Pages

Drama Pelik Cus dan ART

Friday, July 14, 2017

Gue adalah ibu pekerja yang berangkat pagi dan sampe rumah paling cepet abis maghrib. Suami? Dia auditor. Jangan tanya pulangnya kapan. Jangan. Nanti hatiku pilu.

Sebagai ibu pekerja masa kini dengan anak piyik yang belom genap 2 tahun, gue legowo menyatakan diri kalau gue tergantung sama cus dan ART (asisten rumah tangga). Ya abesss kalo ngga siapa yang megang anak gue? Kucing kampung? Yang nyetrika baju gue? Sapu ijuk?


Hasil gambar untuk working mom meme

Hoki gue sama cus bisa dibilang bagus. Tapiii sayangnya ngga begitu dengan para ART. Gue ceritain satu-satu yaaa...

1. Cus Narti
Ini adalah cusnya Ales (le baby son) dari bocahnya belom lahir sampai sekarang. Alhamdulillah. Gue dapet dari sebuah yayasan di bilangan pasar minggu. Dikenalin sama sahabat di kantor. Berhubung perkiraan lahirnya Ales cuma sebulan dari lebaran, gue memutuskan cari cus jauh-jauh hari. Sebelum lebaran udah cari dan abis lebaran dikabarin ada 2 kandidat. Long story shorted kita cocok sama cus dan langsung bungkussss.

Waktu itu gue belom lahiran, otomatis kerjaannya cus bisa dibilang minimalis. Kayanya cuma bersih-bersih kamar, cuci botol baru, cuci pakean bayi... apalagi ya?

Singkat cerita gue cukup cocok sama cus dan bertahan sampe sekarang. Emang sih beberapa kali ada drama tapi untungnya masih berjodoh kita. Bahkan cus ini lhoo yang cariin gue beberapa ART.

2. Mbak Mimin
Ini adalah ART pertama di rumah pribadi gue dan suami. Dicariin sama istri satpam komplek. Gue pribadi bukan orang yang rewel perkara ART. So, waktu dikenalin ART dan dianter suaminya, gue langsung bilang kalo dia bisa kerja mulai besok. Masalah kerjaan gue suruh ngobrol ama cus aja. Yang penting cus ada temen buat jagain Ales dan gue liat cus lumayan cocok sama Mbak Mimin.

Hari pertama kayanya masih oke. Dia dateng pagi dianter suaminya, pulangnya abis maghrib. Tapi lama-lama kata cus dia sering pulang cepet. Bahkan kalo jam 10 udah ngga ada kerjaan dia langsung pulang. Well, rumah gue seiprit dan otomatis kerjaannya minim. Tapi gue masih sabar yang penting cusnya ada temenlaah...

Mbak Mimin ini sebenernya kasian. Suaminya 'cuma' pedagang mie ayam keliling. Bukan yang punya lagi. Income suaminya tergantung banget sama berapa mangkok jualannya. Seringnya sehari dia cuma dapet 12 ribu aja. Bahkan pernah pulang cuma bawa 4 ribu. Bersyukur yaaa yang pada punya kerjaan tetap dengan income layak.

Lihat keadaan Mbak Mimin kaya gini, gue sering nyuruh dia bawain pulang nasi atau lauk-lauk di rumah. Apalagi gue dan suami pulang malem. Siapa yang bakal makan?

Sayangnya, Mbak Mimin ini kaya kurang niat kerja. Datengnya senen-kemis alias mood-moodan. Kalo suaminya ngga kerja dia juga ngga kerja. Kalo suaminya ngga bisa nganter, dia ngga kerja, padahal plisss rumahnya di  kampung depan komplek gue. Cus juga gue liat mulai males sama dia.

Puncaknya belom kerja sebulan dia udah minta keluar. Katanya suaminya mau jualan di Bekasi. Gajinya dia minta kasih seikhlasnya aja. Yaudah gue kasih prorata aja dari gajinya. Bye, Mbak Mimin...

Ohya, biar udah ngga kerja di gue kadang dia masih sms buat nanya-nanya gimana supaya cepet hamil. Did I told you that I'm a doctor? Katanya cus dia kasian, disuruh mertuanya cepet hamil kalo ngga suaminya disuruh kawin lagi. Aneh ya? Duit 4 ribu sehari buat makanin 2 istri gimana cara. Zzz.

3. Mbak Dina
Mbak Dina dibawa cus dari kampungnya. Mereka tetanggaan. Mbak Dina ini masih mudaaa banget. Awal kerja di gue dia masih 14 taun hahahaha. Ya ampun untung gue ngga ditangkep polisi memperkerjakan anak di bawah umur yaaa hahaha.

Mbak Dina ini masih newbie banget masalah kerjaan. Tapi dia mau belajar dan mau juga megang Ales. Jadi gue ngga masalah lah sama kerjaan dia yang kadang kurang okey. Setrikaan kusut yowes gosok lagi asal dia betah. Sip.

Mbak Dina ini yang suka bikin pusing adalah dia gampang mabok kalo naik mobil. Herannya cuma naik mobil kecil aja dia mabok. Naik mobil gede macem fortuner dia asik aja. Zzz.

Mbak Dina ini juga sukaaaaaa buanget sama sambel dan mie instant. Suka dalam kadar dia abisin 2 botol gede sambel seminggu dan makan mie instant 2x sehari. Akibatnya dia jadi sering kambuh maagnya. Yassalam.

Akhirnya waktu dia sama cus cuti, dia ngga balik lagi. Alesannya sakit dan mau berobat dulu di kampung. Baeklah kakak...

3. Mbak Kas
Mbak Kas adalah tetangga cus di kampung. Again. Umurnya 39 tahun dan udah punya cucu umur 4 taun. Plissss. Dia tinggal sama suami ketiganya di Depok yang kerja jadi sopir pribadi. Yes, ngga salah baca. Dia udah 3 kali nikah. Siapa yang kalah, cunggg!

Mbak Kas ini so far merupakan mbak yang kerjanya gue paling demen. Biar dia ngga bisa baca tulis (dia belum lulus SD), tapi kerjaannya like a proooo. Setrika licin! Masak enyak! Bersih-bersih kinclong! Aku padamu lah mbaaaaa.

Sayangnyaaaa, dia sama suaminya ini kaya sinetron dramanyaaaa. Intinya suaminya ini selama 5 taun nikah ngga pernah kasih uang ke Mbak Kas. Suka marah-marah plus main tangan. Jarang pulang. Sering ngutang di mana-mana. Ngga pernah bayar kontrakan. Perkara bayar kontrakan ini jadi masalah, sampe Mbak Kas dikejar-kejar juragan kontrakannya segala!

Awalnya Mbak Kas nginep di rumah gue. Abis itu katanya dia mau memperbaiki hubungannya sama suami abis itu balik ke kontrakan. Tapi tiap berantem sama suami dia nginep di rumah gue. Hahahaha.

Mbak Kas cuma sebulan kerja di gue. Alasannya dia ngga tahan sama suaminya yang makin keterlaluan. Dia mau pulang kampung aja. Yowes gue juga kesian. Aku relakan kau, Mbak Kas. Untungnya waktu itu Mbak Kas bisa dibujuk ngga langsung pulang. Gue waktu itu mau liburan ke Jepang, jadi gue minta kerja 3 minggu lagi (dengan gaji full sebulan) sebelum cus balik ke kampung buat jemput Mbak Dina pas gue di Jepang. Yes true. Mbak Dina balik lagiiii...

3. Mbak Dina (Part 2)
Mbak Dina mulai kerja lagi di gue sebulan sebelom lebaran. Dia emang bilang dari awal cuma mau kerja sampe lebaran. Abis itu dia mau kejar paket B di kampung. Awalnya gue sempet bujuk dia supaya lanjut sekolah disini aja, gue bayarin daaaah. Awalnya dia mau, eh tapi pas udah di kampung dia memutuskan buat ngga balik. Aku ditinggal lagi...

4. Mbak Yul
Mbak Yul ini sepupu cus di kampung. Yes, dibawa cus dari kampung. Gue ngga begitu merhatiin kerjanya tapi kayanya sih oke. Orangnya juga kalem. TAPI, kata cus dia barusan bilang kalau mau kerja sebulan aja. Kangen kampung. Ohemji.

Cus baru bilang gitu 2 hari yang lalu. Sedihnya cus bilang males bawa lagi dari kampung. Kaya pada ngga niat kerja. Nah sekarang gue yang pusing. Pegimane nasib rumah saya selanjutnya? Sampe sekarang sih Mbak Yul masih disini. Entah bakal berubah lagi ngga atau dia tetep mau resign ((RESIGN)). Tanyakan pada rumput yang bergoyang....



To be continue kalo ada update tentang Mbak Yul. Bye!

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS