Pages

Manajemen THR ala Ayas

Friday, June 22, 2018

Siapa yang THR-nya udah abiiiisssss???

Kalo THR udah abis karena hal-hal yang emang penting atau emang udah direncanain sih ngga apa banget yaa. Yang apa-apa adalah kalo THR abisnya buat hal-hal yang kurang berfaedah atau ngga masuk ke rencana alokasi ((ALOKASI)). Jadi, menurut gue (yang bahkan kemampuan mengatur keuangannya berantakan banget ini), ada baeknya kita ngebuat daftar pengeluaran yang bersumber dari THR kita di tahun ini. 

Berikut adalah keperluan-keperluan yang sumber dananya gue pake dari THR yang gue dapet di tahun ini:

THR untuk Pekerja di Rumah

Yang masuk ke kategori pekerja di rumah gue adalah cus, mbak, driver, satpam komplek, dan petugas kebersihan di komplek. Kalo untuk cus, mbak, dan driver alias yang orang-orang yang bener-bener kerja di rumah gue, kebijakan gue adalah memberikan mereka THR sebesar satu kali gaji untuk mereka yang udah kerja setidaknya selama setahun sama gue. Kalo ngeliat kebijakan ini sih, harusnya yang dapet THR full ya cuma cus aja ya. Tapi karena gue saat ini sedang berada di dalam misi memikat-mbak-untuk-balik-kerja-ke-gue-lagi-abis-lebaran, gue juga memberikan dia THR full, tapi pake gaji lamanya. Walaupun dia baru kerja 6 bulan di rumah gue. Sementara untuk driver yang baru kerja di gue selama 6 bulan, gue kasih THR 70% gaji. Tadinya sih kita mau kasih 50% gaji aja. Tapi karena kemaren kita sempet minta tolong untuk beberapa keperluan, jadi bolehlah kita tambahin.

Hasil gambar untuk money gif
Nyooooh...


Sementara untuk satpam dan petugas kebersihan di komplek, ada semacem box yang diperuntukkan bagi para penghuni komplek untuk patungan ngasih THR ke mereka. Kita juga ikutan para penghuni laen untuk patungan THR ini. Tapi selain itu, kita juga ngasih ke para satpam dan petugas kebersihan masing-masing sekaleng biskuit. Lumayan lah, buat cemilan atau suguhan mereka pas lebaran. Ohya, untuk cus, mbak, dan driver, selain THR berupa uang, kita juga ngasih sekaleng biskuit yang sama kaya yang kita kasih ke satpam dan petugas kebersihan.

Gambar terkait
Biar ngga kek gini...


Selain itu, gue kan sempet nebeng di rumah nyokap gue selama liburan kemarin. Lumayanlah, seminggu kurang lebih. Otomatis gue, Abi, dan Echo juga 'diurusin' sama bibi di rumah nyokap gue. Cucian kita juga diurus sama si bibi. Jadi untuk si bibi ini, gue juga ngasih sedikit uang saku yang ofkors, ngga sampe satu kali gaji. Tapi lumayan lah, buat nambah-nambah uang saku lebarannya.




THR untuk Keluarga

Yang dimaksud keluarga, ofkors adalah orang-orang yang emang biasanya dikasih THR. Misalnya sodara-sodara yang masih kecil, atau belum nikah, atau belum kerja. Tergantung gimana tradisi di keluarga masing-masing. Gue sendiri ngga tau kalo kebijakan di keluarganya Abi gimana. Tapi kalo di keluarga gue, yang gue kasih THR dari kocek gue cuman adek gue. Yang laennya, biar bokap gue aja yang kasih, hihihi. Lagian gue emang belum sempet silaturahmi ke keluarga besar gue.


Budget untuk Libur Lebaran

Gue punya budget sendiri untuk libur lebaran, yang biasanya, kita melancong ke luar kota atau (kalo ada rejeki) ke luar negeri. Tapi berhubung taun ini hamil gue udah gede banget, plus liburan taun ini banyakan sebelom lebarannya (kurang asik kalo liburan pas masih puasa), jadi emang kita ngga bisa  dan ngga berencana untuk pergi liburan jauh-jauh. Liburannya cuma ngikut aja sama acaranya papa mama yang mana cuma ke Sukabumi aja....dan dibayarin pulaaa, hihihi.

Lumayan, taun ini irit untuk budget libur lebaran! Bisa ditabung untuk liburan pasca lahiran, hihihi.


Budget untuk Keperluan yang Sudah Direncanakan

Kalo point yang ini sih, luas banget ya. In my case, gue udah merencanakan THR gue untuk dialokasikan ke beberapa keperluan, seperti:

- Bayar pajak mobil, yang kebetulan Juli nanti bakal abis
- Beli-beli keperluan baby, yang mana belom terlaksana sampe sekarang karena gue masih males belanja ke toko baby, huhuhu...
- Bayar sekolah anak, karena di periode ini gue harus bayar SPP plus biaya books and activities yang dibayar 3 bulan sekali
- Beli furniture untuk ngisi kamar anak. Demi program Mas Echo bisa bobo sendiri. Will update this later on my next post (kalo inget)

Ada beberapa orang yang juga merencanakan THR untuk beli-beli keperluan lebaran seperti belanja baju lebaran, belanja daging untuk masak pas lebaran, bayar zakat, mudik, dll. Kalo gue sih, berhubung gue lagi hamil, gue males beli baju baru. Yang mana seharusnya sih ngga bakal lama gue pake. Kan gue berencana kembali langsing abis lahiran. MANA AMINNYA???

Untuk belanja daging untuk masak pas lebaran, again, karena gue nebeng emak gue, jadi gue aman dari pengeluaran ini. Huahahaha. Sementara untuk zakat, emang udah ada budgetnya sendiri. Jadi ngga gue kutil dari THR tahun ini.

Mudik? Err, gue mudik kok. Ke Bogor. Huahahaha. *nasib ngga punya kampung*


Budget untuk Menyambung Hidup Sampe Gajian Berikutnya

Ini nih, yang paling penting. Yang namanya abis liburan, biasanya pengeluaran kan ngga terkontrol ya. Gue masuk kantor tanggal 21 Juni sementara gajian masih tanggal 26 Juni. Ada jeda berapa hari kan tuh, dari selesai liburan ke tanggal gajian. Jadi, gue harus memastikan kalo masih ada budget buat beberapa keperluan seperti:

- Bensin untuk mobil
- Top up Go Pay di akun gue dan Abi
- Top up e-Money dan Flazz buat masuk tol dan naik commuter line
- Uang saku buat gue dan Abi di kantor, buat makan siang atau jajan-jajan lah
- Uang buat belanja sehari-hari. Kalo gue, gue kasih uang mingguan ke cus dan mbak buat belanja bahan masakan ke pasar, misalnya sayur, tahu, tempe, ayam, dll

Ohya, karena dari selesai liburan ke tanggal gajian juga melewati satu weekend, gue juga harus prepare budget buat weekend ini. Biasanya setiap weekend kita bawa bocah jalan-jalan, yang mana biasanya ke mall. Yaah, siapin budget buat hiburan bocah sama makan-makan pas weekend lah.


Budget untuk Membayar Kewajiban (kalo ada)

Ini adalah point yang paling penting. Jangan sampe budget buat foya-foya ada, tapi kaga ada budget buat bayar cicilan atau utang. Misalnya lo punya kewajiban cicilan KPR, KPM, atau utang ke siapaaa gitu, jangan lupa sediain budget buat bayarnya. Lebih bagus lagi, kalo THR lo emang mencukupi, ya lo lunasin kewajibannya. Kalo THR kepake buat ngelunasin utang, berfaedah banget ngga sih?

Hasil gambar untuk lebaran meme


Selain itu, gue juga menyisihkan budget untuk bayar kewajiban seperti beli token listrik, bayar gaji cus-mbak-driver, bayar IndiHome, bayar tagihan Telkomsel Halo, dll. Sebenernya sih ini seharusnya keluar dari gaji bulanan ya. Tapi in case gaji bulan kemaren udah ludes dan THR masih ada, ya bolelah bulan ini keluar dari THR. Tapi inget lho yaa, bulan depan udah ngga ada THR lagi.


Budget untuk Tabungan dan Investasi

Kalo udah keluar di post ini-itu di atas dan masih ada sisanya, berarti seharusnya masuk di post tabungan dan investasi. Entah lo beliin asuransi kek, masukin deposito kek, beli saham kek, reksadana kek, atau endapin aja di rekening terserah lah.

Hasil gambar untuk lebaran meme


Yang paling penting adalah, berapapun THR yang lo dapet, entah setengah kali gaji, satu kali gaji, dua kali gaji, atau sepuluh kali gaji, uang itu bisa dimanfaatkan sebaek-baeknya. Terutama untuk kebutuhan yang sifatnya insidentil dan udah direncanain. Kalo bayar kewajiban yang rutin-rutin, seharusnya bisa lo sisihin dari gaji bulanan.

Kalo ngga dapet THR gimana? Coba mbak, mas, dibuka Jobstreet-nya. Mungkin sudah waktunya anda kembali melempar CV, hihihi.







No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS