Pages

Persiapan Kelahiran Anak Kedua

Monday, May 14, 2018

Memasuki trimester terakhir kehamilan ini, gue jadi kembali mengingat trimester terakhir kehamilan pertama yang mana selalu diisi dengan belanja, belanja, dan belanja. Yaah, namanya juga baru pertama kalinya punya anak, semuanya mau dibeli. Kalo denger nasehat 'beli yang penting-penting aja', kok gue malahan tambah bingung. Soalnya, semuanya berasa penting, sis! Alhasil, budget gue untuk belanja waktu itu jadi bengkak banget. 😅

Makanya gue bersyukur, dikasih jarak kehamilan kedua yang ngga gitu jauh dengan kehamilan pertama. Walaupun ngangon balita sambil hamil itu capenya hastaganagabonar, hampir semua barang-barang bayi statusnya masih sangat layak pakai. Berarti, gue bisa hemat banyak banget dong karena ngga perlu beli barang-barang bayi lagi? Udah siap nih, nyambut newborn lagi?

Tunggu duluuuu, ngga beli barang-barang bayi bukan berarti gue udah siap menyambut newborn lagi. Secara, yang namanya ada mahluk baru, pasti harus ada 'persiapan penyambutannya'. Ini ada beberapa hal yang masuk ke to-do-list gue untuk menyambut si anak kedua. Di luar pesiapan mental dan fulus, tentunya...

1. Pilah-pilah baju bayi
Gue punya banyaaak banget baju newborn, baik itu beli sendiri, atau hadiah dari orang lain. Masalah pertamanya adalah, anak pertama gue cowo dan anak kedua gue (Insya Allah) cewe. Baju-baju newborn yang gue punya tentunya adalah baju buat newborn cowo, yang mana warna dan motifnya sebagian besar 'macho'. Jadi, apa untuk menyambut anak kedua gue harus beli baju-baju berwarna dan motif girly?

Untungnya, gue pribadi bukan tipe cewe yang manis manja alias demen warna dan motif girly. Otomatis gue ngga punya rencana buat dandanin anak gue pake warna dan motif yang girly. So, warna dan motif 'macho' bukan masalah buat gue.

Hasil gambar untuk no problem gif


Yang lebih jadi concern buat gue adalah apakah baju-baju itu masih layak buat dipake. Secara sejak Mas Echo 'lulus' dari status newborn, semua baju newborn udah gue 'kandangin' di box. Ini nih, yang lumayan PR. Soalnya gue harus bongkar-bongkar para box itu, nyari baju-baju yang masih layak pake. Layak pake yang gue maksud di sini itu yang masih utuh dan bersih. Kalo rada kotor tapi masih bisa dicuci sih ngga masyalah. Tapi kalo udah robek, bolong, jamuran, brudul jaitannya, jabrik-jabrik tekstur kainnya, sepertinya akan gue pensiunkan aja deh. Hari ini nih, si mbak dan cus lagi kerja rodi bongkar-bongkar box. Doakan banyak yang masih bisa kepake yaa! *kekepin dompet*

2. Mengosongkan loker
Waktu awal pindahan, gue beli dua buah loker, satu untuk di kamar gue dan suami, satu untuk di kamar Mas Echo. Setelah punya duit buat bikin lemari, loker di kamar gue dan suami diungsikan ke kamar Mas Echo. Tapi itu loker masih diisi baju-baju gue sih, huahahaha. Naah, pengennya sih baju-baju dan perlengkapan Nyunyu nanti ditaroh di loker itu. Otomatis, baju-baju gue dan penghuni ilegal lainnya harus dipindahkan dari situ. Jadi PR gue untuk hal ini adalah mengeluarkan seluruh isi loker, yang mana juga lagi dikerjain sama mbak dan cus hari ini. Setelah itu, gue akan milih-milih mana yang masih berguna, dan mana yang ngga. Kalo masih berguna, ya disimpen di tempat lain. Kalo udah ngga berguna, ya harus ditega-tegain buat dibuang atau dikasih ke orang lain.

Gambar terkait

Lokernya beli di Informa, persis kaya gambar ini. Sumber foto dari sini.


3. Mengumpulkan peralatan bayi
....yang tersebar di seluruh penjuru rumah. Huahahaha. Asli deh, gue harus ngaku, kalo gue bukan tipe orang yang rapih bener. Gue suka sama kerapihan, tapi ngga suka bersih-bersih dan beres-beres. Jadi, barang gue banyak yang tergeletak di sana-sini yang mana bukan tempat semestinya.

Contohnya, breast pump. Gue punya breast pump Medela Freestyle, yang mana kualitasnya oke berat. Plus karena gue baru berhenti pumping di tahun 2017 awal, seharusnya breast pump itu masih bagus bener kondisinya kalo ngga gue digantung laki gue. Masalahnya adalah, mesinnya sih ada, botol ada, corong pompa ada. Tapiiii, chargernya entah di mana, hahaha. Mana gue lupa lagi bentuk chargernya macem apa. Rempong deh ini nyarinya!

Gambar terkait
Medela Freestyle, gambar dari sini.


Barang-barang lain yang harus gue temukan adalah bottle warmer, baby cot plus matrasnya, car seat, dan bouncer. Untuk keempat barang ini sih, Insya Allah gue tau mereka ada di mana. Cuma pastinya, sebelum dihuni penghuni baru, mereka perlu banget dibersih-bersihin. Please, jangan kotor banget ya kaliaaan!

4. Membeli apa yang terpaksa harus dibeli
Ada beberapa barang yang mau ngga mau, harus gue beli. Misalnya botol susu. Sekarang sih, botol-botol susunya Mas Echo masih banyak yang bagus. Cuma, size dotnya itu kan udah yang ukurannya paling gede. Sementara, untuk newborn kan size-nya beda, cimit bener bolongannya. Jadi kayanya gue bakal beli lagi si dot ini. Mungkin cari yang warnanya rada beda sama botolnya Mas Echo. Kalo Mas Echo kan warna botolnya broken white, hijau muda, ungu muda, atau biru. Mungkin buat Nyunyu, biar ngebedain, gue bakal beliin warna pink.

Btw, untuk Mas Echo, gue pake botol susu Pigeon wide neck peristaltic plus. Sebenernya dulu bocah ini udah gue cobain berbagai macem merk botol susu, tapi nyangkut di Pigeon ini. Tau aja, ini yang paling mureh, nak. Semoga, adeknya juga penggemar Pigeon yak!

Hasil gambar untuk pigeon wide neck peristaltic plus
Pigeon wide neck peristaltic plus, gambar dari sini.


Barang-barang selain botol susu yang masuk ke to-buy-list gue adalah plastik ASIP, breast pad, handuk bayi (yang super lembut), baby bather (punya Mas Echo udah diselimutin jamur, yeiks!) dan tentunya, pampers ukuran newborn. Seharusnya sih, ngga terlalu banyak kan yaaa? *kekepin dompet (2)*

5. Kulkas atau freezer?
Ini nih, masih jadi perdebatan di antara gue dan suami. Kulkas yang ada di rumah gue sekarang adalah kulkas dua pintu (atas-bawah) yang ukurannya ngga terlalu besar. Yang mana, karena Mas Echo udah lama ngga minum ASIP, jadi udah sangat terkontaminasi sama banyak hal, macem daging, ikan, sayur, susu, dll. Kayanya, untuk naroh ASIP di situ, walaupun ditaroh di dalem tupperware dulu, masih kurang 'sehat' ya? Belom lagi masalah space-nya. Kulkas gue aja sekarang udah penuh sesek, gimana kalo ditambah ASIP lagi?

Jadi sekarang, gue sama suami lagi bingung mau beli kulkas atau gimana. Kalopun beli kulkas lagi, tetep beli yang dua pintu (atas-bawah) tapi ukurannya mungkin yang lebih gede. Mau beli dua pintu (kanan-kiri), ngga muat cyin tempatnya, hihihi. Kalo kita mau beli kulkas lagi, sepertinya bakal cari yang bisa tuker tambah, secara sebenernya kulkas gue yang ini masih baguuuussss banget.

Tapi ada pilihan lain yang menggiurkan: nyewa freezer aja. Err, gimana nih? Aku masih labil, tolooong!

Gambar terkait


6. Beres-beres rumah
Yang pertama diberesin, tentunya, adalah kamar gue dan suami. Secara Nyunyu kan pasti bakal sekamar sama kita, walaupun di box. Kita harus sterilisasi kamar dari hal-hal yang berbahaya buat bayi, misalnya masang pengaman sudut meja. Selain itu, kita juga rencana untuk bersihin dan tambah freon AC, vacuum kasur dan gorden, sama buang-buang barang yang ngga penting plus menuh-menuhin kamar aja.

Ada penghuni baru, gimana nasib Mas Echo?

Sebenernya sih, gue dan suami pengen dengan adanya Nyunyu, Mas Echo bisa mulai tidur di kamarnya sendiri. Bukan bermaksud ngusir apalagi nyingkirin, tapi umur 3 tahun juga udah boleh diajarin tidur sendiri kan? Toh gue dan suami gue juga akan gantian nemenin dia di kamarnya. Kalo ngga, ya dia ditemenin cus atau mbak.

Demi suksesnya Mas Echo mau tidur di kamarnya sendiri, gue dan suami berencana mendekor ulang kamarnya. Sekarang sih, pernak-pernik kamarnya udah cukup ya, tapi mungkin kurang ciamik. Rencananya, kita pengen kamar Mas Echo didekor sama hal-hal favoritnya dia. Misalnya dia kan suka banget sama Spiderman, jadi mungkin kita mau ngedekor kamarnya dengan tema superheroes. Semoga bonus emakmu cepet cair ya, nak!

Gambar terkait


Sepertinya itu dulu yang baru terlintas di pikiran gue. Jadi, lebih simple menyambut anak pertama atau anak kedua nih? Kalo nanti terinspirasi lagi tentang to-do-list-nya, gue update lagi deh. Sementara itu, ada yang mau nambahin? Siapatau ada yang udah pengalaman menyambut anak kedua, ketiga, keempat, dst? Boleh lhoooo, dibagi tipsnyaaaa 😁






2 comments:

  1. Hihihi.. Trisemester ketiga emang paling bikin degdegan plus excited ya bun.
    Jadi ingat taun kemaren juga saya ada di posisi ini.

    Lebih parah malah, karena jarak sama si kakak 7 taun, alhasil saya membongkar kotak yang sudah teronggok selama 7 tahun dan memghabiskan waktu nyaris seminggu memilah dan mencuci serta nyetrika baju si kakak buat adiknya.

    Btw semoga lancar hingga lahiran nanti yaaa

    ReplyDelete
  2. waaah, tapi masih hebat juga bun, baju yang udah disimpen 7 taun masih awet juga, hihihi. makasih banyak yaaa :D

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS