Pages

Wife before Mother

Monday, April 16, 2018

Sekarang ini, gue udah ngga jadi gadis buibu kereta lagi. Setelah hampir setahun ngantor dengan menumpang commuter line, gue akhirnya kembali melaju dengan mobil. Apalagi kalo bukan karena perut yang semakin membuncit. Emang sih, sekarang udah mulai sering dapet duduk di kereta. Cuman tetep aja, naik dan turun keretanya itu perjuangan dan perut udah pasti kesenggol dan kepejret. So, demi keamanan bersama, mari kita ngelaju ajeee!

Untungnya yaaa, ngelaju sekarang ini gue didampingi sama suami. Jadi dia akan nyetir dari rumah sampe UKI dan lanjut pake gojek. Sementara gue akan lanjut nyetir sampe kantor. Pulangnya? Eikeh nyetir sendiri dari kantor sampe rumah. Btw, siapapun yang menciptakan mobil matic, GBU! Ngga kebayang gue harus nyetir Depok-Salemba-Depok dalam keadaan perut buncit bunting 7 bulan.

Hasil gambar untuk thank god gif

Hal positif yang gue rasakan dengan ngelaju ini adalah punya 'quality time' sama suami. Lumayan ya buk, hampir sejam lah kita bareng di mobil. Bisa cerita-cerita, ngobrol-ngobrol, nemplok-nemplok, yang mana biasanya di kereta gue di manaaa dia di manaaaa. Kalau biasanya waktu kita pas weekdays itu minim banget, sekarang, at least, kita bareng-bareng di mobil waktu berangkat kantor. Macetpun bisa lebih dinikmatin karena berdua.

Berduaan sama suami mengingatkan gue di masa awal-awal nikah sebelum ada Ales. Itu waktu paling merdeka buat berduaan. Secara kalo pacaran, mau seharian nemplok, pada akhirnya juga pulang ke rumah masing-masing dan bobo sendiri-sendiri. Istilah 'dunia milik berdua' bener-bener kita alamin di waktu itu.

Gue jadi inget, pernah baca artikel tentang gimana pasutri (OHEMJI ISTILAH GUE) yang udah beranak 'lupa' kalau sebelum jadi ayah/ibu, mereka adalah suami/istri. Mereka terlalu dan selalu memprioritaskan kepentingan anak di atas kepentingan mereka berdua. Which is good. Anak emang harus jadi prioritas kita. Tapi apakah anak harus selalu jadi prioritas kita?

Sebelum gue cerita pendapat gue, disclaimer dulu yaa, gue bukannya ngga bersyukur dengan keberadaan anak. Yakeleus deh. Kalo ngga bersyukur mana mau gue hamil dan beranak dua kali. Tapi harus diakui, adanya anak membuat baterai gue 'drain' lebih cepet . Baik baterai secara waktu, energi, dan emosi. Kalo jatah baterai gue udah abis buat anak dan kerjaan, apa kabar dengan suami gue?

Gambar terkait

Coba deh, kita kan sering ngerasa kok suami udah kurang perhatian atau kurang romantis sekarang. Kok suami sibuk mulu sama kerjaannya. Kok suami kalo di rumah cuma mainan hape aja. Padahal, kalo kita introspeksi, kita juga kemungkinan kaya gitu kok. Di kantor sibuk banget sama kerjaan. Di rumah sibuk sama anak dan gadget. Terus waktu buat suami kapan? Padahal suami itu juga butuh perhatian kita. Even mereka notice dan ngehargain lho hal-hal kecil yang kita lakuin kaya di artikel Mommies Daily ini.

Kalo kata orang, love and marriage are verbs, not noun. Jadi ya kalo mau 'jalan' ya harus diusahain. Gue mencoba untuk nostalgia ke masa-masa sebelum gue jadi ibu. Inget-inget, kalo sebelum jadi mamanya Ales, gue adalah istrinya Abi. Jadi selain komitmen dan tanggung jawab sama Ales, gue juga punya komitmen dan tanggung jawab yang ngga kalah besarnya sama Abi. Ini ada beberapa hal yang udah dan rencananya akan kita lakuin. Semoga bisa membantu dan jadi referensi yaaa.

1. Quality time saat di jalan
Bukan cuma berdua di mobil tapi asik sendiri-sendiri: yang nyetir konsen nyetir, yang ngga nyetir mainan hape. Tapi bener-bener ngabisin waktu untuk ngobrol-ngobrol atau cerita-cerita berdua. Sekedar 45 menit atau sejam itu udah cukup banget kok buat 'lebih kenal' sama suami.

2. Optimalkan waktu di tempat kerja
Yang kenal sama gue di tempat kerja mungkin udah paham kalo gue adalah penganut tenggo garis keras. Buat gue, kalo bisa kerja dengan cepet dan pulang tepat waktu, kenapa ngga? Mungkin karena dari dulu gue dididik kalau lembur bukan cerminan karyawan pekerja keras, tapi karyawan yang ngga bisa manage waktu/kerjaan dengan baik di kantor. Now I'm being rude, am I? Hahaha.

Ya intinya, di kantor gue punya tanggung jawab kerjaan. Ya gue full dedicated sama kerjaan gue di kantor. Minimalisir deh 'gangguan' macem ngurusin urusan rumah atau urusan laen yang ngga terkait sama kantor. Tapi selain kerjaan, gue juga punya tanggung jawab suami dan anak. Ya di luar kantor dedikasi gue ke suami dan anak. Harus adil kan?

Hasil gambar untuk yeah gif

3. Kencan colongan
Karena weekends udah jatah anak, mau ngga mau kita harus nyolong-nyolong waktu kencan di weekdays. Kalau ada film bagus kita biasanya movie date, kalo ngga ada kita cari makan yang searah jalan pulang. Ohya, tips kalo mau lakuin ini: 'izin' dulu ke baby sitter/mbak di rumah dan pastikan kondisi anak/rumah aman terkendali.

4. Singkirkan gadget kalo lagi ada kesempatan berdua
Berdua ngga lembur, anak tidurnya cepet. Seharusnya sih bisa banget ya quality time berdua di rumah. Tapi kadang godaan gadget terlalu berat untuk ditolak. Doski main game atau baca novel di hape. Gue blogwalking atau main instagram. Akhirnya kita buat 'kesepakatan' kalo kita harus ngobrol-ngobrol dulu sampe jam berapa, baru boleh nyentuh gadget. Our time aman, me time aman. Ahsek.

5. Jangan gengsian
Sering nih kita gengsi bener mau bilang kangen. Kangen ngobrol, kangen kencan, kangen ehem-ehem, sampe kangen ditransfer #eh . Tips dari gue: jangan gengsi buat bilang, karena mungkin aja pasangan lo sebenernya juga gengsi hahaha. Sekarang kalo gue tiba-tiba kangen ya gue whatsapp aja: loveee, kangeeen. Eh tiba-tiba dia bales juga hal yang sama. Terus lanjut deh ngobrol via whatsapp. Ternyata dia sering ngga ngehubungin duluan karena takut ngeganggu gue yang lagi kerja. Gue pun sama, takut dia keganggu dengan kegenggesan gue.

6. Rencanain 'honeymoon'
Ini nih, yang belom sempet gue lakuin, tapi soon akan gue lakuin begitu memungkinkan. Pengennya abis lahiran dan baby bisa ditinggal sehari-dua hari, kita mau honeymoon berdua. Kalo ngga memungkinkan keluar kota, ya mungkin staycation aja di dalem kota. Makan di resto yang apik, nginep di hotel yang ciamik, going wild berduaan (HUAHAHAHA), dan siap menghadapi drama anak-anak lagi besoknya. Doakan segera terlaksana!

Hasil gambar untuk flirty gif

Mungkin segitu dari gue. Nanti kalo ada tambahan bakal gue update lagi. Gue pernah denger atau baca di manaa gitu sebuah quotes yang apik. Intinya kaya gini, orang tua kadang terlalu memprioritaskan anak dan lupa memprioritaskan pasangannya. Mereka seolah lupa, kalau anak-anak itu cepat atau lambat akan besar dan 'meninggalkan' orang tuanya dan saat anak-anak itu 'pergi' yang kita punya 'hanya' pasangan. Kalau sama pasangan kita tidak dekat, sama siapa lagi kita saat itu datang?

Ciao, mau kerja dulu biar bisa pulcep. Bhay!


2 comments:

  1. iya walau sempit waktu bisa diakali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kalo ngga kapan lagi ya kan? Salam kenal ya, moms :)

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS