

Eh, emang ada ya, cocok-cocokan? ADA BANGET!

Contohnya nih, hijab kan ada yang model square (segi empat) dan model pashmina. Menurut gue, gue kurang cocok pake hijab model pashmina, soalnya muka gue terlihat jadi tambah bulet. Padahal, gue udah ikutin tutorial-tutorial di Youtube yang menampilkan tips and trick supaya muka ngga tambah bulet kalo pake pashmina. Misalnya, pake pashminanya harus nutupin tulang pipi dan inner yang kita pake sedikit kita tongolin. Kenyataannya? Muka gue tetep aza tambah bulet, zzz. Ya emang sih muka gue udah bulet dan chubby, tapi kalo pake jilbab square ngga nambah buletnya. 😅


Hasil gambar untuk video tutorial hijab pashmina simple untuk wajah bulat


Buat yang tertarik nonton videonya, bisa ditengok di sini.

Btw, hijab sebenernya banyak sih modelnya, ngga cuma square dan pashmina aja. Tapi yang gue coba cuma dua itu aja. Model hijab yang lain kaya hijab instant belum pernah gue coba. Kecuali hijab instant yang buat olahraga dan berenang itu sih. Yakali gue mau lilit-lilit kerudung waktu berenang...

Selain model yang beragam, hijab juga punya jenis bahan yang beragam. Ada bahan polycotton, cornskin, cotton, voal, leaf cotton, satin, diamond crepe, katun denim, katun supernova, dll. Kaga apal gua. Belum pernah magang di Mayestik soalnya. Memilih bahan untuk hijab juga jadi hal yang tricky buat gue. Salah-salah, selain ngga nyaman, jadi aneh di bentuk muka.

Gue pribadi vote for cotton dan voal. Dua bahan itu adalah bahan-bahan yang kaga lecek walaupun belum disetrika. Cocok kan, buat orang pemales macem gue? Hehehe. Dua bahan itu juga bisa tegak dan pas di bentuk muka gue. Jatohnya juga enak di bahu, kaya lemes dan gampang disampirin.

Walaupun bahan cotton dan voal ini bahan yang udah merebut hati gue, tapi ternyata ngga semua cotton dan voal yang dijual di pasaran itu sama lho! Kaya voal nih, ada voal jenis superfine, ultrafine, dan I'm fine thank you. Yang terakhir becanda, tau kan? Masing-masing voal itu ternyata punya perbedaan lagi, walau tipisss. Misalnya, voal ultrafine itu lebih ringan dan lembut dipakenya. Gue pribadi cocok sama voal ultrafine yang dijual Elana. Pernah beli hijab voal dari toko lain, kok kurang cocok ya? Sementara kalo voal dari Elana kaya udah megang muka gue banget. Mau yang polos atau bermotif udah pasti pewe abisss!


Davine, motif kesayanganku. Gambar dari sini.


Kalau bahan cotton, gue vote for Atala Scarves. Hijab cotton seriesnya juara banget pewenya! Gue punya banyaaak banget warna cotton series ini... soalnya pilihan warnanya emang banyak banget sih, hehe. Sebenernya, selain cotton series, Atala jual banyak banget pilihan jenis jilbab, seperti voal, leaf cotton, dan dash voal. Cuma entah kenapa, yang gue cucok ya yang cotton series-nya sih, hihihi.

Oh iya, akhir-akhir ini Atala juga sering ngeluarin baju dan celana lho. Gue beberapa kali beli dan cocok! Karena ya emang gue sukanya model yang simpel dengan warna polosan. Tapi kayanya baju-baju Atala akhir-akhir ini larisnya keterlaluan. Launching jam 12.00, jam 12.01 udah sold out. Gilingan padi!



Koleksi yang gue ngga kebagian. Sad.


Gue juga pernah mencoba hijab berbahan satin, salah satunya dari Nouer. Sebenernya, gue sukaaa banget sama hijabnya. Motifnya simpel, tapi keren dan ngga pasaran. Tapi, hijab satin emang bukan jadi pilihan gue untuk dipake harian. Bahannya itu lho, licin, kurang bersahabat sama rambut gue yang lembut dan tipis. Selain itu bahannya juga lebih tebal dibanding voal dan cotton. Jadinya, kalo lagi pake hijab satin gue suka rada-rada budek, hahaha.


Daisy Maxi Scarf. Laff!


Satu bahan lagi yang sempet gue punya dalam jumlah lumayan banyak adalah hijab berbahan polycotton. Sebenernya, polycotton adalah bahan yang pewe banget buat jilbab. Tipis, enteng, adem, dan jatoh banget. Pilihan warnanya juga aduhai banyak banget. Gradasi warnanya tipis-tipis. Cuma sayangnya, hijab polycotton itu terlalu licin buat gue. Apalagi kalo lagi pake inner yang licin juga. Tiba-tiba aja ujung hijabnya udah sampe idung gue #lebay. Terus juga, hijab polycotton itu lemah banget sama peniti. Gampang rusaknya. Sementara gue masih ngga bisa pake jarum pentul. Jadi deh, hijab polycotton gue pada compang-camping tercabik peniti. Tapi gue ada langganan seller hijab polycotton yang bahannya lebih ciamik dan tahan banting terhadap peniti dibandingin polycotton lain. Coba para fans polycotton, bisa ceki-ceki Damaris Scarf ya!


Laffff the pastel color!


Bahan lain yang pernah gue coba adalah katun denim dan katun supernova. Mereka umumnya ada di hijab berbentuk pashmina. Jujur, gue sendiri kurang yakin apakah mereka bahan yang sama atau beda. Soalnya kayanya sama aja, tapi kok namanya beda? Apakah itu nama alias? Yang jelas, buat gue, mereka sama-sama bahan katun yang tebel. Enak sih, cuma kalo kelamaan dipake suka gerah. Plus, pilihan warnanya juga ngga terlalu banyak.

Gambar terkait

Gambar dari sini.


Baru ngomongin hijab udah panjang aja nih. Postingan tentang outfit hijabers gue bahas di post berikutnya aja ya. Monmaap kalo ada di antara kalian yang abis ini khilap bebelian gara-gara postingan gue ini. Btw, btw, ini bukan sponsored post lho. Lagian, sapa juga yang mau endorse gue emangnya, hahaha. 😂

See yaww!


4 comments:

  1. Sama banget problemnya. Sering mencoba pakai pashmina ini itu karena wajah bulat lebar sempurna

    ReplyDelete
  2. wkwkwkwkk, ini problemku bangetttt :p. suka galau mau make jilbab gimana dan bajunya apa -_-. aku blm 100% jilbaban sih, msh buka tutup. tp kepengen juga suatu hari ntr beneran nutup :D. makanya mau mulai beli beli jilbab dan dressnya dr skr :D. kalo pashmina aku sbnrnya cocok, tp ribeeeeeet makenyaaa. bisa yaaa kalo pake itu sejam lbh sendiri, sambil liatin tutorial yutub pula.

    mau pake yg instan, huufttt..... ibaratnya dari 10 yg aku beli, cm 1 yg cocok wkwkwkk... ini gara2 beli online nih. ga bisa dicoba.

    skr sih kalo pake jilbab keseringan segi4 dr bahan paris. emang sih udh jadul bgt tuh bahan. tp yg cocok cm itu hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mba fannyyyy!
      aku pun dulu masih buka tutup kok. kalo ke kantor masih ngga jilbaban. ditunggu aja dulu 'nyaman' nya dateng :D

      yang mirip bahan paris itu si cotton seriesnya atala scarves, sih, buatku. bahannya enteng, gampang diatur, dan yang penting ngga perlu disetrika! cucok banget buat buibu males sepertiku...

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS