Pages

Me being a mom...

Tuesday, January 8, 2019

Karena hari ini gue lagi ngantuuuuuk parah, gue mau nulis aja deh.

Akhir-akhir ini, gue jadi suka mellow tentang hal-hal yang menyangkut anak-anak. Bukan cuma anak-anak gue aja, tapi juga anak-anak lainnya. Misalnya aja nih, gue lagi berhenti di lampu merah terus ngeliat ibu minta-minta yang ngegendong bayi. Gue bisa langsung krayyyyy dan kalo bisa ngasih dia sesuatu. Kalo bisaaaa... soalnya kadang kalo kita ngasih minta-minta malah bisa keciduk polisi.

Hal itu ngebuat gue sadar, wow, punya anak ternyata bener-bener ngerubah gue luar dalem. Secara, dulu gue mana pernah kepikiran gitu? Gue dulu suudzon aja, tuh ibu males bener sampe anaknya juga dijadiin 'dagangan'.

Tapi sekarang gue sadar, menjadi ibu bukan sekedar menjadikan gue induk dari anak-anak gue, tapi juga mengubah gue jadi orang yang lebih lembut, lebih sabar, lebih penyayang, lebih care untuk suatu hal tapi di sisi lain juga lebih cuek untuk hal lainnya, lebih khawatiran, lebih parnoan, lebih hemat, lebih gampang cape, lebih gampang bersyukur, lebih suka di rumah, dan lebih-lebih-lebih lainnya.

Don't get me wrong. Jadi lebih-lebihnya itu bukan sekedar lebih yang bagus-bagus aja. Contohnya gue jadi lebih parnoan, banget, dan itu ngga bagus. Anak digigit nyamuk di siang hari aja gue udah parno kalo itu nyamuk DBD. Anak ngeluh pantat sama telapak kakinya gatel aja gue udah parno kalo dia cacingan. Rasanya semua tentang anak-anak itu pantes dapet label 'siaga' di keseharian gue.

Capek, kan? Capek doooong...

Hasil gambar untuk tired gif


Semua perubahan di diri gue memang membuat gue sadar, kalo yang ternyata jadi ibu itu 'secapek' ini. Rasanya gue ngga pernah berhenti khawatir tentang anak-anak gue. Rasanya gue bisa ngerasain banyak hal dan emosi sekaligus. Gue bisa ngerasa sayang-sayang-sayang-sayang-sayaaang banget sama anak-anak dan di waktu yang sama gue juga bisa ngerasa cape, ngantuk, overwhelmed, kesel, marah, dan jengkel. Terutama waktu bocah-bocah lagi menolak makan. Huhuhu, musuh gue dari dulu kok ya GTM? 😭😭😭


Hasil gambar untuk kid refuse eat gif

Literally my kids' expression on meal times!


Gue juga sadar ternyata jadi ibu berarti kita ngga boleh berhenti belajar. Ilmu parenting itu ngga ada sekolahnya, ngga ada habisnya, dan selalu berubah. Contohnya, MPASI jaman Mas Echo dulu yang hits adalah kasih menu tunggal berupa karbo atau buah. Sementara MPASI jaman Fluna sekarang yang hits adalah menu empat bintang. Kalo gue merasa gue udah cukup tau dan berpengalaman, gue pasti akan males belajar dan akan ketinggalan ilmu yang paling update.

Makanya gue sebel banget sama buibu yang males belajar atau update ilmu parenting. Apalagi yang bisanya cuma nanya-nanya doang (GOOGLING PLIS!). Terus yang nelen bulet-bulet info atau hoax, apalagi kalo disebarin. Juga yang baru baca seuprit terus jadi sok pakar parenting dan ngejudge ibu-ibu lain yang sepaham sama dia.

Hasil gambar untuk go to hell gif


Menjadi ibu juga ngebuat gue sadar kalau walaupun gue sibuk mengurus bocah-bocah, gue ngga boleh mengabaikan well-being gue sendiri. Permasalahan gue sekarang adalah kurang tidur, makan ngga teratur, dan ngga sempet olahraga. Gue pikir itu ngga masalah karena toh gue belom tua ini kan? Ternyata, gue jadi gampang masuk angin dan batuk pilek. Gue juga sampe sekarang belom balik ke BB sebelom hamil, boro-boro BB sebelom kawin.

On serious term, gue takut kalo gue sakit-sakitan jadi ngga bisa ngeliat anak-anak dewasa. Hiks. Tuh kan, aku jadi mellow lagiiiii...

Selain itu, menjadi ibu juga ngebuat gue semakin sayang dengan suami gue. As cheesy as it may sounds, itu bener-bener keluar dari lubuk hati terdalam gue, hahaha. Soalnya sekarang gue ngerasa, suami gue tuh bukan sekedar pacar, suami, atau pasangan hidup lagi. Tapi dia juga adalah partner parenting gue, partner gue dalam mendidik anak-anak, dan partner gue untuk menemani anak-anak seumur hidup. Gue juga jadi semakin menghargai dia dan menghargai hubungan kita. Kalau dulu lagi ngambek bisa berhari-hari, sekarang kalau ngambek paling ya kesel sebentar aja. Karena ya toh gue, Insya Allah, akan terikat dengan orang ini seumur hidup. Ngapain sih, ngegede-gedein masalah?

Last but not least, gue saat ini menyadari kalau ternyata gue bisa ngerasa cinta yang banget-banget-banget ke makhluk lain. Gue rela ngga tidur buat nyusuin. Gue rela ngga lama-lama scrolling Instagram demi nemenin mereka main. Gue rela gendong-gendong mereka walaupun abis itu mesti nenggak parem kocok. Gue rela ngga bebelian barang mihil asal mereka bajunya bagus-bagus. Gue rela ngga sering kencan di tempat fancy demi nabung uang sekolah mereka. Rela-rela-rela. I literally will do anything for them dan gue ngga mengharap apapun dari mereka.

Seeing them growing healthy and happy is my life's goal.

Sekian dan terima kasih.

P.S.
Jadi gue bukan team ibu-ibu yang 'kamu-harus-nyenengin-mama-soalnya-mama-udah-berkorban-banyak-buat-kamu' yaaa. 😝😝😝

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS