Pages

Akhirnya tepar...

Friday, June 1, 2018

Seperti yang sebelumnya pernah gue ceritain sebelumnya, begitu masuk ke trimester ketiga, segala macem keluhan kehamilan bergerombol dateng ke gue. Mulai dari SPD yang makin parah, sampe kenaikan berat badan yang tiba-tiba melejit ke atas. Kenapa harus berat badan hamba yang melejit, bukan kenaikan gaji hamba, Ya Allah!


Memasuki trimester ketiga juga berarti kontrol kehamilan udah jadi dua minggu sekali. Jadi, walaupun di minggu ke-28 kemarin gue udah kontrol, minggu ke-30 gue kembali menyambangi obgyn tercinta di RSPI. Untungnya, gue kemarin rada pinter: bikin appointment banyak sekaligus sampe mendekati HPL. Jadi gue tinggal terima di SMS aja sama RSPI buat ngingetin appointment berikutnya.

Akoh pinter, khan? Huahahaha.

Gambar terkait


Di trimester ketiga ini, gue ngga mengalami kendala kesehatan berarti......sampai minggu lalu dan minggu ini. Minggu-minggu di mana gue terpaksa EMPAT KALI menyambangi rumah sakit untuk DUA KONDISI YANG BERBEDA.

Lha, kok bisaaaaa??? Begini ceritanya...

Yang pertama, sekaligus yang paling epic dan menghebohkan, adalah GUE PINGSAN DI KANTOR. Huahaha, malu-maluin bener yak. Awalnya, gue lagi kzl banget sama salah satu klien gue. Emang dia super annoying, tapi gue juga mungkin salah karena terlalu nganggep omongan dia yang harusnya gue anggep angin lalu aja. Toh emang dia begonoh orangnya, mau diapain lagi coba? Tapi mungkin karena hormon dan udah capek aja, gue akhirnya mewek di kamar mandi. Huahaha, shame on me. 

Abis mewek gue tiba-tiba lemes dan kaya pengen tiduran aja di lantai kamar mandi. Abis itu, gue kurang ngeh gimana lagi ceritanya, tiba-tiba gue denger ada suara orang lagi sikat gigi. Terus gue minta tolong aja buat bantuin bangun secara waktu itu gue lemes bener. Abis itu, semuanya rada blur dan gue baru lumayan sadar waktu ada di mobil menuju RS.

Gue waktu itu dibawa ke RS Bunda Menteng, secara RSPI jauh bener dari kantor gue. Waktu itu gue diperiksa segala macem, termasuk CTG. Alhamdulillah, biarpun ada beberapa kali kontraksi kecil, tapi secara umum kondisinya Nyunyu baek-baek aza. Abis itu juga sempet USG sama obgyn yang stand by dan alhamdulillah, Nyunyu baek dan aktif.

Untuk case ini, seriously, gue malu bener di kantor. Soalnya begitu gue masuk kantor lagi langsung pada nanya kenapaaaaa dan kok bisaaaaaaa. Tuhan, buat seluruh kantorku amnesia atas kejadian pingsannya hambamu ini!

Hasil gambar untuk just kill me gif


Kunjungan ke RS yang kedua adalah pas weekend kemarin. Dari hari Jumat, gue udah ngerasa tenggorokan gue ngga enak bener buat nelen. Yaudin, Sabtu pagi akhirnya gue menyambangi poli THT di RS Hermina Depok. Sebenernya, gue belum pernah sama sekali berobat di RS Hermina Depok. Tapi waktu itu pikiran gue adalah nyari dokter THT yang deket dan paling cepet aja deh, pokoknya. 

Setelah diperiksa, ternyata sinusitis gue kumat dan nyebabin produksi lendir saluran napas terlalu berlebih. Karena gue ngga bisa dan ngga mau minum obat cem-macem, hidung gue akhirnya disedot supaya lendir-lendir yang berlebih itu bisa sedikit dikeluarin dan napas gue bisa sedikit lebih lega.

Waktu abis disedot sih, napas gue bisa lega ya. Tapi sayangnya, seperti peringatan si dokter, penyedotan ini hanya memberikan efek lega untuk sementara. Nanti juga setelah si ingus numpuk gue akan sesek lagi. Nyeh. Maka dari itu, dokter ngasih gue obat-obatan untuk diminum. Termasuk salah satunya adalah amoxicilin yang merupakan antibiotik yang sebenernya aman dikonsumsi bumil. Tapi waktu itu, gue masih bertahan ngga mau minum obat....sampe tiba hari Selasa sore.

Hari Selasa kemarin kan libur yaa. Jadi gue, Abi, dan Echo, menghabiskan liburan untuk jalan-jalan sama nyokap gue beserta adek gue dan pacarnya. Paginya kita ke Kidzania, siang dan sorenya kita belanja baju-bajunya Nyunyu. Eh, tapi, kok semakin sore gue berasa makin sesek, ya? Batuknya juga makin parah, plus tau sendiri dong, yang namanya batuk waktu hamil itu ngga enak bener. Karena setiap batuk, perutnya berasa ketarik kenceng gitu. Akhirnya, gue pun minta tolong suami untuk beliin obat Silex di Guardian. Silex itu kan komposisinya jamu alias herbal banget ya, so, Insya Allah aman buat bumil.

Gue minum Silex dua kali hari itu: sekali pas di jalan dan sekali pas udah nyampe rumah. Tapi kok gue ngga ngerasa membaik yaa? Makin lama, makin sesek. Plus batuk masih liar bener, gue udah kaya kodok lompat-lompat mulu setiap batuk. Alhasil, jam 11 malem, gue dianter suami ke IGD RS Bunda Margonda. There you go, kunjungan ketiga si bumil gendut ke rumah sakit.

Di IGD, setelah meriksa gue, dokternya mendiagnosis gue: serangan asma. Hee, emangnya sejak kapan gue punya asma??

Hasil gambar untuk what gif


Err, kalo diinget-inget lagi, duluuu waktu awal-awal kerja, gue pernah batuk pilek plus sinusitis yang cukup lama dan akhirnya ngebuat sesek napas. Nah, waktu itu gue ke THT dan dibilang kalau seseknya itu adalah bentuk serangan asma ringan. Waktu gue bilang kalo gue ngga punya riwayat asma, doski bilang: ngga punya riwayat bukan berarti kamu ngga bisa kena asma, apalagi kamu punya riwayat sinusitis yang berarti kamu ada risiko buat kena asm'a.

'Ner ugha, dok.

Hasil gambar untuk i understand gif


Yah, mirip-mirip lah sama case yang sekarang. Sinusitis, batuk, pilek, yang akhirnya berujung ke asma. Akhirnya, diputuskan gue harus inhalasi alias nebu. Untuk obat inhalasinya, dokter pake ventolin (sedikiiiit) plus NaCl. Tapi ventolin kan sebenernya obat yang sedikit keras ya untuk bumil, jadi setelah inhalasi gue harus CTG selama 30 menit untuk memastikan kondisi janin tetep aktif dan ngga terkompensasi.

Setelah inhalasi, kondisi gue jauh lebih baik dari sebelumnya. Hasil CTG juga alhamdulillah baik semuanya. Dokter pun mengizinkan gue untuk pulang dan gue dibekelin obat...yang lagi-lagi, ngga gue minum, huahahaha. Sebenernya obatnya 'cuma' cetirizine dan mucopect. Yang mana cetirizine adalah anti-histamine alias anti alergi, dan mucopect itu isinya ambroxol yang berfungsi sebagai pengencer dahak supaya gampang keluar. Cetirizine sih, Insya Allah aman buat bumil. Naah, mucopect ini yang 'keamanannya pada bumil belum teruji'. Alhasil, suami saya yang parno pun tidak memperbolehkan estrinya menenggak obat-obat itu.

Ngga minum obat (LAGI) berujung ke kunjungan keempat gue ke RS. Tadi malem. Kronologinya kurang lebih sama kaya kunjungan ketiga. Cuma, batuk kali ini rada parah yang nyebabin gue muntah tiap abis batuk. Gue pun lagi-lagi harus diinhalasi. Setelah inhalasi, alhamdulillah udah lebih lega napasnya. Hasil CTG setelah inhalasi juga alhamdulillah baik. So, gue boleh pulang and here I am, ngeblog dari kasur sambil leyeh-leyeh.

Hasil gambar untuk bedrest gif

...OR NOT.

Pegimane bisa leyeh-leyeh kalooooo:
1. janin di perut super aktip
2. balita di sebelah super aktip
3. masih ada kerjaan yang mesti dikerjain


Di kunjungan semalem, sebenernya dokter jaganya bilang kalo gue lebih baik minum obat aja. Plus karena dahak dan ingus gue udah kuning kentel, gue disaranin minum antibiotik juga. Tapi gue bilang, biar nanti hari Sabtu aja deh. Kan gue emang waktunya kontrol obgyn yaa, biar obgyn tercinta aja yang ngeresepin deh.

Dari serangkaian kunjungan gue ke RS di dua minggu ini, ada beberapa pelajaran yang bisa gue petik dan semoga bisa bermanfaat buat para bumil lainnya.

Yang pertama: mencegah SELALU lebih baik daripada mengobati.

Maksudnya begini, misalnya lo udah tau kalau lo bisa batuk kalo abis makan es atau manisan terlalu banyak. Ya jangan makan es atau manisan terlalu banyak. Misalnya juga, kalo ada di ruangan berdebu atau ruangan dengan suhu AC lebay, lo bisa kambuh asmanya. Ya hindarin dong, ruangan berdebu atau pasang AC dengan suhu manusiawi. Karena apa, sebenernya kondisi-kondisi seperti batuk, pilek, sinusitis, dan asma itu adalah kondisi yang PASTI ADA PENCETUSNYA. Jadi, pencetusnya itulah yang harus lo hindarin.

Hasil gambar untuk run gif



Yang kedua: sejak awal hamil, rajin-rajinlah browsing obat atau metode terapi lain yang aman buat bumil.

Dari awal, gue udah punya daftar obat-obatan yang masuk ke kategori aman dikonsumsi oleh bumil Lebih baik lagi, kalo daftar obat-obatannya itu per-trimester kehamilan ya. Soalnya ada obat yang ngga aman buat trimester pertama, tapi relatif cukup aman buat kehamilan trimester akhir. Buat yang merasa susah dapetin info ini, boleh ditanyakan ke obgyn masing-masing sejak kontrol awal kehamilan.

Selain itu, ada baiknya kita juga mempersiapkan metode terapi lain selain obat. Misalnya, gue udah nyiapin seperangkat Young Living Essential Oil (YLEO) buat beberapa penyakit yang udah jadi 'langganan' gue. Misalnya, gue siapin RC dan lemon buat kalau udah mulai ada gangguan pernapasan, Thieves untuk menjaga imunitas, Lavender buat kalo susah tidur, dll. Btw, sebelum gue ke dokter dan akhirnya harus inhalasi, gue udah oles-oles si YLEO ini kok. Gue juga konsul ke beberapa temen yang lebih pakar di bidang YLEO. Tapi mungkin emang penyakitnya rada bandel ya, soalnya ujung-ujungnya gue juga tetep harus inhalasi.

Hasil gambar untuk sigh gif


Gue juga sebelumnya sempet minum macem campuran jahe merah, madu, dan lemon yang katanya bisa mengurangi keluhan pernapasan. Waktu abis diminum sih, mendingan ya. Tapi beberapa waktu kemudian ya kambuh lagiii.

Yang ketiga: pastikan lo punya nomer hape atau kontak obgyn lo.

Ini sih mesti banget ya. Makanya, salah satu kriteria gue memilih obgyn adalah obgyn-nya mau sukarela ngasih nomer teleponnya (lebih baik kalau tanpa diminta) dan bersedia dihubungin kalo dibutuhin. Alhamdulillah ya, gue dapet obgyn cucok meong yang mau ngasih nomer hapenya plus bisa dihubungin kalau dibutuhin.


Yang keempat: jaga kesehatan dan tau posisi lo sebagai bumil.

Jaga kesehatan, udah pada ngerti kali ya. Selain jaga kesehatan, lo juga harus 'legowo' kalo bumil itu memang kodratnya akan mengalami penurunan imunitas, jadi ngga heran kalau kondisinya akan lebih lemah dan gampang sakit dibanding orang-orang yang lagi ngga hamil. Jadi, mesti makin pinter-pinter buat jaga kesehatan. Plus kalo ngerasa cape atau udah mulai kerasa mau sakit, langsung istirahat dan lakuin pencegahan biar ngga makin parah kondisinya.

Yang kelima: hindari stress.

Ini yang paling PR buat gue. Secara gue sampe sekarang masih kerja dan berkutat sama bos dan klien yang rada 'subhanallah', hahaha. Yaaah, pinter-pinter aja mengelola emosi. Inget-inget aja, kalo bentar lagi juga gue cutay dan say goodbye ke kerjaan for at least 3 months. Hahaha. 

Hasil gambar untuk goodbye work gif


Segitu aja dari gue, doain semoga jangan masuk RS lagi dong, kecuali buat kontrol obgyn dan lahiran, huhuhu.




No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS