Pages

Selamat Datang, Trimester Tiga!

Monday, May 7, 2018

Minggu ini, kandungan gue memasuki usia 30 minggu, yang artinya gue udah masuk di trimester ketiga kehamilan. Errr.. sebenernya masuknya dari dua minggu lalu sih pas week 28, hehe. Jadi, apa aja nih rasanya hamil di trimester tiga?

Waktu hamil pertama sih, trimester tiga badan gue udah beraaat banget rasanya. Ya abisss, gue dulu sama sekali ngga ngalamin yang namanya mual muntah. Semua makanan masuk dengan sukses, bahkan sehari bisa lima kali makan berat! Kalo kata orang-orang sih hamil kebo yee. Tapi ya begitu, berat badan gue melonjak dengan cepet. Bahkan di saat orang-orang pada turun beratnya di awal kehamilan, gue sukses naik dua kilo aja dong sebulaaaan. Pokoknya sebelum lahiran berat gue itu nyarisss menyentuh 72 kilo!

Nah, di kehamilan kedua ini gue sempet yang namanya ngalamin mual muntah. Ngga cuma morning sickness, tapi bisa all day sickness. Sangking ngga nafsu makannya, berat gue sampe turun 4 kilo di trimester awal. Kalo gini terus, impian punya body macem Behati Prinsloo pas hamil bisa kewujud dong? Mana aminnyaaaaaa???

Hasil gambar untuk behati prinsloo hamil
Mana ada hamil 27 minggu kaya giniii??


Tapi apa mau dikata, sodara-sodara. Nafsu makan gue udah mulai membaik pas masuk week 20. Perlahan tapi pasti, berat gue kembali naik. Bahkan kemaren pas gue kontrol ke obgyn, susternya bilang kalo berat gue naik 3.5 kilo dari bulan lalu.

HAP-HAP-HAPPPAAAAHHHH SUSSS??? SITU BECANDA?????!!!!

Hasil gambar untuk are you kidding me gif

Sayangnya ngga, kakak. Susternya ngga becanda. Dengan demikian, resmilah gue masuk ke kelompok berat kepala enam, huhu. Udah 62 kilo aja sayah! Untungnya ini udah masuk week 30 ya, yang artinya lahiran 2 bulan lagi.

Btw, kalo cuman naik beratnya sih gue ga masyalah. Insya Allah dengan bantuan sedot lemak, gue bisa ngembaliin berat badan ke semula. Pas hamil kemaren aja gue naik 21 kilo dan dalam sebulan turun 23 kilo. Huahahaha #jumawa. Mangsalahnya adalaaah, seiring dengan kenaikan berat badan,  banyak masalah-masalah yang beruntun dateng.

Yang pertama, karena badan gue semakin berat, tentunya posisi apapun jadi ngga nyaman buat gue. Duduk kelamaan encok, berdiri apalagi, jalan apalagi banget. Jangankan berdiri atau jalan yaa, gue sekarang tidur aja serba salah. Katanya bagusnya kalo hamil itu tidur miring kan ya, ada yang bilang miring kanan, ada yang bilang miring kiri. Sami mawon. Tapiiii, gue kalo tidur miring setengah jam aja, rasanya perut udah mlenyot jatoh dan bikin sebelah badan (yang ketindihan) kram. Mau tidur telentang juga sesek. Tidur telentang diganjel bantal, punggung sama pinggang gue encok soalnya posisinya kurang nyante. Emang pada gitu semua atau gue aja sih, bumil rese banyak maunya?

Hasil gambar untuk all is wrong gif

Gue pernah konsul sama obgyn gue, and as I expected, gue lagi-lagi harus bergaul sama SPD kaya waktu kehamilan pertama. Obgyn gue menyarankan gue untuk rutin olahraga yang ringan-ringan dulu, misalnya berenang. Yang mana udah gue lakuin 2 minggu lalu dan hasilnya lumayanlah. Badan gue lebih enakan dan kerasa seger.

Belom selesei permasalahan posisi tidur dan bergerak, gue masih harus menghadapi masalah yang ngga enak banget buat cewe: ledes area selangkangan. Huahahaha. Ternyata, aneka underwear yang cucok meong sama gue dan pernah gue ceritain di sini, ngga berfungsi baek buat bumil trimester tiga. Area selangkangan gue tetep aja gatel ruarrrr biasa. Mau digaruk, nanti malah lecet dan jadi perih. Kalo ngga digaruk, mana tahaaan akuuuu?

Gue udah coba mencari berbagai solusi termasuk beli celana dalem hamil dan beli celana dalem dengan ukuran jumbo segede karung beras. Hasilnya? Nihil. Tetep aja gatel dan ledes. Bayangin aja, kalo lagi di kantor dan gatel bener mau digaruk gimana cobaaa? Plus kalo tidur makin ngga nyenyak karena keganggu gatel dan perih.

Gue pun browsing di internet, siapatau ada bumil yang senasib sama gue dan ternyata....banyak dong! Solusi yang sukses buat mereka macem-macem, ada yang sembuh dikasih bedak gatel, lotion, minyak kelapa, minyak zaitun, krim anti-iritasi, sampe ada yang ke dokter kulit karena semua solusi udah dijalanin dan gagal. Err, kalo akyu kok rada tengsin ke dokter kulit yee gegera ledes sama gatelan, huahahaha 😂

Akhirnya, gue nemu salah satu ibu-ibu yang kasih tips cemerlang: ngga usah pake celana dalem aja! Awalnya gue sangsi yee, pasti ngga enak banget gitu berasa terekspos kalo ngga pake celana dalem. Tapi begitu gue coba meninggalkan celana dalem dan pake boxer aja....MASYA ALLAH, ENAK BENER!! Jadilah sekarang gue 24 jam bergaul dengan boxer, termasuk menjarah boxer laki gue karena stok boxer gue terbatas, hihihi. Bhay dulu deh celana dalem lucu-lucuku. Maaf yee, gue sekarang ngeliat renda lo aja udah gatelan.

Hasil gambar untuk i cant stand gif

Ohya, begitu masuk trimester tiga gue juga ngerasa energi gue jadi cepet banget abis. Gue kan masih ngantor dan nyetir ya, emang sih, pas di kantor atau di jalan gue ngga ngerasa cape. Tapi begitu nyampe rumah, abis mandi dan bersih-bersih, gue rasanya tepar plus ngantuk banget. Untung akhir-akhir ini anak gue lagi demen tidur cepet. Jadi ngga terlalu terkuras energiku meladeninya. Kelabilan ibu-ibu banget ngga sih? Anak tidur, gemes pengen dibangunin. Anak bangun, rasanya pengen dikelonin biar cepet tidur.

Tapi tentunya, trimester tiga ngga cuma banyak keluhan aja. Gue bersyukur banget secara umum sepanjang kehamilan, janin gue dan gue sehat-sehat aja. Kalo ada banyak keluhan yaaa...bukan cuma gue kan yang ngalamin? Justru karena gue ngalamin keluhan-keluhan, gue jadi bisa sharing sama temen-temen sesama bumil.

Kalau kalian, gimana nih rasanya masuk ke trimester tiga? Cerita yaaa 😄


2 comments:

  1. Hampir sama seperti yg saya dulu rasain waktu hamil pertama. Yg lebih kerasa saat trismster ke 3 adalah kram betis yg sakitnya maknyus bikin nangis pagi2 meskipun hanya bbrapa menit. Konon klo ngalamin ini anaknya laki-laki 😂. Trismster 3 ini rajin cek HB sist.. 😘 Semoga nanti persalinannya lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, makasih sisst. iyaa aku di kehamilan pertama juga Hb drop di trimester tiga. udah harus mulai ceki-ceki nih, hehe..

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS