Pages

Tentang Membela Anak

Wednesday, July 19, 2017


Hari ini gue baca berita, ada seorang polisi yang mukulin anak SD karena anak SD itu berantem sama anaknya si polisi. CMIIW, kronologis yang gue baca adalah si anak polisi ngeledek temennya. Temennya ngga terima diledek, terus mukul si anak polisi. Anak polisi itu ngadu ke bapaknya yang kebetulan nunggu di depan sekolah. Bapaknya langsung esmosi dan mukulin si bocah berkali-kali. DI DEPAN TEMEN-TEMENNYA, GURU, DAN ORTU MURID LAINNYA. 

Belom puas mukulin bocah, si bapak polisi datengin kepala sekolahnya marah-marah karena katanya mereka ngga bisa ngedidik anak. Si bocah bonyok mukanya dan ofkors trauma. Keluarga bocah ngga terima dan sebenernya mau menempuh jalur hukum. Tapi karena ngerasa cuma warga sipil biasa yang ngga bakal menang lawan polisi, keluarganya akhirnya memutuskan jalan damai sajaaa...


Kemarin gue baca berita tentang anak dari artis senior. Anaknya sebut aja AM dan bapaknya JT ya. Kalo ngana semua adalah pecinta akun gosyip instagram atau pengamat detikdotcom, ngana pasti tau sapa yang saya maksud. Inti ceritanya adalah si JT ngamuk karena anaknya dipukulin polisi. Istri dari JT juga nulis di instastory kalau anaknya sempet ditembakin polisi 4 kali. Ofkors ngga kena. Kalo kena beda cerita.

Pembelaan polisi adalah si AM ini katanya transaksi narkoba. Ada bukti transfer segala dan orang yang tadinya mau transaksi sama AM katanya udah ditangkep di bandara. Which, si AM ngakunya dia transfer buat beli kaos mihil. FYI, transfernya 1.5 jeti.

JT dan istri sempet ngotot dan pake pengacara segala, keukeuh kalo anaknya ngga salah dan polisi ngga punya alasan mukulin anaknya. Berita terakhir yang gue baca adalah si AM sempet mau 'ngungsi' dulu ke Singapore tapi dicekal sama polisi bandara. Akhirnya dia ngaku kalau emang transaksi obat penenang. JT sama istrinya akhirnya kalem dan minta maaf kalo mereka lalai sama anak.

Apa persamaan kedua cerita di atas?

Dua-duanya adalah orang tua yang mau ngebelain anaknya. Dengan caranya masing-masing. Yang pertama dengan mukulin bocah yang jelas-jelas bukan lawan sepadannya. Yang kedua dengan nyewa pengacara dan insist kalo anaknya ngga salah.

Gue juga orangtua dan gue amat sangat sayang sama anak gue. Apapun yang terjadi, gue akan tetep sayang sama dia. Tapi apakah gue harus ngebelain anak gue sampe segitunya?

Ya dan tidak.

Ya kalo gue yakin dan percaya kalau dia bener. Tidak kalau gue tau dia salah.

Bukan gue ngga mau selalu ada di pihak anak. Tapi gue mau anak gue untuk belajar dari kesalahan dan bertanggung jawab dari apa yang udah dia lakuin. Gue pernah baca, tanda kita udah bener-bener siap jadi orang tua adalah kita bisa ngebayangin worst case scenario dari setiap tahapan hidup anak kita. Dan ofkors apa yang mau kita lakuin. Banyak orang ngebayangin punya anak adalah punya bayi atau balita. Belum ngebayangin fase sesudahnya, which is fase remaja, dewasa, dll. Lha emang abis balita lo mau kemanain anak lo? Kasih tetangga?

Punya bayi dan balita itu susah. Banget. Tapi gue yakin punya anak remaja itu bakal jauuuuh lebih susyeh. Apalagi jaman makin lama makin edan yes. Ngga usah bayangin jadi ortunya awkarin. Gue aja jaman dulu udah lumejen nakal, pake rok mini, kabur malem-malem, pulang pagi. Ohemji, mamak, aku takut kualat denganmuuu huhuhu.

Makanya, sekarang banyak kan seminar-seminar parenting. Kayanya dulu seminar parenting ngga sebanyak sekarang. Mungkin sekarang tingkah anak-anak makin aneh jadi ortu mesti menimba ilmu dari berbagai sumber, huahahaha.

Balik lagi tentang membela anak. Gue pribadi, sesibuk apapun, walaupun gue working mama squad, tapi tanggung jawab pendidikan anak tetep ada di gue dong. Entah itu ngedidik langsung, atau at least milihin sekolah. Gue harus tau apa yang sekolah ajarin ke anak gue. Harus tau dia belajar apa aja sehari-hari. Siapa aja temennya. Bergaul ke mana dia. Jajan apa aja dia, dll. Sehingga kalau (amit-amit) ada kejadian seperti dua kasus itu di atas terjadi ke anak gue, gue ngga akan ragu mutusin mau ngebela anak gue apa ngga. Whatever it takes.

Misalnya anak gue dibilang terlibat narkoba, kalo gue yakin bener anak gue ngga bergaul macem gitu, ya gue akan membela dia dong sampe titik darah penghabisan. Karena gue tau pasti dia bukan anak macem gitu. Sebaliknya, kalo gue ngga tau pasti keseharian anak gue kaya apa, gue harus legowo buat nerima fakta anak gue harus ikut penyelidikan atau apa. Salah atau ngga nya, biar bukti-bukti yang berbicara.

Inti dari post ini adalah dua kasus di atas itu tamparan banget buat kita para orang tua. Jangan sampe lengah ngawasin anak kita. Mau SD, SMP, SMA, kuliah. Selama mereka belum dewasa, mereka masih tanggung jawab kita. Juga kita sebagai orang tua harus bisa bertindak sebagai orangtua mereka. Dalam artian kita harus bisa selalu ada buat mereka, sesibuk apapun, dengerin cerita mereka, dengerin curhat mereka, semenye apapun itu hahaha. Buat mereka nyaman cerita apapun ke kita. Belajar buat percaya sama mereka dan buat mereka percaya sama kita.

Gampang ya ngomongnya kalo belom punya anak remaja. Huahahaha.

Btw, btw. Seandainya nih gue jadi orangtua anak yang dipukulin polisi, ngga peduli dia polisi kek, presiden, tentara, menteri, apa sekjen PBB, lo berani mukulin anak gue, lo pukulin gue. Gue ngga masalah kalo anak gue berantem sama temen seumurnya. Ampe pukul-pukulan, cakar-cakaran juga sok atuh mangga. Apalagi anak gue cowo, sok atuh kalo mau berantem, biar latian bela diri sekalian huahahah.

Tapiiiii, kalo ada bapak-bapak mukulin anak gue, hadepin gue. Situ laki hah mukulin anak kecil? Berani nyebut diri polisi? Kalopun harus jual rumah gue buat sewa pengacara, I'd do it lhooo. Itu udah masalah harga diri sih buat gue.


akuh siyap berperaaang!

Sekian curhatan emak-emak emosi dan baper liat anak SD bonyok di instagram. Wassalam.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS