Pages

Naik motor saat hamil

Tuesday, January 2, 2018


Selamat tahun baru 2018!


Di tahun 2018 ini makin kerasa ya jomponya. Mana ada itu NYE party-partyan. Wong nonton HBO sama FOX aja jam 8 udah ketiduran. Age indeed doesn't lie 😔

Apa yang baru di 2018 ini?

Yang jelas, alhamdulillah masih hamil dong. Mual muntah? Maseeeeeh duoooong 😪 tetap setia menemani sepanjang hari. Lebih setia dari suami #eh. Masih ngantor juga? Alhamdulillah masih juga. Walaupun harus menyeret badan dengan sangat malas. Ngga bisa ya gue dapet cuti hamil juga selaen cuti lahiran? 6 bulan gitu?? *colek direksi*


Post perdana di 2018 gue akan membahas naik motor ke kantor, which is quite extraordinary for me. Secara dulu ya, lagi ngga hamidun aja ngga boleh dong naik motor sama suami. Katanya serem, which is bisa dimengerti karena pemotor di jekardah itu liar banget bawa motornya. Belom lagi kalo nyempil-nyempil di jalanan. Sebagai pengendara mobil mulut gue udah berbusa deh istighfar tiap nyetir kalo mesti berhadapan sama motor.

Gambar terkait
Tapi sejak tinggal di Depok, mau ngga mau kok ya dipikir-pikir naik motor itu paling wuenak. At least dari rumah-stasiun atau stasiun-kantor (dan sebaliknya) deh. Dulu sempet gue bawa mobil PP Depok-Salemba-Depok. Yassalaaaam, perjalanan berangkat sih lumayan. Pulangnya gue bisa ubanan kalo mesti bawa mobil seminggu lagi. Perjalanan pulang bisa 2.5 jam sendiri cuy. Apalagi sekarang lagi dibangung underpass Matraman. Lalu lintas makin keyos. Adik ngga kuat, kakak *lambai tangan ke kamera*. So, sejak puasa tahun 2017 kemaren gue resmi jadi anak kereta. Sampai sekarang hamil, juga masih tetap naik kereta.

Btw, kisah naik kereta saat hamil nanti ya. Masih menata hati dulu mao cerita.

Dari rumah ke stasiun, kalo bawa mobil ada banyak perkaranya:

1. Macet
2. Parkir di mana
3. ......

cuman 2 ya? hahaha.

Akhirnya dengan hati yang sok berat (karena sebenernya gue seneng-seneng aja naik motor), gue memutuskan tetep masih naik motor buat transportasi ke stasiun. Yang rempong adalah minta izin ke suami. Wong ngga hamil aja doi ngga rela. Apalagi lagi hamil. Untung suami masih bisa berpikir jernih. Dengan mempertimbangkan alternatip lain, dia meridhoi istrinya naik motor dari/ke stasiun. Alhamdulillah.

Berikut adalah tips dan pengalaman gue naik motor saat hamil:

Cek kondisi kandungan dan konsul dokter dulu
Dalam rangka meyakinkan suami kalo gue bisa naik motor, tentunya harus ceki-ceki ke dokter. Alhamdulillah, dokter gue lumayan santai. Karena kondisi kandungan gue alhamdulillah baek-baek aja, riwayat hamil sebelumnya juga oke, dan jarak plus waktu tempuh relatif singkat, dokter merestui gue naik motor. Dengan keluarnya restu dokter, restu suami juga keluar.

Briefing si abang gojek
Gue selama ini naiknya gojek/grab/uber ya motornya, yang online-online gitu karena emang praktis dan cashless aja, hahaha. Jadi sebelum naik pastiin bilang ke si abang kalau kita lagi hamil. Pesenin pelan-pelan atau at least hati-hati pas ada jeglukan/jalan rusak. Jadi meminimalisir goncangan ya. Alhamdulillah selama ini abang gojek gue mahfum semua. Jalannya pada kaya keong racun.

(Kalau bisa) jarak tempuh jangan terlalu jauh dan perjalanan jangan terlalu lama
Kebutuhan gue naik gojek adalah rumah ke stasiun UI, stasiun Manggarai ke salemba raya (kantor), salemba raya ke Manggarai lagi, dan stasiun UP ke rumah. Jarak tempuh paling banter 3 km ya dan lama perjalanan max. 15 menit. Atau 20 menit kalo si abangnya keong bener. Jadi sepertinya masih bisa ditolerir. Walaupun gitu aja gue kadang pegel atau keram bawahnya pas turun motor. So, ibuibu yang betah naik motor jauh-jauh dengan lama perjalanan 1 jam, salut saya sama anda. Prok-prok.

Sadar kondisi
Ini yang paling penting: sadar kondisi dan ngga maksain. Kalo lagi cape berat, badan ngga enak, perut kram, abis muntah, ya jangan maksain naik motor. Pakelah mobil atau taksi, biar lebih macet asal selamat.

Pikirkan alternatif saat udah ngga bisa naik motor
Ini yang gue belom mikirin, huahahah. Saat hamil udah gede, gue gendut berat dan ngga memungkinkan naik motor tanpa bikin si abang jatoh, gue bakal naik apa nih? Apa naik mobil? Nyetir sendiri, sama suami, sopir, atau taxi onlen? Bakal sampe umur kehamilan berapa gue sanggup naik motor? Tiap orang beda-beda yaa. Temen gue ada yang bilang dia oke-oke aja naik motor sampe 8 bulanan. Gue? Kayanya liat nanti deh. Liat setangguh dan semelar apa aku beberapa bulan ke depan.

Tips tambahan: selalu pakai metode cashless
Mau pake gopay, pake credit card, atau apa kek. Soalnya menurut gue itu mempermudah banget. Dibanding gue korek-korek dompet sama tas dulu mendingan abis turun langsung caw tanpa ada transaksi hahaha. Hal ini juga meminimalisir lupa bayar sama si abang *pengalaman pribadi*.



Tipsnya ngga membantu kan? Tapi semoga memberi semangat kalau naik motor saat hamil is possible yes buibu...




No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS