Pages

Mas Echo Si Koret

Wednesday, July 3, 2019

Gue akhir-akhir ini suka bingung menghadapi kelakuan cah lanangku yang makin menjadi. Apalagi, semakin mendekati usia empat tahun, kemajuan vocabulary dia semakin pesat. Jadi makin bisa ngelawan omongan maknya! Hahaha. Selain itu, tingkah polahnya juga makin ngga bisa diem. Intinya, makin pinter lah anak gue. Hahahaha. Rabid mom banget ya? Demen bener muji anak sendokir, hihi.


Walaupun gue bersyukur banget dikasih anak-anak yang sehat, pinter, dan lucu, mau ngga mau harus gue akuin kalau kadang-kadang (really? hanya kadang-kadang?) gue dan suami merasa kewalahan. Apalagi, sekarang si adek semakin gede. Dulu sih, si adek cuma nenen-tidur-nenen-tidur on repeat aja. Jadi energi gue dan suami masih banyak turahnya untuk ngeladenin masnya. Lha, sekarang? Si adek udah titah-titah keliling rumah. Belom lagi sekarang udah ngerti main dan bersosialisasi, termasuk sama masnya.

Seneng dong, ngeliat anak-anak main bareng dengan rukun? GIGI LO RUKUN! Setiap mereka main adaaaaa aja gelutnya. Sebagian besar sih gara-gara rebutan mainan ya. Adeknya mau pinjem mainan masnya, tapi ngga dikasih, akhirnya adeknya nangis, abis itu masnya juga ikutan nangis. RUSUH!

Emangnya lo ngga beliin mainan sendiri buat adeknya? ENAK AJE. Emang sih, dalam hal bebelian, demi penghematan (hahaha!), gue menganut sistem berbagi antara mas dan adek. Artinya, apa yang bisa diturunin dari mas ke adek, ngga perlu gue beli. Apa yang bisa dibagi antara mas dan adek, ya ngga usah gue beli lagi. Tapi tetep, gue beliin mainan kok buat si adek. Apalagi karena kan mereka itu cowok dan cewek ya, jadi mainannya ya beda.

Jadi, apa yang diributin lagi? Kan udah ada mainan masing-masing?

Nah, Mas Echo itu menganggap kalau mainan itu adalah barangnya anak gede, bukan anak bayi. Jadi, walaupun si adek udah gue beliin mainan, ya teuteup dihakmilikin sama dia! Mau mainannya masak-masakan kek, atau mainan bayi yang ngga berfaedah, teteeeepp dia anggep itu mainan dia. ZZZ.

Gue dan suami selama ini selalu berusaha adil dalam bebelian untuk anak-anak. Satu dibeliin, ya yang lain dibeliin juga. Tujuan gue sih meminimalisir rasa iri dengki. Tapi tetep aja, kayanya naluri berbaginya Mas Echo masih kurang niiih. Contohnya nih ya, weekend kemarin kan gue sekeluarga makan di Mang Engkin UI. Di depan resto ada yang jualan kelomang, alias keong yang kecil itu lho. Nah, gue belilah kelomang dua ekor plus rumah-rumahannya, dengan harapan bocah-bocah bisa main kelomang bareng. Ternyata, pas di mobil mereka berantem aja dong. Gara-garanya si adek mau pinjem kelomang tapi sama masnya ngga dibolehin.

👩 : Mas Echo, adeknya dipinjemin satu dong kelomangnya. Kan ada dua tuh?
👦 : Ngga mauuu. Dua-duanya punya Echo!
👩 : Ya pinjemin satu lah buat adek. Adek mau liat aja kok, nanti dikasih lagi ke Mas Echo...
👦 : Yaudah, tapi adek kelomangnya yang sakit aja yaa? (buset adeknya dikasih yang sakit)
👩 : Hee? Emang ada kelomangnya yang sakit? Manaaaaa???
👦 : Ini ada, yang diem aja ngga bergerak, yang ada merahnya ada darahnya...
👩 : Mana sini mama liat *mengamati rumah kelomang*. Ya ampuun ini sih bukan kelomang mas, ini jambuuu, makanannya kelomang!

BUSET. ADEKNYA MAU DIKASIH MAINAN POTEKAN JAMBU AZA DONK!

Terlepas dari dia mau ngasih mainan jambu ke adeknya (DOH!), Mas Echo itu, setelah gue amati, memang adalah anak yang lumayan koret, alias pelit, alias rada susyeh berbagi. Kalopun mau berbagi, yang dia kasih ke adeknya adalah mainan yang dia udah ngga mau, udah rusak, udah jelek, pokoknya barang reject lah. Huhuhu.

Kalo gue tanya, kenapa adeknya ngga dipinjemin mainan, jawabannya Mas Echo sih takut mainannya rusak. Menanggapi itu gue udah bilang kalo adeknya ngerusakin mainan, bakal gue ganti dengan beliin yang baru. Nah, tapi, tetep aja kok, adeknya ngga dipinjemin. 😔

Selama ini gue merasa udah berlaku adil dalam hal bebelian. Tapi ternyata, pas gue baca-baca di artikel, ternyata dengan kita sering membelikan sesuatu untuk masing-masing anak, mereka justru jadi ngga terasah naluri berbaginya. Mungkin batinnya, buat apa gue berbagi? Kan udah punya masing-masing. Hmmm...

Tapi eh tapi, di artikel lain yang gue baca juga, kalau kita selalu membelikan barang untuk masing-masing anak (jadi mereka ngga berbagi, gitchu), mereka jadi terasah nalurinya kalau mereka sudah merasa berkecukupan. Hence, jadi ngga ragu buat berbagi. Nah, tambah bingung ngga lo? Pada ngga kompak banget sih nulis artikel???

Masalahnya, gue udah pernah lakuin dua-duanya tuh. Tapiiii, kok anak gue tetep koret ya? Ada saran kah, hay khalayak???


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS