Pages

Anak Kedua atau Anak Bungsu?

Monday, September 3, 2018

"Aku nanti pengen punya anak empat deh, biar pas udah tua rumahnya rame." 

Abi Dwi Pramono, 20 tahun

DUILEEEEEHHH!

Anak umur 20 taon gayanyaaaa ngemengin mau punya anak berapaaaa. Ada salam dari skripsi, dek!
😝😝😝

Tapi bener lho, duluuu banget pas gue dan suami masih pacaran di jaman kuliah, kita sempet ngobrolin jumlah anak yang kita pengenin nanti. Ganjen ngetz yach? Ngga sekalian punya panggilan pipi-mimi?? Hahaha. Fyi, buat yang belom tau, gue pacaran hampir 10 tahun sama suami, sebelum akhirnya dinikahin. UNTUNG DINIKAHIN!

Suami gue itu dua bersaudara, cowok semua, dan dia anak terakhir. Sedangkan gue juga dua bersaudara, cewek semua, dan gue anak pertama. Kita sama-sama cuma punya satu saudara, jadi gue kurang lebih bisa mengerti keinginan suami pengen punya anak yang lumayan banyak. Biar ngga sepi. Biar banyak temen main dan sharingnya.

Orang tua gue sendiri memang merencanakan untuk hanya punya dua anak. Walaupun anak-anaknya perempuan semua, walaupun banyak dorongan untuk 'nambah-anak-lagi-siapa tau-dapet-cowok', mereka tetep bertahan dengan prinsipnya. Anak dua aja lah. Ngga apa ngga punya anak laki-laki, toh nanti mantunya pasti laki-laki. Siapatau juga dapet cucu laki-laki.

Ngga heran, Mas Echo dan laki gue disayaaang banget sama orang tua gue, hahaha. Berkat mereka, kekeringan kaum lelaki di keluarga gue bisa berakhir.

Hasil gambar untuk i get it gif


Alasan ngga mau nambah anak dari orang tua gue adalah mereka mau memberi yang bener-bener-bener-bener-bener terbaik buat anak-anaknya. Mereka mau anaknya sekolah setinggi-tingginya. Dapet pendidikan sebagus-bagusnya. Dapet kehidupan sebaik yang mereka mampu berikan.

Gue paham sih. Orang tua gue memang membangun rumah tangga dari nol banget. Jadi mereka paham banget sama 'kerasnya hidup'. They weren't born with billions tagged on their hands. Rumah, mobil, semuanya, itu bener-bener usaha mereka banget. Tanpa bantuan dari orang tua mereka. And when all those hard works paid, mereka Alhamdulillah bisa beneran memberi yang terbaik banget buat gue dan adek gue seperti keinginan mereka. Bahkan bisa sering nyenengin anak-anak gue, hihihi.

Jadi dulu gue heran, kenapa mereka pesimis banget sih kalo ngga bisa punya anak lebih dari dua? They have more than enough.

Pertanyaan itu masih selalu terngiang di otak gue. Bahkan gue sempet mengamini perkataan 20-years-old-Abi dan berniat kalau gue akan punya anak lebih dari dua. Kalau pun ngga empat, setidaknya tiga deh...

Sampai ketika gue jadi ibu beranak dua.

Yang ternyata, Gustiiiiiiiii, kok lelah banget yaaaa. Don't get me wrong, fellas. Bukannya gue ngeluh ngurus anak-anak gue. Tapi emang punya anak-anak itu menguras lahir batin banget. Yang ngga setuju, ngomong sini sama mata panda gue!

Hasil gambar untuk dont mess with me gif


Tapi dengan itu, gue jadi paham maksud orang tua gue dengan 'mampu ngebesarin anak'. Ngebesarin anak itu ngga sekedar cari duit yang banyak buat beliin susunya, popoknya, sekolahnya, atau mainannya. Raising children is more about investing your life on them. Sebelum menikah dan beranak, orientasi hidup kita ya diri kita sendiri. Setelah menikah dan beranak, orientasi hidup kita ya keluarga kita, suami dan anak-anak kita. It's all about letting your ego go away.......for at least 20 years from now.

Bangun tidur, yang dipikirin hari ini bocah-bocah makan apa ya.
Begitu nyampe kantor, mikirin si mas udah nyampe sekolah belom yaa, si adek rewel ngga yaa.
Pas makan siang, mikirin si mas susah ngga ya makan siangnya, si adek bobo siang ngga yaa.
Mau pulang kantor, mikirin bocah-bocah udah pada mandi belum yaa.
Di jalan sepulang kantor, mikirin sempet ketemu bocah-bocah ngga yaa sebelum mereka tidur.

See?

Semuanya tentang bocah-bocah. Belum lagi kalau ada yang harus 'direlakan' karena mempertimbangkan mereka.

Mau kuliah lagi, sayang waktunya, mending buat catch up sama anak-anak.
Mau hangout sepulang kantor... really? Setelah ninggalin anak seharian? Lo mau pulang malem lagi?
Mau kencan sama suami, kalo pun jadi, pasti juga selalu kepikiran anak-anak di rumah gimana.

Again, don't get me wrong. Gue sama sekali ngga merasa gue 'berkorban' untuk mereka. Ngga ada rasa ngga ikhlas ngelakuin itu semua karena ya emang itu pilihan gue. Beranak itu pilihan gue. Menjadikan anak-anak prioritas juga pilihan gue. Gue bisa memilih untuk ngga beranak atau menjadikan mereka prioritas ke sekian. But I choose otherwise. And they don't need to feel owe me about that.


Gue tau setau-taunya, di saat gue memutuskan untuk beranak, akan ada hal-hal yang jadi prioritas ke sekian. Bahkan diri gue sendiri.

Balik lagi ke topik jumlah anak...

Sekarang gue ngerti maksud orang tua gue dengan memberi yang terbaik. Itu bukan cuma masalah materi. Tapi juga waktu, emosi, pikiran, perasaan, dan kasih sayang. Mungkin mereka bisa nyekolahin lima anak tinggi-tinggi. Tapi belum tentu mereka bisa kasih waktu, emosi, pikiran, perasaan, dan kasih sayang dengan maksimal ke anak-anak mereka kalo jumlahnya lima.

Dan sekarang gue merasakan yang sama.

Dengan dua anak aja gue merasa udah 'drained', but still could manage it well. Masih bisa juggling time antara si mas sama si adek. Masih bisa kalem (sedikit) kalo si mas lagi berulah dan si adek lagi rewel. Masih bisa berbagi sama suami, kalo gue megang si mas, suami megang si adek, and vice versa. Lha kalo anaknya nambah lagi, yang megang satunya sopooo? Kemoceng?

Jadi kayanya gue setuju dengan ucapan laki gue saat ini yang meralat ucapannya 9 tahun lalu.

"Kayanya dua anak aja udah cukup, deh."

I agree, love. At least, for now.

Jadi untuk saat ini, sepertinya kita akan memberi yang terbaik dulu untuk kedua anak kita. Cari uang yang banyak biar bisa nyekolahin mereka di tempat yang bagus. Pinter-pinter atur waktu biar kerjaan di kantor cepet beres dan bisa cepet pulang buat keruntelan sama anak-anak.

Kita sekarang mengesampingkan pikiran untuk nambah anak lagi. So, Fluna, sementara kamu jadi anak bungsu dulu ya, dek!

Ohya, mengesampingkan pikiran untuk nambah anak lagi lho, ya. Bukan membuang. Karena rejeki siapa yang tau. Kalo nanti ternyata dapet kepercayaan lagi, ya pastinya harus dijaga baek-baek juga. Takdir Tuhan, siapa yang tau?

Until that time, haloooo suntik KB tiga bulanaaaan! Aku padamu! Jangan buat akoh jadi gendut dan jerawatan yaa!


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS