Pages

(Niatnya) Mau Pasang IUD

Thursday, August 30, 2018

Sejak lagi hamil kedua, gue dan suami udah merencanakan mau pasang KB. Sebelum hamil kedua ini kan kita cuman kondean doang. Ampuh sih, sejauh ini. Cuma kok akyu kurang suka kondean ya. Ibaratnya, makan permen kok pake bungkusnya. Huahahaha. Kenapa postingan ini jadi pornoooo???

*dislepet Kak Seto*

Fyi, setelah nikah dan sebelum hamil Mas Echo, gue sempet minum pil KB selama....sebulan aja dong! Hahaha. Soalnya tadinya gue pengen bulan madu halal dulu beberapa waktu sebelum hamil dan beranak. Eeh, baru sebulan nikah langsung berubah pikiran. 

AKOH MAU BERANAK! SEKARANG JUGAAA! 

Hasil gambar untuk i want it now gif


Akhirnya berhentilah gue minum pil KB. Tapi ternyata 3 bulan setelah berhenti minum pil KB, siklus menstruasi gue acak adut. Sempet telat 40 hari! Yang mana udah ge-er kalo hamilton. Tapi tiap tespek selalu negatif. Akhirnya, keluar juga itu menstruasi di hari ke-41. Sad!

Setelah siklus teratur pun, gue ngga langsung hamil. Sempet kosong beberapa bulan. Sempet konsul sama obgyn biar cepet bisa hamil. Sempet minum penyubur kandungan. Sempet juga test HSG yang mana buat gue adalah preview dari siksa kubur.

Singkat kata, setelah lepas dari pil KB, butuh waktu dan usaha buat gue untuk bisa hamil.

Setelah lahiran anak pertama, obgyn gue sebenernya udah menyarankan untuk pasang IUD plus pap smear. Yang mana, keduanya ngga gue lakuin. Huahaha. IUD belom gue pasang karena....takut sakit. Hihihi, cemen, I know! Pap smear belom sempet dilakuin karena....belom sempet....sampe sekarang.

Tuhan, kenapa aku sangat pemalas?

Nah, terus, kenapa gue memutuskan akhirnya mau memberanikan diri pasang IUD setelah lahiran anak kedua??

Ya ituuuuu...akoh ngga mau makan permen pake bungkusnya. Huahahah. Ternyata, pikiran kotor mengalahkan ketakutanku akan diobok-obok onderdilnya!

Hasil gambar untuk so naughty gif


Setelah ngumpulin info, gue memutuskan untuk mau mencoba pasang IUD. Yeah, gue udah menimbang semua pilihan kontrasepsi yang tersedia. Mikir, mikir, dan mikir sampe pening, kayanya IUD yang paling cihuy deh untuk saat ini. Setidaknya, untuk 5 tahun ke depan gue ngga perlu mikirin kontrasepsi, kan?

Sebenernya, laki gue ngga masalah kalo mau kondean lagi. Dia sangat menyerahkan ke gue mau pake KB apa. Dia pun sempet kepikir apa dia mau steril aja. Tapi gue takut, nanti kalo suatu saat kita mutusin mau punya anak lagi piye? So, here we go. Melangkahkan kaki dengan gontai pasti ke pintu ruang praktek obgyn.


Gue udah buat appointment dengan dr. Aswin di hari Senen kemarin. Rencananya adalah cek kondisi rahim 6 minggu post-partum, sekaligus pasang IUD. Sayangnyaaa, sore itu tiba-tiba ada pasien dr. Aswin yang mau melahirkan dan udah pembukaan 5 di RS Mayapada. Prakteknya jadi ditunda, nunggu dr. Aswin kembali lagi ke RSPI. Yang mana, hanya Tuhan yang tau kapannya. Ya namanya lahiran, siapa yang tau bayinya keluar kapan?

Akhirnya, gue memutuskan untuk kontrol sama obgyn siapa aja yang ada saat itu. Daripada buat appointment lagi yang mana pasti masih lama. Secara dr. Aswin kan laris manis tanjung kimpul. Gue akhirnya memutuskan kontrol sama dr. Widyorini Lestari, Sp.OG. Langsung bisa masuk dong saat itu jugaaa. Hore!

Obgyn perempuan ini biarpun terlihat imut, tapi ilmunya sangar juga. Dia ngambil spesialis obgyn di Jerman, setelah menyelesaikan studi pendidikan dokternya di UNDIP. Setelah anamnesis, gue langsung diperiksa kondisi rahimnya yang alhamdulillah, sudah tidak teraba alias sudah kembali ke ukuran normal.

Then, here we go. Pasang IUD!

Kata dr. Widyorini, pemasangan IUD sebenernya direkomendasikan saat kita masih perdarahan. Boleh waktu masih nifas, atau saat sudah dapat menstruasi. Soalnya, saat perdarahan, mulut rahim kita terbuka sehingga pemasangan IUD bisa lebih mudah.

Nifas gue sebenernya sudah lamaaaa banget berhenti. Kira-kira, 2 minggu setelah lahiran juga udah stop perdarahannya. Sempet muncul perdarahan dan flek beberapa kali setelahnya. Tapi paling sehari atau dua hari juga udah ilang.

Nunggu gue menstruasi dulu? Errr, kalau kita menyusui eksklusif kan terkadang bisa ngga mens ya. Lagian kalau nunggu menstruasi dulu, bisa-bisa kebobolan duluan! Kan syereeeeem....

Hasil gambar untuk that wont do gif


Yaudah kita coba dulu pasang IUD. Duduklah gue di kursi obgyn yang sangat gue benci itu. Dalam posisi ngangkang tak berdaya, huhuhu.

Yang paling gue benci adalah saat si cocor bebek dimasukin. Alamakjan. Berasa dipaksa mangap itu area bawahkyuu. Udah gitu saat mulut rahim diobok-obok....kraaaay akuuu kraaaaay!!! Dr. Widyorini bilang, gue masih ada perdarahan sedikit sehingga mulut rahim masih sedikit terbuka. So, akan dicoba dipasang IUD-nya.

Yang mana, ngilu banget, bok!

Ternyata, kata dokternya, mulut rahim gue itu kecil banget. Plus licin. Sehingga susah buat dijepit dan ditarik (?) IUD-nya. Dicoba berkali-kali, tetep gagal. Malahan, kata dokternya, mulut rahim gue jadi lecet.

Gue ngga mau bayangin lecetnya kaya gimana. Ngilu, aing!

Akhirnya, pemasangan IUD, saat itu, dinyatakan gagal! Gue pun akhirnya memutuskan mau suntik KB 3 bulan aja. Kata dokternya, 3 bulan lagi, coba pasang IUD lagi aja. Kalo masih gagal lagi, suntik lagi ya!

Baeklah.

Btw, dokternya nyuntik di pantat ngga sakit lho! Ini keluar dari mulut gue yang AMAT SANGAT TAKUT DISUNTIK. So, it's a true compliment.

Walaupun gagal, gue dapet informasi baru jadinya: mulut rahim gue kecil. Kata dokternya, konon itu bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan susahnya terjadi pembukaan saat persalinan. Pantesss, mungkin itu dulu sebabnya gue udah kontraksi intens selama 2 minggu, tapi pembukaan tetep mandek di pembukaan 1!


So, saat ini, gue tetep mahluk tanpa IUD. Paling ngga, udah berani nyoba pasang kaaaan? KAAAAN??? 

Kita tunggu aja nanti November, apakah gue punya nyali untuk nyoba pasang IUD lagi. Atau gue akan bertahan dengan si suntik 3 bulanan ini. Semua tergantung nyali gue nanti. Atau apakah ada efek samping yang ngga bisa gue tolerir dari si suntik 3 bulanan ini.

Yang jelas, gue tetep ngga mau pake konde. No more makan-permen-pake-bungkusnya for me.

Anyway, ada yang punya pengalaman yang sama dengan gue? Gagal pasang IUD? Atau ada yang punya pengalaman dengan KB suntik 3 bulan? Share with me puhleeeasssseeeee...


2 comments:

  1. hi mba... aku recommend dr. soemanadi mba... krn kmrn 4 thn lalu pas lahiran aku sama dia dan sblm 40 hr aku pasang spiral sm dia... ga berasa apa2 mba sama dia cmn 5 mnt aja masangnya mngkn krn msh sblm 40 hr ya sprti yg mba bilang rahimnya msh kebuka... tapi worth it to try soalnya aku baca review2 dr. soemanadi ahli dlm pemasangan spiral mba.... dan alhamdulillah slm 4 thn jg ga ada mslh apa2 mba.. posisinya tepat sekali pasang lngsng oke hehehe cek 1 thn kemudian skalian pap smear... dan kmrn pas aku memutuskan utk promil lepas spiral nyopotnya jg 5 menit mba ga berasa apa2... kujuga bingung.... pokoknya worth it to try mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, jadi pengen nyoba. tapiii aku rada trauma diobok-obok, huhuhu. makanya masih galau mau suntik lagi apa nekat pasang IUD lagi yaaaa...

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS