Pages

Drama Kinderjoy

Thursday, March 8, 2018

Beberapa hari yang lalu gue baca berita di salah satu IG gosyip (yesss, I follow PLENTY of them!) tentang surat terbuka yang ditulis seorang bapak-bapak di facebook untuk supermarket-supermarket di Indonesia. Suratnya begini nih, gue males nulis ulang lagi:

Intinya, si bapak protes tentang snack kinderjoy yang ditaroh di etalase dekat kasir. Karena anak-anaknya si bapak jadi sering minta ini dan menurut si bapak kinderjoy ini harganya sangat mahal. Udah pada tau kinderjoy kan? Buat yang belom tau, kinderjoy itu snack cokelat berbentuk telor dengan bonus mainan kecil di tengahnya.



Gambar terkait

Ngga lama, langsung banyak yang komen di IG gosip itu. Hampir semuanya setuju tentang 'usulan' si bapak tentang tidak meletakkan kinderjoy di deket kasir. Banyak yang senasip anaknya sering ngerengek buat beli kinderjoy bahkan ngga mau pulang sampe dibeliin kinderjoy. Jadi pada ikutan 'menuntut' supaya kinderjoy ngga ditaroh di deket kasir.

Gue setuju kalo kinderjoy itu harganya relatif tidak murah untuk sebuah snack berukuran kecil (kaya telor ayam lah) dengan mainan yang ukurannya juga cimit. Banyak yang bilang bocah-bocah pada minta kinderjoy karena mainannya dan dengan harga kinderjoy (15 rebu) mendingan langsung beli aja mainan bisa dapet kok dengan harga yang sama. Walaupun selain mainan, rasa cokelatnya kinderjoy juga enak kok. Gue dan suami aja sering nyemilin punya Ales #eh

Tapiii, gue ngga setuju kalo orang-orang jadi menyalahkan supermarket karena anak-anaknya merengek minta dibeliin kinderjoy di depan kasir. Cmon gaesss, supermarket kan pedagang yaa pastinya dong punya strategi biar jualannya laku. Kalo naroh kinderjoy di etalase di deket kasir dianggep sebagai strategi supaya jualannya laku, ya udah biarin aja. Toh ditaroh di situ bukan berarti lo wajib untuk beli itu kan?

Anak lo boleh ngerengek minta dibeliin, tapi keputusan mau ngebeliin atau tidak itu keputusan lo. After all, itu kewajiban lo sebagai orang tua: ngedidik supaya anak ngga jadi konsumtif dan ngedidik anak kalo walaupun dia ngerengek, ngga semua kemauan dia harus diturutin.

Do I sound harsh?

Ya biarin aja. Ngedidik anak itu kan kewajiban orangtua. Kalo lo ngga mampu 'melayani kecengengan anak yang sangat menginginkan jualan ini' apa itu tanggung jawab si supermarket? Kalo lo 'ngga mampu melayani kecengengan' anak lo yang pengen kue cubit di jalanan, apa itu tanggung jawab si tukang kue cubit karena dagang di jalanan? Kalo lo 'ngga mampu melayani kecengengan' anak lo yang pengen naik odong-odong depan rumah, apa itu salah si tukang odong-odong yang lewat depan rumah? Bukankah itu kewajiban orangtua buat mendidik anak ngga gampang pengen dengan apa yang dia liat?

Tangan bergetar saat beliin anak mainan seharga 2000 di tukang jualan keliling setiap Sabtu Minggu. Apa salah si tukang jualan karena bunyiin klaksonnya? Apa salah si tukang jualan karena keliling depan rumah lo? Apakah itu suatu kewajiban buat beliin anak mainan di setiap Sabtu Minggu?

Ada apa dengan ngedidik anak supaya ngga gampang merengek? Ada apa dengan mendidik anak supaya ngga bersifat konsumtif sejak kecil? Ada apa dengan tidak memaksakan diri di luar kemampuan kita?

Gue ngga mau sok pengalaman dalam mendidik anak karena anak gue (saat ini) baru satu dan masih kecil. Tapi, anak gue juga pernah ngerengek kok di supermarket atau toko mainan. Minta jajanan ini itu, atau minta dibeliin mainan ini itu. Kalo memang dengan berbagai pertimbangan gue rasa okelah buat beliin jajanan atau mainan itu, ya gue beliin. Kalo memang ngga, ya ngga gue beliin. Mau dia guling-guling di toko yaudah sih. Namanya kecewa karena kemauannya ngga diturutin. Itu tugas gue buat handle anak gue. Malu? Sama anak sendiri kok malu. Harusnya malu sama diri sendiri berarti masih ada yang kurang dari didikan kita.

Biasanya anak gue tantrum di toko mainan karena gue ngga beliin mainan yang dia mau. Biarin aja dia ngerengek dulu, nangis, atau guling-guling, kalo gue udah memutuskan ngga akan beliin ya ngga gue beliin. Setelah selesai dia berekspresi, barulah kita jelasin kenapa kita ngga beli mainan itu. Misalnya dia udah punya mainan yang mirip, dia baru beli mainan minggu lalu, atau harga mainannya terlalu mahal. Jelasin ke mereka sehingga mereka ngerti kalau ngga boleh itu pasti ada alasannya.

Kita sebagai orangtua juga ngga boleh maksain diri di luar kemampuan. Misalnya 'terpaksa' beliin jajanan yang sebenernya bisa buat biaya makan sebulan. Atau 'terpaksa' beliin jajanan dengan uang yang sebenernya bisa bermanfaat banget kalo dipake buat beli hal lain. Didik anak supaya ngga konsumtif sejak kecil. Kalo kecilnya aja begini, gimana nanti waktu udah gede?

Jadi pak, dengan segala hormat, saya kurang setuju dengan pendapat bapak yang mengatasnamakan bapak-bapak di negara ini. Kalau semua orangtua setuju dengan bapak, saya jadi sedih. Karena itu berarti masih banyak orang tua di negara ini yang 'melimpahkan' tanggung jawabnya untuk mendidik anak ke pihak lain.

Monmaap kalo ada yang tersungging yaaa! Samlekum!





No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS