Pages

Perempuan harus dandan (?)

Sunday, January 21, 2018

Haiiii dari gue yang udah 4 hari ngga ngantor karena bedrest. Yess.. waktu hamil emang ada aja ujiannya dan ujian kali ini dalam bentuk tipes *sigh*. Males ceritanya skip ajalah yaa?

Kalo lagi bedrest gini, apalagi kalo anak udah tidur, kan jadi gabut ya. Scrolling instagram lah. Blogwalking lah. Kemudian terpana: kok cewe jaman sekarang cantik-cantik ya?!?

Oke.

Mungkin cantik itu relatif. Tapi paling ngga mereka yang eksis di blog dan instagram ini pada pinter dandan ya. Beda jauh sama gue yang dandan kalo kondangan doang itupun modal insting aja hahaha.

Kemudian gue inget temen kantor gue pernah ditegor sama bosnya:
"Kamu kok ngga pernah dandan ya ke kantor. Mukanya kusem banget itu."

Fyi, bos yang negor itu cowo.
Fyi (2), temen gue ini masih pake bedak sama lipstik lho.
Fyi (3), apa kabar gue yang pake bedak aja boro-boro? Plis. Gue adalah tipe yang udah ke kantor ngga pake daster aja sukur.

Temen gue pas ditegor cuma senyum tapi dalem hatinya ngedumel: yang penting kerjaan saya beres pak. Yang gue aminin lah ofkors.

Emang sih ya yang namanya kerja kita harus tampil representatif. Apalagi kalo mau ketemu klien ngga boleh lah ya malu-maluin. Tapi masalahnya temen gue ini ya ngga kumel juga menurut gue. Dia pake jilbab dan selalu rapih. Bajunya juga oke. Masih pake bedak dan lipstik. Wangi juga lah. Apa yang salah sebenernya?

Kemudian gue mempertanyakan apakah fakta banyak cewe yang selalu dandan full-face jadi ngerubah 'standar' dandan sehari-hari? Ya maksudnya plis lah atuh apa harus pake bulu mata palsu setiap hari kerja? Pake fondation? Alis runcing? Pipi merona karena blush on? Fyi, gue ngga sentimen sama orang yang dandan full di tempat kerja ya. Sama sekali ngga. Gue malah kagum mereka kok bisa ya nyempetin dandan setiap hari terus tahan seharian pake make-up begitu? Plis lah atuh aku orang yang kondangan 2 jam aja pengen cepet-cepet pulang ngapus make-up.

Intinya adalah, menurut gue karyawati wajib untuk tampil representatif buat perusahaan kaya dia ngga boleh kusem, kumel, dan ngga enak dipandang. Tapi masalah level dandan menurut gue itu tetep hak prerogatif dia apakah cukup dengan bedak+lipstik aja atau harus komplit. Selama itu ngga mempengaruhi kinerjanya seharusnya ngga salah kan ya? Toh kita dikontrak karena kemampuan kerja kita, bukan kemampuan ngelenong kita.

Kecuali lo kerja jadi SPG, model, umbrella girl, lady escort, dll itu lain cerita ya kakak.

Bye.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS