Pages

Hamil vs Commuter Line

Monday, January 8, 2018


Aloha.

Setelah membahas perjalanan naik motor selama hamil, gue mau membahas tentang naik kereta selama hamil. Harusnya yaaa, harusnyaaa, bumil tuh jadi salah satu yang berhak dapet kursi prioritas, selain lansia, ibu membawa balita, dan penyandang disabilitas. Nyatanya gimana kakaak?

TETOOOTT!!!!

Susah cuy dapet duduk di kereta hari gini. Mau perut udah melendung juga kayanya orang-orang jaman now udah berhati beku, ogah bener ngasih duduk buat bumil. Begini nih cem-macem reaksi orang terhadap bumil di kereta berdasarkan pengalamanku:


Pura-pura tidur atau pasang headset
Ini adalah reaksi pertama orang-orang yang duduk kalo liat perempuan berperut gendut. Ya ngga semua orang sih, ada yang masih baek langsung berdiri ngasih duduk. Yang beraksi gitu supaya ngga dimintain duduk kali yaa? Hahaha. Eh tapi ada juga lho yang 'tega' bangunin orang tidur supaya buat minta duduk. Strategi gagal dong seussss... KZL ga? Hahaha.

Gambar terkait

Bilang lagi sakit
Suatu saat gue lagi di peron Stasiun Manggarai, keretanya lama ngga dateng-dateng sooo eikeh pegel dong. Kebetulan ada bangku prioritas kan yaa dan ada bapak-bapak yang kayanya tampak seger. Masih muda juga 30an lah umurnya. Gue mau minta gantian duduk dong yaa..

'Maaf pak, saya lagi hamil boleh ngga gantian duduknya?'
'Waduh, kaki saya lagi sakit nih mbak.'


Oh kakinya sakit. Eeehh tapi pas kereta dateng tiba-tiba aja dia langsung berdiri dan berlari ngejar kereta dengan cekatan. Ckckck. Yang sakit jiwa lo tuh pak!


Bikin excuse
Pernah juga gue dibantuin mas-mas petugas buat nyari duduk. Pas ketemu bapak-bapak yang dudukin kursi prioritas si petugas minta berdiri dan kasihin bangku buat gue dong. Eh bapaknya malah bilang...

'Perut saya lagi sakit mbak. Lagian hamilnya masih kecil kan masih kuat berdiri dong harusnya.'


Dasar asem.

Kuat gundulmu. Ngga tau yee kalo hamil muda itu keliyengan sama mualnya kaya apa. Grrrr. Mana abis itu mas petugasnya juga menyerah sambil bilang: masih kuat berdiri kan mbakkkk... terus ngeloyorrrr.


Grrrr (2).


Nyinyir
Ada juga yaaa orang yang udah ngasih duduk tapi abis itu nyinyirrrrr...

Anak jaman sekarang manja yaaa, hamil kecil aja minta duduk. Dulu jaman saya hamil kuat berdiri lama-lama jugaaa...


atau


Makanya, udah tau pengen dapet duduk, mbok berangkat dari Bogor biar keretanya kosong.


Situ sehat??? Sini kayang dulu aza...


Gambar terkait



Naah, karena reaksi-reaksi yang bikin MLZ itu gue jadi MLZ minta duduk di kereta. Ibaratnya, dikasih/ditawarin duduk alhamdulillah. Ngga juga yowes, selama masih belom keliyengan ya berdiri wae. Selama hamil 12 minggu ini gue baru 5x dapet duduk lho di keretaaaaa. Wakwaww. Gengsi kakak, mesti minta-minta duduk gitu hahaha. Eh tapi kalo pas ketemu orang baik ya seneng banget lho. Pernah ketemu ibu-ibu yang jagain perut gue supaya ngga kegencet mas-mas berbadan gede. Pernah juga ketemu ibu-ibu yang langsung berdiri pas liat perut gue sambil bilang: kalo lagi hamil jangan takut minta duduk ya mbak. Hiks. Mbrebes akuh.


Mungkin reaksi ngga baek dari orang-orang gegara ada ibu hamil yang kalo minta duduk gayanya kurang enak yaa. Kaya masuk kereta langsung teriak EBO HAMIIIILLLL ADA YANG NGGA HAMIL NGGA NIHHH? SINI LAGI HAMILLL.

Mungkin orang-orang juga jadi males ya sama orangnya, hahaha. So, buibu hamil, kalo emang kita mau minta duduk, kita harus minta bae-bae ya. Gimanapun tempat itu tadinya hak mereka. Mungkin juga mereka lagi cape, abis lembur, lagi sakit, atau apa kek walaupun ngga hamil. Intinya lihat sikon juga kalo mau minta. Mintanya bae-bae, sing alus, jangan maksa dan malesin. Perlakuin orang lain kaya kita mau diperlakuin. Ahsekk.

Yang terpenting, semoga kita ngga pernah ketemu sama bocah macem begini yaaa.



No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS