Pages

Anak Ingusan Pengendara Motor

Friday, July 19, 2019

Udah seminggu ini perjalanan dari rumah ke kantor terasa lebih butuh perjuangan. Gimana ngga, jalanan yang tadinya bersahabaaat banget -bahkan saat gue berangkat kesiangan, hihihi- jadi berasa padeeet banget sama manusia dan kendaraan. Herannya juga, entah kenapa, jumlah motor itu kaya meningkat dengan signifikan banget. Herannya lagi, banyak banget nih pengendara motor yang masih bocah-bocah ingusan. Sampe kemudian gue inget.... OHIYA. ANAK SEKOLAHAN UDAH PADA MASUK YE? Pantes jalanan macet binggo.


Hasil gambar untuk anak kecil motor

Dek, dek, anteyin onty ke kantol dwooong~
Courtesy of photo from here!


Gue sendiri masih belum yakin pasti korelasi antara anak sekolahan udah masuk dengan jalanan jadi macet banget. Apakah orang-orang yang tadinya nginyem di rumah aja pas pagi jadi pada keluar rumah karena mau nganterin anak sekolah? Apakah para orang tua berangkat ngantor jadi pada bawa kendaraan gara-gara mau nganter anaknya ke sekolah dulu? Atau apakah anak-anak sekolah ingusan itu yang bawa kendaraan sendiri terus menuhin jalanan?

Yang pertama dan kedua bolelah yaa, tapi pliss banget atuh jangan yang ketiga. Masa anak sekolahan cimit-cimit gitu udah pada nyetir kendaraan ke sekolah? Apalagi nyetir motor, serem akutu bayanginnyaaaa... 😔

Tapi sayangnya, kayanya anak kecil bawa motor itu bukan hal yang langka lagi deh sekarang. Gue sendiri jadi saksi mata saban hari kalau anak-anak sekolahan itu udah BANYAK BANGET yang bawa motor. Kalo udah SMA atau badannya gedong mungkin masih 'termaafkan' yaa. Tapi ini banyak banget yang masih SD udah nyetir motor sendiri. Lebih parahnya lagi, tanpa pakai helm. Gue pun juga yakin, mereka pasti belom punya SIM.

So...
Ngga pake helm alias ngga peduli keselamatan: checked. 
Ngga punya SIM alias ngelanggar peraturan: checked.

ITU BAPAK IBUNYA KAKEK NENEK ENCINGNYA PADA KE MANA AJA SIK??!
#nggasante

Yang menurut gue rada ironis adalah, perjalanan gue setiap pagi itu melewati sebuah komplek Kopassus, yang mana seharusnya peraturan perlalulintasan itu paling ketat di situ. Wong ada larangan bunyiin klakson di daerah situ kok. Tapi entah kenapa kok di situ banyak banget anak-anak cimit yang bawa motor sendiri. Bahkan anak-anak yang sepertinya tinggal di komplek/daerah situ. Setiap pagi juga banyak bapak-bapak TNI yang ikut turun tangan membantu ngatur jalanan yang emang sering macet. Seharusnya mereka aware dong, kalau banyak anak di bawah umur yang bawa motor? Kalo ngga ya buta sih, huh. Tapi apakah dilarang? TYDAC. Sungguh ultimate example of peraturan dibuat untuk dilanggar bagi sebagian orang. SIGH.

Kan bukan anak lo ini, Yas, yang bawa motor? Remvong amir, cih?

Ya emang bukan anak gue. Kalo anak gue udah gue karungin terus seret pulang. Tapi emangnya anak-anak itu ngga bisa bahayain orang-orang lain di sekitarnya? Hellloooow, pada tau ngga sih kalo tingkat kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara di bawah umur itu lumayan tinggi? Gue baca di CNN Indonesia, di periode Januari - Oktober 2018 aja tercatat udah ada 197 kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara roda dua yang di bawah umur.

Pada ngga sayang anak ya? 😭😭😭

Anak-anak kan emang ada bagian otaknya yang belum berkembang sempurna (korteks pre-frontalis, kalo ngga salah), sehingga fungsi berpikir, menganalisa, dan mengambil keputusannya belum sematang orang dewasa. Jadi anak-anak memang masih belum bisa sepenuhnya memilah mana baik mana buruk, serta mengambil keputusan tanpa melibatkan terlalu banyak emosi. Eh, orang dewasa juga banyak sih yang masih pake emosi kalo ngambil keputusan, hihihi. Coba dicek, otak lu udah berkembang sempurna belom? 😝

Btw-btw, selain mengancam keselamatan, pengemudi di bawah umur itu juga melanggar hukum lho. Udah ada peraturannya di UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 77 ayat 1 kalau siapapun yang mengemudikan kendaraan bermotor harus udah punya SIM sesuai dengan tipe kendaraan yang dikemudikan. Di UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 81 juga udah dijelaskan kalau yang berhak mendapatkan SIM A (untuk mengemudi mobil penumpang) dan SIM C (untuk mengemudi motor) minimal harus berusia 17 tahun.

Berarti kalau belum 17 tahun? Belum punya SIM lhaaaa. Kalo punya ya berarti nembak pake malsuin umur, hahaha.

Kalo si anak ketangkep polisi, apakah bakal ditindak? OFKORS. Gue baca juga nih di CNN Indonesia, kalau pelanggar lalu lintas di bawah umum akan ditindak dan diproses melalui sistem peradilan anak. UU yang digunakan juga UU Sistem Peradilan Anak. Nanti saat penyidikan dan pengadilannya bakal didampingi juga sama orang tuanya. Asik dong masuk pengadilan kaya artis-artis! #salahfokus

Intinyaaaa, gua mah ngeri deh ngebiarin anak bawa motor sendirian. Plis atuh, emak bapaknya aja. Kalo pada sibuk atau ngga bisa, panggilin gojek aja deh. Kalo ngga bisa juga, suruh naik angkot aja deh. Kalo ngga ada ongkos, naik bis sekolah yang koneng-koneng aja tuh kan gretong. Kalo ngga bisa juga.... UDAHLAH HOMESCHOOLING AJE KEK AL EL DUL RIBET AMET AH LU!

Eh udah Jumat yaaa, ngga bole mere-mere, udah mau libur horreee! 👏

Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh~



1 comment:

  1. Casino site - Lucky Club
    Enjoy a wide range of slots from classic classics like Gonzo's Quest to the latest addition to the game's library. Join now for a guaranteed 100%  Rating: luckyclub 9/10 · ‎Review by luckyclub.live

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS