Pages

Studi Kasus Pelecehan Seksual Via Vallen

Friday, June 8, 2018

Beberapa waktu belakangan, dunia socmed diramaikan dengan beberapa berita dari Mbak Via Vallen. Yang pertama, masih inget kan performance-nya Via Vallen di Net TV yang mengundang pujian dari pada netizen? Gue sendiri bukan penggemar dangdut apalagi fansnya Via Vallen, tapi harus gue akuin kalo penampilan Via Vallen di malem itu emang punya kelas. Bahkan pujian juga dateng dari artes-artes yang lebih senior berkiprah di dunia entertainment, seperti BCL, Anji, bahkan Wishnutama yang notabene adalah bosnya Net TV.

Buat yang belum nonton, videonya bisa dilihat di sini.

Berita menghebohkan yang kedua dari Via Vallen, sayangnya bukan berita yang menyenangkan. Seminggu belakangan ini netizen, khususnya di Instagram (IG), heboh karena postingan Via Vallen yang menunjukkan message dari seseorang yang bisa dibilang melecehkan dirinya.

Buat yang belum tau, ini nih, postingannya...

Hasil gambar untuk via vallen marko simic

Sumber foto dari sini.


Hasil gambar untuk via vallen marko simic

Sumber foto dari sini.


Jadi, sepengetahuan gue, kronologisnya itu ada seorang bule yang notabene adalah pemain bola Indonesia mengirimkan direct message (DM) ke Via Vallen seperti di foto pertama. Buat yang ngga ngerti enggres, itu artinya si mas bule pengen Mbak Via Vallen maen ke kamarnya mas bule sambil pake baju yang seksi. Sign? Mbuh sign apa maksudnya. Via Vallen yang merasa tersinggung dan terlecehkan langsung meng-capture DM dari si bule dan upload di IG-nya.

Mas bule langsung DM lagi ke Via Vallen, kaya di poto kedua. Intinya kaya: ngapain luuu screenshot itu DM, ajegilee, besok gue telpon elu yak? DM kedua ini juga di-upload Via Vallen di IG-nya. Sambil menambahkan kalimat-kalimat dengan huruf merah yang intinya bilang kalo tenang aja identitas dia ngga Via Vallen ungkap kok (emang ditutupin sih foto dan nama akunnya). Via Vallen nulis kalo dia berharap semoga si mas bule jadi orang yang lebih baek ke depannya. Plus, dia juga ngomong semacem: ngapain lo nanya gue marah apa ngga? Setelah gue block akun lo?

Intinya marah ya, seus.

Btw, walaupun Via Vallen ngga ngungkapin identitas dari mas bule, netizen Indonesia bisaaaa aja nemu identitas asli si mas bule. Jadi ketauan deh, siapa doi dan pemain bola di klub apa doi. 😂

Hasil gambar untuk fantastic gif

Netizen Endonesa pancen oye!


Masalah mulai muncul ketika jempol para netizen yang pedes beraksi. Banyak yang bilang kalo Via Vallen lebay, caper, baper, dan segala tuduhan lainnya. Banyak yang bilang kalo DM atau ucapan seperti itu 'biasa', jadi seharusnya diterima dengan sikap yang 'biasa-biasa aja'. Banyak yang bilang kalo Via Vallen sengaja blow up masalah itu hanya karena si mas bule itu 'someone' (baca: pemaen bola) dan ganteng. Kalo 'bukan siapa-siapa' pasti ngga dia permasalahin. Ada yang lebih kejem bilang kalo itu salah Via Vallen karena dia adalah penyanyi dangdut, jadi wajar aja kalo orang lain merasa 'terundang' untuk melecehkan dia. Bahkan ada yang bilang kalo Via Vallen jangan macem-macem sama pemain Persija kalo ngga mau susah cari duit di Jakarta.

Yang lebih menyedihkan adalah sebagian besar netizen budiman yang komen begini adalah PEREMPUAN.

I'm lyke... really, people?

Ada orang yang dilecehkan, dia berani untuk speak up, dan dia malah dianggep....lebay? Caper? Baper? Apa kabar dengan slogan woman should empower other woman? Terus, korban pelecehan seksual berani ngomong kok dia malah diancem bakal susah cari duit???

Gambar terkait

Plok-plok-plok!


Kalo menurut gue pribadi, orang yang dilecehkan memang harus berani bertindak, melawan, dan speak up. Buat apa? Yang pertama, biar pelaku pelecehannya tau kalo dia melecehkan 'orang yang salah'. Yang kedua, biar si korban tidak dilecehkan lebih lanjut. Yang ketiga, biar dunia terbuka matanya kalau kasus pelecehan ini adalah kasus yang nyata dan banyak terjadi. Yang keempat, biar para korban pelecehan seksual lain berani untuk speak up juga.

Karena ngga semua korban pelecehan seksual berani untuk berbicara.

Tau dari mana? Karena, dari komentar-komentar di IG Via Vallen, akun-akun gosip, plus orang-orang yang membahas tentang kasus ini, ternyata banyak orang yang pernah mengalami pelecehan seksual. Termasuk gue.

Yes, you read it right. Gue pernah mengalami pelecehan seksual, dan sayangnya saat itu gue ngga berani untuk speak up.

Ceritanya begindang. Waktu awal-awal kuliah di Jogja, gue belum bawa mobil, otomatis kalo ke mana-mana gue harus jalan kaki atau pake angkutan umum. Nah, suatu sore gue mau ke supermarket deket kosan. So, jalan kaki aja dong. Pake baju normal, dalam artian kaos biasa dan celana panjang. Pokoke sama sekali bukan yang mengundang. Apalagi gue belom mandi, jadi ngga ada cantik-cantiknya. Udah mandi aja buluk, apalagi belom mandi, kan?

Jalanan dari kos gue ke supermarket emang bukan jalanan yang rame atau gede. Gue juga merasa aman aja karena selama ini ngga pernah kenapa-kenapa di lingkungan situ...sampai hari itu. Di mana gue lagi jalan tenang-tenang, tiba-tiba ada seorang KAKEK-KAKEK naik sepeda yang begitu ngelintasin gue, dia megang dada gue. Abis itu dia berlalu gitu aja, seolah ya lewat kaya biasa aja.

Gue?

Cuma bisa kaget, bengong, shock. Terlalu kaget sampe ngga bisa teriak. Gue ngga jadi ke supermarket dan langsung balik ke kosan. Sampe kos gue langsung mandi sambil nangis. Biar 'cuma digituin aja', gue merasa kotor. Abis itu gue tidur-tiduran aja sampe besokannya. Ngga makan, ngga ngapa-ngapain. Terlalu males dan ngerasa ngga punya energi.

Apa gue cerita ke orang lain?

Iya, tapi setelah beberapa waktu. Saat itu, gue ngerasa kalo gue diem aja dan ngga cerita, kejadian itu 'ngga nyata' buat gue. Gue juga ngerasa takut kalo orang jadi berbeda melihat gue. Gue takut kalo orang-orang malah 'menuduh' gue kalo gue berdandan ngga semestinya atau ngga bisa ngejaga diri sendiri. Untungnya, waktu gue cerita ke orang tua dan beberapa orang terdekat gue, mereka sama sekali ngga berpikir seperti yang gue khawatirin.

Itu gue 'baru' dipegang, lho. Gue ngga kebayang kalo ada yang ngalamin lebih dari itu. Dan seperti yang gue tulis sebelumnya, ternyata banyak perempuan yang mengalami pelecehan seperti yang gue alami. Bahkan, banyak yang pernah mengalami pelecehan yang lebih parah levelnya. Baik oleh orang yang ngga dikenal, atau orang yang dikenal.

Jadi gue ngga bisa ngebayangin, kalo kita dilecehin, terus kita berani speak up, tapi malah di judge macem-macem sama orang lain. Terutama oleh sesama perempuan yaa, yang seharusnya menguatkan sesama kaumnya. Ngga abis pikir, deh.

Kaya IG story-nya Nikita Mirzani ini nihh...


Di sini gue mau ngga mau setuju sama adminnya IGtainment, huahahaha. Si Nikita Mirzani bilang Via Vallen lebay, tapi dia sendiri pas berantem sama orang pastiiiii langsung update socmed. Nyahahaha. Plus, kalo boleh nyinyir juga, mungkin dia terbiasa nerima perlakuan seperti itu. Jadi, kalo 'cuma begitu doang' mungkin dia anggep biasa.

Mungkin lho yaaaaa!

Banyak juga netizen yang bilang: kalo ngga terima kenapa ngga block aja orangnya, ngga usah upload kaya gitu, atau mending langsung lapor polisi aja.

Errr, lapor polisi itu kan banyak pertimbangannya, ya gaes. Prosesnya pasti lebih menyita waktu, pikiran, dan energi. Lagian setiap orang punya pertimbangan beda-beda dalam memberi sanksi ke orang lain. Ada yang update socmed. Ada yang ngadu ke orang tua, suami, atau orang terdekat lain. Ada yang ngelapor ke RT, RW, atau kelurahan. Ada yang ngadu ke Komnas. Ada yang lapor polisi. Atau ada juga yang...langsung santet atau sewa pembunuh bayaran! Mungkin di sini Via Vallen mau memberi sanksi sosial ke si mas bule, plus mau memperingatkan orang lain kalau pelecehan seperti itu nyata adanya.

Mungkin lho yaaaaa! (2)

Padahal, menurut gue status Via Vallen juga ngga berlebihan. Dia cuma buat instastory dua di atas itu doang. Abis itu ngga nyerocos ke mana-mana. Dia cuma menunjukkan kalau dia marah atas perlakuan si mas bule dan dia bukan orang seperti itu. Lagian, kalo nulis di IG aja dibilang lebay...apalagi kalo lapor polisi???

Speak up itu ngga lebay, plus, jangan karena apa yang mas bule itu 'hanya' mengirim pesan, tidak dilakukan secara langsung, dan tidak melakukan kontak fisik, perbuatan itu ngga dianggep pelecehan seksual.

Disiulin orang, itu pelecehan seksual, lho.
Dibecandain yang nyeleneh, itu pelecehan seksual, lho.
Dikomen yang ngga-ngga tentang badan kita, itu pelecehan seksual, lho.
Ngga harus nunggu digrepe atau diperkosa baru bilang kalo itu pelecehan seksual. Duh.

Bahkan menurut Komnas Perempuan, kasus pelecehan seksual ini udah kaya fenomena gunung es, lho. Alias jumlah kasus sebenernya jauuuh lebih banyak dari yang ketauan. Kenapa? Karena korbannya takut untuk ngomong. Karena banyak anggepan kalo ngomongin pengalaman pelecehan seksual itu:

1. Hanya membongkar aib sendiri, yang mana haram dilakukan oleh perempuan
2. Lebay
3. Baper
4. Caper

Ngga ada yang bagus, kan? Duh (2).

Padahal menurut Adriana Venny, yang saat ini menjabat sebagai Komisioner Komnas Perempuan, korban harus berani untuk berbicara dan kasus pelecehan seksual itu layak diproses lebih lanjut ke pihak berwenang atau institusi terkait. Karena dengan berbicara dan bertindak lebih lanjut, itu bisa memberikan efek jera ke pelaku. Kalau kasusnya adalah cyber harassment seperti yang dialami Via Vallen, pelaku juga bisa tersandung UU ITE, lho.

Kita juga harus paham kalau hanya karena pelecehan seksual ini sudah sering terjadi, bukan berarti ini adalah hal yang biasa atau wajar. Pelecehan, sekecil apapun, tidak boleh dianggap sebagai hal biasa atau wajar. Pelakunya harus ditindak, yaa supaya kapok. Supaya ngga ada korban-korban pelecehan berikutnya.

Dan, please. Jangan pernah menjadikan korban pelecehan seksual sebagai alasan untuk menjustifikasi terjadinya pelecehan seksual. Mau karena pakaiannya, profesinya, bentuk badannya, kalo orang udah pikirannya ngga bener, ya ngga bener aja. Inget kan, banyak juga kasus di mana perempuan dengan pakaian sangat tertutup juga jadi sasaran pelecehan seksual? Atau bahkan anak-anak kecil? Nenek-nenek?

Semua orang bisa jadi korban pelecehan seksual. Jadi, kita ngga boleh diem. Karena kalau diem, ngga ada efek jera buat pelakunya. Btw, daritadi yang gue omongin seolah cuma perempuan yang bisa jadi korban pelecehan seksual. Ngga gitu juga ya, cowo juga bisa jadi korban pelecehan seksual dan perempuan bisa jadi pelakunya. Inget kan, kasus di mana Katy Perry nyium cowo kontestan American Idol yang berumur 19 tahun? Si cowo berani bilang kalau dia ngerasa ngga nyaman dengan perbuatan Katy dan netizen di sono ngga ada tuh, yang bilang kalo si cowo lebay dll.

Buat yang belum pernah denger beritanya, bisa ditengok di sini.

Untungnya di IG masih ada beberapa seleb, seperti Ernest Prakasa, Ria Ricis, Sandra Olga, Ussy Sulistiawaty, Mytha Lestari, dll yang masih waras dalam berkomentar terkait kasus Via Vallen ini. Yaah, masih alhamdulillah ya cyin, socmed ngga cuma dihuni mahluk-mahluk macem Nikita Mirzani, Lucinta Luna, Melly Bradley, sama Ely Sugigi doang 😋

Gimana pendapat temen-temen tentang kasus ini?

Ciao dan selamat weekend, ya!




No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS