Pages

Buibu Paruh Baya

Tuesday, February 13, 2018

Salah satu alasan gue males minta duduk di kereta (even for priority seats) adalah: males dinyinyirin.

Btw kata siapa buibu selalu lebih 'rela' ngasih duduk buat wanita hamil dengan alasan dia juga pernah ngalamin hamil? Denger dulu cerita ane di bawah, gan...

Kalo pagi, gue dan Abi selalu naik kereta dari UI. Seperti selayaknya suami jagoan, begitu menginjakkan kaki di kereta doi selalu bilang: permissiiii, ada ibu hamil. Kadang istrinya malu, hahaha, abis biasanya langsung semua mata tertuju padaku dan perut gendutku. Tapi syukurnya, biasanya teriakan itu berbuah manis. Ada yang ngasih duduk buat gue. Horreee.

Senen kemaren ceritanya ngga seindah itu. Seperti biasa kita masuk kereta, Abi woro-woro kalo ada ibu hamil, terus ada mbak-mbak di kursi prioritas yang ngasih duduk, gue say thanks dan duduk di tempatnya. Bedanya, ada pandangan tajam dari dua buibu paruh baya (around 50s) di sebelah gue. Jadi di kursi prioritas itu tadinya ada 4 orang. Dua buibu paruh baya, seorang mbak yang duduk nyempil, dan seorang mbak yang kasih kursinya buat gue.

Nyampe stasiun UP, masuklah seorang bumil lagi. Gue udah beberapa kali ketemu nih ibu dan beda dari gue, dia dengan lantang berani teriak: permisssiiii, ada yang ngga hamillll??? Right after she steps her feet on kereta. Kalo aku mah malu-malu ya buat teriak gitu, hahaha. Trauma dinyinyirin, bokk.

Begitu si bumil masuk, orang-orang di sekitar kursi prioritas segera minta mbak yang duduk nyempil sebelah gue buat berdiri dan kasih duduk ke si bumil. Si mbak akhirnya berdiri walau tampak sedikit ngga ikhlas. Baru sebentar kereta jalan, tiba-tiba salah satu dari buibu paruh baya nyeletuk ke si bumil:

Bu, coba ya cari kursi di tempat lain. Ini mbaknya kakinya sakit jangan disuruh berdiri.

Akhirnya si bumil berdiri dan nyari tempat duduk lain. Dibantu orang-orang sekitar. Si mbak nyempil akhirnya kembali nyempil di sebelah gue dan si buibu paruh baya setengah bisik-bisik ngomong ke si mbak nyempil:

Biarin aja mbak dia berdiri. Susah-susah kita cari duduk kok disuruh gantian gara-gara ada orang hamil.

WTF, WTH, dan what the-what the laennya!!!

Jadi si buibu paruh baya itu cuman pura-pura bilang kaki si mbak sakit karena dia ngga rela si bumil dapet duduk. Padahal bukan dia juga yang berdiri. Rupanya dia masih belom puas nyinyir, dia pun memandang diriku...

Dasar ya orang hamil jaman sekarang manja banget. Harusnya kalo mau duduk ya berangkat lebih pagi ikut kereta ke bogor. Pulang lebih malem ikut kereta ke jakarta. Jangan tiba-tiba minta duduk ke orang. Nyusahin aja.

Sambil memandang gue dengan mulut mleyot-mleyot ala ibu tiri. Nyinyirnya masih terus lanjut, disambut oleh buibu paruh baya nyinyir laennya dan si mbak nyempil yang ternyata ngga kalah nyinyir. Gue awalnya nguping tapi lama-lama kata-katanya makin nyakitin hati cuy. Akhirnya aku pura-pura tidur dengan nutupin muka....


...padahal krayyy. Huahahah. Blame the pregnancy hormone, would you? 😢😭😝

Yang mau gue sampein adalah, orang yang bikin peraturan tentang kursi prioritas PASTI punya alasan kenapa golongan-golongan tertentu berhak dapet kursi prioritas. Kenapa lansia, ibu hamil, orang dengan disabilitas, atau ibu yang membawa balita. Kenapa aturan itu ada bukan cuma di Indonesia tapi di seluruh dunia. Kenapa ngga semua orang bisa duduk di kursi prioritas walaupun dia rebutan kursi dari pagi di Bogor atau Jakarta Kota.

Hasil gambar untuk priority seat

Lagian ya buk, itu kan kursi prioritas cuman nyempil doang di pojokan. Kalo ibu ngga termasuk ke golongan prioritas ya mbok rebutan kursi yang bukan prioritas. Ibaratnya itu kaya ngambil hak orang yang mungkin lebih berhak dari ibu. Ibaratnya kaya ibu bukan golongan ngga mampu, dateng pagi-pagi antri rebutan beras raskin. Giliran ada orang yang golongan ngga mampu dateng dan menuntut jatah dia, masa ibu suruh pergi ke bulog?

Alhamdulillahnya, ngga semua orang kaya ibu ini. Bahkan sering gue baru menginjakkan kaki di kereta udah dicariin kursi sama orang-orang sekitar. Bahkan mereka yang sering bangunin orang yang duduk. Bahkan yang bukan di kursi prioritas aja rela berdiri. Subhanallah, masih banyak orang-orang baik. Semoga selalu ketemu sama orang macem ini yak.

Untuk penutup, sebelum gue turun di Manggarai, si buibu nyinyir kembali berceloteh:

Saya nikah umur 37. Untung ya kawin telat jadi ngga ngerasain deh jadi ibu hamil rese macem gini.

Oalah belom pernah jadi bumil udah bacot. Gue garuk juga lu pake kulit duren!!!

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS