Pages

YukNonton: Pacific Rim Uprising

Wednesday, March 28, 2018

Dislclaimer:
1. Yang nulis bukan tukang review propesional
2. Sangat mengandung spoiler
3. Sangat banyak komentar ngga penting
4. Sangat banyak gambar ngga nyambung


Salah satu problema *tsaaah* yang gue rasakan setelah beranak adalah susyeh cari waktu buat nonton ke bioskop. Mau ajak bocah, belom tentu dia suka filmnya dan anteng selama nonton. Berapa kali kita bawa bocah ke bioskop yaa walaupun (kadang) tenang, tapi butuh effort buat bikin dia tenang. Alhasil kita jadi ngga konsen nontonnya. Pulang-pulang langsung browsing filmnya di layarkaca buat tau tadi sebenernya apa yang kita tonton, hahaha. Pilihan paling rasional adalah ngga ngajak anak whiiiiccchhhh ternyata berat ya buibu. Bawaannya kangen sama bocah pengen kruntelan. Ah, eikeh labil beneur.

Hasil gambar untuk confuse gif

Karena susyehnya cari waktu buat nonton, kita jadi selektif bener sama film bioskop yang kita tonton. Biasanya kalo mau nonton cari film apa ajalah. Sekarang harus film yang apik ciamik atau emang kita penasaran pengen nonton. Salah satunya film Pacific Rim Uprising yang kemaren baru kita tonton. Secara nonton yang pertama dan suka, plusss ini film udah dibuka presale-nya dari minggu kemarin. Makin penasaran sebagus apa sih filmnya. Yeuks...

Penyakit gue yang pertama dalam nonton film adalah gue cenderung lupa cerita film yang baru gue tonton bahkan beberapa jam setelahnya. Jadi jangan harap gue inget cerita Pacific Rim yang pertama, nyahaha. So, sebelum nonton gue browsing dulu di sini biar tau lah plotnya kaya gimana.

Intinya, Pacific Rim pertama nyeritain tentang pertarungan antara Kaiju dan Jaeger. Kaiju itu monster semacem Godzilla yang keluar dari 'celah'/'bridge' di Laut Pacific yang menyerang beberapa kota besar di dunia seperti San Fransisco, Sydney, dan Hongkong. Demi memberantas si Kaiju, manusia membuat robot bernama Jaeger yang gedenya nyaingin Kaiju. Sangking gedenya, si robot mesti dikendalikan oleh dua pilot yang terkoneksi sistem sarafnya.

Hasil gambar untuk godzilla meme 
Ini Godzilla. Bukan Kaiju.

Salah satu pemimpin team Jaeger bernama Stacker Pentecost, yang berambisi membasmi Kaiju dari sumbernya alias dari si 'bridge' itu. Rencananya mau ngebom di situ pake senjata nuklir. Si Stacker ini punya anak angkat bernama Mako Mori yang orangtuanya meninggal karena serangan Kaiju di Tokyo. Nah si Mako ini pilot Jaeger juga, doi berduet sama Raleigh, tokoh utama di Pacific Rim satu ini.

Dari team Jaeger juga ada duo ilmuwan Newton Geiszler dan Hermann Gottlieb yang ambisius bener meneliti Kaiju. Atas persetujuan Stacker, mereka melancong ke pasar gelap buat cari sparepart potongan badan Kaiju buat diteliti. Hasilnya, mereka bisa menyambungkan otak mereka dan 'membaca pikiran' si Kaiju, lalu nemuin jalan menuju hidayah 'bridge'. Pertarungan Jaeger vs Kaiju makin lama makin hot. Ditambah dengan pengorbanan diri si Stacker buat bawa bom ke 'bridge' untuk diledakin. Doski mokat deh, walaupun sebelumnya dia emang udah lemes-lemes sekarat gegara efek jangka panjang jadi pilot Jaeger. Pokoknya di akhir pelm Kaiju mati, bridge ketutup, semua berpelukan.

Hasil gambar untuk teletubbies berpelukan 
berpelukaaaaaan...

Beralih ke Pacific Rim Uprising alias Pacific Rim 2. Dengan latar belakang cerita 10 tahun post Pacific Rim pertama, tokoh utama film ini adalah Jake Pentecost, anak dari almarhum Stacker Pentecost. Beda dengan bapake yang patriotik bener, doski adalah seorang....errrr.... kriminal? Sampah masyarakat? Remahan rengginang? Hahaha. Pokoknya di scene awal aja dia udah ada adegan party-party, jual-jual barang buat dituker sama makanan, sama menyelinap ke area bekas pertarungan Jaeger buat nyolong onderdil Jaeger. Suatu hari dia bawa gerombolan penjahat mau nyolong power core Jaeger, eeeh doski keduluan. Power core-nya udin dicolong. Alhasil doski kejar-kejaran sama geng penjahat gegara dikira nipu.

Hasil gambar untuk pacific rim uprising
Jake Pentecost, King of Wakanda

Lolos dari kejar-kejaran, doi penasaran siapa sih yang ngeduluin doi nyolong power core. Dia ngintilin sinyal power core yang membawanya ke gudang tua, which turns out to be bengkel perakitan Jaeger yang dibuat sama cewe abege, bernama Amara Namani. Sia maneeeeh, kalah ti bocah abegeee.

Hasil gambar untuk pacific rim uprising amara
Dek Amara Namani

Btw, gue sempet siwer ngirain Amara ini diperanin Aryani Fitri yang artes Indonesia itulhooo. Yang udah berjilbab dan suaminya (Donny Michael) rancak banarrrr...

Hasil gambar untuk aryani fitri
Jangan salah fokus sama suaminya. Cukup saya saja yang salfok.

Amara ini berhasil ngerakit satu Jaeger sendirian, namanya Scrapper. Jaeger ini meskipun cilik -cuma butuh satu pilot aza-, tapi skillnya lumejen. Terbukti dia lincah bener plus bisa gulung-gulung waktu Amara sama Jake dikejar Jaeger security....yang mana mereka ketangkep juga pada akhirnya. Secara Jaeger security itu gede dan sakti bisa ngeluarin semacem aliran listrik yang bisa bikin tenaganya Scrapper mokat. 

Amara dan Jake akhirnya dibawa ke penjara. Di situ Jake dibawa ke ruangan interogasi dan muncul hologram kakak angkatnya, Mako Mori, yang ternyata udah jadi sekjen Pan-Pacific Defense Corp (PPDC). Mungkin macem sekjen PBB ya? Di sini Mako nawarin Jake buat balik ke markas buat jadi Ranger dan trainer pilot. Sementara Amara jadi Kadet alias calon pilot. Semua demi mereka berdua ngga dipenjara. Jake akhirnya setuju karena dia penjahat abal yang jiper kalo harus dipenjara.

Di markas Hong Kong Shatterdome, Jake ketemu lagi sama temen-tapi-KZL-nya, Nate Lambert. Hubungan mereka co cwit gitu deh yang benci tapi cinta. Nate sebel sama Jake karena dia pergi tanpa pesan. Sementara Jake ngga suka sama Nate yang katanya bertampang cakep dan seksi.

Hasil gambar untuk nate lambert
ini Nate Lambert, bukan abang gojek

IMO, ngga segitunya cakep sama seksong ah si Nate. Tapi tetep, kalo disodorin, tante kakak panjat juga kamu dek!

Nate ini ngasih info ke Jake kalo mungkin program training Jaeger ini ada kemungkinan buat berhenti. Sebabnya adalah perusahaan bernama Shao's Corporation lagi mengembangkan drone program. Jadi nantinya Jaeger ngga perlu pilot yang duduk di dalem kepala Jaeger dan 'ikutan' ke medan perang. Lewat program drone, pilot bisa ngendaliin dari jarak jauh. Lebih aman ya harusnya dari jangkauan Kaiju.

Pemimpin Shao adalah cewe Chinese mungil lentik bernama Liwen Shao. Ternyata doski memperkerjakan Newton Geiszler, ilmuwan yang dulu kerja bareng Stacker Pentacost alias bapake Jake. Sekarang kayanya kerjanya bonafid gitu dia, pakeannya hits, gayanya melambai. Tapi doi jadi rada somse gitu sama sobat lamanya, Hermann Gottlieb, yang masih kerja di Shatterdome. Waktu Gottlieb mau nunjukkin ide terbarunya, si Newton kaya ogah-ogahan gitu. Seolah dia melupakan pengalaman mereka bertualang di otak Kaiju berdua. Iih, kacang lupa kulit deh kamyu!

Gambar terkait
ini kacang yang ngga lupa kulit

Pasca presentasi Liwen, para dewan PPDC masih galau mau memproses ide drone ini lebih lanjut apa ngga. Meeting-pun direncanain diadain di Sydney. Jake dan Nate ditugasin buat jadi pilot Jaeger bernama Gypsy Avenger. Katanya Mako sih, tugasnya cuma ngawal cantik aja cem bodyguard. Wong eventnya katanya lebih ke diplomatis.

EVENT DIPLOMATIS DARI HONG KONG!
Eh emang Liwen dari Hong Kong sih.

Tiba-tiba malah ada serangan dari....sebuah Jaeger tak dikenal. Bukan Kaiju ya, tapi Jaeger lho yang nyerang. Gypsy Avenger akhirnya malah perang seru sama Jaeger misterius. Yang menimbulkan kerusuhan dan kerusakan Sydney dan....tewasnya Mako karena helicopter yang dia naikin ditimpuk sama Jaeger misterius.

Jake sedih banget kehilangan Mako yang adalah satu-satunya sisa keluarganya. Ngga sempet sedih lama-lama, doi dipanggil ke pusat markas. Ternyata sebelum Mako jatoh, dia sempet berusaha ngirimin pesan rahasia ke PPDC. Berusaha, karena pesannya itu dirusak sama sinyal yang dikeluarin Jaeger misterius. Untungnya si Gottlieb ini jagoan, dia bisa memulihkan pesan Mako yang ternyata berisi lokasi bekas bengkel Jaeger di Rusia yang ternyata emang udah Mako curigain. Ngga pake lama, Gypsi Avenger yang dipiloti Jake-Nate meluncur ke TKP buat nyelidikin. Belum sempet masuk ke markas, mereka udah diserang sama Jaeger misterius yang mereka temuin di Sydney. Mereka berantem dengan seru. Pake ngeluarin pedang macem light saber. Akhirnya Gypsy Avenger bisa menang dan begitu cockpit Jaeger misterius dibuka, ternyata pilotnya adalah.....otak kedua Kaiju.

Hasil gambar untuk istri kedua kiwil
otak kedua yaaa, bukan istri kedua

Jake-Nate memboyong si bangkai Jaeger misterius beserta otak kedua Kaiju ke Shatterdome. Meanwhile, program drone si Liwen udah disetujui dewan PPDC dan diharuskan segera jadi dalam waktu 24 jam. Keadaan darurat, ceunah. Liwen pun memanggil Newton buat gercep. Newton dateng sambil ngos-ngosan dan kecapean. Hemm, beta sudah menaruh curiga di sini.

Newton yang abis kerja rodi kembali ke apartemennya. Ternyataaaa doski nyimpen otak Kaiju doooong di dalem kamarnya. Ditaroh di akuarium macem ikan cupang. Terus disambungin ke kabel headset dan doi pake headsetnya. Inget kaaan, kalo orang buat koneksi ke otak Kaiju bukan cuma pikiran Kaiju yang bisa kebaca orang. Tapi pikiran orang juga bisa kebaca Kaiju. Duh, dodol apa pegimane sih ini???

Kita tengok dulu Shatterdome. Amara dan temen-temen Kadetnya ngeliat bangkai Jaeger misterius. Mereka penasaran mau liat kaya apa di dalemnya. Ternyata di dalem si Jaeger itu kaya badan manusia. Punya otot dan jaringan-jaringan yang hidup. Waktu disilet sama Amara, ada semacem darah apa jaringan gitu muncrat dan ngenain salah satu temen Amara yang langsung jerit-jerit kesakitan. Padahal diana cowok lho. Thank God, temen Amara itu ngga apa. Tapi mereka dihukum, dan khusus buat Amara, unfortunately doi dipulangkan.

Hasil gambar untuk maaf marion jola kamu harus pulang
maaf Marion Jola, kamu harus pulang! *eh*

Sebelum Amara dipulangin, Jake sempet nengok dia. Di situ Amara bilang kalau si Jaeger misterius merupakan produk dari Shao's Corporation. Katanya ada ciri khas teknologi Shao di situ. Makin mencurigakan lah yaa. Si Jake akhirnya mengirim Gottlieb untuk nego ke Newton buat ngebantu mereka. Biar diselidikin lah keterlibatan Shao di Jaeger misterius ini kaya apa.

Berkat kerja keras Newton dan team, para drone dan Jaegernya bisa jadi besok harinya. Mereka dianter massal ke Shatterdome. Waktu dianter pake pesawat, tiba-tiba Jaeger-nya pada hidup! Plus ngga bisa dikontrol! Bahkan para pilot drone nun jauh di Shao Corp sana pada kejang-kejang. Jaegernya pada hilang kendali! Suasana di Shao jadi rusuh! Gottlieb yang udah sampe Shao juga ikut terlibat kerusuhan! Berkat kerjasama Gottlieb-Newton, mereka berdua bisa masuk ke pusat kendali Shao. Tapi ternyataaaa, semua kerusuhan itu didalangin sama si Newton! Newton ini ternyata kaya udah dirasukin sama Precursors, dedengkotnya bangsa Kaiju! Mereka berdebat dan Gottlieb hampir mati dicekek Newton! Untung Liwen tiba-tiba dateng dan Newton kabur!

(Saran: paragraf di atas dapat dibaca dengan nada komentator bola)

Sementara itu keadaan Shatterdome kacau berat. Markas lumpuh, Jaeger pada ancur, orang mati bertaburan. Untung Liwen dan Gottlieb berhasil matiin kendali Jaeger di sana. Tapi kekacauan terlanjur terjadi. Plusss, ternyata ada beberapa Jaeger jejadian yang berhasil membuka kembali luka lama 'bridge' dan berhasil melepaskan tiga Kaiju gede-gede. Dua Kaiju kategori 4. Satu Kaiju kategori 5.

Misi team protagonis sekarang adalah mengalahkan tiga biji Kaiju raksasa yang ternyata mengarah ke Gunung Fuji. Mungkin mereka titisan dari Ninja Hatori. Badan gede kok demennya mendaki gunung lewati lembah sih? Ngga kok. Mereka mau cari elemen langka apaa gitu di Gunung Fuji yang bisa membawa dunia Kaiju ke dunia manusia.

Hasil gambar untuk element band
bukan element ini yang dicari yaa..

Dengan amunisi apa adanya. Team Jaeger berangkat ke Jepun. Jaeger yang tersisa dari serangan cuma empat biji. Pilot propesionalnya tinggal Jake-Nate. Akhirnya Amara dan geng Kadet dinobatkan jadi pilot Jaeger mendadak dangdut. Dengan diawali pidato Jake, berangkatlah mereka ke Jepun pake bantuan roket (?).

I won't spoil much about the final combat. Masa semua gue spoilerin sih. Beli dong tiketnya jangan cuma modal layarkaca sama spoiler di internet doang. Huahahaha. Intinya perangnya lumayan seru. Ada yang luka, ada yang matek. Ada Kaiju yang berfusion macem di Dragon Ball.

Hasil gambar untuk fusion dragon ball
fuuuusioooonnn..
Kaiju 4 + Kaiju 4 + Kaiju 5 = Kaiju 13 (?)

Kaijunya jadi gedeee banget. Yaeyalah, bergabung gitu. Makanya gue sedikit kuciwa sama final combat yang bener-bener final (?) di mana Kaiju Jumbonya matek karena....ketiban Gypsy Avenger. Antiklimaks bener ga sih? Itulah yang namanya takdir. Ibaratnya lo boleh berbadan gede bin gagah perkasa, tapi matinya ketiban cicak.

Kesan gue tentang film ini adalah ceritanya bagus, mengalir, walaupun final combatnya antiklimaks. Secara dengan Kaiju segede itu harapan gue perangnya yang lama, seru, dan lebih banyak yang gugur (?). Jadi secara perang lebih seru Pacific Rim pertama sih.

Apakah film ini gue rekomendasiin buat ditonton? Ofkors. Filmnya bagus kok. Adegannya smooth. Actionnya okay. Plus dibandingin sama film-film horror yang ditampilin trailernya sebelom film mulai (no thanks to Metropole btw, kenapa mesti pelm horor sih?), gue yang cemen ini jelas jauh lebih prefer film ini.

Last spoiler from me: ada before credit (?). Apa ya itu namanya. Jadi pas film selesai, tapi belum mulai credit, ada adegan bonus yang kasih clue kalo bakal ada Pacific Rim ketiga. Sepertinya team Jaeger akan nantangin team Kaiju dengan mendatangi markas mereka. Kalo udah gini, kok gue jadi berpikir ini orang-orang pada suka cari gegara banget sih? Idup damay aja napaaaa???

Tapi kalo ada Pacific Rim ketiga apakah gue bakal nonton?

YAEYALAH. MENURUT NGANA??



...Asal ada yang jagain anak-anak gue. Hahahaha.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS