Pages

Lyfe needs money?

Monday, October 9, 2017

Aku mau curhat aku lagi galau. Hahaha.

Ada temen yang pernah nanya:

"lo pilih kerjaan yang uangnya kenceng tapi waktu personal lo minim, atau uangnya biasa ajah tapi waktu personal lo banyak?"

Typical question from millennial to another millenial.

Kalau mengikuti gejolak jiwa muda yang pengen work-lyfe-balance sih pasti milih uang biasa aja tapi waktu banyak. Tapi emangnya beneran gitu waktu buat menikmati hidup harus selalu dikompensasi sama penghasilan yang ngga fantastis?

Temen ada yang pernah cuti di suatu harpitnas, di mana lagi ada event kantor. Dia 'berani' cuti soalnya ngga tau bakal diundang di event itu. Eh ternyata H-1 atau H-2 mendadak dia dapet kabar kalo dia diundang ke event itu. Karena udah terlanjur ada acara keluarga, dia mutusin ngga dateng ke event kantor. Eventnya juga bukan yang macem seminar gitu sih. Macem event kumpul-kumpul non-formal sama klient. Ternyata bosnya marah benerrr dia ngga dateng ke acara itu, sampe keluar kata-kata:

"yang ngegaji kamu kantor atau keluarga? kantor kan? jadi kamu harus utamain kantor dibanding keluarga."

...whiiiich, buat gue suatu pernyataan yang arogan banget. KZL akuh dengernya. Apa kita ngga boleh cuti? Berarti 12 hari cuti itu cuman gimmick aja dong, ada tapi ngga boleh dipake. Gue yang ngga diomongin langsung aja esmosi ya apalagi kalo diomongin langsung, nyahahahha.

Anyway, itu jadi semacem tamparan buat gue. Apa emang kita butuh uang sampe segitunya? Sampe kita ngga bisa punya kehidupan selain kerja? Mau sampe kapan gitu? Kita pensiun kan kurleb umur 55 atau 56 tahun yaa. Masa pas umur segitu kita baru bisa asik-asik sama hidup? Mau kulineran, kolestrol udah tinggi. Mau naik gunung, udah osteoporosis. Mau ajak anak liburan, mana mau mereka udah pada gede? Bebas umur segitu ngapz dong kakak?


kayang azaaaa...


Yes, uang itu perlu banget buat hidup. Mau beli rumah, beli mobil, beli makan, bayar sekolah anak semuanya pake uang dan keluarnya ngga sedikit. Tapi kita mungkin harus inget, kita cari uang buat hidup, bukan hidup untuk cari uang (doang) kaaan? Kalau punya uang ngga bisa nikmatin hidup mau apa emangnya? Hahaha.

Ironisnya, gue masih bertahan di kantor sini. Despite manajemen yang menghandle kantor ini seperti apa. Mungkin kantor ini masih jadi comfort zone gue atau gue masih terlalu males mencoba hal baru. Plus tentunya, gue ngga yakin gue bisa duduk anteng tenang manis hanya menjadi ibu rumah tangga hahaha 😝

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS