Pages

No Lyfe!

Wednesday, February 28, 2018

Kemaren waktu lagi scrolling timeline facebook gue ngebaca salah satu artikel yang menurut gue cukup menarik. Artikel lengkapnya baca di sini ya. Post ini akan ngebahas pendapat gue tentang artikel itu.

Jadi artikel itu nyeritain tentang karyawan jaman now, khususnya di Jakarta, yang sepertinya punya mindset kalau kerja overtime itu keren. Nulis status di medsos: ohemji, gue lembur lagi nih udah lama banget ngga pulang pas masih ada matahari. Sayangnya menurut si artikel (dan gue setuju) seperti ada unsur riya alias pamer di dalemnya. Pamer seperti: ini lhooo gue kerja keras banget, karyawan teladan banget gueeee, keren banget kan semangat kerja gue.

Seriously, gue ngga bisa nangkep di mana kerennya dari kerja berlebihan.

Coba deh diinget jaman dulu kita sekolah. Kalo ada yang tugasnya belom selesei di jam pelajaran, dia akan dihukum dengan ngga boleh pulang atau istirahat dulu, suruh beresin dulu tugasnya. Sementara temen-temennya pulang atau main di jam istirahat, dia mesti ngendon di kelas. Overtime adalah untuk mereka yang ngga bisa ngerjain tugasnya tepat waktu.

Entah old school atau ngga bisa move on dari bangku sekolahan, gue sampe sekarang masih berprinsip sama. Kalau kerjaan dan manajemen waktu lo bagus, lo ngga perlu work overtime. Kan emang jam kantor itu sudah diatur sedemikian rupa dengan memperkirakan load kerjaan dan skill karyawan yang seharusnya.

Seperti kata bapak gue: kalo karyawan lembur mulu, entah yang salah karyawannya karena manajemen waktu atau skill kerjanya jelek, atau bos/manajemennya yang ngga bisa ngatur workload karyawannya dengan proposional.

Ibaratnya begini, gue pernah kerja di rumah sakit yang mana jam kerjanya ngga ada matinya. Pasien ngga bisa diatur dong harus sakit atau dateng jam berapa. Literally 24 jam si rumah sakit pasti buka. Tapi bahkan rumah sakit bisa punya sistem untuk mengatur shift karyawannya. Ngga semuanya jaga tiap hari. Ngga semuanya harus jaga malem. Lo jaga malem hari ini, mungkin besok jatah temen lo yang jaga malem.

Kok malah di kantor yang harusnya ada 'matinya' banyak karyawan yang lembur setiap hari. Like, literally every day bahkan weekend masuk. Ain't you got any life outside?

Habis baca artikel itu, gue nulis instastory dan surprisingly (or not) banyak orang kantor gue atau temen gue yang komen via DM. Intinya pada setuju kalau work and life should be balance, bukan berita baru. Ada juga yang sadly bilang 'terpaksa' buat lembur saban hari karena dia ngerasa itu udah 'budaya' di kantor. Ada juga yang jelas-jelas bilang sooner or later bakal mencari tempat kerja yang bisa ngebuatnya lebih nyaman.

Sebenernya harusnya sih kita bisa ya mengusahakan buat nyaman di kantor. Dengan apa? Kerjanya yang efektif kakakkk. Waktu jam kerja ya lo kerja yang serius, ngga usyeh banyak ngobrol atau ngegosip. Lakuin itu di luar jam kerja, dan di luar kantor pastinye. Hahahaha. Kalo kerja lo udah efektif, lo kerja udah serius, seharusnya bos yang waras ngga akan nahan lo buat pulang. Kerjaan udah beres lo mau ngapa? Jaga malem sama satpam??

Masalahnya ngga semua bos atau atasan waras ye. Ya mereka sih mungkin digaji setara sama beban kerjanya. Kalo lo? Hahaha. Ya nasip kalo kaya gitu. Pindah aja timbang jadi ngga waras. Lo kerja berapa lama sih? Mau baru nikmatin hidup pas udah pensiun? Aku sih no ya, kaya Mas Anang.

Hasil gambar untuk gif no

Intinya apa?

No life is no cool. Menurut gue. Jangan me-normalisasi hal yang ngga normal. Kerja berlebihan bisa ngebuat sakit fisik dan mental. Kalo udah begitu kantor lo bisa apa? Paling ngebayarin pengobatan sama ngejenguk. Yang susah pasti keluargamu, kakak. Akan ada ribuan orang yang bisa gantiin posisi lo di kantor. Tapi cuma ada lo yang bisa jadi suami/istri/orang tua dari keluarga lo. Kecualiiii..... laki lo poligamii! Hahahahaa..

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS