Pages

Bertahan Hidup di Libur Lebaran 2018

Friday, June 22, 2018

Alohaaaa...

Akhirnya bisa nongol lagi setelah hiatus selama 2 minggu. Hari ini bisa nulis lagi, ofkors, karena gue udah masuk kantor lagi. Selama di rumah? BHAY. Jangankan nulis blog, balesin ucapan selamat lebaran di whatsapp aja baru bisa Senen kemaren, huhuhu. So, ini adalah beberapa highlight kehidupan gue selama 2 minggu terakhir ini.


Ditinggal Cus dan Mbak

Cus dan mbak di rumah gue orang yang termasuk aktif di social media, khususnya FB, yang mana sering banget di-update statusnya. Mereka juga punya whatsapp yang mana statusnya lebih sering lagi di-update. Menjelang datangnya libur lebaran, mereka udah mulai pasang status di whatsapp macem, "cuti pemerintah dari tanggal 11, aku bisa pulang kapan yaaa?", "koncoku muleh tanggal 9, aku kapaaan", "ngga sabar pengen puasa di kampung", dll.

Apaseh lo, cus, maen kode-kodean aja kaya laki jaman now.

Hasil gambar untuk what do you mean gif

Kantor gue adalah BUMN, yang mana liburnya ngikut pemerintah, yaitu tanggal 11-20 Juni. Karena tanggal 9 dan 10 Juni itu weekend, liburnya seolah-olah jadi tanggal 9-20 Juni 2018. Tapi laki gue kerja di swasta yang mana liburnya cuma tanggal 11-18 Juni. Artinyaaa, tanggal 19 Juni doski harus udah masuk lagi. Artinya lagiiii, kalo si cus sama mbak mau ngikut libur macem pemerintah dan baru pada mau dateng tanggal 20 atau 21 Juni, gue alamat ngurus bocah sendiri tanggal 19 dan 20 Juni dong!

Hasil gambar untuk impossibru gif


Gue pun nego dengan mengeluarkan segala macem tipu daya. Oke, lo pada boleh pada balik tanggal 9 Juni, tapiiii balik lagi tanggal 19 Juni. Gue juga kasih iming-iming, Idul Adha di bulan Agustus nanti mereka boleh libur lagi. Si mbak sih oke-oke aja, secara sebenernya dia rumahnya juga ngga jauh banget. Yang rada protes si cus, karena ternyata dia pengennya liburnya tanggal 9-24 Juni!!! Say whaaaattttt!?! Libur hampir sebulan? Becanda ngana, cus?

Setelah diskusi sama laki gue, akhirnya kita merelakan cus libur tanggal 9-24 Juni, dengan catatan dia ngga balik lagi pas Idul Adha. Kita mikir juga nanti pas Idul Adha kan Nyunyu udah lahir, kalo ditinggal dua-duanya kayanya rempong juga. Cusnya oke-oke aja, so, it's a deal....sampe di tanggal 8 Juni tiba-tiba dia ngomong, "Buk, aku balik laginya tanggal 19 Juni aja. Tapi nanti Idul Adha balik lagi.". Nyeh.

Sampe di sini, gue udah terlalu pusing sama urusan mudiknya si cus. Plin-plan banget abisan. Jadi kita relain aja deh, mau lo balik kapan aja, terserah!

*banting kaen pel*


Berpulang ke Rumah Mama

Berhubung kehamilan gue udah semakin gede, badan semakin gendut, dan kemampuan ngurus rumah plus anak semakin nihil, gue dan Abi emang berencana buat berpulang ke rumah mama supaya ada yang bantu ngangon Mas Echo. Apalagi adek gue kan juga lagi liburan, lumayan bisa dimanfaatin jadi suster infal gratisan. Tapi kan aku ibu sok jagoan yaa, jadi pengennya abis cus dan mbak pulang ya kita coba dulu survive di rumah. Ngungsinya nanti aja deket-deket lebaran. Kalo perlu, sampe lebaran di rumah, baru ngungsinya pas hari H lebarannya.

Masa seeeh, gue ngga bisa ngurus rumah sama anak sendiri?

Hasil gambar untuk no big deal gif


Itu niatnya. Itu rencananya. Kenyataannya?

Subuh tanggal 9 Juni, si cus pulang. Si mbak, karena kakaknya masih belom bisa jemput dia, jadi pulangnya diundur ke tanggal 10 Juni. Masih survive banget dong. Masih bisa melancong dan merayakan ultahnya papiyo dengan makan-makan.

Tanggal 10 Juni, hari kepergian si mbak. Pagi sih masih aman, Echo masih sempet dimandiin dan disuapin si mbak. Begitu siang dan si mbak udah caw, chaos mulai terjadi. Echo susah banget disuapin. Ngga tau kenapa, kalo cuman sama emak bapaknya, dia langsung memutuskan untuk mogok makan. Begitu berhasil masuk beberapa suap, eeeh, tiba-tiba dia minta nonton di laptop yang lagi abis batrenya. Otomatis kalo mau nonton harus sambil di-charge kan? Si bocah ngga terima dan langsung nangis kejerrrrr banget....sampe muntah.

Hasil gambar untuk such a drama gif


Begitu Echo muntah, Abi langsung bersabda, "kita ke Bogor sekarang!". Yaah, menyerah doski. Akhirnya hijrahlah kita ke Bogor. Dengan membawa sprei bekas muntahan plus semua baju kotor yang belom sempet dicuci. Begitu sampe di rumah emak, bocah dipegang emakbapakadek, cahaya pun kembali masuk ke relung hati gue dan Abi.

SAVAGE!


Kemacetan Level Neraka di Sukabumi

Hari lebaran kedua, papamama pada mau melancong ke Sukabumi. Berhubung kita lagi nebeng sama mereka, kita juga ngintil ke Sukabumi. Kalo ngga, sapa yang bantu gue ngangon bocah???

Hasil gambar untuk can't handle gif


Dari Bogor ke Sukabumi sih lancar ya, thanks to tol Bocimi. Selesai check in di hotel, kita langsung meluncur ke area Cikundul, mau liat-liat pemandian air panas. Begitu nyampe ke area yang katanya paling cihuy...kok rada zonk ya?

Jadi di pemandian air panas itu, ada pilihan pemandian umum dan pemandian private/VIP. Karena kita ngga mau berkecimpung dengan daki orang laen *belagu alert*, kita pun memilih booking yang VIP. Dikasihlah sama petugasnya kunci untuk masuk ke cottage VIP. Bentuk cottage-nya kaya rumah biasa. Bener-bener biasa. Mirip rumah kontrakan cimit-cimit. Tapi kita masih positive thinking dong. Siapatau di dalemnya ada onsen atau jacuzzi.

Ternyata?

Begitu pintu dibuka, yang menyambut kita adalah spring bed. Jadi ternyataaaa yang dimaksud area pemandian private/VIP itu adalah semacem kamar hotel yang disewakan selama 12 jam, yang ada bath tub di kamar mandinya, yang bisa diisi air panas buat berendem.

Karena kurang cocok dengan si cottage, kita pun langsung memutuskan untuk caw. Mungkin ekspektasi kita yang ketinggian. Untung harga tiket masuk amat sangat murah plus jalanan ke sana ngga macet.

Hasil gambar untuk running away gif
Us, seeing that place called 'cottage'


Lesson learned(1): set your expectation low!
Lesson learned(2): orang belagu selalu mendapat karmanya...dengan instant!

Abis dari pemandian itu, kita meluncur ke Santa Sea Water Park. Nanti bakal gue ceritain di post kheuseus ya! Bisa kepanjangan post yang ini.

Besoknya, kita mau ke area Ciletuh. Tepatnya ke Ciletuh Geopark. Emak bapak pada kemakan sama review Ciletuh Geopark di TV yang katanya ada Nadine Chandrawinata-nya. Katanya sih bagus banget. Masih belum padet sama turis-turis. Gue liat di google juga kayanya bagus banget. So, it's a go, lah!

Hasil gambar untuk ciletuh geopark
Siapa yang ngga tergiur sama pemandangan ini?


Hasil gambar untuk ciletuh geopark
...atau yang ini?



Perjalanan pagi itu lancar tanpa hambatan berarti....sampe masuk ke Jalan Nasional III. Yang mana macet banget kaya setan gila. Sorry kalo omongan gue terlalu kasar, tapi emang macetnya anyiiiing bener. Yang bikin tambah kzl adalah macetnya itu gara-gara banyak motor dan mobil yang pada nyelak-nyelak. Udah tau jalanan super kecil, cuma buat 2 mobil-2 arah. Kok itu orang-orang pada kaga pake otak. Fiuh.

Dari perkiraan google maps kalo sampe di Ciletuh 'cuma' butuh 3 jam, ternyata karena kemacetan sialan itu kita baru sampe Ciletuh jam 5 sore. Karena kita berangkat jam 7 pagi, berarti lama perjalanan kita adalah....10 jam saja, sodara-sodara. Nyampe juga udah mau maghrib, plus rame banget, udah males ngapa-ngapain. Untung aja kita nemu tempat makan seafood yang endeus berat. Ikan bakar dan cumi bakarnya fresh banget, dibakar pake bumbu garem aja segitu enaknya. Sedikit mengobati rasa kuciwa, lah.


Persiapan Kembali Kerja

Setelah liburan lumayan panjang, akhirnya kita harus kembali pada kenyataan: masuk kantor kembali. Untungnya, H-1 masuk kantor cus dan mbak udah pada berkumpul kembali di rumah. Subhanallah, sujud sukur! Udah deg-degan aja gue, kalo mereka ternyata memutuskan ngga balik di last minute.


Yang lumejen pe-er adalah ngasih perhatian ke bocah kalo emak bapaknya harus ngebabu lagi di kantor. Kita berusaha ngasih tau selemah lembut mungkin kalo emak bapaknya, mau ngga mau, harus kerja lagi. The verdict? Dia merengek supaya gue ngga usah kerja. Ya gimana ya, nak. Gajinya cus, mbak, sama sopir sapa yang bayar? Tetangga?

Hasil gambar untuk you have no idea gif


Untungnya, pada akhirnya bocah berhasil dikasih pengertian. Begini nih, tips dari gue ngasih pengertian ke anak kalo kita harus kerja lagi abis liburan:

- Jujur bilang ke anak kalo kita harus pergi kerja, jangan diboongin, karena mereka bakal lebih sakit hati
- Sehari atau dua hari sebelum kerja, biasakan anak untuk dipegang lagi sama pengasuhnya. Siapa tau rada 'lupa'. Ya namanya udah lama ngga ketemu, mungkin butuh adaptasi lagi, kan?
- Kalo memungkinkan, jangan pulang kemaleman di hari pertama kerja. Nanti si bocah langsung kaget ditinggal seharian banget
- Begitu pulang kerja, langsung abisin waktu sama bocah. Hushhh sanaaa jauh-jauh, hape sama kerjaan!
- Sediakan hiburan atau hal-hal yang bisa menghibur dan mengalihkan si bocah. Misalnya, mainan kesukaan, buku, cemilan, dll
- Begitu weekend pertama setelah balik kerja lagi, abisin waktu sama si bocah. Biar dia tau kalo dengan kita balik kerja, bukan berarti dia dilupain.


Intinya, selama libur lebaran kemaren, kunci gue untuk bisa bertahan hidup adalah: jangan ngoyo mau ini itu. Ngga usah ngoyo anak mau keurus seciamik kalo ada cus. Ngga usah ngoyo rumah harus kinclong kaya waktu ada mbak. Ngga usah ngoyo mau masak ini-itu, kalo tau ngga mampu cuci piring sama beres-beres setelahnya. Ngga usah ngoyo harus mandi dua kali sehari kalo emang ngga sempet atau males.

Sebenernya inti masalah dari liburan gue kemaren adalah pulangnya cus dan mbak ya. Ternyata segitu vitalnya peranan mereka di kehidupan dan kedamaian keluarga gue, huhuhu. Btw, ini gue aja apa semua orang sih males mandi kalo lagi liburan dan ngga ke mana-mana??

Jadi, kalo dirangkum, tips gue untuk sukses melewati libur lebaran kemaren adalah:

- Jangan ngoyo. Penjelasan di atas, ya!
- Ngungsi ke rumah orang tua. Mama to the rescue!
- Jangan lupa seneng-seneng atau me time. Kalo gue sih biasanya mainan hape aja sambil nyemil. Udah bahagia banget, kok!
- Pastikan kuota internet full, atau pastikan udah bayar IndiHome biar bisa tetep internetan, hihi...
- Jangan lupa top up Go-Pay, biar kalo males masak bisa langsung pesen Go-Food

Segitu aja dari gue. Semoga post berikutnya lebih bermutu dari post curhatan yang nil faedah ini ya. Ciao!





No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS