Pages

Me Time-nya Working Mama

Tuesday, January 16, 2018

Dari dulu entah kenapa gue ngga pernah punya cita-cita untuk jadi ibu rumah tangga/stay at home mom (SAHM). Padahal mama gue itu SAHM yang sangat teruji kredibilitasnya. Masak jago, bersih-bersih rumah jago, ngangon dan ngedidik anak juga jago *EHM*. Ya pokoke kaya she's born to be SAHM lah. Yang manaaa lain buanget sama anak sulungnya ini. So, I salute you seluruh SAHM di dunia!

Hasil gambar untuk throw confetti

Gue dari dulu setuju kalau jadi working mama atau SAHM itu faktor bakat-bakatan. Ada emang cewe yang bakat dan minatnya jadi SAHM. Misalnya karena dia emang gape ngelakuin kerjaan rumah. Sebaliknya ada juga cewe yang ngga bakat jadi SAHM karena emang ngga betah di rumah atau emang ngga bisa ngerjain kerjaan rumahan. Itu gue banget.

Sering gue kalo blogwalking ngebaca tentang pendapat kalo SAHM bilang enak jadi working mama karena kerja di luar rumah itu salah satu bentuk dari me-time. Mungkin definisi me-time itu ngga ngurus anak dan kerjaan rumah ya. Eeh, emak macem apa yang pengen jauh dari anak? Bukan berarti jauh gimana ya buibu. Coba deh ngurus anak terus, pasti butuh istirahat juga. Secara anak ngga melulu manis yekan? Even lovers need a break from each other hahaha.

Pertanyaannya: apa bener kerja di luar rumah itu salah satu bentuk dari me-time?

Jawabannya bisa iya, kalo kerjaan lo itu emang passion lo dan lo emang nyaman dengan kerjaan plus kantor lo dan seisinya. Jawabannya bisa ngga, kalo lo kerja karena emang harus kerja. Misalnya memang rumah tangga masih butuh dua orang untuk bekerja. Mau ngga mau, suka ngga suka, nyaman ngga nyaman, ya telen aja lo mesti kerja.


Hasil gambar untuk cat icon

Masalahnyaa, kalo ternyata kerja di kantor bukan bentuk me-time, kapan lagi kita bisa me-time dong? Secara Senin-Jumat udah abis buat kerja, ketemu anak di weekdays paling cuma pagi sebelom berangkat kerja (kalo anak udah bangun) sama malem (kalo anak belom tidur). Kalo after-office kita 'harus' me-time lagi, atau pas weekend mau ambil jatah me-time, kapan waktu buat anak sama suami?

Tapi bukan berarti lhooo working mama ngga boleh me-time lagi. Itu gue ngga setuju. Ngurus anak dan rumah emang bisa buat cape dan stress. Tapi ngurus kerjaan (plus ngurus anak dan rumah lagi sedikit banyak) juga ngga kalah bikin stress lhooo. Apalagi kalo kerjaan lo bikin stress, klien lo bikin stress, boss lo bikin stress, temen kerja lo bikin stress, plus bonus ngga keluar-keluar *TSAAH*, you definitely need a space for recovery.

Jadi berikut ada beberapa hal yang bisa lakuin biar ngurang-ngurangin stress sebagai working mama:

1. Tidur kapanpun lo bisa (dan dibolehin)
Seriussss. Yang namanya ibu, mau di rumah kek, kerja di kantor kek, pasti kurang tidur kecuali lo ngga ngurus anak lo samsek. Sementara gue adalah orang yang senggol bacok kalo kurang tidur, so tidur itu keberadaannya sangat HQQ di keseharian gue. Apalagi sekarang gue lagi hamil dengan anak balita yang super aktif. Encok telah menjadi kehidupanku sehari-hari. Berikut cara gue ngakalin biar ngga terlalu kurang tidur:

Pagi: berangkat kantor dari rumah jam setengah 6, naik kereta jam 6 kurang, nyampe kantor jam setengah 7, abis bebersih di kamar mandi dan solat duha LANGSUNG TIDUR. Lumayan banget itu kakak. Tidur sampe setengah 8 udah dapet sejam. Mood pagi terjaga!

Siang: makan siang dengan secepat mungkin dan setelah itu tidur siaaang, lumayan bisa dapet 45 menit lah.

Sore dan malem: kalau memungkinkan, pulang tenggolah kalian. Gue biasa dari kantor jam 5.10, langsung naik gojek, naik kereta, sampe rumah kira-kira jam 6.20. Main sama anak sebentar sambil ngaso, mandi, solat maghrib, lanjut main sama anak lagi sampe dia tidur. Kalo gue hoki dan Ales ngga bobo siang, Ales bobo jam 7an. Kalo gue sial atau Ales bobo siangnya lama, dia bisa tidur jam 9 atau bahkan jam 10. Belom kalo ngobrol sama suami. Pokoknya begitu anak tidur, minimalisir main hape, cusss langsung tidur jugaaa.

2. Berteman sama orang yang tepat
Maksudnya bukan pilih-pilih temen ya. Tapi semakin dewasa kita, hidup kita kan berubah ya. Mungkin dulu waktu kuliah nongkrong sampe tengah malem hayuk aja. Waktu udah kerja tapi belom nikah juga masih hang out after office. Udah nikah tapi belom ada anak juga masih bisalaah main-main asal diizinin suami. Weekend juga bolehlah sama temen-temen. Tapi kalau udah punya anak? Walaupun suami ngga ngelarang tapi ya tau diri ajalah. Weekdays udah jadi karyawan, masa weekend atau after office masih ngga bisa juga sih buat anak?

Beruntunglah kalo circle kita satu siklus hidup sama kita. Misalnya temen-temen kita kuliah ya jadi temen kerja juga terus waktu nikah dan punya anaknya pasti kurang lebih sama. Gimana kalo ngga? Atau gimana kalo temen di kantor masih banyak yang belom nikah dan mereka sering ngajakin hang out di waktu yang menurut kita kurang tepat? Kalo gue sih, kalo bisa ikut ya bagus tapi kalo ngga ya jangan maksain. Buat gue prioritas gue adalah keluarga gue. Kebutuhan buat bergaul dengan orang lain di luar keluarga harus nyesuain kebutuhan keluarga gue. Kangen bergaul sama temen? Coba hang out di weekend sama temen yang udah punya keluarga juga. Ajak juga suami sama anak kita. Waktu sama keluarga dapet, sama temen juga deh!

3. Manfaatkan fitur online
Dulu me-time gue adalah makan dan pijet/spa. Sekarang? Mau pergi kuliner berdua suami kok kangen anak ahahaha. Mau pijet/spa at least butuh 2 jam, belum pergi sama pulangnya, nyeh. Buat gue, Go-Jek and the gang for the winner! Mau makan enak tinggal Go-Food. Mau pijet tinggal Go-Massage. Mau nyalon tinggal Go-Glam. Hahaha. Badan terawat, anak masih dalam pandangan!

4. Minimalisir pake hape kalo ngga penting
Kecuali definisi me-time buat lo adalah nemplok sama hape, pake hape itu sangat bisa mengganggu kualitas hidup hahaha. Emang sih mainan hape emang bisa jadi salah satu me-time, blogwalking kek, liat instagram kek, liat gosip kek, tapi kok abis mainan hape malah gue sering cape ya mata sama badannya hahaha faktor U, kakak! Jadi gue sekarang lebih mengarahkan diri buat me-time yang bisa recovery badan gue, tidur kek, pijet kek, spa kek, creambath kek. Pokoknya yang bisa bikin badan jadi seger dan siap menghadapi kerasnya kehidupan lagi. Hahaha.


5. Terima kalo kita adalah manusia yang punya waktu terbatas

Pengennya: sebelom berangkat kerja masih sempet main bareng anak. Jam istirahat di kantor hang out sama temen makan di tempat yang hits, kongkow, tukeran gosip. Pulang kantor sempet kencan colongan sama suami dan begitu pulang anak belom tidur jadi sempet main bentar. Abis itu pillow talk sama suami dan tidur dalam damai. Bangun-bangun badan seger.

NGIMPI LO! HAHAHAHA.


Fakta: bangunin suami susah bener, mesti buru-buru nyiapin bekel dan keperluan kantor suami, apalagi kalo dia ada futsal mesti bawain peralatan olahraga. Mau berangkat anak lagi manja ngga mau ditinggal, mewek deh, pusing deh mama. Istirahat siang rasanya capeek banget, boro-boro makan di luar. Makan di meja aja males. Tidur aja deh. Pulang kantor suami ada futsal, pulang sendiri, di kereta penuh dan ngga ada yang ngasih duduk di bangku prioritas. Nyampe stasiun hoek-hoek. Nyampe rumah hoek-hoek (2). Main sama anak? Boro-boro. Nonton youtube aja ya naaak. Suami pulang futsal udah cape bener, abis mandi langsung molor. Mamam tuh pillow talk.


Gambar terkait

Realistis (buat gue): sebelom berangkat kerja, nyiapin bekel dan perlengkapan suami, peluk-peluk sama anak di kasur. Jam istirahat makan di meja, ngobrol bentar sama temen, tidur siang. Pulang kantor begitu sampe sempetin ngobrol dan main sama anak, yang enteng-enteng aja atau at least nemenin dia nonton dan pelukan sampe dia tidur. Kalo suami ngga ada acara, pesen go-food atau minta si mbak masak, makan deh sama suami sambil ngobrol. Abis makan ngobrol sama suami sebelom tidur dan tidur sebelom jam 10 malem kalo bisa.


Intinyaaaa, mau jadi working mama atau SAHM kita jangan lupa bahagia. Happy mom makes happy child kaaan?


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS