Pages

Akhirnya Fluna Makan!

Monday, January 7, 2019

Sabtu kemarin akhirnya Fluna mulai MPASI!

Tadinya, gue baru berencana ngasih Fluna MPASI minggu depan, tanggal 12 Januari. Dia seharusnya baru genap enam bulan di tanggal 14 Januari nanti. Tapi karena 180 harinya Fluna jatuh di tanggal 10 Januari dan tanggal 14 Januari itu weekdays, bolehlah kita mulai MPASI di tanggal 12 Januari. Kan mamiyo pengen jadi yang pertama masakin dan nyuapin MPASI-nya Flunaaaaa...

Itu rencananya. Kenyataannya?

Sabtu 5 Januari 2018 kemarin, Fluna kontrol ke DSA untuk vaksin sekaligus kontrol rutin. Gue bilanglah kalau Fluna sekarang udah sering pengen belajar duduk sendiri. Fluna juga udah sering buka mulut sama kunyah-kunyah kalau liat orang makan. Gue tanya ke dokternya, kapan yaa kira-kira Fluna bisa mulai MPASI. Dr. Yovita langsung nyoba mendudukkan Fluna dan ternyata dia udah bisa nyangga badan pakai kedua tangannya. Waktu lidahnya dicek juga ternyata Fluna udah ngga ada refleks julurin lidahnya. So, dr. Yovita kasih ACC Fluna untuk bisa mulai makan HARI ITU JUGA.

Ohemji. 
Aku excited!!! Tapi aku belom siap dong-dong-dong. Belom beli talenan, pisau, sama peralatan makan yang lucu-lucu. #salahfokus

Untungnya sebelum ke RSPI, kita sempet belanja dulu ke Lotte Mart dan beli beras organik. Emang rencananya kita mau stok beras organik dulu karena minggu depan mau MPASI dan takut ngga sempet beli di minggu ini. Untung aja kan sempet belanja!

Sesampainya di rumah, langsung gue berkarya membuat menu MPASI perdana Fluna. Menu yang gue buat adalah bubur beras putih dengan daging ayam giling. Gue buatnya pake Beaba Baby Cook yang thank God, banyak banget video instruction sama demonya di Youtube. Makin mempermudah emak-emak yang males baca buku petunjuk ini, hihihi.

Btw, terima kasiiiih teman-teman suamiku yang udah ngadoin ini! 💗💗💗

Gambar terkait
Beaba Baby Cook yang gue punya, plus pasta and rice maker-nya juga



Nah, kesalahan gue adalah... gue memasukkan daun bawang terlalu banyak. Jadilah si bubur berasa rada pait dan bau gimanaaa gitu. Ofkors, ditolak Fluna dong. Awalnya dia mau tapi lama-lama dia lepeh mentah-mentah. Kuciwa dia kayanya, MPASI pertamanya berasa macem jamu campur air kobokan gitu. Huhuhu, maafkan mamamu ya nak. Mana ternyata bau-baunya Fluna alergi daging ayam negeri lagi. Soalnya pas disuapin, ngga lama di sekitar bibir dia langsung merah-merah.

Bubur gagal, apa gue masak lagi? Cencu cidak, sudah soreee kakak, kapan anaknya makan kalo nunggu gue masak lagi? Untung masih ada biskuit Milna maylaff. Gue benyek-benyek pake ASIP, diaduk, dan voilaaaa... anak lep-lep-lep makannya. 


Jadi, apakah selama dua hari ini MPASI Fluna berjalan lancar??

Tentu tidak semudah ituuuu, Ferguso!
Fluna itu tipe yang nafsu-makan-gede-tapi-belom-pinter-makan. Yups, cah wedokku itu makannya belom 'pinter' banget. Dia tuh kalo disuapin kaya yang mangap abis itu mulutnya kaya bergerak ngunyah-ngunyah. Padahal apa yang mau dikunyah ya malih? Pan itu bubur tinggal telen aje?


Selama ini, Fluna udah coba makan apa aja?

Dua hari ini gue udah ngenalin Fluna ke beras putih, daging ayam negeri, daging sapi, kabocha kuning, wortel, pisang, dan biskuit Milna. Yang zonk ya daging ayam negeri aja yang ternyata ngebuat area sekitar mulutnya merah-merah. Yang lain sejauh ini TATA (tidak ada tanda alergi), walaupun belum tentu berkenan bagi hati si genduk untuk ditelan.

Gue juga udah beli alpukat, jeruk, apel, dan pear yang masih antri buat jadi cemilan Fluna. Rencananya hari ini mau snack pagi puree apel. Ehhh ndilalah listrik di rumah mati dari tengah malem ampe sekarang belom nyala. Tuhan!!!


Ada saran apa buat buibu yang lagi pusing mempersiapkan MPASI???

Buat buibu yang lagi mempersiapkan anaknya masuk ke fase MPASI, berikut ada beberapa saran berdasarkan pengalaman gue:

1. Berilah anak makan saat kondisi anak sedang prima

Primaaa, duileh, prima raga kali!
Maksudnya, saat anak lagi ceria riang gembira. Gue pernah nyuapin Fluna pas dia lagi ngantuk. Alhasil dia jadi bete berat dan rewel. Makannya? Cencu dilepeh, mamen. Gue susuin dan ngga lama dia langsung tidur. Begitu bangun, gue coba suapin lagi daaaaan... mashooooook, Pak Eko!


2. Amati reaksi anak terhadap makanan

... baik itu reaksi alerginya atau reaksi doyan/ngganya. Kaya Fluna, ternyata dia (mungkin) alergi ayam negeri kan? Selain itu, buah yang kita pikir enak ternyata belum tentu disukai anak. Pisang Cavendish contohnya. Dilepeh aja sama anak gua! Padahal abangnya sama bapaknya rebutan itu pisang. Doh!!!


3. Beri MPASI dengan adekuat!

Dalam artian, MPASI itu harus bener-bener memenuhi kebutuhan gizi si bocah, jangan cuma yang instagrammable aja. Contohnya, MPASI itu seharusnya yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan sayur, atau sekarang beken dengan nama MPASI 4 Bintang. Kalau MPASI menu tunggal, itu baiknya buat snack aja.

Gue sendiri memberi Fluna tiga kali makan berat dan dua kali makan snack setiap harinya. Dr. Yovita sih bilang ngga apa kalau pertama kali dicoba satu kali makan dulu. Karena namanya juga belajar makan kan yaa. Tapi gue mencoba menganut kata buku dr. Meta ini. Untuk serba-serbi MPASI, coba dibaca bukunya dr. Meta yang ini ya... Gue laff banget sama bukunya karena simple dan gampang dimengerti.



Gambar terkait



4. Cobain dulu makanan anakmu sebelum kamu kasih ke anakmu!

Kalau ternyata rasanya kaya air kobokan, ya masa tega kamu kasih ke bayimu? Bayi juga perlu lho rasa-rasa supaya nafsu makannya keluar. Seperti rasa yang pernah ada contohnya.... 😩


5. Ingat esensi dari MPASI

... adalah agar anak belajar makan. Karena bayi umur 6 - 12 bulan itu memang baru belajar makan. 70% kebutuhan nutrisinya masih bisa dicukupi dari ASI kok. Makanya, kalau si bocah makannya masih angot-angotan, jangan dipaksa sisss. Namanya aja belajar hal baru, belom tentu bisa langsung gape'. Yang penting konsisten aja ditawarin makan terus. Terus juga, jangan sampe konsumsi ASI berkurang, ya.  

Duileh, ngomongin konsisten. MPASI aja baru dua hari, buk!



6. Konsultasikan ke DSA tentang menu MPASI anakmu

Kalo DSA gue, sebulan sebelum MPASI udah memberi 'wejangan' via email yang isinya langkah-langkah dan contoh susunan menu MPASI. Gue juga udah membuat jadwal MPASI yang udah di acc dokter. Kalau dalam kondisi umum sih, tips-tips MPASI udah lengkap banget ada di buku di atas. Tapi mungkin kalau anakmu ada kondisi khusus, misalnya premature atau ada alergi tertentu, bisa dikonsultasikan dulu ke DSA masing-masing ya!


Apa lagi ya?
Nanti deh gue update kalau MPASI-nya udah lebih lama lagi. Sementara itu, dibaca dulu buku di atas. Beneran bermanfaat bin berfaedah!

Akhir kata, gue berharap semoga semakin hari Fluna semakin gape' makannya. Duh, nak, jangan picky eater kaya abangmu dong! Kepala mama bisa bondol kalo punya dua anak susah makan nih, huhu...

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS