Pages

Tentang Jalan Layang Non-Tol

Thursday, April 12, 2018

Semalem gue baca salah satu postingan dari IG @dramaojol.id tentang razia yang dilakukan polisi di atas (atau tengah?) jalan layang non-tol (JLNT). Silahkan ditengok beritanya di sini. Beritanya biasa ya, razia gitu, bukan hal yang warbyasa karena udah sering kita temuin. Yang menarik perhatian gue adalah komen dari para netizen. Sebagian besar berpendapat kalo motor-motor yang lewat JLNT emang salah dan sepatutnya dirazia. Tapi ada yang 'menyayangkan', kenapa razia dilakukan di atas (still, atau tengah?) JLNT. Bukan di bawahnya, sebelum masuk JLNT.

I'm like....really, people?

Hasil gambar untuk really gif

Menurut orang-orang yang berpendapat begitu, dengan razia dilakuin di atas/tengah JLNT, polisi seperti 'menjebak' pengendara motor. Seolah emang tujuan razianya buat nyari duit. Makanya mereka bilang seharusnya razia dilakuin sebelum masuk JLNT.

Tapi, bukannya kalo razia dilakuin sebelum JLNT dan motor ngga masuk situ karena ada razia/polisi, berarti si motor cuma takut kena razia polisi? Bukan patuh sama peraturan? Atau takut ngebahayain dirinya dan orang lain? Karena menurut gue, seharusnya kita takutnya sama peraturan dan celaka, bukan sama polisi atau razia. Plus sebelum JLNT udah ada larangan untuk motor dan truk besar untuk masuk kok. Berarti udah ada peringatan kan? Jadi, salah siapa kalo motor tetep maksa masuk terus kena razia?

Pict taken from here.

Judge me sok suci, I don't care. Tapi gue dari dulu selalu males sama orang/kendaraan yang ngelanggar peraturan lalu lintas. Kaya lawan arah di jalanan, masuk jalur busway, atau parkir sembarangan di jalanan. Karena sebel sama perilaku kaya gitu, gue ngga pernah dan ngga mau ngelakuin itu.

Kaya kasus JLNT itu, aturan kenapa motor ngga boleh masuk JLNT ada sebabnya. Dari yang gue baca sih, ketinggian JLNT itu berbahaya buat motor, karena pengaruh angin, dll. CMIIW. Bahkan kalo ngga salah pernah ada kasus kecelakaan ibu hamil tewas karena jatuh dari JLNT. Coba ditengok di sini. Jadi menurut gue, aturan ini sangat beralasan.

Makanya, gue gemes banget sama orang yang ngetik komen seolah ngga pake mikir. Ada yang emosi bilang kalo motor ngga boleh lewat JLNT, mobil ngga boleh lewat jalanan bawahnya biar adil. Situ sehat, maz/mbaq?

Btw, gue berpendapat gini bukan karena gue pengendara mobil jadi mendiskreditkan motor yee. Gue kalo naik ojol dan si abang ngelanggar peraturan, kaya mau masuk jalur busway, gue juga protes kok. Pun saat gue naik kendaraan umum atau pake driver dan drivernya mau masuk jalur busway, gue juga protes.

Untung dari post itu masih ada komen yang 'sehat'. Jadi semoga ngga semua orang berpikiran 'sempit' kaya di atas. Lagian, kita kan selama ini banyak protes kenapa macet, jalanan semrawut, plus transportasi umum ngga nyaman dinaikin. Akhirnya apa? Nyalahin polisi sama pemerintah yang ngga becus. Tapi kalo kita ngga bisa patuh sama peraturan, apa semuanya itu masih salah polisi atau pemerintah? Lebih baek kita becus dulu ya buat ikut aturan yang ada.

Udah ah. Capek mikir. Bhay.



No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS