Pages

Prahara Gosok Gigi dan Senjata Pamungkasku: Dr. Browns Tooth and Gum Wipes

Tuesday, April 17, 2018

Kalau ada ibu-ibu yang bilang nyuruh anak gosok gigi itu gampang... kalian beruntung sekaleeee. Selama ini, bisa diitung pake jari deh, moment di mana Ales gosok gigi tanpa drama. Padahal waktu dia masih bayi lucu tanpa gigi, gue udah berangan-angan kalau moment gosok gigi Ales akan menjadi moment yang seru dan fun. Nyatanya? Boro-boro seru dan fun. Mau mangap dan gosok gigi tanpa nangis teriak-teriak aja emak bapaknya udah sujud sukur!

Hasil gambar untuk thank god gif

Gue dan Abi termasuk yang concern banget sama masalah per-gosokgigi-an ini. Apalagi Abi, biarpun cowo, dia concern banget sama kesehatan dan kebersihan. Dia 'trauma' ngeliat temen-temennya waktu kecil giginya pada item dan rusak semua. Untungnya buat gue adalah gue punya balajaer bala bantuan kalo Ales berulah waktu lagi gosok gigi.

Padahal nih ya, Ales itu anaknya doyan banget sama makanan manis. Plus, dia masih ngedot sufor sampe sekarang. Tau sendiri kan, seberapa berlimpahnya kandungan gula yang ada di sufor. Gegara itu, selain toilet training, Ales rajin gosok gigi jadi salah satu top priority gue dalam hal parenting.

Apakah gue dan Abi ngga mengusahakan apapun supaya Ales mau gosok gigi? Yakeleeeusss. Kita udah mencoba berbagai tips and trick yang diklaim bisa membuat anak mau gosok gigi. Mulai dari ngasih odol dengan rasa favoritnya, ikutan gosok gigi bareng bocah, sampe ngasih video yang menunjukkan asiknya gosok gigi. Hasilnya? Nihil. Cah lanangku tetep emoh gosok gigi. Btw, kita ngomongin 'mau gosok gigi' dulu deh, soalnya 'rajin gosok gigi' itu target yang masih kejauhan, hihihi.

Sebenernya, menurut gue dan Abi, Ales itu bukannya ngga mau gosok gigi. Dia itu cuma mau nunjukin kalo dia 'udah bisa ngelawan perintah' dan punya 'bargaining power'. Soalnya kadang dia bisa manis banget waktu disuruh gosok gigi. Di lain waktu, dia mau gosok gigi tapi punya permintaan dulu, misalnya harus gosok gigi sama gue atau mau kumur pake gelas kesayangannya. Mungkin ini salah satu tanda dari fase terrible two dan threenager, di mana si bocah jadi rada-rada pembangkang dan pengatur. Yaah, pinter-pinter orang tuanya aja supaya bisa tetep ngatur anak tapi dianya tetep ngerasa nyaman.

Hasil gambar untuk yeah gif

Btw, kenalin nih solusi kalo kita udah dalam kondisi kepepeeet bin gawat darurat...

Gambar terkait
Pict taken from here.

Yess. Dr. Browns Tooth and Gum Wipes, my lord, my queen, my holy grail, my guilty pleasure!

Dr. Browns Tooth and Gum Wipes adalah tissue basah gigi yang berfungsi membersihkan gigi dan gusi bayi/balita/anak-anak. Secara fisik, dia hampir mirip dengan tissue basah biasa. Bedanya mungkin si tissue basah gigi ini lebih lengket, secara memang lebih pekat kandungannya dari tissue basah biasa.

Apakah Dr. Browns Tooth and Gum Wipes aman dipakai untuk bayi/balita/anak?

Jangan khawatir! Tissue gigi yang udah tersertifikasi oleh WHO ini terbuat dari bahan-bahan alami dengan basis tumbuhan (xylitol) yang mampu melawan bakteri penyebab kerusakan gigi. In case kalian belum kenal, xylitol ini adalah pemanis alami sekaligus antibakteri yang umum digunakan untuk perawatan gigi. Xylitol ini biasa ditemukan di buah-buahan, sayuran, juga jamur. Selain itu, xylitol juga sebenarnya terdapat di jaringan tubuh manusia lho! Jadi keamanannya udah teruji lah yaa. Sangking amannya, tissue ini juga aman untuk dipakai mulai dari newborn. Tapi kalo newborn, yang dibersihin gusi yeee pan belon bergigi.

Apakah Dr. Browns Tooth and Gum Wipes efektif untuk membersihkan gigi anak?

Kalo di Ales sih, yes ya kakak. Kalo sepengalaman gue, tissue gigi ini cukup efektif membersihkan sisa-sisa makanan dan susu yang nemplok di gigi. Sisi positifnya, karena tissue ini lembut binggits, bisa juga buat membersihkan gusi, lidah, dan mukosa rongga mulut. Me laff deh pokoke!

Jadi, kalo Ales udah ngaleyeeudd bener nggamao gosok gigi walaupun kita udah mengeluarkan berbagai jurus, biasanya kita keluarkanlah senjata terakhir ini. Berhubung cuma diusap aja, jadi dia ngga ngerasa kalo giginya lagi dibersihin, hahaha. Kena tipu lo, bocah!

Btw, walaupun ngga ada concern dari segi keamanan dan fungsi si tissue gigi, gue dan suami tetep berniat 'mendidik' Ales untuk rajin gosok gigi. Bagaimanapun, gosok gigi bukan sekedar kegiatan untuk membersihkan gigi, tapi juga sarana untuk melatih kedisiplinan anak. Ciyeeeh, bahasa gue udah bahasa emak-emak banget ngga sih. Tumbeeeen rada bener kaaan, hihihi.

Udah ah, siyap-siyap mau pulang duyu #teamtenggo .





2 comments:

  1. aaah beruntungnya nemu postingan ini. Saya juga susah banget ngajarin anak sikat gigi, yang ada sikat gigi direbut dan dibuang. Kalau dipaksa dia pasti meronta-ronta. Padahal udah beli sikat gigi lucu, pasta gigi organik yang mehong itu, tetep nggak mau hiks. Jadi giginya udah mulai berkarang. Langsung check shopee deh habis ini. thanyou mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, toss moms, senasip banget! Anakku giginya mulai ada coklat2nya dikiiit, makanya harus digiatin gosok giginya. Tapi beneran deh tissue gigi ini recommended banget :D

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS