Pages

FoodGasm Diary: Gudeg Sagan Jakarta

Tuesday, March 20, 2018

Gue pernah tinggal di Jogja untuk kuliah selama hampir 5 tahun. Selama hampir 5 tahun itu juga gue yang rakus doyan makan ini menjelajah kuliner di Jogja. Sangking doyan makannya, gue sampe punya blog kheuseus kuliner di sini. Pembaca plus followernya lumayan banget. Dari blog itu, gue ngga cuma dapet temen baru, tapi bahkan sering diundang kalo ada cafe/resto/tempat makan yang baru buka. Makan gratisssss ihik-ihik. Mungkin kalo blog itu hits di jaman sekarang, gue udah jadi blogger-blogger yang sering diendorse kali yeee.

Btw blognya sekarang masih ada, cuman ngga keurus. Ngga pernah diupdate. Walaupun masih banyak aja yang ninggalin comment di situ. Maap yaaa, kan sebagian besar pembaca orang Jogjes. Aku udah ngga tinggal situ lagi, jadi susyeh kalo mau up to date macem dulu.

Anyway, selama di Jogja, gue punya satu makanan favorit: gudeg sagan. Pokoknya harom hukumnya gue menginjak tanah Jogja tanpa kulonuwon ke si gudeg. Pokoke buat gue ini gudeg beda banget sama yang laen. Kalo gudeg lain biasanya manisnya banget yaaa. Nah, si gudeg sagan ini ada manisnya, tapi dominasi gurihnya juga ngga kalah. Endeus to the max pokoknya!

Dari dulu, gue berharaaaaap banget gudeg sagan buka di Jakarta. Biar gue ngga perlu ke Jogja kalo lagi kangen sama si gudeg. Sekian taun setelah lulus gue berdoa *lebay* supaya si gudeg buka di Jogja. Daaaaan.....akhirnya minggu lalu doa gue di-ijabah. GUDEG SAGAN GRAND OPENING DI JEKARDAAAAHHH!

Gudeg Sagan Jakarta ini lokasinya di Jalan Ciranjang No.4, deketnya Tendean dan Senopati situ. Tempat hips lah buat kuliner. Awalnya gue rada ngga yakin juga sama lokasinya. Secara, Gudeg Sagan Jogja itu konsepnya macem 'warung' yang ngga mentingin tempat apik. Bahkan sebelum dan selama renov akhir-akhir ini, tempatnya itu lesehan lho. Mari coba kita tengok aja yah!

Tanggal 18 Maret 2018, pas grand opening-nya, gue dan rombongan sirkus (baca: Abi-Echo-Mbak Rina) silaturahmi ke Ciranjang. Ngga nyangka, tempatnya emang beneran bagus! Tipe bangunan 2 lantai yang klasik dengan dominasi warna putih dan ornament kayu. Meskipun tempat udah apik, tempat parkir tetep terbatas macem di Jogja. Cuma bisa parkir di depan lokasi aja, di pinggir jalan, tanpa ada tempat kheuseus.

boss 1.0 menggendong boss 2.0

Begitu masuk.....rame yeee ternyataaaa. Gue pikir bakal sepi. Ternyata ownernya emang lagi buka open house dengan sistem undangan. Satu undangan berlaku untuk dua orang. Jadi penerima undangan bisa makan gretong. Sayangnya, yours truly kaga dapet undangannya. Jadi mesti bayar, nyahahahah.

Karena ada open house begini, jadi lumayan antri ya. Tapi karena yang ngelayanin banyak, antrinya juga ngga lama. Nahh, begitu bayar di kasir inilah kita dapet kejutan...

Pertama, harga di Gudeg Sagan Jakarta beda banget sama di Jogja. Biasanya gue makan di Jogja seporsi paling mahal abisnya 20-30 rebuan. Di Jakarta, Gudeg Paket Paha (Nasi+Gudeg+Krecek+Paha AtasBawah) dihargain 50 rebu. Lumayan wakwaw, haha.

price list Gudeg Sagan Jakarta

Kedua, di sana belum ada mesin EDC. Jadi bayarnya mesti cashhhhh. Ini lumayan ngebuat ngorek dompet secara gue mesen 3 paket paha, 1 paket tahu, 3 teh botol, plus bungkus 2 paha dan 1 porsi krecek (yang dibungkus ngga pake nasi). Total bayar 350rebuan. Untung udah ambil duit. Kalo ngga gadein KTP.

Untungnyaaa, rasa gudegnya memenuhi ekspektasi: sama kaya di Jogja. Kalo ngga, gondok beta. Ya namanya makanan udah masuk Jakarta apalagi tempatnya mumpuni, masa berharap harga Jogja?

Will I be back?

Pertanyaan cemmana itu? Gue aja semalem pas Abi ke sana sama temennya udah nitip paket paha lagi. Hahaha. Nyokap gue aja bahkan ngancem, kalo ngga diajak ke sana weekend ini dia bakal stop nraktir dan jajanin aku. Jadi jelaslaaah bakal balik lagi.


masa ngga balik untuk ini?



ekspresi lapar suwami


etalase dan kasir


Tunggu aku lagi ya, (Sa)Gan!


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS