Pages

Kenapa harus sekolah?

Wednesday, July 19, 2017


Abhiyasa Alesso Pramono. 1 tahun 10 bulan. Papamamanya udah sibuk searching dan survey buat sekolahan.


Kecepetan ngga sih?
Penting ngga sih sekolah buat bocah yang bahkan belum 2 taun?


Waktu cerita ke temen-temen (yang udah beranak ataupun belom) kalo gue mempertimbangkan Ales buat mulai sekolah, pada beranggapan kalau gue berlebihan. Pada beranggapan kalau anak sekecil itu belum waktunya sekolah. Pada beranggapan kalau itu kaya buang-buang uang aja. Mungkin karena sekarang sekolah buat bocah itu harganya nyerempet uang kuliah angkatan 2000-an ya?

Posting ini adalah posting pembelaan diri gue kenapa mau nyekolahin anak gue di umur yang masih piyik, huahahaha. You are welcome to skip it ya mentemeeen :D

First of all, you may want to know, tujuan utama gue mau nyekolahin anak di umur segini bukan semata untuk pendidikannya. Yes, sekolah itu ya tempatnya belajar. Tapi sekarang yang gue mau adalah Ales belajar buat bersosialisasi sama temen-temen seumurnya.

Gue dan Abi sama-sama kerja pagi sampe malem. Kadang-kadang malah siang sampe pagi kalo Abi, hahaha. Otomatis sehari-hari di weekday temen sejati Ales hanyalah cus dan mbak. Emang sih kalo sarapan, makan siang, makan sore, atau ya mau main-main aja Ales sering diajak cus ke rumah tetangga, atau bocah tetangga yang main ke rumah. Masalahnya yang seumur sama Ales ngga begitu banyak, cuman sekitar 3 orang kalo ngga salah itupun termasuk Ales. Sisanya kalo ngga bayi ya yang udah umur 3 taun ke atas laah. Itupun kalo pada ada. Kalo ngga ya ngendon aja anak gue di rumah sampe lumutan.

kan aku geje mamaaah...


Kalau Ales masuk sekolah, gue berharap dia bisa lebih banyak main sama temen-temen yang seumurnya. Paling ngga rutin lah berapa kali seminggu, 3 kali seminggu juga ngga apa, namanya juga belajar sekolah.

Kedua, gue mau Ales belajar rutinitas. Ini nih PR banget buat gue sama Abi. Cus itu baik sihh, cuma kadang dia suka ngga bisa bikin rutinitas yang saklek. Misalnya, Ales harusnya sarapan jam berapa, bobo siang jam berapa, mandi jam berapa, dll. Jatohnya jadi Ales sarapan kalo cus udah selesei masak. Bobo siang kalo udah selesei makan siang. Mandi sore sebangunnya aja. Akibatnya jadi ke gue neeeikkkk. Ales jam bobo malemnya masih belum teratur. Bangun paginya juga. Bisa dia bobo jam 10 malem karena bobo siangnya kesorean. Pernah bangun jam 3 pagi gara-gara bobonya pagi bukannya siang. Kan gueee yang ketempuhan, hiks.

Yang gue baca sih, kalo di playgroup, daycare, atau kelompok bermain itu jadwalnya teratur yess saban hari. Jam berapa main, snack time, bobo siang, dll itu sami mawon saban hari. Jadi anak lama-lama mengenal dan terlatih bisa punya rutinitas.

Ketiga, gue mau Ales tau yang namanya peraturan. Selama ini kalo dia tantrum itu bisa woooooowwww buanget lho kakak. Misalnya mau bobo malem, dia bisa lho nangis minta keluar kamar padahal itu tengah malem. Pernah waktu gue di pesawat dari Jepang ke Indo dia minta keluar aja lho tengah malem! Ngana pikir mama kelelawar nak?

Ketantruman Ales disinyalir karena cus dan mbak selama ini ngga bisa tegas ke dia. Mungkin selama ini kalo Ales ngamuk dikit aja langsung dikasih apa yang dia mau. Dan emang sih, itu cara paling praktis biar doi diem kan? Anak diem, semua tentrem.

Apa gue dan Abi ngga pernah usaha ngubah? Pernah duooong. Always. Tapi apalah artinya kita berdua cuman ada pas weekend which is cuman 2 hari seminggu dibanding weekdays yang mana 5 hari seminggu. Sabtu-minggu dikerasin, senen-jumat dilembekin lagi. Mama lelah ah!

capek deh qaqa...



Apalagi ya alesannya? Yang utama tiga di atas itu sih. Gue akuin, biaya sekolah bocah sebulan sekarang bisa buat bayar gaji pembantu. Tapi ngga semua kaya gitu sih, ada yang masih rasional juga. Dan lagi, mahal buat semua orang kan relatif ya. Intinya cari yang sesuai kemampuan dan inget kalau sesuatu pasti ada harganya. Gue mau anak gue bersosialisasi, tau rutinitas, tau aturan dan gue ngga bisa/sempet ngelakuin itu, gue harus dong bayar sekolah buat ngebantu gue ngelakuin itu. As simple as that.

Doakan aku segera menemukan sekolah yang cucok yaaaa!

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS