Pages

Cerita tentang Cus

Monday, March 5, 2018

Cus Narti, yang biasa dipanggil Cus sama Ales, sudah bekerja hampir selama 3 taun sama keluarga gue. Bahkan sebelom Ales lahir. Yess, jadi waktu itu perkiraan HPL Ales adalah 2 bulan setelah lebaran yang manaaaa.. merupakan periode galau untuk mencari baby sitter. Logikanya sih abis lebaran banyak orang yang migrasi ke Jakarta buat cari kerja yaa. Termasuk yang mau jadi ART atau baby sitter. Tapi sesungguhnya masa sebelom lebaran adalah masa orang-orang banyak kehilangan ART dan baby sitter. Jadi walaupun supply lumayan tinggi, demand-nya bisa lebih tinggi lagi. Taelaaah, bahasa gueee.

Untuk mengantisipasi kemungkinan susah nyari baby sitter, gue udah cari baby sitter dari 3 bulan sebelom HPL. Kiasu is my middle name, yooow. Nanya ke temen gue dan dapetlah agency yang bisa dipercaya. Temen gue beberapa kali baby sitter di sini dan menurut dia sangat recommended. Berhubung rekomendasi ini keluar dari seseorang yang susah dipuaskan (pisss, Mbak Uchan!), gue rasa nih agency bisa dibilang oks banget.

Singkat cerita, gue ngehubungin mas pemilik agency dan direkomendasiin 2 orang which one of them happen to be Cus. Dateng langsung ke sana, wawancara bentar, sreg sama salah satunya, langsung bawa pulang hari itu juga. Kerjaannya ngapain dong secara belom ada bayi buat diurus? Yaaa dicari-cari aja kerjaannya, hahaha. Nyuci baju bayi kek, perlengkapan bayi kek, botol ASI kek, apa aja yang bisa dikerjain.

Cus adalah salah satu alasan utama mengapa gue bisa ninggalin Ales dengan tenang. Mau itu buat kerja atau ngelayap pergi berdua suami. Beberapa kali gue pernah terpaksa mesti dinas keluar atau ada training yang mengharuskan nginep, bahkan saat Abi juga lagi ngga di rumah, gue bisa relatif pergi dengan tenang. All thanks to Cus.

Selama 3 taun ini, ngga berarti antara gue dan Cus damai-damai aja tanpa gesekan. Kadang gue suka gemes sama Cus terutama kalo dia lagi moody, biasanya sih PMS alias moody waktu mau menstruasi aja. Pernah juga waktu gue bilang mau kursusin dia masak biar masakan buat Ales bervariasi, dia bilang: kalo ibu mau yang jago masak, aku keluar aja bu ngga apa. Nyeh 😅

Pola asuh dan didik Cus juga ada beberapa yang ngga cucok di gue. Kadang gue ngerasa kalo Ales lagi ngeyel banget, pastilah itu karena terlalu dimanjain dan apa-apa diturutin sama Cus. Tapi ya gue ibunya kan? Kewajiban dan tanggung jawab mendidik tetep ada di pundak gue.

On the other side, pasti banyak hal-hal tentang gue yang bikin bete dia kok. Kalo gue intip facebooknya kadang doi curcol, huahahaha #majikanstalker .

Yang membuat gue rada galau adalah fakta kalau Cus itu janda beranak satu. Lha, ada masalah dengan janda? Bukan dengan statusnya sih. Tapi lebih ke fakta kalo suatu saat dia mungkin bakal nikah. Sekarang dia udah punya pacar di kampungnya. Kayanya udah lumayan deket ya dan feeling gue mungkin mereka udah punya rencana nikah. Soalnya Cus pernah bilang ke Ales: gimana, Les, kalau taun depan abis lebaran cusnya bukan aku lagi?

Aku yang krayyyy, Cussss 😭😭😭

Jugaa, yang namanya ibu yang punya anak, Cus sering kepikiran sama anaknya. Terutama kalo anaknya sakit, kaya kemaren ini tiba-tiba dapet kabar kalo anaknya tipes dan demamnya tinggi banget sampe menggigil. Dokter di puskesmas sana juga rekomendasiin diopname. Pulanglah Cus dengan mendadak meninggalkan kami nannyless seminggu di sini, huhu.

Gue sih maklum banget ya sebagai sesama ibu pekerja, anak itu pasti jadi nomer wahid. Dia juga kerja jauh-jauh pasti buat biayain anaknya, apalagi dia udah jadi single parent. Jangankan dia yang anaknya jauh dan jarang ketemu, gue aja yang tiap hari pulang ke anak aja selalu kangen bocah. Tiap jam 3 sore udah ngga sabar pengen mesen gojek ke Manggarai dan cusss pulang ngelonin anak. Gimana doi yang ninggalin anaknya jauh demi mengasuh anak orang laen? Hiksss.

Kalo gue boleh memikirkan diri sendiri, gue pengen menahan Cus di sini. Buat ngebantu ngegedein Ales dan sebentar lagi, Insya Allah, adeknya. Tapi balik lagi ke Cus yaaah, apa yang dia pilih taun ini. Taun-taun kemarin gue masih beruntung karena Cus selalu balik sesuai janji. Taun ini? Gue ngga berani berharap banyak.

Seperti Cus yang selalu ngasih yang terbaik buat Ales, harapan gue semoga Cus juga dapet yang terbaik ya. Walau hatiku harus terpoteq di sini, huhuhu.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS