Pages

Saat mereka besar nanti...

Wednesday, May 9, 2018

Berkat selalu berangkat bareng naik mobil sama suami, kita berdua jadi sering ngobrol-ngobrol bareng selama di mobil. Yaiyalah, masa laki bini diem-dieman macem supir Grab sama penumpangnye? Topiknya cukup random, tapi ya tentu masih didominasi sama urusan bocah(-bocah). Seperti beberapa hari lalu, kita berdua lagi doyan ngomongin gimana kalo mereka udah pada gede nanti.

Obrolannya sih random banget, tapi mungkin bisa jadi contekan buat bahan obrolan pasangan sewaktu mengarungi kemacetan jalanan, hehehe...


Tentang Pacaran
Laki gue masih mingkem, kalo ditanya kapan bocah-bocahnya boleh pacaran. Terutama untuk Nyunyu ya, yang Insya Allah adalah perempuan. Kalo menurut gue...errr...kapan yaa? Gue pribadi dari SD udah mulai pacaran *tutup muka*. Walaupun pacarannya yang cupu gitu sih, alias cuma jalan-jalan di Taman Topi deket sekolah aja. Gandengan aja kaga. Plus, masa pacarannya pun cepet banget, palingan cuma dua minggu, hahaha.

Jadi jangan bayangin pacarannya yang macem anak SD jaman now, yang udah manggil papamama plus mengikat janji sehidup semati. Eh, tapi masa dulu ada lho mantan gue yang gue putusin dia bilang: AKU NGGA MAU PUTUS SAMA KAMU, AKU UDAH CINTA MATI SAMA KAMU. Tapi dua minggu kemudian, dia jadian sama sahabat gue, siakek. Si mantan itu add gue di FB dan ternyata dia sekarang adalah......model underwear lho. Aku adalah mantan dari model celana dalem! Ohemji!

Gambar terkait

Gue sendiri ngga tau laki gue pacaran mulai umur berapa. Tapi dari SMP aja pacarannya udah yang menyerempet bahaya gitu, huahahahaha *asah golok*. Jadi, kalo dari gue sih, mungkin dari akhir SMP atau awal SMA kali ya mereka boleh pacarannya? Tapi tentunya, masih dalam pengawasan orang tuanya banget. Terutama laki gue, yang bilang kalo anak gadisnya mau jalan sama cowo, dia bakal ikut nempel ke mana-mana. Kalo anak gadisnya diapelin, bakal dia lindes pake mobil di depan komplek. YAOLOH, SUAMI SIAPA SIH INI? RESE BENER?? 😏

Hasil gambar untuk you are annoying gif

Terus gue tanya, boleh ngga kalo bocah-bocah pacaran sama artis. Suami gue langsung dengan teges bilang: NGGA BOLEH. Pun demikian pas gue tanya boleh ngga kalo anaknya pacaran sama pejabat. Takutnya ortu pacarnya korup terus anak kita jadi kesangkut-sangkut, huahahaha.

Gue juga nanya gimana kalo pacarnya Nyunyu jauh lebih tua dari Nyunyu. Atau malah pacarnya Nyunyu berondong. Atau Mas Echo yang jadi berondong. Kalo laki gue, ngasih batas maksimal umur anaknya dan pacar anaknya 5 taun. Selebih itu, kalo bisa sih jangan, hahaha. Yaah, namapun kita pasangan seumur ya. Jadi ngerasa kalo pasangan seumur itu cucok banget. Tapi bukan berarti pasangan yang beda umur itu ngga cucok ya. Buanyak banget pasangan beda umur yang gue tau awet dan nyambung banget. So, no stereotyping here, yak!


Tentang Uang Jajan
Dulu waktu SD, duit jajan yang dikasih ke gue itu duit harian yang besarnya kira-kira 2000-5000. Nilai dulu lho, bukan sekarang. Which is, lumayan banget untuk ukuran anak SD jaman itu. Waktu SMP, gue mulai dikasih duit mingguan...plus dipegangin ATM. Yang mana gue, ofkors, gue abuse buat traktir temen-temen. Kemudian, ofkors, ngga pake lama, langsung ditarik sama bokap gue *tutup muka* . 😅

Hasil gambar untuk so rich gif

Nah, berbekal dari pengalaman istrinya yang royal boros itulah, Abi bilang dia ngga mau ngasih ATM apalagi CC ke anak-anaknya. Mungkin takut diperetin pacar sama temen-temennya, haha. Tapi dia masih lumayan baek hati, bakal ngasih anak-anaknya jajan 100 ribu sehari, kalo pake nilai sekarang. Karena masih masuk akal, gue pun salaman dan setuju.


Tentang Kendaraan
Di sini, gue dan suami sepakat kalo bocah-bocah ngga boleh bawa motor. Kalo Mas Echo sih, masih boleh belajar motor, itupun kalo dia udah SMA. Plus, cuma belajar aja. Ngga akan kita izinin buat bawa motor untuk pergi-pergi, apalagi kita beliin buat pribadi. Bukannya belagu atau apa. Cuma gue ngeri banget ngeliat tingkah pemotor jaman sekarang, khususnya yang masih bocah. Apalagi jaman nanti??? Kebayang seremnya kalo dia ikut geng motor terus ikut balapan liar. Amit-amit *ketok-ketok meja* .

Hasil gambar untuk please dont gif

Kalo mobil sih, gue pribadi akan memfasilitasi mereka untuk belajar nyetir mobil. Plus, kalo ada rejeki, gue ngga keberatan untuk beliin mereka mobil pribadi. Tentunya, baru boleh dibawa pas udah punya SIM yeee. Jangan kaya emaknya.

Laki gue sih, setuju juga untuk ngasih anak-anak mobil. Untuk tipe mobilnya, seandainya mereka gede di jaman sekarang, mungkin akan kita kasih yang tipe city car yaa, kaya Jazz atau Yaris. Yaah, mentok-mentok macem HRV kali ya? Aminin aja, doain semoga papa mama banyak rejeki ya, nak!


Tentang Jam Malem
Gue dulu termasuk orang yang miskin jam malem. Walaupun doyan kelayapan, tapi sampe akhir SMP, kalau pas maghrib gue belom nyentuh rumah, pasti udah diteror SMS sama telepon sama orang tua gue. Baru pas SMA gue punya jam malem yang rada longgar, yaitu jam 9 malem kalo hari/weekend biasa, dan jam 11 malem kalo lagi ada acara. Lain halnya sama suami yang kebetulan anak sekolah swasta (hello, stereotype!), dia kayanya bebas merdeka kaga ada jam malem. Nama pun anak cowo kali ya. 😕

Hasil gambar untuk i'm free gif

Tapi yang gue heran, biarpun masa SMP/SMA-nya begajulan dan bebas menuju liar, laki gue mau nerapin aturan yang lumayan ketat buat anak-anaknya. Jam malem si abang cuma sampe jam 9 malem. Sementara buat adeknya lebih sadis, jam 7 malem aja, kakak. Mungkin dia baru berasa yang namanya orang tua itu banyak khawatirnya ya, hahaha. Bukan cuma takut kalo anak kita ngapa-ngapain, tapi juga takut kalo anak kita diapa-apain atau kenapa-kenapa.


Tentang Gadget
Gue mau mengaku dosa, kalo gue telah lalai memberikan gadget pada anak gue sejak dia keciiiil banget. Huhuhu. Abisnya dia baru tenang kalo disodorin video-video Youtube sih *tutup muka*. Judge me, lah, netijen, aku rela dan plead for guilty. Pembelaan gue adalah yang dia tonton masih amat sangat dalam pengawasan gue dan suami. Kontennya kita yakin masih pantes banget untuk anak-anak. Walaupun demikian, untuk anak kedua, kalo bisa kita pengennya ngga mengenalkan gadget ke dia sedini itu. Plus, waktunya ngga sebanyak itu. Supaya ngga se-ketagihan kaya sama gadget kaya abangnya. 🙈

Walaupun udah lama kenal sama gadget, tapi anak gue ngga pernah megang gadget kalo di sekolah. Cus yang megang, itupun sebagai sarana komunikasi gue dan cus supaya gue tetep update anak gue di sekolah ngapain aja. And I want to keep it that way. At least, sampe dia SD ya, yang tentunya sekolahnya lebih lama dan pastinya ngga dikintilin cus.


Tentang Social Media
Gue pribadi adalah orang yang ngga mau bikinin socmed buat anak. Bukannya menyalahkan ortu yang ngebuatin socmed buat anaknya ya. Gue pun 'menikmati' beberapa socmed anak-anak dari temen gue atau artes-artes. Gue cuma ngerasa, it just not my thing. Pun demikian sama laki gue.

Kalo suatu saat bocah-bocah pada buat socmed, silahkan. Tapi kalo bisa pas udah gedean ya naaak. Minimal SD kelas 5 gitu, haha. Itupun gue bakal pantau banget isinya cem mana. Jangan sampe, tiba-tiba anak gue gabung sama BalaJaer. Atau jadi pengikutnya YoungLex. Atau kiblat fashionnya jadi macem Awkarin. Bisa-bisa laki gue langsung masukin mereka ke Gontor! 😠


Tentang Pendidikan
Gue adalah produk dari sekolah dan universitas negeri. Mulai dari SD, SMP, SMA, sampe kuliah, gue berkutat aja di sekolah/universitas negeri. Sebaliknya, suami gue baru mengenyam pendidikan negeri waktu SMA dan universitas. Dia menghabiskan masa SD dan SMP-nya di sekolah swasta.

Gue sih, sebenernya ngga mau stereotyping yaa. Tapi, harus diakui, ada perbedaan yang cukup kentara antara gue dan suami gue. Gue adalah orang yang 'prestasi-oriented'. Mungkin karena di sekolah negeri itu muridnya banyak, otomatis persaingan juga jadi lebih ketat. Sementara laki gue tipe yang lebih selon sama pendidikan. Bodo amet dapet rangking apa ngga, asal masih lulus. 😜

Hasil gambar untuk i dont care gif

Gue bukannya meremehkan kalo lulusan swasta ngga punya motivasi untuk berprestasi ya. Karena gue yakin, sedikit banyak ada pengaruh dan peranan orang tua dalam mencetak anak. Gue pun mungkin seperti itu karena orang tua gue tipe yang keras banget sama pendidikan. Buat mereka, rangking 1 itu udah wajib. Menurut mereka, rangking 2 dst itu cuma 'hiburan' untuk mereka yang udah berusaha tapi gagal jadi rangking 1. Sadis kan?

Kalo yang gue liat, sekolah swasta jaman sekarang udah jauh lebih banyak jumlahnya dan jauh lebih berkualitas dibanding dulu ya. Jadi gue pribadi ngga ragu untuk mempertimbangkan sekolah swasta jadi tempat pendidikan bocah-bocah gue. Mas Echo sendiri, sekarang udah sekolah (main-mainan) di Kinderfield, yang notabene adalah sekolah swasta. Sejauh ini, gue ngerasa sekolah Mas Echo berperan banget untuk ngebentuk anak gue jadi lebih baik. Secara anak gue ketemu emak bapaknya cuma pagi, malem, dan pas weekend. Jadi nyekolahin anak di swasta sama sekali bukan masalah buat gue.

Hasil gambar untuk its okay gif

Gue dan suami pun sepakat, untuk pendidikan dini, macem playgroup, TK, dan SD, kalau kita bisa dan mampu, kita maunya nyekolahin anak di swasta. Karena setau gue, CMIIW, SD negeri itu muridnya banyaaak banget, jadi takutnya anak kita 'ngga kepegang'. Gue sendiri ngalamin waktu SD, ada kelas pagi dan kelas siang, karena muridnya kebanyakan haha. Itupun satu kelas bisa sampe 70an anak, buset kan?

Nah, begitu SMP, kita pengennya anak udah mulai masuk sekolah negeri. Tapi masih bisa ditinjau ulang lagi sih, kalo ada SMP swasta yang ciamik, bolelebo lah masuk swasta juga. Tapi kalo SMA sih kalo bisa pengen yang negeri yaa. Sebagai persiapan masuk kuliah, karena kalo bisa, kita pengen anak-anak masuk universitas negeri secara bayarannya lebih mureh dari swasta.

Tapi kita akan balikin ke anak-anak lah, apa minat dan bakat mereka nantinya. Kalo mereka ternyata prefer untuk ngga masuk ke universitas negeri, ya monggo masuk yang lain. Selama itu bermanfaat buat mereka, membawa kebaikan, ngga mahal-mahal banget, dan itu pilihan yang bisa mereka pertanggungjawabkan sih silahkan ya.

Gimana dengan sekolah/kuliah di luar negeri? Selama ada yang bagus dan kita ada rejeki, juga ngga masalah. Intinya, di manapun mereka menempuh pendidikan, kita cuma mau mereka jadi anak yang baik dan ilmu mereka nantinya bisa berguna buat mereka dan orang lain.

KEK ORANG BENER NGGA SIH OMONGAN GUE?

Gambar terkait

Kayanya udah dulu deh, menghayalnya hari ini. Udah terlalu futuristic dan halu. Bisa-bisa aing jadi Lucinta Luna #EH.

Salam hamil 2 bulan 15 hari!!! 😝



No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS