Pages

My Breastfeeding Highlights

Thursday, April 5, 2018

Kemarin gue dapet pertanyaan dari seorang temen tentang breast pump. Tadi pagi waktu gue tepar di klinik kantor (diare sucks!), gue liat seorang temen yang lagi beberes blue ice-nya di kulkas. Dua hal itu ngebuat gue inget kalo sebentar lagi gue akan mengalami LAGI masa menyusui dan mompa. Berhubung sebelumnya gue juga pernah ngalamin menyusui dan mompa, gue mau bikin catetan siapatau berguna dan bisa gue intip kalo clueless di nyusuin session 2 nanti 😝 

Seperti yang udah (atau belom ya?) gue ceritain, gue ngelahirin Ales lewat operasi caesar atau yang biasa disebut SC. Buat alasannya kenapa, nanti ya gue ceritain di post khusus, bisa panjang beleber ceritanya. Dengan proses SC ini, tentunya santer dong kedengeran di kuping berbagai mitos kalo lahiran SC alamat ASI lambreta keluarnya. Kalo dari segi medis, hal ini mungkin terjadi karena waktu SC rahim kita ngga berkontraksi seoptimal kalau lahiran pervaginam. Hal tersebut mungkin bisa menunda keluarnya ASI. Sementara di lain sisi, banyak kok buibu yang ASI-nya udah ngerembes dari jaman hamil. So, balik lagi ke ASI adalah rejeki-rejekian yaa hehehe.

Abis lahiran, gue langsung digenjot buat sesegera mungkin menghasilkan ASI. The perks of giving birth in pro-ASI hospital, hehe. Walaupun gue SC dan Ales beratnya pas-pasan, gue bisa langsung room in setelah lewat masa pemulihan (sekitar 4 jam post-SC, kalo ngga salah). Dengan room in, otomatis gue 'dituntut' buat selalu deket baby dan belajar buat nyusuin di segala posisi. Tentunya hari pertama, berhubung masing pake kateter dll, belajar nyusuinnya di posisi tiduran dulu yaa.

Susyeh ngga belajar nyusuin? You can't say! Gue selalu mikir, nyusuin itu alamiah which semua wanita harusnya bisa. Binatang aja bisa nyusuin anaknya, masa manusia ngga? Tapi sist, I never be that wrong. Nyusuin itu perlu tips and trick. You mention lah, posisi cemmana, latching, LDR, dll. Menyusuin aja ada lho ilmunya! Akika yang baru pulih dari SC jadi tambah luluh lantak!

Hasil gambar untuk too much gif

Kalo nyusuin langsung, kita ngga tau pasti kan seberapa banyak ASI kita sebenernya. Mungkin kriteria ASI kita cukup bisa diliat dari bayi yang disusuin kenyang apa ngga. Mangsalahnyaaa, bayi baru lahir itu kan masih punya 'cadangan makanan' plus lambungnya emang cimit bener. Plus juga emang tidur terus kerjaannya, hehe. Jadi kurang keliatan lah sebenernya dia itu tidur karena kenyang dan puas nyusu atau....cape nyusu karena ASI emaknya belom keluar.

Teyuss, buat tau jumlah ASI kita gimana dong?

Jawabannya adalah dipompa. Yessss, itu ukuran paling objektif. Walaupun memang yaa, ASI itu lebih banyak keluar kalo disedot bayi dibanding dipompa pake breast pump. Tapi ya paling ngga kita bisa liat lah berapa kira-kira produksi kita. Plus, ngga ada salahnya belajar mompa sedini mungkin kan?

Alhasil, di hari kedua setelah SC, gue langsung belajar pompa memompa ini. Bukan cuma mompa pake breast pump, tapi laki gue juga dikaryakan buat mompa! Doski diajarin suster aja dong gimana cara memerah susu dengan benar dari tete istrinya, hahaha. Jangan bayangin yang ngeres-ngeres. Ngga ada eksotisnya samsek kok pemandangannya. Tete gue dia pejret dan puter dengan ganas. Sakitnya yanabiiiisalamalaikaaaaa!!! Gue fix kaya sapi perah, baik dari penampakan maupun fungsi.

Hasil gambar untuk pervert gif

Ohya, buat onderdil pompa memompa, gue sebenernya udah beli Medela Freestyle dari jaman masih hamil. Ciamiks lah pokoke, kapan-kapan kalo inget gue review. Kaya begini nih tampakannya:

Hasil gambar untuk medela freestyle review
paket lengkap Medela Freestyle, bonusnya banyak!


Medela Freestyle ini tipe breast pump elektrik, jadi tangan kita ngga perlu berurat buat mompa. Tinggal templok, dia bisa ngek-ngek-ngek sendiri buat mompa ASI.

Sayangnyaaa, waktu di RS ada sparepart apaa gitu dari si Freestyle yang ketinggalan. Tapi gausah takut, di RS Bunda Jakarta sudah disediain Medela Symphony yang daya sedotnya ngalahin vacuum cleaner. Yaeyalah, gede benerrrr itu pompaan. Kaya rice cooker!

Hasil gambar untuk medela terbesar rumah sakit

Apakah waktu dipompa ASI gue banyak keluar? Sadly say, no. Cuma sekitar 10 - 15 ml dari mompa selama setengah jam. Sebenernya, itu udah lumayan banget dan katanya emang awal-awal jangan berharap banyak yaa. Colostrum kan emang cimit keluarnya dikit karena disesuaikan dengan ukuran lambung newborn yang emang cuma sekelereng aza. Kayanya gue jiper gegara kebanyakan baca di internet dan instagram ada yang colostrumnya berlimpah ruah. I guess too much googling juga ga baek ya buat kesehatan mental dan kepercayaan diri? 😋

Gue juga pernah baca kalo 'katanya' pompa manual bisa menghisap lebih banyak susu. Percaya dengan 'mitos' itu, gue menitahkan suami buat beli breast pump manual. Hahaha, estri impulsif! Tadinya mau beli Phillips Avent, tapi berhubung di rumah sakit adanya Medela doang yowes kita beli Medela Harmony ini.

Hasil gambar untuk medela harmony

Gimana hasilnyaaa?

Sami mawon, kakak. Tangan gue malah jadi pegel hahaha #manja. Alhasil si Harmony ini ngga pernah gue pake samsek. Mau dijadiin preloved, kayanya sparepartnya pada berceceran entah di mana deh.

ASI gue yang belum maksimal, ditambah dengan berat lahir Ales yang pas-pasan itu membuahkan hal yang kurang baek. Ales beratnya turun lebih daripada batas yang dibolehkan dokter. Alhasil, anak gue yang udah kuyus jadi tambah kuyus. Plus dia harus disinar karena bilirubinnya tinggi. I was so down, but have no chance to be that down. Gue harus mikir dengan cepat: what's next. Penyinaran bilirubin akan ngebuat bayi semakin cepet laper/haus. So, dia harus di-support dengan asupan yang mumpuni. Intinya, Ales butuh asupan tambahan selain ASI gue. Since I won't consider ASI donation for some personal reason, gue harus merelakan Ales mengecap sufor di hari keempatnya di dunia. There, I said it. Anak gue ngga ASI eksklusif. Apa gue nyesel? Ngga kok. Gue percaya, Insya Allah, itu yang terbaik.

Hasil gambar untuk whatever gif

Perjuangan sesungguhnya dimulai saat pulang dari rumah sakit. Waktu di RS sih enak yee, mau apa-apa tinggal bel suster. Bayi pipis, bel, suster dateng. Bayi pup, bel, suster dateng. Di rumah emang ada baby sitter sih. Tapi kan aku induknya, aku jadi yang in charge di situ. Ngga ada leha-leha bermanja-manja lagi.

Masalah menyusui gue adalah: perlekatan dan posisi yang ngga bener. Perasaan yaa, waktu di RS udah bener deh cara gue nyusuin. Begitu pulang amburadul. Ales ngga bisa latching optimal. Alhasil dia ngga kenyang-kenyang yang berakibat bobonya (dan tidur gue, pastinya) jadi ngga tenang.

Untung gue dulu pernah ikut terlibat di AIMI. Salah satu program AIMI adalah konseling buat ibu baru untuk proses menyusui. Di sini sebenernya gue malu, dulu kan gue pernah ikut jadi konselor, eh sekarang malah manggil konselor, hahaha. Roda berputar ya kakak!

Hasil gambar untuk hamtaro gif

Dengan bantuan Mbak AIMI (lupa namanyaaa, maap!), gue diajarin posisi nyusuin yang bener. Intinya gue minimal harus bisa dua posisi nyusuin: duduk dan berbaring. Duduk karena itu posisi standard yang paling gampil. Berbaring karena dengan posisi itu gue bisa istirahat sambil nyusuin. Hasil dari konsultasinya? Alhamdulillah, dalam 2 jam gue bisa menyusui dengan benar *sujud sukur*. Ales latch on dengan baek, ASI mengalir lancar, tidur gue (lumayan) terjaga.

Gimana dengan pumping?

Gue akhirnya mendayagunakan si Freestyle yang ternyata pantes kok dihargain semahal itu. Dalam waktu kurang dari 3 bulan, gue bisa memenuhi kulkas bawah dan atas (freezer) dengan stok ASIP buat Ales kalo gue tinggal kerja dan ngelayap. Alhamdulillah. Tentunya hal ini didukung oleh makanan bergizi, support suami, serta domperidone yang diresepin dr. Nando sebagai booster ASI. Huahahaha.

Jadi kalo ditanya, apakah menyusui itu gampang?

Jawaban gue adalah: ngga gampang, tapi pasti bisa diusahakan. Gue harus melalui beberapa tahapan supaya sampai ke tahap di mana ASI gue, Alhamdulillah bisa dibilang, banyak. Tapi tentunya itu perlu usaha, ya kaya nyusuin kapan aja (halooo, tete terburai!), mompa kapan aja (halooo, salep buat puting lecet!), sampe pijet payudara yang sakitnya...errr...jangan dibayangin. Tapi semua itu terbayar dengan melihat stok ASIP berlimpah untuk anakku. Hatiku hangat dan riang!

Hasil gambar untuk happy gif

Satu lagi, ASI itu, seperti yang gue bilang di atas, sifatnya rejeki-rejekian. Ada orang yang dikasih rejeki ASI superrr berlimpah alias hiperlaktasi, ada orang yang ASI-nya minimalis walaupun udah usaha banget. Apakah orang yang ASI-nya minimalis pasti ngga mau usaha supaya ASI-nya banyak? Belum tentu, kakaaak. Gue udah menyaksikan banyak pengalaman di mana si ibu udah jumpalitan berusaha tapi ASI-nya ya cimit-cimit aja. Jadi jangan sembarangan judge ya neng, kalo ASI dikit itu pasti ibunya kurang usaha. Yaa mungkin ada yang dikasi rejekinya lewat ASI, ada yang lewat hal lain, seperti rejeki berupa uang berlebih untuk beli sufor/susu lainnya. Who knows, kita bukan Tuhan, kan?

Bagaimana akhir dari menyusui anak pertama gue?

Dari awal, gue udah ngga mengincar predikat ASI eksklusif untuk Ales. Wong dari hari keempat hidupnya aja dia udah mengecap sufor. Kalah sebelom bertanding yee? Hehehe, don't care, hahaha. Gue menyusui dan mompa sampe Ales umur 1 tahun 3 bulan. Saat di mana tiba-tiba dia ngga mau lagi minum ASIP dan menolak untuk nyusu. Seperti dia menyapih diri sendiri. Sedih? Pastinya. Tapi ya buat apa sih sedih-sedih. ASI emang seharusnya jadi yang terbaik. Tapi kalau yang minum udah ngga mau, apa harus kita paksa? Buat gue, yang penting Ales dapet nutrisi yang dia butuhkan untuk bisa tumbuh kembang dengan baik.

Satu lagi tips dari gue: jangan kebanyakan googling atau denger kata orang. Terlalu banyak denger nasehat itu ngga baek, bikin pusing dan lupa orientasi kita sebenernya apa. Kaya gue dulu, waktu Ales butuh asupan tambahan, banyak yang nyaranin donor ASI aja, atau bahkan gue disuruh sabar aja nunggu ASI. WTF, nanti anak aing tambah kuyussss! Berhubung akyu ibu keras kepala yang kuat pendirian dan hanya berorientasi kesehatan anak, gue abaikan semua nasehat itu. Semuanya tentang pilihan kan pada akhirnya?

Ohya, satu lagi: carilah dokter yang bisa ngedukung kamu. Kalo lo emang berorientasi HARUS ASI SAMPAI TITIK DARAH PENGHABISAN, ya carilah dokter anak/obgyn yang juga ngedukung lo itu. Gue sih waktu itu dapet dokter anak yang pro-ASI tapi masih realistis, bukan garis keras. Dokternya artis-artis kok ini, kalian pasti familiar sama namanya, hehe. Jadi dia sangat mendukung gue ngasih ASI, tapi begitu tau berat badan Ales turun terus dan doski cenderung kuning, dia berani buat menyarankan asupan tambahan. Coba kalo dokternya ASI garis keras yang lebih pro ke donor ASI, bisa perang bubat gue sama dia, hehe.

Gue sangat ngga ideal kan? Hahaha. Saya mah emang realistis orangnya. Inget, kita harus jadi ibu yang bahagia dulu kalo mau anak kita bahagia. Gimana bisa bahagia kalo gampang stress sama kondisi? Lagian, kalo terlalu ideal, nanti pusing kakaaaak. Biarlah mom-war di luar sana merajalela. Mom yang cetek ini cukup punya orientasi anak sehat dan bonus cepet turun.

Hasil gambar untuk i don't care gif

Mana aminnya, sodara-sodaraaaa???




No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS