Pages

YukNonton: Ready Player One

Wednesday, April 4, 2018

Disclaimer:
1. Yang nulis bukan tukang review propesional
2. Sangat mengandung spoiler, tapi gue usahain spoilernya ngga detail banget yaaa

Alohaaa.
Jumpa lagi dengan review film dari gue. Berhubung akhir-akhir ini banyak film bagus, jadinya sering nonton deh kita. Kali ini kita nonton film Ready Player One yang dapet review bagus banget di mana-mana. Bahkan dapet rating 76% dari Rotten Tomatoes (while Pacific Rim Uprising cuman dapet 45%). Makin bikin senapsaran kaan?


Hasil gambar untuk ready player one

Satu kata buat film ini: memanjakan penonton. Eh itu mah dua kata ya, hehe. Tapi bener lho, dari awal sampe akhir film gue merasa amat sangat terpuaskan. Jalan ceritanya bagus banget, grafiknya superb, plus -terutama buat yang suka anime dan game- dimanjakan sama nostalgia tokoh-tokoh fiktif kesayangan. T-Rex, Kingkong, Chucky, Iron Giant, bahkan Mechagodzilla, you mention it! Bahkan laki gue yang picky watcher aja bilang film ini bagus banget. That great. Sampe kita ngga keberatan lho kalo diajak nonton ini lagi! Standing applause buat Om Steven Spielberg yang sakseis mengadaptasi novelnya Ernest Cline dari taun 2011.

Hasil gambar untuk mechagodzilla
inga-ingaaa, ada aku di film!

Film ini mengambil setting dunia pada tahun 2045, di mana kondisinya udah sangat mengenaskan baik dari segi sosial maupun ekonomi. Sebagian besar orang tinggal di trailer home yang bersusun-susun. Disebutkan kalau saat ini people stop trying to find solution, instead they only trying to survive. Syedih yaa 😔

Tokoh utama film ini namanya Wade Watts, seorang yatim piatu yang tinggal sama tantenya dan pacar tanternya. Gue kok nangkep di film ini si Wade ini jadi kaya Harry Potter ya? Diasuh tantenya, ngga disayang, dan ngga bisa hidup layak. Kalo Harry Potter kan tidurnya di lemari bawah tangga, nah si Wade Watts tidur di atas mesin cuci. Yess, jadi kalo mesin cucinya lagi nyala, doski goyang-goyang aja gitu di atasnya. Kesian. Mana Bu Dendy? Ni bocah butuh disawer!

Hasil gambar untuk bu dendy
NYOOOH, tak tuku harga dirimuuuu...


Seperti manusia jaman now, manusia jaman itu juga kalo didera kesulitan umumnya nyari apa? Yep, pelarian. Makanya, ketika sepasang manusia bernama James Halliday dan Ogden Morrow berhasil menciptakan OASIS -yang langsung digandrungi seluruh manusia- mereka berdua langsung melejit tajir melintir. Sayangnya, ngga berapa lama dari peluncuran OASIS, kabarnya Morrow dipaksa Halliday melepas seluruh sahamnya. Jadi deh Halliday pemilik tunggalnya OASIS.

Hasil gambar untuk ready player one halliday
Morrow dan Halliday

Apa sih OASIS itu?

Jadi singkatnya begini. OASIS itu sebuah game/dunia virtual di mana masing-masing pemainnya punya avatar. Avatar ini mungkin jadi semacem alter ego-nya para pemain. Mau milih karakter yang kaya gimana juga bisa. Cewe, cowo, manusia, monster, robot, you name it lah. Avatar ini juga punya nama, jadi kita ngga pake nama asli di dunia OASIS. Kaya Wade, nama avatarnya dia itu Parzival alias Z. Sangking asiknya OASIS ini, orang-orang pada menghabiskan seluruh hari mereka di OASIS. Bahkan temenan pun di OASIS. Mereka ngga saling kenal di dunia nyata, tapi ikrib bener di OASIS.

Hasil gambar untuk ready player one trailer
Wade alias Parzival

Gimana ngga betah? OASIS ini juga kaya alam semesta gitu deh, luaaassss bener. Masing-masing wahananya segede planet. Kasino segede planet. Karaoke segede planet. Club malem segede planet. Bahkan ada motel plus-plus segede planet, hihihi. Nah, kebanyakan orang sih milih ada di semacem...apa ya namanya gue lupa... medan perang gitu. Jadi saling tebas-tebasan deh itu avatar, kalo kita berhasil bunuh avatar orang, avatar itu bisa jadi koin yang bisa kita ambil. Dengan koin-koin itu kita bisa beli cem-macem, kaya senjata, baju perang, dll.

Hasil gambar untuk ready player one trailer
semacem mall buat bebelian

Hal yang menarik muncul ketika Halliday, si pendiri OASIS meninggal dunia 5 tahun lalu. Dia buat semacem video yang isinya semacem sayembara untuk mencari easter egg. Untuk nemuin telor ini, kita harus bisa nyari tiga kunci, yang mana jadi rewards kalo kita udah menang kompetisi tertentu. Orang pertama yang bisa nemu easter egg, akan diwariskan seluruh saham Halliday di OASIS dan otomatis jadi pemilik tunggalnya OASIS.

Sape yang ngga mau kaya mendadak? Secara dunia lagi super prihatin kondisinya. Siapapun yang dapet saham USD 500 miliar pastinya bisa langsung jadi penguasa dunia.

Gambar terkait

Hasil gambar untuk i'm rich

Kompetisi untuk berburu kunci pertama itu semacem lomba gokart, yang sayangnya tantangannya banyaaak bener. Udah para gunter -pemburu telor- pada super kompetitip sampe 'bunuh-bunuhan', eeh ada tantangan lagi macem T-Rex dan Kingkong. Apalagi si Kingkong ini nongkrong di garis finish yang ngebuat belum ada satupun orang yang berhasil mencapai garis finish selama 5 taun ini.

Wade alias Parzival alias Z, punya temen-temen ikrib di dunia OASIS, namanya Aech, Daito, dan Sho. Walaupun bertemen ikrib, mereka ngga ngegeng atau buat squad. Tetep mereka berburu telor masing-masing. Di suatu kompetisi, Parzival nyelametin Art3mis dari mulut Kingkong. Merekapun jadi temen juga dan bebauannya Parzival naksir sama Art3mis, ihik-ihik.

Ohiya, bukannya aing alay ya nulis Art3mis pake angka 3. Tapi emang nama avatar doski begindang. Curiga gue dulu jaman SMA nulis SMS pake huruf gede kecil (eMankNya eLu, yAs?).

Hasil gambar untuk ready player one
Parzival dan Art3mis waktu lagi ngedate di kleb malem

Di OASIS ada semacem perpustakaan yang berisi jurnal hidupnya Halliday. Jadi kaya diary hidupnya Halliday dalam bentuk reka ulang adegan. Misalnya tanggal 1 Januari 2020 Halliday lagi pesta taun baru, ya ada reka ulang adegannya dia ngapain aja di tanggal segitu. Ngga ditulis dalem bentuk tulisan macem diary pada umumnya.

Si perpus ini dikelola sama avatar bernama kurator. Dulu sih, waktu awal-awal pengumuman sayembara, si perpus ini super penuh sama gunter yang berusaha nyari petunjuk tentang Halliday. Secara kompetisi nyari kunci ini tersembunyi dan clue-nya adalah hal-hal yang terkait sama Halliday, yang doyan banget sama 80's pop culture. Tapi makin lama, orang udah bosyen nyari petunjuk di perpus. Akhirnya si perpus kosong dan kayanya cuma Parzival aja yang doyan ke sini.

Hasil gambar untuk ready player one curator
Kurator, Parzival, dan Art3mis yang lagi nonton salah satu jurnal Halliday

Pas lagi ngobrol sama Art3mis, Parzival ngerasa ngedapet pencerahan dan doski langsung caw ke perpus. Dari perpus inilah Parzival dapet clue buat memenangkan kompetisi gokart maut itu. Caranya gimana? Nonton dewe, bos! Akhirnya doski menang dan bisa jadi orang pertama yang dapet kunci pertama. Tentunya karena doski setia kawan, doski juga kasihtau tipsnya ke Aech, Art3mis, Daito, dan Sho. Jadilah mereka Highest 5 (atau High 5 ya, aing poho), alias top 5 di papan scor OASIS dan tentunya Parzival jadi mendadak dangdut beken.

Gambar terkait
kunci begini doang nyarinya susyeh amir

Kemenangan Parzival ngebuat sirik pemimpin IOI (Innovative Online Industries), Nolan Sorento. IOI ini adalah organisasi yang bernapsu buat mengambil alih OASIS. Jadilah IOI ini perusahaan dengan visi misi yang hanya sebiji: nemuin easter egg. Seluruh karyawannya didayagunakan untuk mencari jalan menuju telor. Nolan juga merekrut semacem preman bayaran, avatar bernama i-Rok, yang walaupun tampakannya serem, tapi bawel bener suka ngemeng. Nolan juga berusaha nego Parzival buat bergabung ke IOI dengan iming-iming bayaran super mahal. Tapi Parzival menolak dan ngebuat Nolan jadi marah terus ngebom tempat tinggal Parzival. Akibat insiden itu, tante dan pacar tante Parzival meninggal.

Hasil gambar untuk ready player one IOI
mendayagunakan seluruh sumber daya buat....main game virtual? okesip.

Pendek cerita (pendek darimane, nyong?!), Parzival akhirnya tinggal sama Art3mis dan geng pemberontak yang berusaha untuk menggagalkan IOI menemukan telor dan bertujuan akhir menyelamatkan OASIS. Selain dapet kunci pertama, tentunya pemenang kompetisi gokart dapet petunjuk untuk tau di mana bisa dapet kunci kedua. Setelah bersemedi dan berdiskusi bersama, Highest 5 merasa kunci berikutnya ada di film yang Halliday tonton sama mantan pacarnya....which also happen to be Marrow's wife, hahaha. PMP alias pren makan pren juga ada disindang!

Setelah proses pencarian kunci kedua yang serem (karena ngelibatin pelm horror pliz!), akhirnya Highest 5 bisa dapet kunci kedua dan petunjuk menuju kompetisi terakhir. Sayangnya, markas persembunyian geng pemberontak ketauan IOI. Saat penggerebekan, Art3mis berhasil menyelamatkan Parzival dengan mengorbankan dirinya buat ditangkep. Parzival akhirnya bertemu sama Aech, Daito, dan Sho yang sebelumnya udah dikontek Art3mis. Mereka akhirnya mencari jalan buat masuk ke markas IOI buat nyelametin Art3mis dan tentunya mendapat kunci ketiga.

Btw, ada satu yang gue bingung di sini: gimana cara Art3mis bisa kenal dan tau nomer hapenya Aech, Daito, sama Sho. Kan ceritanya orang-orang di OASIS pada saling ngga kenal di dunia nyata.

Biarlah itu menjadi misteri Illahi...

Gue ngga bakal cerita detail gimana proses penyelamatan Art3mis dan pencarian kunci ketiga. Karena apa? Lo harus nonton sendiri! Seru banget! Selain itu, gue juga ngga inget detailnya sih, buahahaha. Ya maap, otak gue lagi terbanjiri hormon hamil #alasan. Intinya semua itu melibatkan kerja sama antar temen, bola artefak yang mesti dibacain mantra macem jelangkung, pidato menggugah hati dari Parzival, dan...kepikunan Nolan Sorento yang naro password login OASIS-nya sembarangan. Untung yang ketauan 'cuma' password OASIS sama si Parzival. Coba password instagram lu sama bini lu #eh.

Hasil gambar untuk oops gif

Intinya, Parzival bisa dapet kunci ketiga dan menemukan easter egg. Otomatis doski menjadi pewaris tunggal OASIS. Tapi karena dia setia kawan (again), dia bagi kepemilikan OASIS sama keempat temennya. Apalagi dia bilang dia ngga mau mengulangi kesalahan Halliday yang mendepak sahabat satu-satunya hanya karena bisnis. Plus, Parzival meliburkan OASIS di hari Selasa dan Kamis (kalo ngga salah) untuk memberi kesempatan orang-orang hidup di dunia nyata, misalnya cipokan di apartemen. Kaya yang Wade dan Samantha (nama aslinya Art3mis) lakuin.

Happy ending? Ofkors. Plus seperti yang gue bilang di atas, film ini bener-bener nyaris sempurna, baik dari jalan cerita dan tampilan filmnya. Kalopun gue harus 'nyari kekurangan' film ini, errr, apa ya? Palingan kaya ceritanya mudah ketebak sih. Kaya yang dari awal penjahat ya sampe akhir tetep jahat juga. Ngga ada kejutan kaya tiba-tiba dikhianatin temen sendiri gitu.

Must watch? Definitely. Kaya gue bilang di atas, gue mau banget disuruh nonton lagi. Kalo bisa nonton lagi, gue pengen banget nonton versi 3D-nya biar bisa liat detail-detail filmnya yang ciamik itu. Tapi kalo 3D itu ngga ada di premiere ya kakak? Boyok tante ini udin ngga kuat duduk di kursi jelata tegak.

Last spoiler from me: ndak ada after credit. Silahkan langsung kukut abis pelmnya selsei!

Sampe jumpa di #YukNonton selanjutnya!





No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS