Pages

Drama Breast Pump

Wednesday, October 24, 2018

Karena lagi pening sama kerjaan, mari kita nulis dulu demi pikiran yang sedikit lebih waras. 😝

Jadi ceritanya, waktu jaman Mas Echo dulu, gue punya dua breast pump. Yang pertama adalah Medela Freestyle, yang kedua adalah Medela Harmony. Yang pertama gue beli adalah Medela Freestyle, yang mana udah gue incar sejak lama. Sementara Medela Harmony gue beli karena katanya di awal-awal setelah lahiran, ASI bisa lebih cepet keluar kalau kita mompa pake breast pump manual. Apa daya, waktu itu gue ngga bisa mompa pake manual. Akhirnya si Harmony dianggurin begitu aja...

... sampai saat lahiran Fluna kemarin. Gara-garanya, si Freestyle mati total kaga tau kenapa dan gue terpaksa harus belajar mompa pake Harmony. Gue pernah juga belajar mompa pake tangan alias marmet, tapi kok yang keluarnya cuma ciprit-ciprit doang ya? Ternyata, dulu gue ngga bisa mompa pake Harmony karena.... tuasnya kebalik!!! Yassalam, yas, oon kok dipeliharaaaa!

Setelah bergaul dengan Harmony dan jago makenya, gue baru nyadar... ternyata ASI gue bisa lebih banyak keluar kalau dipompa pake manual ya? Mungkin karena kekuatan pompanya bisa kita atur sendiri. Tapi ya gitu, lama-lama pegel ya bokkk, pergelangan tangan gue tiap abis pompa rasanya kram.

Medela Freestyle-nya apa kabaaar?

Ofkors, gue berniat untuk perbaikin dong. Tapi ternyata, begitu dicek sama teknisi Medela, yang rusak adalah motor control block-nya. Yang mana, spare part itu harganya dua juta aja. Yes, ngana ngga salah baca. DUA JUTA SAJA UNTUK SPARE PART!!!

Merasa sayang untuk ngeluarin duit segitu buat service 'doang', yang mana garansi service-nya cuma sebulan saja, gue pun memutuskan untuk beli breast pump baru. Apalagi, gue dari kantor dapet jatah budget buat beli perlengkapan bayi yang lumejen. Jadilah, gue memutuskan untuk beli breast pump baru ajalah daripada service.

Walaupun dapet budget dari kantornya lumejen, tapi tetep belom bisa kebeli si Freestyle lah! Bahkan harga motornya Freestyle doang itu 4.6 juta aja dong! Gilssss... Jadilah gue survey aneka breast pump buat mengganti si Freestyle. Gue sempet bimbang antara Spectra 9+, Philips Avent Single Electric, dan Medela Swing. Gue tulis yaa pertimbangan-pertimbangan gue...


Spectra 9+

Hasil gambar untuk spectra 9+
Gambar pinjem dari sini.


Konon katanya sedotannya mantep banget buat ngosongin payudara. Dia juga rechargeable, jadi ngga perlu tergantung sama colokan atau baterai. Modelnya juga ciamik, pake layar LED seperti Medela Freestyle. Temen-temen gue di kantor juga banyak yang pake Spectra 9+. Harga Spectra 9+ sekitar 1.7 jutaan, masih reasonable banget menurut gue.

Sayangnyaa, kabarnya pernak-pernik si Spectra 9+ ini rada rentan rusak. Terus juga beberapa bilang sedotannya sakit dan kurang nyaman buat payudara. ASIP juga kadang-kadang suka nyangkut di antara silikon dan corongnya.


Philips Avent Single Electric

Hasil gambar untuk philips avent single
Gambar pinjem dari sini.


Dari jaman lahiran pertama dulu, gue selalu mendengar kalau Avent ini pompa yang paling ramah payudara. Dalam artian, sedotannya lembut banget karena ada corongnya ada silikonnya. Pernak-pernik Avent juga katanya kuat banget. Harganya juga sekitar 1.8 jutaan, masih ramah banget di kantong.

Sayangnyaa, kata beberapa orang, sedotan si Avent kurang kuat dan ngga bisa ngosongin payudara. Udah gitu, motor Avent juga ngga rechargeable. Bisa sih, ngga tergantung sama colokan, cuma mesti pake baterai. Tapi katanya lagii, kalau pakai baterai itu sedotannya jadi kurang mantep dan empat baterai yang dipakai, paling bisa buat 4 - 5 kali mompa doang.

Ohya, satu lagi kekurangannya: katanya suaranya berisik. Tapi gue ngga tau juga sih, seberisik apa. Karena menurut pendapat gue suara semua electric breast pump ya pasti gitu, ngga mungkin lembut kaya bisik-bisik. Suaranya pasti ngooookkk... groooooookkk...


Medela Swing

Hasil gambar untuk medela swing
Gambar pinjem dari sini.


Waktu Freestyle gue diopname, gue dipinjemin Medela Swing Maxi oleh Medela Service Center. Setelah gue coba, enak sih, terutama karena gue udah kebiasa pake Medela. Jadi gue terpikir buat beli Medela Swing aja.

Kenapa ngga yang Maxi sekalian? Karena setelah gue pake Freestyle, gue menyadari kalau double pump itu ribetnya hastagah. Tangan gue dua-duanya occupied jadi kaga bisa ngapa-ngapain. Ngga bisa mijet-mijet payudara dan ngga bisa main hape. Pernah sih, pake yang hands-free bra itu, cuma kayanya nempelnya kurang mantep. Kalo ASIP gue tumpah kan berabeee...

Singkat kata, double breast pump itu belom berfaedah kalo dipake gue.

Nah tapi katanya, si Medela Swing ini katanya belom closed system. Jadi si sistemnya ini rawan untuk kemasukan ASIP. Yang udah closed system itu si Medela Swing Maxi. Tapi ya balik lagi, gue butuhnya cuma single pump aja. Terus dari harga itu lumayan lagi bedanya. Medela Swing itu harganya 1.7 jutaan sementara Medela Swing Maxi itu harganya 3.2 jutaan.


Gue sempet browsing ke berbagai forum dan blog sebelum memutuskan mau beli breast pump apa. Ternyata sekarang banyak ya, merk breast pump. Sungguh berbeda dari tahun 2015 waktu pertama kali gue beranak. Sekarang ada merk Unimom, Malish, dll.

Setelah bersemedi dan tanya kanan-kiri, gue akhirnya memutuskan untuk beli ........ Philips Avent Single Electric. Yang mana, alhamdulillah, gue suka bangettttt karena beneran deh, sedotan dan pijetannya itu lembuuut banget! Pernak-perniknya juga terlihat kokoh. Selama dua minggu ini, gue merasa nyaman  pumping pake Avent. Hasil pompaan juga so far so good. Tapiiiii, ya tetep ada kekurangannya, ofkors.

Yang pertama, suaranya berisik naujubilleh. Jadi kalo gue mau pumping di kamar, jangan pas ada bocah-bocah atau jangan pas bocah-bocah tidur. Alamat bangun lagi. Jadi kalo butuh pumping di rumah, biasanya gue tetep ngeluarin si Medela Harmony.

Yang kedua, ngga rechargeable. Sayaaang banget ngga ada fungsi ini. Karena gue jadi harus tergantung sama colokan kalo ngga mau boros baterai. Kalau pake baterai juga sedotannya kurang mantep. Makin berotot deh tangan gue mijet-mijet tete.

Yang ketiga, kurang bisa ngosongin payudara. Setelah gue pumping pakai Avent, gue pasti selalu harus mijet-mijet payudara lumayan lama lagi biar kosongnya mantep. Sampe tete keplek-keplek gitu deh, hihihi. Kalo ngga tuntas kan ngga enak. Kaya ngga kosong banget.

Selama dua minggu ini, si Freestyle gue anggurin di rumah. Tapi hari ini, gue mengambil sebuah keputusan: gue mau service si Medela Freestyle.

Huahahaha. Labil yeeee?

Alasan pertama, gue pikir, daripada ngejogrok doang di rumah kaya fosil, mending gue service. Kalopun ngga gue pakai, paling ngga, dia ngga jadi bangkai. Nanti juga bisa gue warisin ke adek gue kalo dia beranak nanti. Yang mana, kayanya masih lamaaaa buanget. Huahahaha.

Alasan kedua, karena Avent ngga rechargeable, jadi kayanya gue butuh breast pump yang bisa gue tenteng ke mana-mana tanpa gue harus tergantung sama colokan atau baterai. Gue juga penasaran mau ngebandingin performanya ((PERFORMA)) Freestyle dengan si Avent. Kan sekarang gue udah pernah pake dua-duanya tuh. Jadi bisa gue rasain, enakan pake yang mana.

Alasan ketiga, dua hari lagi gue gajian, sementara dua minggu lalu masih jauh dari gajian. Huahahaha. Ngga ding, becanda kalo alesan yang ini mah. 😝😝😝

Sekarang si Freestyle lagi dibenerin di Medela Service Center. Katanya sih, selesainya Jumat. Semoga bisa baek lagi ya, nak. Aku kangen padamu! Semoga juga biayanya ngga bikin gue gulung tiker.

Btw, ini alamat dan nomer telepon Medela Service Center. In case ada yang butuh:

Medela Service Center
Kirana Boutique Office
Jalan Boulevard Raya No. 9, Kelapa Gading, Jakarta Utara, 14240
021 - 4522249
0858 - 7171 2128


See you when I see you!










No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS