Pages

Antara Sufor dan UHT

Thursday, July 18, 2019

Waktu jaman Mas Echo, gue 'hanya' berhasil menyusui dia sampai umur 20 bulan dan udah berhenti mompa ASI waktu Mas Echo berumur 15 bulan. Bukan kenapa-kenapa, masalahnya, cah lanangku itu kaya menyapih diri sendiri. Tiba-tiba aja nolak disodorin ninen. Apakah dia udah bosen ninen? Ataukah udah muak melihat bentukan ninen mamiyo? Huhuhu.



Makanya, waktu Fluna lahir, gue udah bertekad akan menyusui dengan 'keras kepala'. Gue berusaha segiat mungkin untuk menyusui pagi-siang-sore-malem, selama gue bisa. Saat menyadari kalau ASI gue ngga sederes seperti waktu jaman Mas Echo, gue pun giat minum booster ASI dan giat makan sampe gue susah kurus, huhuhu. Saat stok ASIP semakin menipis, gue pun beberapa kali ngirimin ASIP ke rumah via Gojek. Demi Fluna full ASI! Paling ngga sampe dia umur setahun.

Sekarang, begitu Fluna berumur setahun dan sarjana S2 ASI, saatnya gue menghadapi dilema baru: mau dikasih tambahan sufor atau UHT, ya?

Gue sempet bimbang banget nih sama pilihan susu tambahan untuk Fluna ini. Bimbangnya level bimbang banget, sampe gue buka survey dan question box di IGS, hahaha. Berasa baru pertama kali punya anak, ya? Dari survey yang gue lakuin sih, 60% khalayak memilih UHT, sementara 40% lainnya memilih sufor. Beberapa khalayak bahkan DM gue dan bilang kalau mereka milih dua-duanya, hahaha.

Daripada bimbang-bimbang lucu, mending gue tanya aja sekalian ke dr. Y selalu DSA-nya si cimplon. Pas banget, Sabtu kemarin alias H-1 Fluna berumur setahun, kita emang ada appointment untuk vaksin. Jadi, gue sekalian tanya aja, susu tambahan buat Fluna enaknya sufor atau UHT yaa...

Berikut nih, Q&A gue sama dr. Y...

Q: Dok, Fluna kan besok umur setahun nih, buat susu tambahan selain ASI, enakan dikasih sufor atau UHT ya?
A: Pada dasarnya, anak umur setahun ke atas itu asupan nutrisi utamanya dari makanan, bukan dari ASI lagi. Jadi ya sebisa mungkin dipenuhi dulu dari ASI dan makanan yaa...

Q: Masalahnya dok, anak saya ini minum ASI-nya sehari banyak banget, walaupun makannya juga udah banyak. Sehari bisa sampe 950 ml, di luar direct breastfeeding. Selama ini saya kejar tayang banget ASI-nya. Tapi kalau udah setahun kan bisa ditambah susu lain. Kira-kira sufor atau UHT ya dok?
A: Sufor dan UHT itu ada kelebihan kekurangannya masing-masing. Kalau ibu mau yang lebih alami sih pilih aja UHT. Karena UHT itu kan bentuknya masih cair, jadi proses pembuatannya lebih simpel dibanding pembuatan sufor. Kekurangannya, UHT itu masih mengandung protein susu sapi alami sehingga lebih berisiko menimbulkan alergi.

Kalau sufor, proses pembuatannya itu lebih panjang karena mengubah susu cair menjadi bubuk. Jadi cenderung lebih 'tidak alami' kalau dibandingkan dengan UHT. Sisi positif sufor adalah dia sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan kelompok usia anak. Jadi, selama diberikan sesuai saran penyajiannya, bisa diharapkan memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Sufor jaman sekarang juga banyak tipenya, termasuk yang khusus untuk anak yang memiliki bakat alergi.

Q: Jadi, yang dokter sarankan dicoba UHT atau sufor dulu ya?
A: Kalau anaknya ngga punya masalah nutrisi, berat dan tinggi badannya bagus, dan ngga ada masalah nafsu makan, minum UHT dulu deh...

Q: Ada merk tertentu yang direkomendasikan, dok?
A: Ngga ada sih. Tapi dicoba dulu aja Greenfields atau Ultra. Rasanya yang plain aja ya. Rasa macem-macem di susu bisa merusak gigi.

Q: Kalau mau coba sufor, ada merk tertentu yang direkomendasikan, dok?
A: Ngga ada, boleh coba apa aja. Tapi rasanya yang plain juga ya.


Gambar terkait


Dari sesi konsultasi dengan dr. Y, sebenernya beliau ngga menyarankan sesuatu yang pasti sih. Jadinya gue masih bimbang juga, walaupun lebih tercerahkan, tapi tetep bingung, hahaha. LHA GIMANA SIH INI?! Tapi gue bisa menangkap beberapa essential info sebagai berikut:

- Pemberian susu tambahan untuk anak usia satu tahun ke atas, sebenarnya tidak perlu. Selama asupan nutrisi via makanan dan ASI-nya masih bagus
- Sufor dan UHT punya kelebihan dan kekurangan masing-masing
- UHT lebih alami dibanding sufor, dan lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai susu tambahan kalau sang anak tidak punya masalah nutrisi, tidak punya masalah nafsu makan, serta baik berat dan tinggi badannya
- Memilih sufor atau UHT, sebaiknya yang rasa plain dulu yaa. Soalnya rasa-rasa tambahan dalam susu bisa merusak gigi susu anak yang lapisannya masih rentan

Terusss, susu apa nih yang gue pilih buat Fluna?

Sebagai salah satu dari jamaah Al-Marukiyah, gue memilih.... DUA-DUANYA! Hahahaha. Jadi siang itu juga gue belanja susu UHT merk Greenfields rasa plain yang imut bentuknya dan susu formula merk Dancow.

Gambar terkait
Greenfieldsnya yang ini.
Courtesy of photo from here.


Hasil gambar untuk dancow active grow


Dancownya yang ini.
Courtesy of photo from here.

Fluna suka ngga sama sufor dan UHT-nya?

Alhamdulillah. Sebagai anak yang sagala demen, dia lep-lep-lep aja sama dua susu itu. Yang paling gue senengin sih sebenernya dia masih lepppp banget sama ASIP dan ninen time. Jadi seolah susu tambahan ya perannya sebagai tambahan aja. ASI tetep jadi numero uno buat dia.

Aaah, mamak jadi terharuuuuu 😂😂😂

Sehat selalu yaaa, gadis kecilku! 😘

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS