Pages

Antara Diet dan ASI

Tuesday, September 4, 2018

Yang namanya busui itu biasanya maunya macem-macem. Pengen kurus kaya sebelom hamil, tapi pengen ASI-nya tetep banyak. Eh, itu semua busui atau cuma gue aja ya? 😝

Sebenernya, gue termasuk orang yang ngga punya masalah dengan berat badan. Menurunkan berat badan juga bukan hal yang terlalu susah buat gue. Bahkan, waktu abis melahirkan Mas Echo, berat gue turun 23 kilo setelah melahirkan. Padahal, gue 'cuma' naik 21 kilo pas hamil. Artinya, berat gue minus dari sebelom hamil. Apakah gue diet? Sama sekali ngga. Gue cuma.... stressss ruarbyasaaa! Hahahaha.

Walaupun gue berhasil menurunkan berat badan dengan drastis pasca lahiran pertama, dan gue mau berhasil juga nurunin berat badan pasca lahiran kedua ini, gue ngga mau stress lagi sekarang. Plis, atuhlah, aku sekarang mau hidup hepi-hepi aja. Jadinya sekarang gue harus puter otak gimana caranya biar bisa langsing kembali. Mungkin diet, tapi yang ngga mempengaruhi produksi ASI gue.

Sounds easy? Hell, no.

Susyeh, giling. Apalagi katanya emang setelah lahiran kedua dan seterusnya, badan ngga akan gampang balik lagi seperti abis lahiran pertama. Katanya karena elastisitas rahim yang memang ngga sebagus dulu. Katanya juga karena memang usia yang pastinya lebih tua dari waktu lahiran pertama, sehingga metabolisme tubuh emang ngga sebagus dulu.

Who knows, sebenernya kenapa. Yang jelas, gue iri dengki banget sama orang-orang yang bisa tetep ciamik mempesona abis lahiran anak kedua dst. I'm talking about you, Behati Prinsloo and Nia Ramadhani!

Hasil gambar untuk i hate you gif


Btw, berat gue bukannya ngga turun sih. Gue naik 14 kilo pas hamil kedua ini, dan sampe sekarang, udah turun 12 kilo. Two kilos to go, quantitatively. Mangsalahnya adalaaaah.... berat sih turun. Tapi kok tetelan tetep bertahan di badan guweeeehhh.

*memandang nanar ke perut dan paha*
*pasang korset*
*sesek napas, brb buka lagi*

Ngga mau tetep jadi mahluk dengan gajih di mana-mana, gue harus diet dengan bener. Dalam artian, bukan cuma turun berat badannya, tapi juga bentuk badannya kembali sintal mempesona. Ngga usah muluk-muluk targetnya pengen kaya artes, cukup kaya diri sendiri jaman gadis aja deh.

Eh, itu termasuk muluk ngga sih? Kan akoh dulu syantiiiik, langsyiiiinggggg...

*dirajam netijen*

Diet itu kuncinya dua: kurangi makan dan perbanyak aktivitas. Logikanya, badan kita itu kalau asupannya berkurang, pasti akan terjadi 'defisit'. Apalagi ditunjang dengan aktivitas yang meningkat.

Teorinya sih, gampang, maliiih. Prakteknya ya ngga segampang itu. Karena inget, gue mau produksi ASI gue tetep melimpah gemah ripah loh jinawi. Jangan sampe karena mau langsing, produksi ASI gue jadi seret. Itu juga alasan kenapa gue ngga konsumsi teh, minuman, atau obat-obat yang katanya bisa bikin langsing. Supaya ASI gue ngga jadi kering. Plus, ngga ada duit juga, sih. Hehehe.

Diet-diet trendi macem keto atau OCD? Mana tahan aku ngga boleh makan karbo dan tepung? Apalagi puasa berhari-hari??? Rajam saja aku! Rajam!!!

Lagian, yang namanya busui kan butuh kalori lebih banyak daripada wanita dewasa yang bukan busui. Kalo wanita dewasa aja butuh 2250 kalori perharinya, busui butuh sekitar 2750 kalori perharinya. Jadi, yang harus gue lakukan adalah mengatur pola makan gue. Bukan mengurangi asupan gue. Gimana cara supaya asupan yang masuk ke mulut gue itu padat nutrisinya. Sehingga ngga perlu banyak-banyak jumlahnya, tapi tinggi kalorinya. Talking about quality rather than quantity.

Thank God, gue punya temen tercinta yang namanya Merrysdha di Jogja. Dia temen gue waktu kuliah, and yes, kita sama-sama dokter jadi-jadian, hihihi. Gue sharing tentang per-ASI-an ini ke dia dan dia nyaranin gue buat konsumsi Amway Nutrilite Hi-Protein Powder. Basically, ini adalah bubuk protein yang bisa ditambahkan di semua makanan dan minuman. Jadi, apapun asupan kita jadi ada kandungan proteinnya. Thus, kebutuhan tubuh kita akan protein jadi tercukupi.

Hasil gambar untuk amway hi protein powder

Gambar pinjem dari sini.


And it works for me. Berat badan gue terkontrol, tapi produksi ASI gue tetep bagus. Malah cenderung lebih baik sih, soalnya selain ASI gue tetep deres, tekstur ASI-nya juga jadi lebih kentel. Mungkin ini bisa jadi booster ASI juga yaaa?  It's kinda be my holy grail. Buat yang tertarik beli, go see my bestie's Instagram, ya!

Fyi, gue ngga pake booster ASI apapun. Dulu pas baru ngelahirin, sempet minum Molocco yang diresepin sama obgynku tercinta. Tapi itu udah abis pas dua minggu pasca lahiran, dan gue ngga pernah minum lagi sampe sekarang.

Si powder ini gue masukin di asupan gue. Pernah gue coba langsung gue larutin aja pake air anget bak bikin susu.... ngga tahan dong! Buat gue enek banget. Akhirnya, gue cobalah campurin pake Milo, Ovaltine, dan Energen. Favorit gue adalah dicampur ke Energen Jahe. Endeuusssss buanget! Ngga terasa enek sama sekali! Jadilah si Hi-Protein Powder ini masuk ke menu harian gue, and this is my current daily diet:

Sarapan pagi

Gue biasanya sarapan apa aja yang disediakan Mba Rina di meja. Biasanya, yang disediakan adalah sayur dan lauk, yang mana akan gue makan tanpa nasi. Menu favorit gue adalah tumis buncis-tempe. Soalnya udah komplit ada sayur dan buahnya. Kalo ngga disiapin makanan? Gue akan makan roti gandum dengan unsalted butter Elle & Vire. Apapun makanannya, gue akan minum Energen Jahe + Hi-Protein Powder.

Brunch

Gue akan brunch cemilan yang padat nutrisi. Biasanya gue makan roti gandum dengan unsalted butter lagi. Plusssss, makan buah. Buahnya apa aja, bisa apel, jeruk, pear, pisang, atau alpukat. Pokoke yang ada di kulkas aja gue embat.

Tapiiiii, kalo gue lagi nganter Mas Echo sekolah dan ikutan nongkrong sama buibu, gue bisa brunch dengan sangat liar, huhuhu. Biasanya gue makan sandwich di Dunkin Donut, atau cake di Starbucks. Tentunya, ditambah dengan minumannya yang tak kalah gelimang dosanya.

Makan siang

Makan siang gue biasanya yang paling 'berdosa' dibandingin menu gue di waktu lain. Di sini, gue akan makan sayur dan lauk, dengan nasi. Lunch time is my cheating time. Tapiiiii, kalo gue brunch-nya udah 'liar', gue akan sangat ketat di waktu makan siang. Bisa cuma makan buah plus air putih aja yang banyak.

Snack sore

Cemilan sore gue, sama seperti brunch, adalah sesuatu yang padat nutrisi. Bisa roti dengan unsalted butter lagi, atau buah aja, atau pudding aja. Again, tergantung ada apa di kulkas hari itu.

Makan malam

Percaya atau ngga, gue akhir-akhir ini maleeeesss banget makan malem. Mungkin karena gue lagi demen masakin buat suami ya. Soalnya, entah kenapa abis masak, kok gue jadi udah berasa kenyang cenderung enek. So, buibu, masak buat suami itu bisa jadi salah satu cara untuk berdiet, lho!

Kalo ngga males makan malem, gue akan makan malem sayur dan lauk, dengan sedikit nasi putih.

Supper

Sebelum tidur, gue akan minum lagi Energen Jahe + Hi-Protein Powder sebagai bekal menyusui si monster ASI semaleman.



Sebagai rangkuman postingan yang panjang lebar ini, berikut beberapa tips dari gue:

- Amway Hi-Protein Powder bisa banget dijadiin booster ASI. Selain memperbanyak, juga bisa bikin ASI tambah kentel, lho! Kalo gue, konsumsi dua kali sehari, and it works like magic!

- Cemilan itu yang biasanya menyumbang dosa terbanyak. So, konsumsilah cemilan yang sehat. Kalo gue sih, selalu sedia roti dan buah aja. Setiap laper, langsung di-leppppp!

- Makan nasi putih hanya satu kali sehari. Atau dua kali deh, paling banyak!

- Air putih is a must! Setiap sebelum dan sesudah menyusui, gue selalu minum dua gelas air putih. Tujuannya supaya badan kita selalu terhidrasi, thus, bisa memperlancar produksi ASI juga.

- Teh dan kopi emang surga dunia, tapiiiii ternyata mereka bisa menghambat penyerapan zat besi di tubuh kita. Thus, penyerapan nutrisi kita jadi terganggu. So, jangan banyak-banyak ya, konsumsi harian teh dan kopinyaa...

- Terkadang, cheating itu perlu. Lelah kan hayati kalo tiap hari makan harus diatur? Mana baksoku? Mie ayamku? Cilokku? Cirengku? Soalnya, orang tipe kaya gue kan kebahagiaannya terletak di makanan. Kalo ngga bisa makan makanan yang disuka, bisa jadi ngga bahagia, dong. Padahal, kebahagiaan juga booster ASI, kan? Lagian kalo bahagia, muka kita jadi cerah dan berseri. Biarpun bergajih tapi tetep cantique. #makin_ngawur #pembenaran

Ohya, tadi kan gue bilang yaa, diet itu mengurangi asupan dan meningkatkan aktivitas. Apakah sekarang gue udah banyak exercise? Ya pastinya...... NGGA DONG! Hahahaaa. Gue yang pemalas ini tentunya kalo punya waktu luang akan memilih untuk tidur dibandingkan berolahraga. Lagian, katanya menyusui itu bisa membakar 300-500 kalori perhari kan? Belom lagi ngangon balita. Breastfeeding and raising children already considered as endurance sport for me! Yes? Yes??

*INI NGGA BENER, YA! JANGAN DITIRU!*
*kembali menatap nanar tetelan abadi di perut dan paha*

Tolong, netijen, doakan aku supaya ngga malas berolahraga!



5 comments:

  1. Haha... Iya emang bener bgt ya langsing pasca melahirkan emang idealnya.tapi tetap gak mengurangi asupan ASI. Kadang ada juga loh, org yg habis melahirkan bukannya gemuk tapi kuruusss banget ditambah menyusui kaya di sedot habis gitu asupan ibunya buat anaknya, contohnya saya haha... Saya beruntung pasca melahirkan dan menyusui gak gemuk2 amat tapi alhamdulilah asi banyak, lancar tanpa hambatan. Sebenernya sih yg penting itu makan sedikit tapi banyak gizi kaya sayuran aja banyakin, jadi anggapan makan banyak terus gemuk menurut saya pribadi sih salah juga, mungkin karbohidratnya dikurangi atau diselingi ya jangan nasi putih mulu, dan kalo perlu konsumsi suplemen yg baik seperti nutrilite ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya moms. aku dulu juga langsung kuruuusss bgt abis lahiran. tapi gara2 stress, huhuhu. mau kurus tapi kurus yang sehat deh. karbohidrat penting buat badan, tapi mungkin jangan berlebihan kali yaa. diseling2, nasi putih, nasi merah, kentang, pasta, dll :D

      Delete
  2. Tosss lah kita. Aku tih gampaaang banget nurunin berat badan. Tapiiiii ntah napa, lemak di perut ini kyk ga mau pergi. Susaaah beneeeer bikin perut jd singset kyk dulu. Kalo lengan dll mah masih kecil. Perut doaaang. Kan jdnya kyk busung laper wkwkwkwk... I know sih, hrs olahrga yg paking bener. Tapiiiii kok males ya mba hahahah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. YAAMPUN MBAAA.

      aku seneng banget ketemu temen senasippp, hahaha. di timbangan sih kurus yaa. tapi coba ini kenapa ada gajih di perut, paha, sama lengen. ya nasip deh tiap foto mesti tahan napas maksimal :D

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS