Pages

Chronicles of Mom Wars: MPASI Homemade vs MPASI Instant

Friday, June 22, 2018


Haaaai, kembali lagi, lagi, dan lagi dengan pembahasan Mom Wars versi gue. Setelah di edisi pertama gue ngebahas tentang lahiran pervaginam vs operasi caesar, lalu di edisi kedua gue ngebahas tentang ASI vs Susu Formula (sufor), kali ini gue akan membahas tentang materi war berikutnya, yaitu MPASI Homemade vs MPASI Instant.
Buat yang belum sempet baca edisi-edisi sebelomnya, boleh banget diklik link di bawah ini:



*Fakir traffic: detected*

Mom wars emang bener-bener ora uwis-uwis. Belom lepas dari tahap perdebatan tentang ASI, ibu-ibu udah masuk lagi ke tahap perdebatan tentang makanan pendamping ASI alias MPASI. Apakah kamu ibu ideal yang membuat MPASI sendiri alias MPASI homemade dengan penuh cinta? Ataukah kamu ibu lodoh yang memberi MPASI instant untuk anakmu?

Gue bisa dibilang, sangat mengusahakan anak gue untuk mendapat MPASI homemade. Bukan karena, gara-gara udah persalinan caesar dan gagal sarjana ASI gue jadi mencoba menempuh langkah idealis lainnya ya. Tapi lebih karena gue yakin, makanan buatan sendiri alias makanan rumahan adalah yang terbaik buat anak. Secara dari dulu nyokap gue juga selalu menyediakan makanan rumahan untuk keluarga.

Masalahnyaa, gue kan bukan stay-at-home-mom kaya nyokap gue? Apalah gue, yang adalah budak korporat dari Senen sampe Jumat dari pagi sampe petang ini?

Mau resign demi memberikan MPASI homemade dengan maksimal? Kok kayanya masih banyak hal-hal yang harus dipertimbangin, ya? 😔

Hasil gambar untuk i quit gif

Not that easy, baby. Not that easy!


Tapi kan gue ada cus/baby sitter, jadi yuk mari dikaryakan. Awal MPASI sih sakseis ya buibu. Kalo ngga gue yang masak, cus yang masak. Anak gue tetep makan MPASI homemade yang dibuat dengan penuh cinta. Walaupun terkadang pake cintanya cus, hahaha. Gue juga membuat jadwal MPASI, yang sudah dikonsultasikan dan disetujui oleh dokter spesialis anak (DSA) tersayang.

Gue juga udah beli banyak perlengkapan MPASI. Mulai dari slow cooker, sippy cup, training cup, tupperware ucul-ucul, mangkok-sendok-garpu yang ucul-ucul, talenan dan pisau kheuseus buat motong bahan MPASI, sampe belanja seluruh bahan-bahan MPASI yang pastinya organik. Jadi gue niat dong yaaa, mau MPASI homemade???

Awal-awal, rencana gue untuk MPASI berjalan sesuai rencana. Anak gue mau mangap dan excited untuk makan. Badannya masih montok dan aman jaya, seperti waktu dia masih minum ASI doang. Tapi lama-lama, anak gue mulai menunjukkan jati dirinya sebagai keturunan gue: susah makan. Mungkin di awal dia excited mencoba hal baru doang kali ya, jadi semangat makan. Lama-lama, dia makan kalo laper doang, hahaha.

Level kesusahan nyuapinnya itu udah sampe yang orang yang nyuapin udah nyanyi sampe berbusa, baca buku cerita ulang-ulang sampe apal ceritanya, udah digendong-gendong (ngga cuman duduk manis di baby chair)....tetep anaknya menolak membuka mulut.


Hasil gambar untuk you make me crazy gif



Belom lagi kan yang megang anak gue di rumah selama weekdays itu cus. Jadi kalo anak gue udah mogok mangap, cus akan ngasih anak gue makanan apa aja yang bisa bikin dia mangap. Itu berarti, jadwal yang udah gue buat dengan susah payah dan sudah di-ACC dokter, terabaikan begitu aja. Bisa jadi anak gue makan alpukat aja tiga hari berturut-turut karena dia emang kurang demen sama daging-dagingan. Ngana anak siapa?

Bhay, gizi seimbang. BHAY!!!

Gue sempet menawarkan ke cus untuk ikutin dia kursus masak untuk bocah. Eeeh, cusnya bilang, "kalo ibu mau cari yang jago masak, cari aja yang lain, bu..". Errrrrr!

Hasil gambar untuk just kill me gif



Udah pusing anak susah makan, gue harus menghadapi kenyataan kalo gue harus dinas ke luar negeri. Ngga tanggung-tanggung jauhnya, ke Belanda aza, cuy. Emang sih, gue bisa bawa anak dan suami. Tapi artinya, kita akan menghadapi tantangan berat: menyuapi bayi 8 bulan yang susah makan di negeri orang. Meh.

Persiapan perjalanan dinas didominasi oleh persiapan gue membawa tetek-bengek MPASI, mulai dari bahannya sampe perkakasnya. Bawaan gue bener-bener didominasi sama peralatannya bocah. Tapi begitu nyampe Belanda, semua niat suci membuat MPASI homemade bubar jalan. Anak gue menolak makan MPASI yang gue bawa dan buat dengan susah payah. Akhirnya gue mulai putus asa dan mencoba memberi dia MPASI instant. Gue lupa merknya apa, yang jelas makanan instant macem Milna, Promina, dkk yang pastinya merk lokal. Eh, doski mau dong. Huahahaha. Mungkin rasanya memang lebih enak ya dari masakan ibu jadi-jadian ini?

Mecin dan pengawet FTW!

Hasil gambar untuk hurray gif



Eh, eh, tapi btw ngga semua MPASI instant itu pake pengawet, lho. Justru sebagian besar MPASI instant dikemas dengan teknologi freeze dry yang ciamik, sehingga kandungan airnya minim banget. Thus, kontaminasi bakteri bisa diminimalisir. Selain itu, proses pengemasannya juga pake kemasan kedap udara yang ngga kalah ciamik dan semakin meminimalisir kemungkinan terjadinya kontaminasi.

Masalah mecin, makanan bayi itu kan dibuat di bawah pengawasan BPOM. Jadi pasti ada standar kheuses untuk makanan bayi yang ngga bisa disamain sama makanan orang dewasa. Setau gue, BPOM melarang penggunaan MSG untuk makanan bayi. Selain itu, berdasarkan Joint FAO/WHO Expert Committee on Food Additives (JECFA) tahun 1987, MSG dimasukkan dalam kategori Acceptable Daily Intake (ADI) not specified. Artinyaa, MSG sebenarnya dapat digunakan secukupnya dan diatur sesuai dengan prosedur produksi pangan yang baik. Walaupun demikian, MSG tetap tidak direkomendasikan diberikan untuk bayi usia kurang dari 3 bulan. Jadi, untuk pengkaya rasa makanan bayi, setau gue hanya diberikan gula dan garam yang pastinya dalam kadar minimal aja. CMIIW, ya.

Akhirnya sejak itu, gue mulai mengubah jalur pemberian MPASI anak gue dari yang murni homemade ke homemade dengan selingan instant. DSA gue yang gue konsultasikan pun masih approve. Berat badan anak gue juga terjaga dan terbukti, dengan mengkonsumsi MPASI instant, dia ngga jadi lebih sering sakit kok dari sebelumnya. Jadi mitos kalo mengkonsumsi MPASI instant bisa bikin bocah sering sakit, ngga terbukti yaa di anak gue.

Btw, yang gue maksud dengan MPASI instant itu yang macem bubur bayi instant, biskuit bayi, atau yang berbentuk selai-selai macem Heinz itu. Bukan instant macem indomie dkk gitu yeeee. Masih ada normalnya kok gue. Baru begitu Echo menginjak umur 2 tahun, gue beraniin diri kasih dia sosis dan nugget....yang sayangnya kok dia doyan banget ya? Huahahaha.

Hasil gambar untuk i plead guilty gif



Jadi kalo ditanya gimana pendapat gue tentang MPASI instant, gue ngga bermasalah dengan pemberian MPASI instant. I vote YAY for it. Tentunya dengan catatan, MPASI instant yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan gizi si anak. Sepengetahuan gue, MPASI instant juga ada standar gizi yang harus dipenuhi kok. Misalnya, untuk bayi usia 6 - 8 bulan butuh sekian zat besi perharinya, sekian protein perharinya, dan sekian lemak perharinya. Itu pasti akan diusahakan terpenuhi, walaupun dengan proses fortifikasi alias penambahan komponen gizi mikro.

So, gue tetep concern sama kandungan gizi dari makanan yang anak gue konsumsi. Mungkin itu bisa jadi catatan ibu-ibu kalau mau memberi MPASI instant ke anaknya.

Buat buibu yang bisa sakseis memberikan MPASI homemade untuk anaknya, gue angkat topi buat kalian. Harus diakui, gue bukan ibu telaten yang giat membuat macem nugget atau sosis homemade buat anaknya. Tapi tentunya, ngga setiap hari gue kasih dong si nugget sama sosis itu. Cuma di hari-hari tertentu di mana kita udah usahain ngasih makanan homemade, tapi Echo ngga mau mangap jadi 'terpaksa' kita sogok pake sosis dan nugget.

Tapi tentunya, kemampuan dan kondisi setiap ibu berbeda dengan ibu lainnya. Ada banyak hal dan kondisi yang harus dipertimbangkan dan tidak bisa disamakan. Jadi, sepertinya ngga harus ya kita repot-repot war untuk hal ini? Toh kembali lagi, semua ibu pasti pengen memberi yang terbaik untuk anaknya. Yekan?

Jangan berantem mulu, ah! Salam peace, love, and gauuullll!



No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS