Pages

Ketika Minggu Malam Datang...

Monday, January 21, 2019

Minggu malem...

Seperti biasa, gue nidurin bocah-bocah. Tepatnya nidurin adeknya doang sih, yang gede maunya bobo sama mbak, hiks. Tapi tetep, begitu udah pada tidur, seperti biasa, gue bacainlah doa ke ubun-ubun bocah-bocah kesayanganku itu. Kegiatan itu gue lakuin setiap malem. Yang berbeda di hari Minggu malem adalah, sambil ngelakuin itu biasanya gue sambil merenung.

Sabtu dan Minggu selalu gue habiskan sama bocah-bocah. Selalu, selama gue bisa. Karena gue kan selama ini selalu berusaha semaksimal mungkin ngehindarin kegiatan kantor atau kegiatan apapun lainnya yang ngga ngelibatin bocah-bocah sewaktu weekend. Buat gue, weekend adalah saat di mana gue mencoba membayar waktu-waktu yang ngga gue habiskan bersama bocah. Ya gue kan masih kerja sampe saat ini. Mau ngga mau, lebih dari setengah waktu gue di weekdays gue habiskan di kantor atau di jalanan. Makanya, begitu weekend aku all-out deh buat kalian, cimits! Mau jalan-jalan hayoook. Main di rumah aja hayooook. Pokoknya dua hari itu bocah-bocah gue ketekin!


Hasil gambar untuk you stuck with me gif


Yeaaaa, gue seposesip itu sama anak-anak gue. Jangan harep gue pergi tanpa mereka saat weekend.

Maka dari ituuuu, begitu Minggu malam datang, gue langsung ngerasa sedih-sedih-galau. Senin pagi gue harus berangkat kerja lagi, yang artinya ninggalin anak-anak di rumah lagi. Berangkat kerja, belum tentu mereka udah bangun. Pulang kerja, belum tentu mereka belum tidur. On repeat, sampai ketemu Sabtu lagi.

Aku jadi galau. Setiap Minggu malam.

Gue dari dulu selalu pengen punya anak. Kebayang gimana lucunya mereka dan seru tapi repotnya  gue ngurusin mereka. Gue juga dari dulu belum pernah kepikiran untuk jadi ibu rumah tangga. Jadi, dari dulu udah kebayang sih kalo gue bakalan kerja dan ninggalin anak-anak di rumah. Yang ngga kebayang adalah, rasa nyeseknya setiap ngelakuin itu.

Kira-kira, apa yang ada di pikiran anak-anak gue ya ngeliat ibunya pergi kerja lima hari dalam seminggu? Apa mereka ngerasa ngga jadi prioritas gue? Apa mereka ngerasa kalo ibunya lebih sayang karir dan uang dibanding mereka? Apa mereka bakal berpikir, "buat apa aku jadi anak mama kalo cuma harus ditinggal terus?".

😞😞😞

Bukannya gue ngga mau di rumah aja. Siapa yang ngga pengen sih, di rumah ngangon anak dan jadi yang pertama tau step tumbuh kembang mereka? Gue pulang kantor, tiba-tiba anak gue udah bisa duduk. Gue pulang kantor, tiba-tiba anak gue udah lancar ngoceh mamamapapapa. Gue bahkan ngga tau pasti makanan favorit mereka, lagu favorit mereka, dan video favorit mereka.

Gue merasa menjadi orang tua yang ada di video di mana pengasuh lebih tau tentang si anak dibanding orang tua si anak.


Hasil gambar untuk i'm fucked up gif


Tapi gue masih belom bisa berhenti kerja. Kerja buat gue lebih dari sekedar nyari duit. Kerja juga jadi tanggung jawab moral ke orang tua gue karena udah nyekolahin gue. Juga harus gue akuin, menghabiskan sebagian besar waktu di rumah tanpa megang uang hasil kerja sendiri sungguh belum ada di pikiran gue.

Jadi, maafin mama ya, anak-anakku, kalau saat ini masih belum bisa full-time di rumah. Maaf kalau mama ngga selalu ada. Maaf kalau mama sering sibuk. Maaf kalau mama seringnya pulang waktu kalian udah tidur. Tapi mama bakal terus berusaha kok supaya waktu mama bisa sebanyak mungkin buat kalian. Bodo amet sama tatapan orang-orang kalau mama pulang tenggo. Bodo amet sama anggepan orang-orang kalau mama ngga pernah bisa hangout bareng. Sebisa mungkin, mama bakal jadiin kalian prioritas utama mama. Kapanpun, di manapun. I will try to make it up to you, whole my life!

Laffffyuuuuuu!!!






No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS