Pages

Berbagi Cerita Secukupnya

Friday, November 2, 2018

Dulu gue pikir, happiness is always contagious. Artinya, saat seseorang ngerasa seneng, orang lain di sekitarnya pasti juga akan ngerasa seneng. Jadi kalo kita cerita hal yang menyenangkan ke orang lain, pasti orang lain yang diceritain juga ikutan seneng. Ternyata, kok ngga selalu, ya? Terkadang, rasa seneng, gembira, excited, apalagi yang diceritakan secara berlebihan, berulang-ulang, dan terus menerus, sering membuat orang menjadi jengah.

Sewaktu gue baru nikah, gue baca artikel yang menyarankan kalau kita ngga usah cerita terlalu lebay tentang suami atau kehidupan pernikahan lo. Sewaktu gue baru menjadi orang tua untuk pertama kalinya, gue juga pernah membaca satu artikel di mana tertulis kalau sebaiknya kita ngga membicarakan tentang anak kita ke orang lain secara berlebihan. Cerita sekali-kali, it's okay. Tapi kalo ngomonginnya setiap hari, bisa bikin orang bete ngga sih?

Dulu gue pikir, masa iya sih, bisa bikin orang bete? Bukannya hal-hal seperti itu nyenengin ya? Marriage life beserta dramanya kan seru-seru lucu gemesin gimanaaah gitu. Apalagi anak bayik, kan lucuuuuk! Semua orang pasti seneng liatnya. Masa bisa ada yang bosen? Masa sih, bisa ada yang jengah denger ceritanya?


Hasil gambar untuk boring gif


Ternyata, bisa aja lho, sodara-sodara.

Gue baru merasakan itu waktu ada temen gue yang baru nikah, kemudian dia cerita tentang suaminya setiaaaaappppp hari. Literally everyday. Bahkan cerita yang berulang-ulang sampe gue apal. Tentang gimana suaminya romantis banget setiap hari. Tentang mereka yang ke mana-mana selalu berduaan. Blablabla.

Ternyata, walaupun gue berpendapat cerita tentang kehidupan rumah tangga gue menurut gue seru dan menarik, dengerin tentang cerita rumah tangga orang lain itu ngga seseru itu ya? Sama halnya waktu denger orang lain cerita mulu tentang anaknya, udah bisa ini-itu, udah makan ini-itu, udah ngoceh ini-itu. Awalnya sih seneng ya, tapi kalo tiap hari ngomonginnya itu... ain't you got other life to live or talk about?


Hasil gambar untuk boring gif


Gue akuin, gue juga begitu orangnya. Kalo ada yang nyenengin, pengen rasanya ngobrolin itu terus ke semua orang. Bukan bermaksud pamer, tapi karena pengen cerita aja. Sayangnya, mungkin menurut gue topik yang menarik ya yang itu-itu aja, yang sayangnya, mungkin boring buat orang lain.

Sekali lagi, ini bukan sekedar boleh atau tidak berbagi kebahagian, tapi lebih sekedar pengingat ke kita bersama ya untuk bisa lebih wise dalam berkomunikasi? Jugaaaa, banyak-banyak bergaul biar bisa ngomongin banyak hal. Jangan cuma ngomongin gosip doang, yaaaasssss.

*tamparan ke diri sendiri*

Karena ternyata, cerita yang menarik buat kita, belum tentu menarik buat orang lain.
Karena ternyata, cerita bahagia yang diceritakan berlebihan, bisa berubah jadi membosankan.
Karena ternyata, bisa aja orang lain lagi mengalami hal yang sebaliknya dari yang kita alami.
Karena ternyata, orang yang kita ceritakan sebenernya sedang berharap mengalami apa yang kita alami.
Karena ternyata, orang lain berharap mendengar cerita dari bagian hidup kita yang lain, bukan yang itu-itu aja.

Salam weekend!



No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS