Pages

Problema Kehamilan: Kulit Kering!

Thursday, March 1, 2018

Dalam rangka menjadikan blog ini menjadi sedikit berfaedah, sekaligus supaya ilmu kedokteran gue ngga berjamur, gue mau membahas tentang salah satu problema selama kehamilan: kulit kering. Gue rada lupa ya waktu hamil pertama gue ngalamin ini atau ngga. Kalaupun iya, mungkin ngga terlalu parah kali ya. Soalnya ngga berkesan di hatiku #tsaah.

Tapi kehamilan kali iniiii, kulit gue kering sekering-keringnya. Masalahnya kan kulit gue lumayan allergy-prone. Jadi begitu si kulit kering, timbullah gatal yang teramaaaat sangat. Gue udah pake lotion, body butter, caladine lotion, bedak dingin, sampe gue kompres-kompres juga. Karena gue udah biasa kegatelan (karena alergi maksudnyaaa), jadi gue tau kalo level gatel macem ini hanya bisa dibasmi pake obat antihistamin macem incidal, CTM, atau cetirizine. The problem is I'm pregnant, yoww. Ndak boleh minum obat cem-macem yoooww.


Notes: sebenernya CTM dan cetirizine dalam dosis minimal dan frekuensi tidak sering dibolehkan selama kehamilan, terutama setelah trimester 1. Tapi tetep aja, I prefer not yaa selama bisa dipakein cara lain.

Mangsalahnyaaaaa....cara lain apa yang harus gue lakuin???

Mundur dulu deh ngebahasnya. Sebenernya apa sih yang membuat kulit kering sewaktu hamil? Tentunya, seperti problema kehamilan lainnya, kulit kering juga disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan. Perubahan hormon ini bisa mempengaruhi dan mengurangi kadar minyak dalam tubuh sehingga membuat kulit menjadi kering. Aaaand, nope, minum minyak goreng ngga ngebantu ya qaqaaaq.

Selain itu, bumil kan memang sering dehidrasi ya, karena cairan yang kita konsumsi tidak hanya untuk kita, tapi untuk kepentingan janin kita juga. Apalagi bumil yang kurang mengkonsumsi cairan, bahaya dehidrasi semakin mengintai tuh! Kalau tubuh kita dalam status dehidrasi, semua bisa jadi kering lah yaa termasuk kulit dan kantong.

Ohiya, faktor lingkungan juga lumayan kuat pengaruhnya untuk si kulit kering. Misalnya kita bekerja dalam ruangan ber-AC, otomatis risiko kulit kita jadi kering juga lebih tinggi. Kalau kita bekerja di bawah paparan sinar matahari langsung juga dapat berisiko membuat kulit jadi kering.

Nah jadi apa yang harus kita lakuin?

Pertama, jaga kebutuhan cairan tubuh. Konsumsi air dengan cukup, lebih juga ngga apa selama ginjal bagusss, hehehe. Kalau dulu kita harus mengkonsumsi 1.5 - 2 liter cairan perhari, sekarang mungkin dilebihin jadi 2.5 liter. Jangan kebanyakan juga tapinya, situ orang, bukan onta.

Kedua, sering piknik. Kalo lau kerja di ruangan ber-AC, sering piknik keluar ruangan, ke toilet gitu misalnya ato parkiran hahaha. Kalo lau kerjanya outdoor, sering piknik ke...errr...ya ke dalem ruangan kali ya? #nggamembantu

Ketiga, kalau bisaaaa mandi dengan air dingin. Sebab air dingin ciamik banget kakak buat menjaga kelembaban kulit. Tapi aku suka tak tahan dengan air dingin. Mandi pagi, abis subuh. Mandi sore, pas pulang kantor udah lewat dari maghrib. Kan dingiiiin, nanti alergiku yang laen malah kambuh. #manja

Keempat, jaga kelembaban kulit dengan giat memakai lotion atau body butter. Giat lho ya, bukan musiman pas lagi gatel aja baru inget sama lotion *toyor diri sendiri*. Ohiya, kalau bisa cari lotion yang bahannya alami dan emang cocok sama kulit lo. Karena kalo hamil kadang kulit kita lebih sensitif sama bahan-bahan yang non-alami. Daripada tujuannya bikin kulit lembab ternyata malah jadi gatel?

Kelima, kalau udah ngga tahaaan banget silahkan konsul ke dokter kandungan atau dokter kulit buat tau obat apa yang sekiranya aman buat lo konsumsi. Biasanya, salep kortikosteroid semacem deksamethasone, betason, atau apolar masih aman ya karena untuk pemakaian luar. Tapi ya kalau bisa jangan sering-sering, cukup 2 kali sehari setelah mandi. Plus kalau bisa baru dipake setelah lewat trimester 1.

Ohiya, salah satu bahaya laten buat wanita dari kulit kering adalah mereka memicu stretchmark!!! Tidaaaaak. Stretchmark itu musuh besar gue banget. Kapan-kapan gue bakal nulis tentang pengalaman gue bersama stretchmark dan perjuangan gue yang gagal untuk mencegah dan menghilangkannya.

See yaw!


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS