Pages

Prahara Botol Susu

Thursday, October 11, 2018

Halooooo, apa kabar blogku yang terlantar??
*elap debu pake kanebo*

Sebenernya, banyaaaak banget yang pengen gue tulis dan share. Apa daya, kodratnya orang pemales ya gini. Tidur itu numero uno. Sampe-sampe hasrat nyampah bisa banget ditahan-tahan. Jadi sekarang gue mau curhat aja yaa. Belom mood buat nulis yang berfaedah. Harap dimaafkan.

Hari ini hari kedua gue kembali kerja. Lhooo? Kok tiba-tiba udah masuk kerja lagiiii? Ngga terasa banget cuti 3 bulannya??

Ember.

Tiga bulan itu kok bisa berlalu begitu aja. Bukannya ngga berasa sih, cuma ngga cukup. Rasanya gue masih pengen kelonan terus sama bocah-bocah seharian. Kalo ngomongin tentang bocah, emang waktu itu kayanya ngga akan pernah cukup, ya?

Semakin deket waktunya balik kerja, semakin gue maleeeesss banget kerja lagi. Beda emang ninggalin satu anak sama dua anak. Ngga relanya dan beratnya jadi dua kali lipat. Tapi apa boleh buat, dapur harus tetep ngebul, sekolah anak harus tetep dibayar, dan hobi jajan mesti tetap berjalan demi kewarasan. Seandainya pohon duit beneran ada, gue borong terus bertani itu aja di rumah.

Sebenernya, alasan utama gue ngerasa berat buat kembali kerja adalah Fluna yang akhir-akhir ini menolak minum pake botol.

Yesss, mameeeen. Gue berasa de javu. Dulu Mas Echo juga sempet kaya gini. Sampe gue beli semua merk botol susu, dari yang paling mahal sampe paling mureh. Dari yang bentuknya standar, wide neck, anti-kolik, sampe yang bentuknya nyaru payudara gue punya, hahaha. Untung ada yang nyangkut di Mas Echo dan dia doyan sampe sekarang: Pigeon Wide Neck.

Sayangnya, sekarang saat gue cobain semua merk botol susu itu ke Fluna, dia tetep angot-angotan. Padahal, dulu pas masih piyik bener, Fluna pinter lho minum pake botolnya. Pas gue mau kerja, dia malah menolak botol susu. Malem sebelom gue kerja malah dia muntah pas nyobain minum pake botol. Mungkin dia tau kali ya, mamanya mau kerja lagi? Terusss, gimana gue ngga tambah galau cobaaa?


Kalau pake metode lain gimana?

Gue udah coba (kayanya) semua metode indirect breastfeeding yang ada. Dari cup feeder, pipet, sendok, semua udah gue coba. Tetep aja, ora gelem, nyong! Disemburrrrr bak mbah dukun!

Yang nyusuin pake botol jangan mamanya. Biar ngga ngeliat kalo ada nenen di deketnya...

Ember. Yang ngasih Fluna minum pake botol itu pasti bukan gue. Karena gue emang pengennya gue identik sama nenen. Tapi, tetep aja dia ngga mau.

Makanyaa, kalo anak lagi disusuin pake botol, mamanya jangan deket-deket biar dia ngga keingetan sama nenen...

Udah dicoba, cyin. Gue pergi keluar rumah sejam. Begitu pulang dapet berita si gendhuk nangis sejam gara-gara ngga mau nyusu pake botol. Begitu gue dateng dan nyodorin tete.... leppppp, dilahap dan dikenyot dengan syahdu. Duh!


Terus gimana akhirnya?

Akhirnya, kemarin gue berangkat kerja dengan rasa nekat seember dan galau segalon. Bismillah, semoga Fluna mau minum pake botol. Semoga kalau dia haus banget dan emang ngga ada nenen, dia bisa nerima nyusu pake botol. The power of kepaksa dan kepepet, yes?


The verdict?

Alhamdulillah, dia mau menyusu pake botol. Walaupun setengah dijejelin. Walaupun yang masuk ngga banyak. Walaupun gue pake mengerahkan bantuan emak gue supaya bisa ngehibur dan ngebujuk si genduk biar mau nyusu pake botol.

Iyee, gue bujuk papamamaku supaya mampir ke rumah sebelum kerja. Supaya bocah-bocah ngga terlalu kesepian di hari pertama kerja. Alhamdulillah, mereka bisa dan bocah-bocah pada seneng. Fluna bisa minum pake botol dan Mas Echo gembira dapet bingkisan JCO dan A&W.







Kalau minumnya ngga banyak, gimana dong?

Kalau kata DSA-nya Fluna, seharusnya dia minum 100 ml setiap 2 jam. Jadi, kalau gue tinggal selama 12 jam, harusnya Fluna minum 600 ml. Tapi kemarin baru bisa 400 ml. Mungkin dia masih adaptasi hampir seharian nyusu pake botol. Semoga besok-besok nyusunya makin pinter lagi ya, sayangku!

Semoga juga, kenaikan berat badannya Fluna tetep bagus. Nanti tanggal 28 Oktober kan bakalan kontrol lagi. Semogaaaa dengan nyusu pake botol ngga membuat gadisku jadi langsing. Amin!

Kalau nanti ternyata Fluna tetep ngga mau nyusu pake botol (or any other indirect breastfeeding method) gimana? Kalau berat badannya jadi ngga bagus gimana?

Kalo sampai kaya gitu, gue harus siap untuk ngga kerja lagi. Iyalah. Mau gimana lagi? Fluna belum MPASI. Jadi sumber nutrisi dia satu-satunya ya dari ASI. Antara kerjaan dan anak, ngga pake mikir berkali-kali, gue pasti milih anak. Apalagi ini bukan masalah yang remeh.

Jadi, mohon doanya yaa temen-temen semuaaa, para netijen budimanku supaya Fluna bisa pinter minum susunya. Supaya mamanya bisa tetep kerja dan mengumpulkan pundi-pundi uang.

Boleh minta aminnya yang banyak dan kenceng???


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS