Pages

Akhirnya Melirik ASI Booster

Friday, October 12, 2018

Jaman menyusui Mas Echo dulu, gue belom mengenal ASI booster. Walaupun ASI seret di minggu-minggu awal, tapi alhamdulillah, berikutnya langsung lancar jaya. Bahkan gue pernah foto freezer yang penuh dengan stok ASIP, layaknya buibu rabid jaman now. 

Lahiran kedua, ASI alhamdulillah deres dari hari-hari pertama. Kolostrum gue aja bisa dipompa sampe 70 ml. Setelah itu ASI juga deres sampe ngebanjirin kasur. Bahkan waktu awal-awal nyusuin, Fluna malah sering keselek kena ASI yang mancur keras dari payudara.

Lha, kalau gitu, ngapain ngelirik ASI booster?

Prahara dimulai ketika Fluna umur dua bulanan. Gue waktu itu diare parah. Bener-bener parah, frekurensinya bisa sampe 30 kali sehari. Serius deh, gue itungin itu. Gue diare kaya gitu sekitar 3 - 4 harian. Selama diare itu, asli deh, mata gue udah cekung parah, kulit pucat, badan lemes, pokoknya keliatan banget dehidrasinya. Akhirnya gue dibawa ke RS, diresepin obat, dan dibilangin kalau besok belum membaik, gue harus dirawat inap.

Untungnya, gue membaik dengan obat yang dikasih dokter. Tapi, si diare berhasil membuat produksi ASI gue seret.

Untungnya gue masih punya stok ASIP. Jadi asupan buat Fluna bisa dibantu dari ASIP kalau payudara gue lagi ngga ngisi atau gue lagi terlalu lemes buat nenenin. Tapi ya gitu, lama-lama produksi ASI jadi makin seret walaupun diare udah sembuh total. Jadi, mulailah gue melirik berbagai ASI booster.

Ini nih, beberapa ASI booster yang pernah gue coba...


1. Moloco - B12

Sebenernya, gue pertama kali diresepin Moloco ini sama obgyn tersayang waktu masih di RS. Hasilnya ya gitu, produksi ASI gue lancar jaya di hari-hari pertama. Sampe kolostrum gue berlimpah ruah. Walaupun gue ngga yakin itu hanya karena si Moloco, soalnya setelah si Moloco yang diresepin habis dan gue ngga beli lagi, produksi gue masih ada di level aman.

Hasil gambar untuk moloco
Gambar pinjem dari sini.



2. Nutrilite Hi-Protein Powder

Gue pernah ngebahas tentang Hi-Protein ini sebelumnya.


Sebenernya, gue minum Hi-Protein ini supaya ASI gue kentel, dan alhamdulillah emang jadi kentel. Walaupun demikian, kayanya si Hi-Protein ini sebenernya bukan ASI booster, tapi lebih ke suplemen makanan supaya kebutuhan tubuh akan protein tercukupi. Tapi ya dengan tercukupinya kebutuhan protein tubuh, produksi ASI kita kan juga bisa jadi bagus.

Hasil gambar untuk nutrilite hi protein

Gambar pinjem dari sini.



3. ASI Booster Tea

Ini yang baru-baru ini gue konsumsi. Sejauh ini, gue sukaaaa banget sama booster tea ini. Soalnya hasilnya bener-bener keliatan di gue. Sesuai sama 'janjinya' yang bilang kalau produksi ASI bisa meningkat sampai 900%.... walaupun kayanya di gue ngga 900% juga sih, tapi ya signifikan naiknya. Selain itu, harganya mureh, cuma 80 ribuan, dan itu bisa dipakai selama 3 minggu.

FYI, si ASI Booster Tea ini sama sekali ngga mengandung teh. Dia lebih mirip minuman herbal atau jamu. Jadi kenapa ya, dikasih nama 'booster tea'? Mungkin gara-gara bentukan dan warnanya kaya teh kali ya?

Gambar terkait
Gambar pinjem dari sini.



4. Susu Almond

Gue baru pernah sekali nyoba si susu almond ini dan menurut gue, kok kurang berkhasiat yaa di gue? Emang sih, baru minum sekali doang, huahahaha. Tapi si susu almond ini juga rada ngebuat tenggorokan gue gatel sih. Jadi maapppp, sepertinya aku tidak cocok denganmuuuu...



5. Vometa

Gue pertama kali diresepin Vometa ini waktu lahiran Mas Echo. Vometa ini isinya domperidone, yang mana sebenernya adalah obat mual yang punya efek samping meningkatkan hormon prolaktin. Thus, bisa meningkatkan produksi ASI. Yang mana khasiatnya terbukti di gue, dan ngga cuma gue, temen-temen gue juga bilang kalau produksi ASI mereka meningkat drastis sejak minum Vometa.

Hasil gambar untuk vometa
Gambar pinjem dari sini.



Nah, di atas itu berbagai macem ASI booster yang pernah gue coba. Sekarang juga gue masih pake ASI booster, terutama sejak masuk kerja lagi, biar hasil pompaan makin maksimal dan begitu di rumah masih ada yang bisa disedot sama Fluna. Yang gue masih konsumsi sekarang itu Moloco, Vometa, sama ASI Booster Tea. Si Hi-Protein sebenernya masih gue konsumsi juga, cuma lagi abissss dan belom nyetok lagi, hihihi. Nanti deh gue beli lagi, pengen nyoba juga yang rasa lainnya.

Ohya, ASI booster itu ngaruh kalau kita tetep dapet asupan yang bagus lho. Jadi jangan kita makan asal-asalan, atau malah diet ketat, dan berharap produksi ASI bagus hanya dengan mengkonsumsi booster. Gue sendiri bener-bener banyak makan dan banyak minum lho, hahaha. Ya abeeesss, habis nyusuin itu lapernya masya Allaaaah. Maka dari itu, gue belom diet, pemirsa. Maka dari itu, berat badan gue masih belom balik ke berat sebelom hamil, netijen. #excuse


Kalau kalian, cocoknya pake ASI booster apa?


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS